Your SlideShare is downloading. ×
Tugas tik baru
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Tugas tik baru

404
views

Published on

Untuk memenuhi tugas TIK yang Ke 2

Untuk memenuhi tugas TIK yang Ke 2

Published in: Education

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
404
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
11
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Mengenal Internet dan World Wide Web Intranet Electronic Mail Mengerti Internet dan Intranet Mailing List Internet Relay Perkembangan Chatting Internet File Transfer Protocol Sumberdaya Internet VolP Layanan SDM Layanan Bahan Intranet dan Logistik Pemanfaatan Internet dan Intranet Layanan SI InternetPerbankan Perdagangan Pendidikan Pariwisata Kesehatan Jurnalistik
  • 2. Mengenal Internet Internet adalah kumpulan komputer-komputer diseluruh dunia yang saling berhubungan dalam suatu jaringan yang sangatluas. Berikut adalah beberapa aktifitas yang dapat kita dilakukan melalui internet:1. Mencari Informasi.2. Pertukaran Informasi Melalui E-mail.3. Menonton film.4. Berbagi cerita melalui blog.5. Bergabung dengan grup pertemanan.6. Berbelanja.7. Bermain Game.8. Bercakap-cakap dengan pengguna lain ditempat yang saling berjauhan. Mengenal Intranet Intranet adalah kumpulan komputer yang saling berhubungan dalam sebuah jaringan khusus/privat pada lingkup sebuahinstitusi atau perusahaan.Keuntungan bagi suatu perusahaan yang mengunakan intranet adalah sebagai berikut:1. Mengurangi Biaya2. Menghemat Waktu3. Meningkatkan Kolaborasi4. Meningkatkan Produktifitas dan Efisiensi5. Membentuk Lingkungan Komputer yang Terintegrasi dan Terdistribusi6. Kaya Dalam FormatInternet mempunyai 3 buah model organisasi, yaitu:1. Model Desentralisasi2. Model Tersentralisasi3. Model Campuran
  • 3. Perkembangan Internet1. Tahun 1958 Pada tahun 1958, sebuah lembaga riset yang bernama ARPA, bertujuan untuk mengadakan penelitian terkait dengan usahamenghubungkan komputer-komputer yang dimiliki oleh Departemen Pertahanan dalam satu jaringan. Dibawah pimpinan JosephLicklider,2. Tahun 1965 Larry Robert dan Thomas Marill yang bekerja sama dengan ARPA membuat suatu WAN (Wide Area Network) yangpertama.3. Tahun 1969 ARPA berhasil mengembangkan jaringan komunikasi data antar-komputer dari berbagai universitas yang mendanai penelitianini.4. Tahun 1970 Network Working Group berhasil menemukan aplikasi internet yang dikenal sebagai File Transfer Protocol (FTP).5. Tahun 1972 Ray Tomilson berhasil mengembangkan suatu program yang mampu mengirim surat elektronik melalui ARPANET, yangdikenal dengan nama email (electronic mail).6. Tahun 1976 Pada tanggal 26 Maret 1976, Ratu Inggris berhasil megirim email untuk pertama kalinya dari Royal Signals and RadarEstablishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih banyak dari 100 komputer7. Tahun 1982 Protokol komunikasi data yang digunakan pada saat itu, yaitu Network Communication Protocol (NCP) mulai tidak sanggupmenampung jumlah komputer yang sangat besar, sehingga dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan.8. Tahun 1984 Pada tahun ini diperkenalkanlah suatu penamaan alamat atau biasa di sebut dengan Domain Name System (DNS).9. Tahun 1988 Jarko Oikarinen dari Finland menemukan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.10. Tahun 1990 Timothy Berners Lee seorang peneliti komputer asal Inggris, menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajahantara satu computer dengan komputer yang lainnya yang bernama WWW atau World Wide Web.11. Tahun 1991-1993 Telah ditemukan banyak sekali aplikasi baru, yaitu Archie, Gopher, WAIS, serta WWW. Pada tahun 1993, Mars Andreesendengan timnya dari NSCA mengembangkan aplikasi browser yang bernama Mosaic.
