lingkungan pendidikan( PENGANTAR PENDIDIKAN )

14,626
-1

Published on

Published in: Education
2 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
14,626
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
285
Comments
2
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

lingkungan pendidikan( PENGANTAR PENDIDIKAN )

  1. 1. BAB.III.LINGKUNGAN PENDIDIKANA.PENGERTIAN LINGKUNGAN.B.FUNGSI LINGKUNGAN.C.JENIS-JENIS LINGKUNGAN.D.PENGARUH TIMBAL BALIK LINGKUNGAN DENGAN PESERTADIDIK
  2. 2. A.PENGERTIAN LINGKUNGANLINGKUNGAN (ENVIRONMENT) MELIPUTI SEMUA KONDISIDALAM ALAM INI YANG DENGAN CARA TERTENTU MEMPENGARUHITINGKAH LAKU KITA, PERTUMBUHAN, PERKEMBANGAN,ATAU LIFEPROCESSES KITA (NGALISPURWANTO,1986:77)WASTY SOEMANTO(1984:80) LINGKUNGAN MENCAKUPSEGALA MATERIAL DAN STIMULI DIDALAM DAN DILUAR DIRIINDIVIDU,BAIK YANG BERSIFAT FISIOLOGIS,PRIKOLOGIS MAUPUNSOSIAL KULTURAL.LINGKUNGAN ADALAH SEGALA SESUATU YANGMEMPENGARUHI INDIVIDU,SESUATU ITU MUNGKIN BERASAL DARIDALAM(INTERNAL) ATAU DARI LUAR(EXTERNAL) DIRI INDIVIDU.
  3. 3. B.FUNGSI LINGKUNGANFUNGSI LINGKUNGAN TERGANTUNG PADA JENIS LINGKUNGANTERSEBUT.SEPERTI LINGKUNGAN SEKOLAH YANG BERFUNGSISEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN FORMAL,PUSATKEBUDAYAAN,LEMBAGA SOSIAL.LINGKUNGAN KELUARGABERFUNGSI SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN DASAR ANGGOTAKELUARGA SEPERTI AGAMA,MORAL ETIKA.SEDANGKANLINGKUNGAN MASYARAKAT MASYARAKAT BERFUNGSI MEDIA DANTEMPAT PEMBELAJARAN DAN PENGAPLIKASIAN ILMU-ILMU YANGTELAH DIDAPAT DI LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL SEKALIGUSBELAJAR AKAN PROSES KEHIDUPAN DIDUNIA.
  4. 4. C.JENIS-JENIS LINGKUNGAN.1.LINGKUNGAN KELUARGA.Keluarga merupakan sekelompok orang yang memilikipertalian darah namun adakalanya orang yang tidakada hubungan darah namun telah di anggap sebagaikeluarga karena hubungan yang telah terjalin baikuntuk waktu yang lama.anggota keluarga:ayah, ibu,anak,paman/tante,kakek/nenek,adik/ipar,pembantu,dan lain-lain.Keluarga adalah lingkungan pertama dan utama yangsangat berperan dalam pembentukan pribadi dantingkah laku anak.seperti yang disebut kan dalam UUSISDIKNAS no.2tahun 1989.
