Laporan pembuatan moodle

1,169 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,169
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
9
Actions
Shares
0
Downloads
94
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Laporan pembuatan moodle

  1. 1. WEB EDUKASI DANELEARNINGMOODLE
  2. 2. WEN EDUKASI DAN ELEARNING MOODLE KELOMPOK DENI WAHYUNI (102904021) IRA FEBRIENDA (102904065) MUHAMMAD RISAL (102904057) PTIK A PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2013
  3. 3. A. TEORI DASAR Moodle adalah salah satu e-learning platform atau Course Management System (CMS) yang dapat digunakan secara gratis dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan karena source code nya tersedia (open source). Selain gratis dan dapat dimodifikasi, Moodle mudah dipelajari dan mudah digunakan. Jika Anda telah terbiasa menggunakan internet seperti browsing dan email, maka Anda dapat menguasai Moodle dengan cepat dan mudah. Moodle telah teruji di berbagai instutisi di banyak negara. Moodle digunakan di 13.532 situs pada 150 negara dan telah diterjemahkan ke dalam 70 bahasa. Jumlah pengguna Moodle terbesar adalah UK open university (http://www.open.ac.uk) yang memiliki 180.000 mahasiwa. FITUR-FITUR MOODLE Fasilitas Moodle yang akan dibahas di modul ini adalah: Membuat course online beserta konfigurasinya. Mengisi materi, baik dengan cara mengetikkan langsung ke dalam Moodle maupun dengan cara meng-upload Membuat forum diskusi. Mengelola fasilitas pengiriman tugas. Mengelola nilai kegiatan offline (untuk UTS,UAS). Pembuatan quiz multiple choice. User ManagementMoodle secara default menyediakan 7 lapisan user (previlege) untuk untuk mengurangi tingkatketerlibatan administrator sehingga administrator tidak terlalu sibuk mengerjakan seluruh tugasdi situs tersebut, tentu saja dengan tetap mempertahankan tingkat keamanan situs. Untuk lebihjelasnya berikut merupakan 7 lapisan user tersebut:Administrator Seorang administrator bertugas mengatur situs secara umum. Misalnya mengatur tampilan situs, menumenu apa saja yang terdapat pada situs, mengatur user previlege (disebut role pada Moodle), dan lain sebagainya.
  4. 4. Course Creator Seorang course creator dapat membuat course (pelatihan/mata kuliah/mata pelajaran), dan mengajar course tersebut atau menunjuk teacher (pengajar) mana yang akan mengajarkan course tersebut dan melihat course yang tidak dipublish. Pada dunia nyatanya, seorang course creator dapat dianggap sebagai kepala departemen atau koordinator program studi.Teacher Seorang teacher (pengajar) dapat melakukan apapun terhadap course yang diajarkannya, seperti mengganti aktivitas yang terdapat pada course tersebut, member nilai kepada siswa yang mengambil course tersebut, mengeluarkan siswa yang terggabung dalam course tersebut, menunjuk non editing teacher untuk mengajar pada course terebut, dan lain-lain.Non-editing teacher Non editing teacher dapat mengajar pada coursenya, seperti memberi nilai siswa, namun tidak dapat mengubah aktivitas yang telah dibuat oleh teacher yang mengajar pada course tersebut. Pada dunia nyata, non editing teacher dapat dianggap sebagai assisten dosen.Student Student merupakan user yang belajar pada suatu course. Sebelum dapat mengikuti aktifitas pada suatu course, seorang stuudent harus mendaftar terlebih dahulu pada course tersebut. Selanjutnya pengajar yang mengajar pada course tersebut akan memberikan grade terhapad pencapaian student tersebut.Guest Guest merupakan user yang selalu memiliki akses read-only. Setiap user yang belum terdaftar pada moodle merupakan guest. Guest dapat masuk ke course manapun yang memperbolehkan guest untuk masuk. User yang telah login dapat masuk ke course manapun yang memperbolehkan guest untuk masuk. Walupun diperbolehkan masuk, namun guest tidak diperbolehkan mengikuti aktivitas apapun pada course tersebut. Terdapat 2 tipe akses guest pada moodle: yang memerlukan enrolment key dan yang tidak. Jika untuk masuk pada suatu course diperlukan enrolment key, maka setiap ingin masuk ke course tersebut guest harus
  5. 5. memasukkkan enrolment key terlebih dahulu jadi dapat dibatasi guest yang boleh masuk pada course tersebut. Jadi guest disediakan untuk user yang ingin melihat – lihat course yang tersedia pada suatu situs sehingga dapat menentukan apakah course tersebut sesuai dengan kenginannya atau tidak.Authenticated User Secara default seluruh user yang telah login merupakan Authenticated User. Walupun suatu user berperan sebagai teacher pada suatu course, namun di course lain ia hanya berperan sebagi authenticated user yang memiliki kedudukan yang sama dengan guest. Perbedaan guest dengan authenticated user, bila belum terdaftar pada suatu course, maka authenticated user dapat langsung mendaftar pada course tersebut sedangkan guest tidak. Walaupun secara default Moodle hanya memberikan 7 lapisan user seperti yang dijelaskan diatas, namun pengguna Moodle (berperan sebagai admin) dapat secara bebas mengkostumisasi, bahkan menambah, jenis lapisan user sesuai keinginannya.B. TUJUAN Mahasiswa dapat mengetahui cara membuat moodle, mengedit moodle, dan cara menjalankan/cara kerja dari moodle.C. ALAT DAN BAHAN Alat : Leptop / Komputer Bahan : MoodleD. LANGKAH KERJA LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN MOODLE 1. Awal dari pembuatan moodle kita harus menginstall xampp dan moodle ( pada moodle saya menggunakan xampp 1.77 dan moodle 2.2 ) .seperti contoh di bawah ini :