  • 4. 1. World Wide Web World Wide Web (WWW) atau Website/Web adalah fasilitas internet yang dapatmenampilkan kumpulan informasi, gambar, suara, bahkan video. Melaluiwebside, kita dapat memperoleh baebagai macaminformasi, hiburan, pengetahuan, dan masih banyak lagi. Webside dapat diumpamakan sebagai sebuah buku yang mengandung beberapahalaman yang disebut dengan web pages. Web Pages merupakan sebuah bagiankhusus dari web side tertentu, Dalam hal ini, kita juga mengenal istilahhomepage, yaitu halaman muka dari sebuah situs web, atau ibarat sampul halamansebuah buku. Homepage biasanya berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs websehingga memudahkan pengunjung menelusuri apa isi di dalam web tersebut. Untukdapat mengakses sebuah webside, kita membutuhkan suatu program aplikasi yangdisebut web browser. Adapun beberapa web browser yang cukup populer, antara lainInternet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera.
  • 5. Sumber Daya Internet1. World Wide Web2. Electronic Mail (Email)3. Mailing List4. File Transfer Protocol (FTP)5. Internet Relay Chat6. VoIP
  • 6. 2. Electronic Mail (Email) Email atau surat elektronik merupakan salah satufasilitas internet yang paling banyak digunakan. Denganfasilitas ini, kita dapat mengirim surat dari mengirim daridan ke pengguna internet di suluruh dunia. Kita juga dapatmenyertakan dokumen maupun gambar dalam suratelektronik yang kita kirimkan. Jika dibandingkan denganpengiriman surat melalui pos, pengiriman email ini jauhlebih cepat. Dengan penggunaan email, surat yang kitakirimkan dapat tiba ditempat tujuan sesaat setelah kitamengirimkannya.
  • 7. 3. Mailing List Mailing list atau milis merupakan fasilitas emailsecara berkelompok. Saat kita bergabung dalamanggota mailing list, kita dapat bertukaran informasimelalui email yang beredar daam kelompok tersebut.Pada saat kita mengirimkan sebuah email ke alamatmilis, maka semua anggota milis tersebut akanmendapatkan email yang kita kirimkan. Adanya milisini sangat mempermudah komunikasi kelompoksehingga informasi dapat tersebar dengan cepat danmerata.
  • 8. 4. Internet Relay Chat Internet Relay Chat merupakan aplikasi internet yangmemungkinkan kita bercakap-cakap dengan lawan bicaramelalui internet. Percakapan melalui internet ini dikenaldengan sebutan chatting. Untuk melakukan chatting, kitacukup mengetikan kata-kata yang ingin kita ucapkan padalawan bicarakemudian mengirimkannya. Saat ini, aplikasiinternet memungkinkan kita melakukan chatting sekaligusmenyisipkan gambar dan suara. Bahkan dengan adanyafasilitas webcam, kita dapat melakukan chating sambilmelihat lawan bicara melalui layar monitor.
  • 9. 5. File Transfer Protocol (FTP) FTP merupakan suatu aplikasi yang dapat digunakan untukmengirim data dari komputer yang satu ke komputer yang lain.Dengan adanya FTP, proses pengiriman data menjadi lebihmudah dan cepat. Proses pengiriman data dari komputer kitake komputer lain di sebut upload, sedangkan pengambilandata ke komputer lain kita sebut download. FTP juga seringdigunakan untuk pengambilan data dari suatu webside. Dataini dapat berupa lagu, dokumen, foto, dan sebagainya, yangmemang diizinkan untuk diambil oleh pihak-pihak yangmembutuhkan.
  • 10. 6. VolP VolP adalah suatu teknologi yang memungkinkanpercakapan suara melalui internet. Dengan menggunakanteknologi ini, seseorang dapat menggunakan telepon tanpaharus membayar biaya sambungan langsung jarak jauh(SLJJ) jika ia berhubungan dengan orag lain yang beradapada kota atau negara lain. Keuntungan menggunakan VolPini adalah membuat biaya komunikasi suara jarak jauh(interlokal) menjadi lebih murah, dengan kualitas suarayang baik.