  5. 5. FUNGSI KELEMBAGAAN KELUARGA1.KELUARGA MERUPAKAN PENGALAMAN PERTAMA BAGI MASA KANAK-KANAK,PENGALAMAN TERSEBUT JADI FAKTOR YANG SANGAT PENTING UNTUKPERKEMBANGAN ANAK PADA TAHAP BERIKUTNYA.2.KELUARGA MAMPU MENJAGA STABILITAS EMOSI ANAK YANG AKANMAMBANTU MEMBENTUK PRIBADI ANAK.3.DI DALAM KELUARGA TERBENTUK PENDIDIKAN MORAL,KETELADANAN ORANGTUA DALAM BERTUTUR KATA DAN BERPRILAKU MENJADI TELADAN BAGI ANAKDALAM BELAJAR TENTANG MORAL.4.DI DALAM KELUARGA TUMBUH SIKAP TOLONG MENOLONG,TENGGANGRASA,SEHINGGA TUMBUHLAH KEHIDUPAN KELUARGA YANG DAMAI DANSEJAHTERA.5.KELUARGA BERPERAN DALAM MELETAKKAN DASAR –DASAR PENDIDIKANAGAMA DAN KEIMANAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA.6.DIDALAM KELUARGA DAPAT DILATIH KREATIVITAS,INISIATIF,TANGGUNGJAWAB,KETRAMPILAN DAN BAKAT YANG DI MILIKI.
  6. 6. HAL-HAL YANG PERLU DILAKUKAN ORANG TUA DALAMKELUARGA1.PEMODELAN PRILAKU,SENGAJA ATAU TIDAK ORANG TUA AKAN MAENJADI MODEL BAGIANAK,ORANG TUA HARUS SANGAT BERHATI-HATI DALAM BERSIKAP DAN BERTUTUR KATAKARNA ANAK TIDAK HANYA AKAN MENIRU HAL BAIK TAPI JUGA HAL BURUK NYA.2.MEMBERIKAN HADIAH DAN HUKUMAN,ORANG TUA HARUS MEMBERI GANJARAN ATASSETIAP HAL YANG DILAKUKAN OELEH ANAK,BILA HAL ITU POSITIF ANAK DI BERI PUJIANNAMUN BILA HAL ITU NEGATIF PERLU DIBERI HUKUMAN.3.ORANG TUA MEMBERIKAN PERINTAH LANGSUNG PADA ANAK SECARA JELAS,TEGAS,DANMUDAH DI MENGERTI ANAK.4.MEMBUAT PERATURAN UNTUK MENERTIBKAN PRILAKU ANAK AGAR ANAK BISA DISIPLIN.5.MENGAJAKAN ANAK UNTUK MENGGUNAKAN NALAR NYA DALAM BERBUAT DANBERFIKIR.6.MENYEDIAKAN FASILITAS PENUNJANG YANG DI PERLUKAN UNTUK MENGEMBANGKANDIRI,BAKAT DAN KEMAMPUAN NYA.
  7. 7. 2.LINGKUNGAN SEKOLAHJALUR PENDIDIKAN DI SEKOLAH MELALUI KEGIATANBELAJAR MENGAJAR DENGAN ORGANISASI YANG TERSUSUNRAPI,TERENCANA DAN BERJENJANG DAN BERKESINAMBUNGAN.TUGAS SEKOLAH SANGAT PENTING UNTUK DALAMMENYIAPKAN ANAK UNTUK KEHIDUPAN MASYARAKAT KARENAITU SEKOLAH HARUS DIKELOLA DENGAN BAIK AGAR BISAMENGAHASILKAN MANUSIA INDONESIA YANG BERKUALITAS.SEKOLAH SANGAT BERPENGARUH TERHADAPANAK,KARNA DI SEKOLAH ANAK-ANAK BISA BELAJAR TENTANGBERMASYARAKAT DALAM BENTUK KECIL UNTUK ITU SEKOLAHHARUS DAPAT MEMBERIKAN PENDIDIKAN YANG MEMBANTUANAK DIDIK.
