• Save
Manfaat binatang yang halal
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share

Manfaat binatang yang halal

  • 5,095 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
5,095
On Slideshare
5,095
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
0
Comments
0
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Manfaat Binatang yang HalalMakanlah dari binatang yang halal berkaitan erat dengan kesehatan. Kehalalan itumenyangkut aspek kebersihan dan cara – cara yang baik dalam penyembelihan sertakesehatan bagi yang memakannya. Firman Allah SWT. :Artinya : “ hai orang – orang yang beriman, makanlah diantara rezeki yang baik –baik (halal dan bersih) yang kami anugrahkan kepadamu dan bersyukurlah kepadaAllah, jika benar – benar hanya kepada-Nya kamu menyembah”. (Q.S. Al-Baqarah,2: 172)Mengkonsumsi makanan yang halal adalah perintah agama,adapun makan yang halaldan baik (tayyib) adalah makan yang memenuhi syarat-syarat kesehatan, termasukmakanan yang bersih, bergizi, berprotein atau bervitamin.Sesuatu yang dihalalkan agama akan member manfaat, sedangkan yang diharamkanatau dilarang agama akan mendatangkan kemudaratan atau bahaya. Agar makanan itumember manfaat, hendaklah kita makan yang halal baik (tayyib), bergizi, berprotein,berkalori, dan bersih dari kuman atau bibit penyakit serta tidak berlebih-lebihan.Manfaat binatang yang halal antara lain :1. Dapat menyehatkan badan dan terpenuhinya kebutuhan protein, gizi dankalori, sehingga badan tumbuh sehat dan berkembang dengan baik.2. Dapat terhindar dari penyakit, sebab binatang yang halal dapatmendatangkan manfaat bagi kesehatan badan.3. Meningkatkan kesucian jiwa.
  • 2. 4. Dapat menghindarkan diri dari dosa,sebab kita telah menjaga danmenjauhkan diri dari hal – hal yang diharamkan Allah.5. Menyebabkan diterimanya amal ibadah dan doa, sebab setiap barang yanghalal untuk dikonsumsi memperoleh keridhoan Allah.6. Digolongkan ke dalam orang yang saleh dan berakhlak mulia. Setiaporang yang saleh dan berakhlak mulia berarti telah menjaga diri daripelanggaran dan perbuatan maksiat.7. Mencerdaskan pikiran8. Mendekatkan diri kepadda Allah SWT.Semua perintah Allah seperti yang tertera di atas, akan memberikan manfaatbesar bagi kehidupan manusia. Ini karena pada dasarnya, Allah menciptakansemua itu untuk kesejahteraan hidup manusia. Sebaliknya, semua yangdilarang itu dalam ajaran islam akan membawa bahaya bagi kehidupanmanusia. Karena itu taatilah!Binatang yang DiharamkanSelain yang, ada pula binatang yang haram dimakan. Larangan itu bertujuan untukkeuntungan manusia, bukan keuntungan Allah. Adapun jenis-jenis binatang yangharam dimakan disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :1. Haram karena nas, baik dari Al-Qur’an maupun hadist yaitu Babi, himar(keledai), Anjing, binatang buas yang bertaring dan burung yang berkukutajam.2. Haram karena kita diperintahkan untuk membunuhnya, yaitu ; ular,burung gagak, tikus, anjing buas, dan burung elang, rasulullah SAWbersabda: “ Lima macam binatang yang jahat hendaklah dibunuh, baikditanah halal maupun ditanah haram, yaitu ; Ular, burung gagak, tikus,anjing buas dan burung elang.” (H.R. Muslim)
  • 3. 3. Haram karena kita dilarang untuk membunuhnya, yaitu ; semut, tawon,burung hud – hud dan burung hantu.4. Haram karena keadaannya menjijikan, keji dan kotor. Sebagian ulamamenyebutkan hasyarat, yaitu binatang bumi yang kecil-kecil dan kotormisalnya ulat, kutu anjing, kutu busuk, cacing, lintah, lalat, lebah, laba-laba, nyamuk, kumbang dan sejenisnya.Untuk binatang yang hidup di dua alam (binatang amfibi) kebanyakan para ulamamengharamkannya, misalnya ; buaya, kodok, kepiting, keong, bekicot, kura-kura, danlain-lainya. Khusus mengenai kodok, disamping sebagai binatang amfibi yang kotor,juga termasuk binatang yang dilarang membunuhnya. Jika diharamkanmembunuhnya, sudah tentu haram pula memakannya.Semua jenis binatang yang haram dimakan tersebut, pada dasarnya untuk kepentinganmanusia, yaitu untuk keselamatan dan kesehatan manusia. Setiap yang diharamkanpasri mengandung mudarat dan membahayakan kepada yang memakannya. Olehsebab itu, kita wajib menjauhinya agar terhindar dari keburukan dan bahaya yangditimbulkannya.E.Mudarat (Bahaya) Binatang yang Diharamkan.Akibat buruk atau dampak negatif yang ditimbulkan dari binatang yang haram, bukanhanya dari sudut Islam, tetapi juga dari segi kesehatan.Adpun bahaya yang ditimbulkan dari makan binatang yang diharamkan, antara lain:1. Menjauhkan diri dari rahmat Allah2. Menjerumuskan seseorang dalam perbuatan dosa dan mengotori kesucianjiwa.3. Mengakibatkan amal ibadah dan doa kita ditolak oleh Allah SWT.
  • 4. 4. Mendapat ancaman dan balasan dari Allah berupa siksa di akhirat.5. Dari segi kesehatan fisik jelas membawa akibat buruk bagi tubuh,misalnya:a. Daging babi terdapai cacing pita yang sangat berbahaya.b. Darah mengandung banyak kuman dan racun yang dapat merusakkesehatan dan membahayakan kehidupan.c. Bangkai mengandung bibit penyakit dan racun yang dapatmengganggu kesehatan.6. Dilarang menggunakan pengobatan dari hewan yang haram. Sekalipunbanyak digunakan orang sebagai obat, tetapi Islam melarangmenggunakannya, seperti katak, ular, buaya dan lainnya. Sabda RasulullahSAW: “Sesungguhnya Allah telah menurunkan penyakit dan obatnya, Diamenjadikan setiap penyakit dan obatnya, maka berobatlah kamu, tetapijangan berobat dengan seuatu yang diharamkan.” (H.R. Abu Daud).