N O V R I A N H E R N U S . ( 1 1 0 6 0 7 6 8 9 0 )
R I F A M E I R I A N A Z . ( 1 2 0 6 2 4 5 2 9 2 )
Pengelolaan Web
Protokol HTTP
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah
protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sis...
Protokol HTTP
HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara
klien dan server. Sebuah klien HTTP (seperti web browser...
Protokol HTTP
HTTP tidaklah terbatas untuk penggunaan dengan
TCP/IP, meskipun HTTP merupakan salah satu
protokol aplikasi ...
Fungsi HTTP
HTTP, muncul di awal setiap alamat halaman web, HTTP
menetapkan mekanisme standar untuk pertukaran ditingkat
a...
Cara Kerja HTTP
Cara kerja protokol menetapkan bagaimana
komputer berkomunikasi satu sama lainnya. Protokol
itu sendiri ad...
Cara Kerja HTTP
Sindikasi Konten
Sindikasi konten/web adalah suatu bentuk
sindikasi yang menyediakan bagian dari suatu situs
web untuk dig...
Sindikasi Konten
Teknologi ini digunakan untuk menyediakan
konten untuk sindikasi dan menawarkan bagian dari
situs ke situ...
Sindikasi Konten
Sindikasi konten ditandai dengan bantuan link
teks, grafik atau menampilkan kata-kata seperti RSS
Atom, X...
Manfaat Sindikasi Konten
Jasa pemasaran langsung yang ditawarkan oleh
Mosaic layanan membantu meningkatkan basis
pelanggan...
Contoh Sindikasi Konten
Ada beberapa contoh sindikasi konten, salah satunya RSS
(Really Simple Syndication). RSS adalah se...
Contoh Sindikasi Konten
Keterangan Tambahan
Sebuah web yang menyediakan umpan RSS
biasanya ada link (tautan) dengan sebuah tombol
bertuliskan XML ...
Layanan Web
Layanan Web adalah sistem software yang
didesain untuk mendukung interaksi interoperable
mesin-ke-mesin melalu...
Keuntungan Layanan Web
 Format penggunaaan terbuka untuk semua platform
 Mudah dimengerti dan mudah men-debug
 Dukungan...
Cara Kerja Web
Komponen utama dalam website agar bisa
diakses dengan mengetikkan alamat website (URL)
adalah domain dan ho...
Cara Kerja Web
Cara kerja web yang peru diketahui :
 Pemasukan alamat web yang akan dituju pada web
browser. Alamat web d...
Cara Kerja Web
Setelah browser menampilkan hasil yang telah
diproses, maka pengakses akan melihat apa yang
semula ia cari....
Cara Kerja Web
Contohnya : www.google.com dan sebagainya
Daftar Pustaka
 http://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Hi
perteks
 http://www.jaringankomputer.org/pengertian-ht...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Tugas atpi protokol http

431
-1

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
431
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
7
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas atpi protokol http