  8. 8. FUNGSI SEKOLAHA.SEKOLAH HARUS MAMPU MENGEMBANGKAN SEGALA POTENSI DAN KEMAMPUAN ANAKDALM BERBAGAI MACAM BIDANG STUDI,LOGIKA ANAK HARUS DI ASAH SEHINGGA ANAKMAMPU BERFIKIR NALAR,MENGEMBANGKANKONSEP,PRINSIP,GENERALISASI,INTELEK,INIASIATIF DAN KREATIVITAS NYA.B.SEKOLAH JUGA HARUS MENGAJARKAN ANAK TENTANG SIKAP SOSIAL,GOTONGROYONG,TOLERANSI DAN DEMORKRASI.C.SEKOLAH HARUS MEMBERIKAN DAN MENJELASKAN MATERI SESUAI DENGANRELEVANSINYA DENGAN NORMA-NORMA YANG BERLAKU.D.SEKOLAH HARUS MENGEMBANGKAN ANAK MENJADI PRIBADI YANG RELIGIUS,MAMPUMENJADI PEMELUK AGAMA YANG BAIK,TAAT,SOLEH,DAN TOLERAN.E.SEKOLAH HARUS MAMPU MENDIDIK ANAK MENJADI PRIBADI YANG BISAMENSEJAHTERAKAN DIRINYA,MASYARAKAT,BANGSA DAN NEGARA.F.SEKOLAH MENGAJARKAN JUGA TENTANG KEBUDAYAAN DAN MENGAJARKAN UPAYAUNTUK MELESTARIKAN NYA.
  9. 9. 3.LINGKUNGAN MASYARAKATKAITAN ANTARA MASYARAKAT DAN PENDIDIKAN DAPAT DI LIHAT DARIBEBERAPA SEGI:A.MASYARAKAT SEBAGAI PENYELENGGARA PENDIDIKAN BAIK YANG DILEMBAGAKAN ATAU TIDAK.B.LEMBAGA-LEMBAGA KEMASYARAKATAN/KELOMPOK SOSIAL IKUTBERPERAN DALAM EDUKATIF.C.DIDALAM MASYARAKAT ADA MEDIA PENDIDIKAN SEPERTI DALAMBERGAUL DENGAN TEMAN,BEKERJA,DAN BERINTERAKSI DENGAN YANGLAIN.DAPAT DILIHAT BAHWA SECARA LANGSUNG ATAU TIDAK MASYARAKATIKUT MEMBANTU PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN,PENGADAAN TENAGA PENDIDIK,BIAYA,SARANA DAN PRASARANA,SERTA LAPANGANPEKERJAAN.
  10. 10. FUNGSI PENDIDIKAN KEMASYARAKATAN1.MEMBERIKAN KEMAMPUAN PROFESIONAL UNTUK MENGEMBANGKANKARIR MELALUIKURSUS, PENATARAN, LOKAKARYA,SEMINAR DANKONFERENSIILMIAH LAINNYA.2.MEMBERIKAN KEMAMPUAN TEKNIS AKADEMIK,SEPERTI: SEKOLAHTERBUKA,KURSUS,PENDIDIKAN MELALUI RADIO,TELEVISI DAN LAINNYA.3.IKUT MENGEMBANGKAN KEHIDUPAN BERAGAMA MELALUIPESANTREN,PENDIDIKAN AGAMA DI SURAU,BIARA,SEKOLAH MINGGU DANLAIN-LAIN.4.MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL KEBUDAYAAN MELALUI BENGKELSENI,TEATER,OLAHRAGA,SENI BELADIRI DAN KEGIATAN SPRITUAL LAINNYA.5.MENGEMBANGKAN KEAHLIAN MELALUI SISTEM MAGANG,UNTUKMENJADI AHLI BANGUNAN,MONTIR,TEKNISI DAN KETERAMPILAN LAIN
  11. 11. D.PENGARUH TIMBAL BALIK LINGKUNGAN TERHAPPESERTA DIDIKPUSAT PENDIDIKAN ATAU LINGKUNGAN BISA BERKONTRIBUSIBESAR DALAM KEGIATAN PENDIDIKAN YAKNI:1.PEMBIMBINGAN DALAM UPAYA PEMANTAPAN PRIBADI YANGBERBUDAYA.2.PENGAJARAN DALAM UPAYA PENGUASAAN PENGETAHUAN3.PELATIHAN DALAM UPAYA PEMAHIRAN KETERAMPILAN.SEMAKIN BAIK KETIGA LINGKUNGAN DIATAS MAKA KUALITASPARA ANAK DIDIK PUN AKAN JAUH LEBIH BAIK,BEGITUPUNSEBALIK NYA.
  12. 12. PENGARUH TIMBAL BALIKLingkungankeluargaKualitasmanusia/pesertadidikLingkungansekolahLingkunganmasyarakat
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×