Your SlideShare is downloading. ×
Bab I Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Bab I Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia

21,247
views

Published on


3 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
21,247
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
219
Comments
3
Likes
4
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Pentingnya manajemen sumber daya manusia Nama: Fahmi Azmi Nim: 430905748 Mk : m.sumber daya manusia Email.fahmi azmi TAKENGEN GAYO@ROCKETMAIL.COM Unit:Vi”(Enam)
  • 2.  Akhir –Akhir ini tampak suatu fenomenaadministratif pada tingkat yang belum pernah terlihat sebelumnya yaitu semakin besarnya perhatian semakin banyak pihak terhadap pentingnya MSDM.
  • 3. PENDEKATAN MULTIDIMENSIONAL~ Pendekatan Politik~ Pendekatan Ekonomi~ Pendekatan Hukum~ Sosio-kultural~ Pendekatan Administratif~ Pendekatan Teknologikal
  • 4.  Pendekatan Politik Menggunakan Pendekatan Politik Pada manajemen sumber daya manusia adalah untuk menigkatkan Kesejahteraan seluruh warganya Dalam Konteks Kehidupan Kenegaraan ,Kesejahteraan masyarakat .kesejahteraan fisik, kemakmuran .Ekonomi semakin merata .
  • 5.  Pendekatan Ekonomi Pendekatan ekonomi merupakan Pendeketan yang paling erat hubungan nya dengan pemahaman menigkatkan kan perhatian semakin banyak orang pada manajemen sumber daya manusia .karena sumber daya manusia sering di pandang sebagai salah satu faktor produksi dalam usaha menhasilkan barang atau jasa Oleh satuan –satuan Ekonomi.dilihat dari segi teori maupun peraktek dalam mengelola berbagai kegiatan selaku organisasi seperti modal .peralatan baik masinal non masinal .metode kerja bahan mentah .bahan baku .serta manusia.
  • 6.  PENDEKATAN HUKUM Salah satu indikator Kehidupan Masyarakat Moderen Adalah semakin tigginya Kesadaran Masyarakat nya antara hak dan kewajiban masing-masing.dipandang salah satu akibat positif dari tingkat pendidikan para warga masyarakat. Instrukmen utama untuk menjamin keseimbangan adalah ketentuan –ketentuan hukum Artinya hak para warga nya.peraturan .perundang undangan . Begitu pentingnya perolahan hak sehingga bersifat asasi , Seperti hak menyatakan pendapat ,hak berserikat,hak menganut agama,menunaikan ibadah sesuai hak dokrin agama,hak memperoleh pendidikan. Hak memperoleh sangkutan . Hak memperoleh pekerjaan. Contoh nya. masyarakat adalah beberapa contoh kongkrit.
  • 7.  PENDEKATAN HUKUM Salah satu indikator Kehidupan Masyarakat Moderen Adalah semakin tigginya Kesadaran Masyarakat nya antara hak dan kewajiban masing-masing.dipandang salah satu akibat positif dari tingkat pendidikan para warga masyarakat. Instrukmen utama untuk menjamin keseimbangan adalah ketentuan –ketentuan hukum Artinya hak para warga nya.peraturan .perundang undangan . Begitu pentingnya perolahan hak sehingga bersifat asasi , Seperti hak menyatakan pendapat ,hak berserikat,hak menganut agama,menunaikan ibadah sesuai hak dokrin agama,hak memperoleh pendidikan. Hak memperoleh sangkutan . Hak memperoleh pekerjaan. Contoh nya. masyarakat adalah beberapa contoh kongkrit.
  • 8.  Pendekatan sosio kultural Pendekatan sosio in sanggat penting Karena berkaitan dengan harkat dan martabat manusia. - pendekatan sosial budaya - Langkah- Langakah manajemen sumber daya manusia sudah dikatakan sudah berlaku hukum. Langakah-langkah dalam manajemen sumber daya manusia adalah merupakan satu kesatuan dengan karakteristik.yang khas Suatu hal yang kiranya tidak boleh di lupakan ialah bahwa Sistem nilai yang berlaku dalam organisasi merupakan bagian dari kultur yang di anut oleh masyarakat luas.antra suatu organisasi dengan organisasi lain .
  • 9.  Pendekatan Administrasi Salah satu ciri yang menonjol dari abad sekarang ini adalah?terciptanya sebagian organisasi Baik secara makro atau pun secara mikro.tujuan ,cita-cita.harapan. Merasa memiliki Kesamaan.Kepentingan. Pertama: Sumber daya manusia yang tersedia.atau dapat disediakan oleh organisasi selalu terbatas Kedua: Meskipun sumber daya ,dana.sarana.prasarana .kerja mutlak di perlukan .menigkatkan efisiensi,efektifitas,produktifitas organisasi. Ketiga: Manajemen merupakan unsaur terpenting dalam organisasi hingga berperilaku positif dalam kehidupan organisasinya. contoh : suatu perusahaan anggkutan yang berkerja secara efisiesen.penumpang jumlah kenderaan.bahan bakar
  • 10.  Pendekatan Teknologikal Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai dampak yang sanggat kuat terhadap manajemen SDM. Ialah bahwah berbagai hasil temuan di bidang teknoligi kegiatan yang di lakukan oleh manusia ,di ambil alih “berbagai jenis mesin. Teknologi terus berlasngsung dengan hasil yang semakin canggih.di samping itu mesin-mesin canggih dengan kemampuan yang semakin canggih dengan kemampuan yang semakin besar semakin murah sedangkan tenaga kerja semakin mahal” Penigkatan kemampuan untuk menciptakan organisasi .Sedangkan perubahan mempunyai faktor -seperi faktor Ekonomi -faktor politik -faktor kependudukan -faktor pendidikan -Faktor kesehatan -Faktor ketdak pastian dalam menghadapi masa depan.