  6. 6. 2. Tampilan dari xampp ketika di aktifkan3. Tampilan awal dari moodle saya seperti berikut :
  7. 7. 4. Ketika ingin masuk pada moodle kita harus login terlebih dahulu :5. Untuk menambahkan kuliah baru, klik “Kuliah” di bagian Administrasi.6. Kemudian Klik tombol “Add/edit course” .
  8. 8. 7. Kemudian isi informasi mengenai kuliah tersebut. Informasi ini dapat di-edit lagi kemudian. Pada kolom ini :
  9. 9. 8. Setelah selesai, klik tombol “Save changes”9. Untuk kembali mengedit konfigurasi kuliah (misalnya mengatur jumlah topik). Gunakan menu “Setgtings” dibagian Administrasi10. Sebelum memulai, pastikan profil pribadi berisi data yang sudah benar, terutama untuk data email. Untuk merubah profil pilih “Profil”. Pastikan nama depan, nama belakang dan alamat email terisi dengan benar. Pilih “Edit profile” untuk mengedit profil.
  10. 10. 11. Setelah selesai klik tombol “Update Profile” di bagian paling bawah12. Ada dua cara memasukan materi ke dalam Moodle. Pertama dengan mengetikan langsung melalui situs. Kedua dengan mengupload file word, powerpoint, pdf. Sebelumnya Masuk ke mode ubah, dalam menu Administration pilih “Turn editing on”. Materi yang di ketikkan langsung : Dosen dapat memasukkan materi dengan mengetikkannya langsung melalui situs.  Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: Pilih “Add a Resource” kemudian “Compose a web page”.  Isi nama, penjelasan dan teks lengkap. Setelah selesai, tekan tombol “Save and display” di bagian bawah.
  11. 11.  Muncul preview dari dokumen yang baru kita tambahkan. Jika materi ini ingin diedit ulang, tekan tombol “update this resource” di bagian kanan atas. Pada halaman utama, materi akan muncul dalam bentuk link. Untuk mengedit judul dan deskripsi topik, klik icon bergambar tangan. Isi deskripsi topik, lalu tekan “Save Changes”
  12. 12. Materi Berbentuk FileSelain itu kita dapat meng-upload file MS Word, Power Point, Excel dan gambar(jpg,bmp) ke dalam situs elearning dengan mudah.  Pilih Add resource =>Link to a file or website  Yang harus dipilih disini yaitu file untuk mengupdate  Atau bias juga  Tekan “telusuri” untuk memilih file. Setelah itu tekan tombol “Upload this file” Jangan lupa tekan tombol “Save and Return to Course”
  13. 13.  Untuk melakukan pengelolaan file seperti penghapusan, update, dan sebagainya, gunakan menu “File” pada bagian administrasi.13. Forum diskusi : Forum diskusi online dapat digunakan sebagai sarana diskusi mahasiswa-dosen maupun mahasiswa mahasiswa. Forum ini juga dapat digunakan untuk menyampaikan pengumuman. Cara membuat forum :  Masuk ke mode ubah, pilih “Add an activity” lalu “Forum”.  Isi nama dan perkenalan forum. Setelah selesai tekan “Save and Return to Course”
  14. 14.  Jika suatu saat diperlukan, tekan “Update” di bagian kanan atas untuk mengedit konfigurasi forum14. Menambahkan tugas : Langkah- langkah untuk menambahkan tugas yang harus dikirim oleh mahasiswa.  Masuk ke Mode Ubah lalu pilih “Add an activity” kemudian Assignments  Advanced uploading of files.  Isi nama tugas dan keterangan
  15. 15.  Kemudian isi nilai maksimum yang mungkin. Tanggal ketersedian (“available from”) adalah tanggal tugas ini mulai dapat dikerjakan oleh mahasiswa. Due date (tanggal selesai) adalah tanggal akhir mahasiswa harus mengirimkan tugas.  Maka akan muncul seperti berikut :15. Untuk melihat rangkuman nilai mahasiswa untuk semua kegiatan, gunakan menu “Grades” pada “Administration”
  16. 16. 16. Akan tampak tabel nilai. Choose an action “Export Excel Spread sheet” untuk mengekspor data ini menjadi format Excel dan “plain teks file” untuk mengekspor dalam format file teks.17. Pembuatan Quiz  Pilih Add an activity lalu “Quiz”.  Isi nama dan teks perkenalan.
  17. 17.  Kemudian isi pertanyaan18. Mengatur Hak Akses Pengguna pada Course  Login sebagai administrator dan buka mata pelajaran (course) yang akan diisi dengan bahan ajar yang sudah disiapkan  Aktifkan mode edit dengan meng-klik tombol turn editing off.  Klik Courses > Web Edukasi (course yang akan diatur hak aksesnya) > Participants. Maka akan muncul tampilan berikut :  Klik icon “edit” yang terdapat di sebelah kanan All Partcipants untuk mengedit user yang akan diberi hak akses pada course. Setelah itu akan muncul tampilan berikut:  Klik untuk menambahkan user yang akan diberi hak akses pada course. Maka akan muncul tampilan berikut :
  18. 18.  Klik “enrol” pada pengguna yang ingin diberikan hak akses pada course kemudian klik “Finishing Enrolling Users” maka akan muncul tampilan berikut.E. KESIMPULAN Laporan kami ini hanya membahas sebagian kecil saja dari fitur Moodle. Modul ini berbentuk tutorial dan diharapkan dikerjakan secara berurutan. Jadi menurut kami Moodle adalah salah satu e-learning platform atau Course Management System (CMS) yang dapat digunakan secara gratis dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan karena source code nya tersedia (open source).

×