  • 11. Pemanfaatan Internet1. Bidang Perbankan2. Bidang Perdagangan3. Bidang Pendidikan4. Bidang Pariwisata5. Bidang Kesehatan6. Bidang JurnalistikPemanfaatan Intranet1. Layanan Sumber Daya Manusia2. Layanan Bahan dan Logistik3. Layanan Sistem Informasi
  • 12. 1. Bidang Perbankan Salah satu pemanfaatan internet dalam dunia perbankan adalah melalui internet banking. Internet banking juga dikenal dengan istilah electronic banking (e- banking), virtual banking, maupun online banking. Internet banking merupakan kegiatan perbankan yang dilakukan melalui internet. Dengan adanya internet banking, nasabah tidak perlu pergi ke bank yang bersangkutan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan transaksi perbankan, asalkan tersedia internet. Adanya internat banking memberi banyak keuntungan bagi berbagai pihak. Keuntugan yang diperoleh nasabah, yaitu kemudahan melakukan transaksi perbankan dengan cepat dan mudah terhalang oleh kendala tempat dan waktu. Sedangkan keuntungan bagi pihak bank, yakni adanya efisiensi kinerja operasional bank serta pengurangan jumlah nasabah yang datang ke bank sehingga bank yang bersangkutan tidak memerlukan banyak pegawai dan dapat melakukan penghematan biaya sewa tempat dan gaji karyawan. Di Indonesia, penggunaan internet banking sudah bukan suatu hal yang asing bagi sebagian masyarakat. Beberapa bank yang telah m,enggunakan layanan internet banking ini adalah, BCA, Bank Mandiri, BNI, Bank Lippo, dll.
  • 13. 2. Bidang Perdagangan Proses perdagangan melalui dunia internet ini dikenal dengan nama e- commerce. Dengan kata lain, e-commerce adalah kegiatan jual/beli barang atau jasa yang dijalankan secara elektronik melalui jaringan internet. Adapun manfaat yang diperoleh perusahaan, antara lain: 1. Perusahaan dapat menjual produknya kepada lebih banyak konsumen sebab area cangkupan internet meliputi wilayah yang sangat luas. 2. Perusahaan dapat mengurangi biaya operasional karena tidak memerlukan tambahan kantor cabang maupun karyawan. 3. Adanya efisiensi biaya memungkinkan suatu perusahaan untuk memungkinkan harga produk, sehingga menarik lebih banyak konsumen dan tentunya akan meningkatkan daya saing perusahaan. Manfaat yang diperoleh konsumen dengan adanya e-commerce, antara lain: 1. Konsumen dapat melakukan transaksi pembelian kapan saja dan di mana saja, asalkan tersedia internet. 2. Konsumen dapat membeli barang dari negara lain, jika belum tersedia di dalam negeri. 3. Konsumen dapat mengurangi biaya transportasi dan menghemat waktu.
  • 14. 3. Bidang Pendidikan Internet memiliki banyak manfaat dalam dunia pendidikan. Dengan adanya internet, penyebaran dan pertukaran informasi dapat berlangsung dengan mudah dan singkat. Informasi dan pengetahuan yang mengalir melalui internet ini tentu saja sangat menguntungkan bagi banyak pihak. Kini kita dapat mengetahui berbagai macam hal tanpa perlu bersusah payah mencarinya kemama-mana. Cukup menjelajahi internet, kita dapat menemukan beraneka macam informasi dan pengetahuan baru yang kita inginkan. Selain itu, internet memungkinkan kita untuk dapat berinteraksi secara langsung bersama para pakar yang ahli dalam di bidangnya. Interaksi tersebut dapat dilakukan melalui email, chatting, video conference, dan beberapa media komunikasi lainnya. Bahkan, dengan adanya internet, seorang guru dan peserta didiknya tidak harus bertatap muka secara langsung dalam menjalankan proses belajar mengajar.
  • 15. 4. Bidang Pariwisata Pemerintah Indonesia telah mencanangkan bahwa sektor pariwisata dapat menjadi penyumbang devisa tertinggi. Kebutuhan untuk meningkatkan jumlah wisatawan tentunya menjadi kebutuhan yang harus di penuhi untuk menjadi sektor parisatawan sebagai penyumbang devisa. Internet dapat dimanfaatkan untuk menunjang industri pariwisata. Kemampuan internet untuk menampilkan multimedia (teks, suara, gambar, video) tentunya menjadi sarana yang efektif untuk promosi ke mancanegara. Suatu daerah dengan industri pariwisata yang luas seperti Pulau Bali, dapat menampilkan keindahan tempat-tempat wisata melalui sebuah halaman web. Lewat halaman web tersebut, calon wisatawan baik domestik maupun mancanegara, dapat terlebih dulu melihat tempat-tempat yang dapat dikunjungi. Perusahaan-perusahaan penerbangan indonesia saat ini, seperti Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara, sudah mulai memakai tiket elektronik. Dengan tiket elektronik, seorang wisatawan bisa membeli tiketnya melalui internet dan langsung menuju airport di hari keberangkataannya. Sewaktu melapor ke perusahaan penerbangan, wisata tinggal menunjukan indentitas diri dan boarding pass-nyaakan diberikan. Hal ini tentu akan membuat para wisatawan lebih mudah untuk membeli tikat penerbangan.