  1. 1. N O V R I A N H E R N U S . ( 1 1 0 6 0 7 6 8 9 0 ) R I F A M E I R I A N A Z . ( 1 2 0 6 2 4 5 2 9 2 ) Pengelolaan Web
  2. 2. Protokol HTTP Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak perlu membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.
  3. 3. Protokol HTTP HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara klien dan server. Sebuah klien HTTP (seperti web browser atau robot dan lain sebagainya), biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server Webhosting tertentu (biasanya port 80). Klien yang mengirimkan permintaan HTTP juga dikenal dengan user agent. Server yang meresponsnya, yang menyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar, dikenal juga sebagai origin server. Di antara user agent dan juga origin server, bisa saja ada penghubung, seperti halnya proxy, gateway, dan juga tunnel.
  4. 4. Protokol HTTP HTTP tidaklah terbatas untuk penggunaan dengan TCP/IP, meskipun HTTP merupakan salah satu protokol aplikasi TCP/IP paling populer melalui Internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di atas protokol yang lain di atas Internet atau di atas jaringan lainnya.
  5. 5. Fungsi HTTP HTTP, muncul di awal setiap alamat halaman web, HTTP menetapkan mekanisme standar untuk pertukaran ditingkat aplikasi pesan antara perangkat di web. Semua layanan web dijalankan melalui protokol ini. World Wide Web Consortium dan Internet Engineering Task Force, bekerja untuk pengembangan HTTP. Protokol ini digunakan untuk pengambilan interlink dokumen teks dilayani oleh web dan untuk mengakses sumber daya melalui web dengan menggunakan Uniform Resource Locator (URL)
  6. 6. Cara Kerja HTTP Cara kerja protokol menetapkan bagaimana komputer berkomunikasi satu sama lainnya. Protokol itu sendiri adalah seperangkat aturan dan prosedur yang harus diikuti oleh komputer untuk menerima dan mengirimkan pesan. Fungsi HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan tindakan apa dari web server dan browser untuk merespon berbagai perintah.
  7. 7. Cara Kerja HTTP
  8. 8. Sindikasi Konten Sindikasi konten/web adalah suatu bentuk sindikasi yang menyediakan bagian dari suatu situs web untuk digunakan oleh situs lainnya. Ini dapat dilakukan secara sederhana dengan melisensikan isinya untuk dapat digunakan orang lain. Umumnya, sindikasi web merujuk pada penyediaan umpan web dari suatu situs kepada orang lain untuk memberikan ringkasan isi yang baru ditambahkan pada situs tersebut, misalnya berita atau kiriman forum terbaru.
  9. 9. Sindikasi Konten Teknologi ini digunakan untuk menyediakan konten untuk sindikasi dan menawarkan bagian dari situs ke situs lain untuk menggunakannya di situs mereka sendiri. Hal ini dilakukan bila situs lisensi isi dan memungkinkan situs lain atau orang untuk menggunakan konten tersebut. Contohnya konten yang telah didistribusikan untuk re-posting ke situs lain atau outlet (dengan izin dari penulis atau pemilik konten).
  10. 10. Sindikasi Konten Sindikasi konten ditandai dengan bantuan link teks, grafik atau menampilkan kata-kata seperti RSS Atom, XML, dll Sindikasi pengunjung dapat menemukan mereka di weblog, situs baru, situs web dan jenis lain dari penyedia konten. Seperti bentuk- bentuk Pemasaran Langsung Layanan jenis ini membantu untuk meningkatkan popularitas website dan meningkatkan lalu lintas web.
  11. 11. Manfaat Sindikasi Konten Jasa pemasaran langsung yang ditawarkan oleh Mosaic layanan membantu meningkatkan basis pelanggan klien. Layanan yang ditawarkan oleh perusahaan disesuaikan meliputi penyerahan Direktori, link building, pelayanan penyerahan Manual, layanan pengiriman artikel, press release penyerahan jasa pemasaran afiliasi, Blog listing, iklan baris, e-book & penyerahan RSS diajukan. Pelanggan dapat memilih layanan yang membutuhkan website nya dan meminta penawaran.
  12. 12. Contoh Sindikasi Konten Ada beberapa contoh sindikasi konten, salah satunya RSS (Really Simple Syndication). RSS adalah sebuah file berformat XML. untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk menggunakan RSS, Anda memerlukan RSS Reader. Ada banyak RSS Reader tersedia di internet. Namun agar lebih praktis dan mudah, Anda dapat menggunakan akun Google atau Yahoo
  13. 13. Contoh Sindikasi Konten
  14. 14. Keterangan Tambahan Sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya ada link (tautan) dengan sebuah tombol bertuliskan XML atau RSS. Namun disarankan menggunakan RSS daripada XML agar tidak membuat kerancuan (sebab setiap RSS adalah XML, tapi tidak tiap XML itu RSS). Seperti ditulis di atas, ada beberapa versi RSS, dan bahkan ada kelompok membuat format baru Atom yang juga telah diadopsi oleh banyak situs. Tapi pemakai RSS tidak perlu bingung, para pembuat program pengumpul sindikasi biasanya bisa mengenali kedua format tersebut, bahkan masih menyediakan pembaca untuk format yang lama.
  15. 15. Layanan Web Layanan Web adalah sistem software yang didesain untuk mendukung interaksi interoperable mesin-ke-mesin melalui sebuah jaringan. Dalam konteks aplikasi Web, ia biasanya merujuk ke satu set API yang dapat diakses melalui Internet dan menjalankan layanan di hosting sitem remote. Sebagai contoh, klien berbasis-Flex dapat memanggil fungsi yang diimplementasikan pada sisi server yang menjalankan aplikasi berbasis-PHP. Layanan Web bergantung pada SOAP sebagai lapisan dasar tumpukan protokol komunikasinya.
  16. 16. Keuntungan Layanan Web  Format penggunaaan terbuka untuk semua platform  Mudah dimengerti dan mudah men-debug  Dukungan interface yang stabil  Menggunakan standar-standar “membuka service sekali” dan mempunyai banyak pemakai  Tidak mahal untuk diimplementasikan (relatif)  dan sebagainya.
  17. 17. Cara Kerja Web Komponen utama dalam website agar bisa diakses dengan mengetikkan alamat website (URL) adalah domain dan hosting. Domain adalah nama URL tersebut, sedangkan hosting adalah sebuah hardisk besar yang terhubung ke internet sehingga mampu diakses dari seluruh dunia. Dalam domain tersebut terdapat komponen yang dinamakan name server (NS), name server ini adalah suatu alamat (kode) untuk menghubungkan domain ke hosting tertentu.
  18. 18. Cara Kerja Web Cara kerja web yang peru diketahui :  Pemasukan alamat web yang akan dituju pada web browser. Alamat web dikenal sebagai Uniform Resource Locator (URL).  Browser akan meminta halaman web dari web server.  Web server akan mengirimkan data web yang diminta ke browser.  Browser dengan segera menginterpretasikandata kemudian menampilkannya.
  19. 19. Cara Kerja Web Setelah browser menampilkan hasil yang telah diproses, maka pengakses akan melihat apa yang semula ia cari. Proses tersebut akan dilakukan secara cepat bahkan dalam hitungan detik, namun hal tersebut tergantung pada kecepatan koneksi yang digunakan.
  20. 20. Cara Kerja Web Contohnya : www.google.com dan sebagainya
  21. 21. Daftar Pustaka  http://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Hi perteks  http://www.jaringankomputer.org/pengertian-http- fungsi-cara-kerja-http/  http://www.infosum.net/id/e-learning/content- syndication.html  http://starfirm.blogspot.com/2012/10/cara-kerja- web.html
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×