  • 11.  BERBAGAI TANTANGAN BAGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Adalah untuk menciptakan organisasi yang semakin beraneka ragam .sekaligus pengelolaan yang semakin efesiesen,efektif, dan produktif, Kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh organisasi demi pencapaian tujuan dan sasaran.
  • 12. PENCAPAIAN TUJUAN MASYARAKAT.Bidang apapun otganisasi bergerak sebenar –benar nya.yang menghasilkan suatuproduk.jasa.kelompok.masyarakat.Manajemen .organisasi.harus memiliki kewajiban sosial yang harus dipenuhi.Kegagalan organisasi pertama ialah bahwa masyrakat kehilangan kepercayaan terhadaporganisasiKedua:sebagai akibat hilangnya kepercayaan masyarakat .organisasi sudah kehilangankepercayaan dan dukungan masyrakat jelas bahwa cepat atau lambat kehancuranmerupakan akibat
  • 13.  PENCAPAIAN TUJUAN ORGANISASI Manajemen sumber daya manusia yang baik di tujukan kepada pekerja dalam organisasi ke arah tercapainya tujuan organisasi. Di bentuk satuan organisasi yang mengelola SDM mencapai tujuan dan sasaran.
  • 14.  PENCAPAIAN TUJUAN FUNGSIONAL Struktur organisasi mengambarkan dua jenis kegiatan. -satu kegiatan pokok -dua kegiatan penunjang Yang dimaksud dengan kegiatan pokok adalah seluruh usaha yang di lakukan berkaitan langsung dengan tujuan dan sasaran yang iggin di capai oleh organisasi Kegiatan pokok menyagkut ? A.produksi B.pemasaran C.penjualan Perusahaan memperoleh keuntugan sebagai kemampuan organisasi peruduk tertentu dalam bentuk barang .jasaTugas-tugas yang di laksanakan oleh masing masing suatu kerja baik yang bersipat pokok maupun tugas penunjang istilah “tugas fungsional”
  • 15.  PERENCAAN. Ketenegakerjaan - rekrumen - seleksi - penepatan - pengupahan - penggajian - pembinaan karir - pendidikan - pelatihan - pemeliharaan hubungan kerjahigga pemberhentian
  • 16.  PENCAPAIAN TUJUAN PERIBADI Manusia moderen sekarang ini tidak lagi memiliki kemampuan yang memuaskan semua jenis kebutuhan nya yang semakin beranika ragam tampa menggunakan berbagai jalur organisasional. Aneka ragam tujuan pribadi berangkat dari hakikat manusia sebagai makluk yang multifaset yaitu. -mahluk politik - insan ekonomi - mahluk sosial Pada mulanya seseorang memasuki berbagai organisasi adalah .pencapaian tujuan dan pembunuhan kepentingan pribadinya.
  • 17.  Kesediaan semua aggota organisasi sebagai individu untuk membawakan tujuan dan kepentingan pribadi kepada tujuan dan kepentingan lebih luas -kepentigan bersama - kepentingan organisasi -kepentinag masyrakat luas. Peranan manajemen sumber daya manusia menjadi sanggtat penting.Sasaranya terbatas. Menjamin kepatuhan anggota organisasi di bidang kepegawaian . Sorotan pertama Manajemen sumber daya manusia adalah kepegawaian tradisional mungkin diberikan oleh setiap orang ke arah tercapain nya tujuan organisasi yang telah di tentukan sebelumnya.
  • 18.  PERANAN PENGELOLA SUMBER DAYA MANUSIA Setiap pejabat pemimpin dalam suatu organisasi merupakan sumber daya manusia Artinya para manajer ikut dan harus terlibat dalam mengambil berbagai laggkah . Kegiatan manajemen sumber daya manusia mulai dari perencanaan ketenaga kerjaan hingga pensiunan pegawai. suatu organisasi di bentuk satuan kerja yang melakukan kegiatan pengelolaan sumber daya manusia.secara fungsional bertanggug jawab dalam melakukan berbagai kegiatan dan menggambil berbagai langgkah dalam manjemn sumber daya manusia. Terdapat dua alasan kuat satuan kerja fungsional.