  • 16. 5. Bidang Kesehatan Dalam bidang kesehataan, pemanfaatan teknologi informasi atau internet biasa disebut dengan e-health. Pemanfaatan e-health yang saat ini menjadi trend adalah Telemedecine. Telemedecine didefinisikan sebagai layanan kesehataan yang dilaksanakan dari jarak jauh atau dapat juga dikatakan transfer data medik elektronik dari stu lokasi ke lokasi yang lain. Transfer data yang dilakukan telemedecine ini dapat berupa: 1. Data teks dan numerik. Contoh: laporan, Korespondersi, catatan dengan pasien dalam bentuk rekam medik. 2. Data audio. Contoh: rekaman pembicaraan, sinyal audio dari stetoskop elektronis. 3. Citra diam. Contoh: foto rontgen, citra mikroskopis patologi, citra dermatologi, hasil CT-Scan. 4. Data video. Contoh: sinyal biologis ultrasound gerakan fetus.
  • 17. 6. Bidang Jurnalistik Bagi para jurnalis atau pencari berita seperti, wartawan dan reporter, internet telah memegang peranan yang sangat penting dalam pengiriman berita. Berita yang diliput disuatu tempat, harus segera dikirimkan ke kantor pusat sesegera mungkin untuk disampaikan kepada masyarakat. Bukan hanya untuk peliputan berita saja, namun saat seorang jurnalis memerlukan data penelitian tertentu untuk menunjang berita yang sedang diliputnya, jurnalis tersebut dapat melakukan pencarian melalui internet. Selain dari sisi peliputan berita, internet juga dimanfaatkan untuk menampilkan berita. Saat ini ada banyak situs dalam bahasa Indonesia yang menampilkan berita-berita terbaru melalui internet. Media televisi pun melakukan hal yang sama, sehingga para pengguna internet dapat melihat berita terbaru kapan saja dan dimana saja malalui media internet. Saat ini, diperkirakan ada 1.700 lebih stasiun siaran TV dan radio di internet. Jumlah pendengar/pemirsanya telah mencapai sekitar 60 juta orang dari seluruh dunia.
  • 18. Pemanfaatan IntranetContoh pemanfaatan intranet pada sebuah organisasi, antaralain:1. Layanan Sumber Daya Manusia2. Layanan Bahan dan Logistik3. Layanan Sumber Informasi
  • 19. 1. Layanan Sumber Daya Manusia Layanan sumber daya manusia dapt dimanfaatkan oleh para pekerja dalam organisasi atau perusahaan itu untuk mendapatkan informasi pekerja, misalnya tata tertib, pengumuman terbaru, informasi pelatihan, jadwal kegiatan ekstra, informasi liburan, atau bahkan menu kafetaria hari itu. Selain itu, layanan yang dapat diberikan internet sehubungan dengan sumnber daya manusia adalah rekaman pekerja, misalnya daftar kehadiran, informasi pegawai, atau untuk menyimpan unjuk kerja pekerja yang bersangkutan.
  • 20. 2. Layanan Bahan dan Logistik Organisasi kerja dapat berupa sebuah swalayan, perusahaan, pabrik, dan lain-lain. Informasi dapat diletakan di internet sehingga memungkinkan untuk diakses para pekerja, seperti citra yang dapat di- klik, yang menerangkan gambaran fasilitas, ruangan pada suatu kantor, peta kantor, buku telepon suatu perusahaan, atau form yang dapat diisi yang digunakan untuk mencari informasi mengenai katalog
  • 21. 3.Layanan Sistem Informasi Pada model organisasi seperti perusahaan besar, intranet dapat digunakan untuk menyediakan informasi komputer-komputer para pekerja, serta meletakan informasi yang dapat digunakan para pekerja yang berkaitan dengan pengetahuan umum dan manual kerja