Tugas atpi fadiah arsyada dan isti sulastari

286 views
217 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
286
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
28
Actions
Shares
0
Downloads
3
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas atpi fadiah arsyada dan isti sulastari

  1. 1. FADIAH ARSYADA ISTI SULASTARI
  2. 2. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) HTTP adalah tipe protocol request-response (permintaan-tanggapan) dimana client akan membuka koneksi ke suatu server dan kemudian mengirimkan permintaan menggunakan format yang spesifik. Server akan memberikan tanggapan kemudian akan menutup koneksi. HTTP memiliki kemampuan mentransfer halaman web, gambar dan media lainnya yang digunakan oleh aplikasi web.
  3. 3. Sejarah Singkat HTTP Pada tahun 1991, Tim Berners-Lee mengembangkan visi untuk Network Information Project pada Le Centre Europeen de Recherche Nuclaire (CERN) di Swiss. Misinya adalah untuk menciptakan system informasi global yang mudah, namun kuat berdasarkan pada hiperteks. Dua bagian utama yang muncul dari proyek ini adalah HyperText Markup Language dan HyperText Transfer Protocol.
  4. 4. Versi 0.9 merupakan versi awal yang diciptakan pada tahun 1991, protocol yang sederhana untuk komunikasi antara client dan server. Kebanyakan versi sekarang ini berasal dari protocol HTTP versi 1.1 Versi 1.1 (ditetapkan di RFC2616) mengijinkan client dan server menggunakan banyak headers untuk menyampaikan status informasi dan deskripsi agen pengguna (user-agent) dan bertindak sebagai alat yang bersifat elementer untuk autentikasi pengguna.
  5. 5. Metode Permintaan HTTP Klien HTTP seperti web browser terhubung ke server HTTP yang umumnya berjalan pada port 80. Server HTTP pada gilirannya menginterpresentasikan permintaan, memprosesnya dan merespon kembali ke klien HTTP jika diperlukan. Pesan Khas HTTP: -Request Line -HTTP Headers -Empty Line -Optional massage body Metode permintaan HTTP, diantaranya: HEAD, GET, POST, PUT, DELETE, TRACE, OPTIONS, CONNECT,
  6. 6. Skenario Komunikasi HTTP Sederhana1. HTTP klien membuat sambungan dan mengirim metode permintaan ke web server. 2. HTTP server memproses permintaan klien, sementara klien menunggu respon dari server. 3. Web Server merespon dengan kode status dan data (jika tersedia) dan menutup sambungan.
  7. 7. Sindikasi Konten Sindikasi konten adalah proses mendorong suatu blog, situs atau video konten keluar dari situs pihak ketiga dalam artikel penuh, snippet, link atau thumbnail. News Feed adalah contoh dari konten sindikasi.
  8. 8. News Feed (Web Feed) Web feed adalah sebuah file yang dapat dibaca komputer yang merangkum informasi yang dipublikasikan di sebuah website. Sindikasi konten berupa feed membawa dampak besar pada dalam dunia web. Dengan adanya news feed, anda dapat mengumpulkan headline dari situs-situs yang menjadi favorit pengunjung Web feed yang paling terkenal adalah RSS (RDF Site Summary) format.
  9. 9. RSS RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol: Rich Site Summary (RSS 0.91) RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0) Really Simple Syndication (RSS 2.0) Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis.
  10. 10. Layanan Web (Web Service) Pengertian: Manes (2001), web-service diartikan sebagai sepotong atau sebagian informasi atau proses yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dengan menggunakan piranti apa saja, tidak terikat dengan sistem operasi atau bahasa pemrograman yang digunakan. Kreger (2001) web-service diartikan sebagai sebuah antar muka (interface) yang menggambarkan sekumpulan operasi-operasi yang dapat diakses melalui jaringan misalnya internet, dalam bentuk pesan XML. .
  11. 11. Web-service dapat dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman apa saja dan juga dapat diimplementasikan pada platformmanapun. Webservice berkomunikasi menggunakan sebuah standar format data yang universal yaitu XML dan menggunakan protokol SOAP.
  12. 12. model dari sebuah web-service didasarkan pada interaksi antara 3 komponen yang berperan dalam web-service, yaitu: service provider, service registry service requestor/consumer.
  13. 13. XML Walsh (1998), XML ialah sebuah Markup Language untuk dokumentasi terstruktur Dokumen-dokumen terstruktur adalah dokumen yang mempunyai isi (kata, gambar) serta indikasi yang menyatakan makna dari isi dokumen tersebut.
  14. 14. Kelebihan XML XML mempunyai kelebihan sebagai berikut (Tidwell, 1999): a. XML tidak tergantung pada platform atau sistem operasi yang digunakan. b. Hasil pencarian data lebih akurat. c. Dokumen XML dapat diterjemahkan ke dalam beberapa format yang berbeda karena dalam XML data dan instruksi dipisahkan
  15. 15. Jenis Markup dalam dokumen XML a. Elemen dan atribut. b. Entity reference. c. Comment atau komentar. d. Processing Instruction (PI) e. CDATA Section. f. Document Type Declaration (
  16. 16. Simple Object Access Protocol (SOAP) SOAP (Simple Object Access Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mempertukarkan data atau informasi dalaM format XML (Scheinblum, 2001). sebagai gabungan antara HTTP dengan XML.
  17. 17. Web-services Description Language (WSDL) Menurut Shohoud (2001) WSDL merupakan sebuah bahasa berbasis XML yang digunakan untuk mendefinisikan web-service dan menggambarkan bagaimana cara untuk mengakses web-service tersebut.
  18. 18. Lima Elemen Utama Dokumen WSDL (Manes, 2001) a. Elemen <type b. Elemen <message> c. Elemen <portType> d. Elemen <binding> e. Elemen <service>
  19. 19. Universal Description, Discovery and Integration (UDDI) Menurut Ariba, IBM dan Microsoft (2000) UDDI merupakan suatu cara untuk mempublikasikan dan menemukan informasi tentang web-service. UDDI sekarang bisa dianalogikan dengan search engine
  20. 20. Vendor Utama dalam Web-service Saat ini web-service sudah didukung oleh ratusan vendor perangkat lunak di dunia. 3 vendor besar yang sangat aktif dalam pengembangan web service yaitu: Microsoft, IBM dan Oracle.
  21. 21. Daftar Referensi Priyambodo, Tri Kuntoro. “Implementasi Web-Servoce untuk Pengembangan Sistem Layanan Pariwisata Terpadu”.2005. Simarmata, Janner (2010) Rekayasa Web. Yogyakarta: CV Andi Offset Kusumo Suryo, Ario (2004) Visual Basic .NET versi 2002 dan 2003. Jakarta: Elex Media. Pengertian HTTP - Hypertext Transfer Protocol & Cara Kerja HTTP http://www.jaringankomputer.org/http-hypertext-transfer-protocol-pengertian-cara-kerja-http/ What Is a Web Feed? http://www.nature.com/webfeeds/index.html Content Syndication: How to Get Started. http://searchenginewatch.com/article/2049167/Content-Syndication-How-to-Get-Started

×