Tugas atpi khalista dan iftakhul

303 views
175 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
303
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
30
Actions
Shares
0
Downloads
1
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas atpi khalista dan iftakhul

  1. 1. ATPI Khalista Vania Hapsari – 1206206133 Iftakhul Farikhah – 1206206215 Protokol HTTP, Sindikasi Konten, dan Layanan Web
  2. 2. Protokol HTTP  HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server.  HTTP adalah protokol transfer utama yang digunakan oleh world wide web .
  3. 3. Contoh HTTP
  4. 4. Sejarah HTTP  Protokol HTTP pertama kali dipergunakan dalam WWW pada tahun 1990. Pada saat tersebut yang dipakai adalah protokol HTTP versi 0.9.  Pada tahun 1996 protokol HTTP diperbaiki menjadi HTTP versi 1.0. Perubahan ini untuk mengakomodasi tipe-tipe dokumen yang hendak dikirim beserta enkoding yang dipergunakan dalam pengiriman data dokumen.  Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.
  5. 5.  Cara kerja HTTP seperti kebanyakan aplikasi terdistribusi lainnya, berjalan dengan model cliet-server. HTTP menggunakan TCP untuk berkomunikasi.  TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar- menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
  6. 6. HTTPS  HTTPS adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web.  Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.
  7. 7.  Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket Layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security).  Protokol ini menggunakan port 443 untuk komunikasi.  Website yang sudah menggunakan protokol ini GMail.com, dan juga situs-situs lain seperti PayPal, Amazon, dll.
  8. 8. Prosedur transaksi HTTP  Client HTTP membangun koneksi ke server HTTP sesuai dengan alamat URL dan alamat port yang akan diberikan. Jika tidak ada URL yang diberikan maka akan menggunakan localhost, sedangkan jika nomer port tidak diberikan maka menggunakan port 80.
  9. 9.  Langkah berikutnya adalah client HTTP mengirimkan permintaan dengan perintah tertentu, contohnya GET /index.html HTTP/1.0, penjelasan mengenai perintah ini akan dibahas pada bagian berikutnya.  Setelah itu, server HTTP akan membalas dengan mengirimkan sumber daya yang diminta.  Setelah sumber yang diminta selesai dikirimkan, server HTTP akan menutup koneksi TCP tersebut.
  10. 10. Sindikasi Konten  Sindikasi konten adalah proses berbagi konten website atau blog dengan website lain yang relevan dengan bidang yang spesifik.
  11. 11. RSS  RSS (Really Simple Syndication) merupakan format pengumpan yang dipakai untuk mendistribusikan konten yang sering dipublikasikan.  Sering dipublikasikan = ditampilkan pada banyak website selain website kita sendiri.
  12. 12.  Umpan dalam bentuk format RSS ini bisa ditampilkan dalam RSS reader atau halaman web, sehingga konten yang dikemas dalam bentuk umpan RSS dapat dengan mudah kita bagikan baik kepada pembaca langsung maupun website lain.  Dengan menggunakan RSS reader pemakai dapat berlangganan umpan RSS yang dia inginkan sehingga akan mendapatkan update setiap kali ada konten baru di dalam umpan RSS tersebut.
  13. 13. Cara membuat RSS  Yang wajib
  14. 14.  Yang tidak wajib
  15. 15. Web Service  Web service adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu.  Web service juga dapat diidentifikasikan dengan menggunakan URL seperti halnya web pada umumnya.
  16. 16. Perbedaan web service dengan web biasa  Perbedaannya terletak pada interaksi yang diberikan oleh web service.  Berbeda dengan URL web pada umumnya, URL web service hanya menggandung kumpulan informasi, perintah, konfigurasi atau sintaks yang berguna membangun sebuah fungsi- fungsi tertentu dari aplikasi.
  17. 17. Hubungan antara client dan server pada web service  tidak terjadi secara langsung  dijembatani oleh file web service dalam format tertentu, sehingga akses terhadap database akan ditanggani tidak secara langsung oleh server, melainkan melalui perantara yang disebut sebagai web service.
  18. 18. Tujuan web service  Untuk meningkatkan kolaborasi antar pemrogram dan perusahaan, yang memungkinkan sebuah fungsi di dalam Web Service dapat dipinjam oleh aplikasi lain tanpa perlu mengetahui detil pemrograman yang terdapat di dalamnya.
  19. 19. Keuntungan web service  Web Service mempunyai sifat interoperability sehingga bisa diakses oleh aplikasi yang berjalan pada platform yang berbeda-beda.  Web Service menggunakan standar dan protocol terbuka pada Internet.  Dengan menggunakan HTTP atau SMTP, Web Service bisa menembus pengamanan firewall suatu organisasi tanpa mengubah konfigurasi firewall.
  20. 20.  Web Service memungkinkan fungsi-fungsi pada banyak perangkat lunak di Internet untuk dipadukan menjadi satu Web Service baru.  Web Service memungkinkan penggunaan ulang layanan dan komponen.  Web Service bersifat loosely-coupled terhadap client.  Dukungan interface yang stabil.  Secure  Mengurangi biaya integrasi aplikasi enterprise.
  21. 21. Sumber  http://erycbagus.wordpress.com/protokol-http/ (11/10/13 8:50)  http://ewawan.com/pengertian-http.html (11/10/13 8:45)  http://masendro-tkj.blogspot.com/2013/05/struktur- transaksi-http.html#sthash.O7vnwxPO.dpbs (11/10/13 9:10)  http://fajarnoverdi.blogspot.com/2011/10/apa-itu-protokol- jenis-dan-fungsinya.html (11/10/13 9:20)  http://www.seobali.com/2010/01/21/content-syndication/ (11/10/13 9:48)  http://not-fajardhoni.blogspot.com/2013/04/sejarah-dan- pengertian-http.html (11/10/13 10:05)  http://www.indojasaweb.com/tentang-kami/berita/11- apa-fungsi-rss-dan-bagai-mana-cara-membuatnya.html (11/10/13 10:23)  http://saptafina13.blogspot.com/2013/04/pengertian-web- service.html (11/10/13 10:45)

×