Rpp-Kesetimbangan Benda Tegar
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share

Rpp-Kesetimbangan Benda Tegar

  • 3,904 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
3,904
On Slideshare
3,904
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
114
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Satuan Pendidikan : SMA ………. Mata Pelajaran : Fisika Kelas/Semester : XI/2 Alokasi Waktu : 15 menitStandar Kompetensi3. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu (benda tegar dan fluida) dalam menyelesaikan masalahKompetensi Dasar3.2 Menemukan hubungan antara konsep torsi dan momentum sudut, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.Indikator :1. Kognitif a. Produk 1. Menyelidiki syarat-syarat kesetimbangan benda tegar 2. Melakukan percobaan kesetimbangan benda tegar b. Proses Melakukan demonstrasi kesetimbangan suatu benda tegar untuk membuktikan teori kesetimbangan meliputi: 1) Merumuskan masalah. 2) Merumuskan hipotesis. 3) Menganalisis hasil demonstrasi.
  • 2. 4) Menyimpulkan hasil demonstrasi.2. Psikomotor a. Melakukan pengamatan demonstrasi tentang kesetimbangan benda tegar.3. Afektif: a. Karakter: Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lainB. Tujuan Pembelajaran1. Kognitif a. Produk: 1. Dengan kalimat sendiri, siswa dapat mendefinisikan syarat- syarat kesetimbangan benda tegar 2. Dengan seperangkat alat percobaan, siswa dapat melakukan pecobaan kesetimbangan benda tegar b. Proses Disediakan seperangkat alat percobaan kesetimbangan benda tegar, siswa dapat melakukan pengamatan demonstrasi untuk membuktikan teori kesetimbangan sesuai dengan rincian tugas yang ditentukan di LKS meliputi: merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, menganalisis hasil demonstrasi, mengkomunikasikan hasil demonstrasi, dan menyimpulkan hasil demonstrasi.
  • 3. 2. Psikomotorik: a. Disediakan seperangkat alat percobaan kesetimbangan benda tegar, siswa terampil aktif memperhatikan atau melakukan demonstrasi.3. Afektif: a. Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan berperilaku santun sesuai LP: Ranah Afektif. b. Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi sesuai LP: Ranah Afektif.C. Materi Pembelajaran 1. Benda atau bahan yang bila dikenai gaya bentuknya relative tetap disebut sebagai benda tegar. 2. Benda dikatakan setimbang jika resultan gaya dan resultan torsi yang bekerja pada benda sama dengan nol sehingga benda akan diam atau bergerak lurus beraturan. 3. Syarat kesetimbangan yang pertama adalah : Apabila sebuah benda tegar berada dalam kesetimbangan maka jumlah dari semua gaya yang bekerja pada benda itu harus sama dengan nol. 3. Bila suatu benda berada dalam kesetimbangan karena pengaruh gaya-gaya sebidang, jumlah momen gayanya terhadap sembarang sumbu sama dengan nol, secara matematis dapat dituliskan sebagai:
  • 4. Catatan: Bahan ajar tentang kesetimbangan benda tegar pada Buku Siswa(terlampir)D. Model dan Metode Pembelajaran : Model Pembelajaran : Contextual Teaching Learning (CTL) Metode Pembelajaran : Demonstrasi; diskusi-Tanya Jawab; diskusi kelompokE. Sumber Belajar 1. Buku Siswa “Kesetimbangan Benda Tegar”.F. Alat/Bahan 1. Katrol licin (2 buah) 2. Tali 3. Beban (3 buah beban 50 gr) 4. Busur 5. StatifG. Kegiatan Belajar Mengajar Pertemuan I (2 x 40 menit) Penilaian No Aktivitas Pembelajaran 1 2 3 4 A Pendahuluan (5 menit) 1 Motivasi: Diberikan motivasi : siswa diminta menyampaikan pendapat tentang pengertian
  • 5. kesetimbangan benda tegar berdasarkan pengetahuan yang dimiliki siswa. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran: kognitif2 (produk, proses); psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku berkarakter).B Kegiatan Inti (70 menit) Siswa dibimbing untuk dapat menjelaskan1 tentang pengertian kesetimbangan benda tegar berdasarkan buku siswa (BS-01) yang disiapkan. Dengan arahan dari guru, perwakilan siswa diminta meraangkai alat demonstrasi di depan kelas. Guru membagikan LKS-01 kepada siswa, siswa diminta untuk mengidentifikasi dan merumuskan2 permasalahan yang ditemukan pada LKS-01 (Kesetimbangan Benda Tegar). Sebelum melakukan demonstrasi, siswa diminta berdiskusi untuk merumuskan hipotesis dari permasalahan yang ditemukan pada LKS-02.3 Guru memfasilitasi para siswa menyumbang ide untuk menyempurnakan perumusan hipotesis dan meminta siswa lain mengulang ide temannya untuk mengecek apakah ia menjadi pendengar yang baik.
  • 6. Guru memfasilitasi setiap siswa untuk melakukan pengamatan demonstrasi agar dapat4 membuktikan teori dari kesetimbangan benda tegar serta dapat menggunakan, membaca, dan menghitung jumlah gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda tegar; sambil membimbing siswa, guru melakukan penilaian kinerja menggunakan Rubrik Penilaian Ranah Psikomotorik. Siswa bekerja sama dalam melakukan pengamatan demonstrasi dengan tepat sesuai5 dengan prosedur percobaan yang terdapat di LKS-01 Setiap siswa melakukan pengukuran secara teliti tentang kesetimbangan benda tegar, sesuai6 dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikannya serta berfikir secara kreatif, kritis dan logis atas percobaan yang dilakukan. Setiap siswa (sesuai tugas dan tanggungjawab7 anggotanya) menganalisis kesetimbangan translasi pada suatu benda tegar. Dengan pemantauan guru, siswa secara8 individual menyusun data dan menjawab pertanyaan pada LKS-01. Guru memoderatori diskusi kelas: ada kelompok12 menyampaikan pendapat; sementara kelompok lain menanggapi pendapat dan menjadi
  • 7. pendengar yang baik untuk memperoleh kesimpulan dari demonstrasi yang dilakukan. Guru melakukan penilaian terhadap keaktifan siswa dalam diskusi menggunakan Rubrik Penilaian Ranah Afektif. Siswa diberi LP-01 untuk mengukur penguasaan 13 konsep mereka tentang kesetimbangan benda tegar.C. Penutup (5 menit) 1 Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya dan menyimpulkan hasil percobaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan kesetimbangan benda tegar. 2 Guru meminta siswa secara individu memperoleh jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam Buku Siswa (BS-01) dan LKS-01. Hasil dari pekerjaan siswa tersebut dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. 3 Guru memberikan informasi kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya akan membahas bab baru. Guru menutup pembelajaran tentang kesetimbangan benda tegar.H. Penilaian Teknik : Penilaian Produk (LP-01)
  • 8. Penilaian Kognitif (Rubrik Penilaian Ranah Kognitif) Penilaian Kinerja (Rubrik Penilaian Ranah Psikomotorik) Penilaian Afektif (Rubrik Penilaian Ranah Afektif)PustakaPurwoko dan Fendi, 2006. Fisika 2. Jakarta:Erlangga.Ruwanto, Bambang. 2007. Asas-Asas Fisika. Jakarta : Erlangga.Buku Elektronik Fisika SMA Kelas XI