  • 19.  PERTAMA: MANAJER SUMBER DAYA MANUSIA SECARA OPRASIONAL MANAJER YANG BERSAGGKUTAN DISERAHI TUGAS DAN TANGGUG JAWAB MELEKSANAKAN KEGIATAN-KEGIATAN LAIN. KEDUA: MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA MUTLAK PERLU DI TANGGANI SECARA PROPISIONAL OLEH TENAGA-TENAGA SPESIALIS . Manajemnen sumber daya manusia asnggat kompleks di tanggni dengan bai.satuan kerja mengelola sumber daya manusia menerima tugas dari para manajer yang memimpin satuan –satuan kerja lainnya mengelola sumber daya manusia merupakan satuan kerja penunjang terhadap semua satuan kerja lain.organisasi. Tife organisasi apapun yang digunakan apakah tife “lini”tipe lini dan setaf”tipe fungsional”tipe matriks”atau tipe –tipe lain . Dalam struktur organisasi tanggug jawab. Fungsionalnya adlah menaggi masalah-maslah manajemen sumber daya manusia.
  • 20.  Sifat tugas funsional adalah stuan kerja dalam organisasi manajemen sumber daya manusia tidak kewenagan komando kerja lain.yang dimiliki adalah kewenagan” staf “ komando yang dimiliki “kedalam “terhadap satuan kecil dalam lingkungan sumber daya manusia.kemampuan kerja para organisasi.prinsip ini perlu dianggkat kepermukaan. Se orang manajer sumber daya manusia “hanya”pemberi nasihat.adalah pandangan yang tidak tepat, Persepsi yang tepat adalah?organisasi mampu berkerja dengan tiggkat efesiesen,efektip,dan produktif semakin tiggi.para manajer lini harus dimiliki sumber daya manusia,sesugguhnya tidak kecil.penyusunan; penerapan kebijakan mengelola sumber daya manusia maupun memberikan nasihat kepada para manajer lini; Se orang manajer lini dapat saja menolak berbagai masalh .tanggug jawab manajer .
  • 21.  Contoh kongkret adalah kebijaksanan pegawai Kesejahteraan pegawai yang beraneka ragam dalam organisasi yang sama. Sumber daya manusia bersifat . - eksternal - organisasional - profesional Selam ribuan tahun di temukan organisasi di muka bumu ini .kecuali organisasi ke agamaan dan pemerintahan . Di bidang ekonomi misalnya,kegiatan ? - pertanian - perdagangan - produksi - pusat kegiatan adalah pusat . Perubahan besar terjadi berkat penemuan mesin uap oleh james Waat
  • 22.  Sekitar akir abad ke sembilan belas adalah pada aspek penghasilan dan asfek dalam arti upah dan gaji para kariawan. Para manajer mengambil sikap menggagkat seseorang ketika itu di kena”l sekertaris kesejahteraan”tugas utama para sekertarias ialah ?memikirkan cara perumusan ekonomi . Jadi dapat di katakan bahwa para sekertaris menjadi “pelopor”dalam manajemen SDM.
  • 23.  LAHIRNYA “GERAKAN MANAJEMEN ILMIAH” Bagian dunia pada permulaan abad kedua puluh ini Terutama eropa amerika utara ialah?didirikan nya perusahaan besar yang bergerak di bidang -ekonomi - industri -pertambangan - perdagangan - perkembangan Manajemen adalah Frederick W. Taylor,di amirika serikat dan Henri Fayol, perancis kedua pelopor tersebut adalah ? 1.sarjana teknik - Taylor bekerja di pabrik baja. - Fayol bekerja di tambang batu bara, Manajer puncak melaksanakan tugas masing masing .kemampuannya memecahkan berbagai masalah manejerial
  • 24.  PERKEMBANGAN GERAKAN “HUMAS RELATIONS” Pelopor utama adalah Elton MaYO Seorang ahli psikologi Dari unipersitas Harvard melakukan penelitian pada suatu perusahaan lampu pijar .di Hawhorne, di pggiran kota Chicago, Amirika serikat , Penelitian mereka dikenal istilah “Hawtrorne”Exsperiment. Manajemen pada mereka adalah? Pekerja di tentukan pada norma –norma kelompok kerja dimana seseorang di jadi kan aggota
  • 25.  TEORI MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA KOMTEPOREL Minat yang semakin meluas di kalangan para ilmuan tentang manajemen sumber daya manusia berakibat positif ,semua perkembangan dapat di simpulkan bermuara. Prinsip yang dilakukan harus di perlakukan sesuai dengan harkat martabat, Timbul nya berbagai teori motivasi pada tahun empat puluhan, Dengan abraham H.Maslow sebagai pelopornya merupakan bukti kongkrit .bahwa manusia mempunyai kebutuhan yang sanggat kompeleks,menyangkut penigkatan tarap hidup dalam arti kebedaan .seperti - keamanan - kebutuhan -sosial - pestise - pengembagan diri
  • 26.  Yang harus di penuhi dan di puaskan FAKTOR-PAKTOR , motivasional yang bersipat ekstrinsik masalah ke adilan ,kewajaran, harapan,dan kecocokan pekerjaan dengan karakteristik, Manusia adalah merupakan unsur terpenting dalam semua organisasi keberhasilan organisasi mencapai tujuan dalam berbagainsasaranya baik yang bersipat eksternal maupun internal sangat dintentukan oleh kemampuan mengelola SDM.