Your SlideShare is downloading. ×
Rangkumantiksemester1 111211011705-phpapp02
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Rangkumantiksemester1 111211011705-phpapp02

462

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
462
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PENGETAHUAN TENTANG INTERNET DAN INTRANET A. Pendahuluan Dewasa ini internet sudah merambah berbagai bidang kehidupan, baik sosial, budaya,ekonomi, teknologi, maupun pendidikan. Manfaat yang diperoleh , pertama, cepat dalam melakukan pencarian informasi dan pengetahuan/berita, kedua, dapat melakukan komunikasi dan pengiriman data secara cepat dan efisien. Di bidang pendidikan, internet sangat berguna dalam proses belajar mengajar di sekolah, dimana siswa dapat melengkapi pengetahuannya sedangkan guru dapat mencari bahan ajar yang sesuai dan inovatif melalui internet 1. Internet dan Intranet. 1. Internet internet = internet networking artinya jaringan-jaringan komputer yang saling berhubungan. Lebih jelasnya, internet adalah gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu system jaringan informasi global. A. Sejarah Internet Internet diawali pada tahun 1969, masih bernama ARPANET. Jaringan terdiri beberapa komputer di universitas di Amerika. Muncul kata internet setelah ditemukan protocol TCP/IP mampu menyatukan beberapa sistem jaringan yang berbeda. B. Layanan Internet. 1) WWW (WorldWideWeb), atau lebih sering disebut Browser Internet. 2) FTL ( File Trensfer Protokol), layanan untuk melakukan pertukaran data. 3) E-mail (Electronic Mail), komunikasi antar pengguna internet melalui surat elektronik, yaitu surat berupa file yang dapat dibuka menggunakan komputer. 4) Milist (Mailing List), sebuah alamat e-mail yang didalamnya berisi beberapa alamat e-mail anggota. Contoh :YahooGroups 5) Newsgroup, atau kelompok diskusi yang menyampaikan pendapat dan tanggapan atau topic tertentu. Pendapat dan tanggapan tidak melalui e-mail, namun langsung tampil dalam layanan tesebut. 6) Telnet, mengakses data ke komputer lain di internet dan menjalankan program programnya. 7) Gopher, layanan internet berbasis teks, namun sekarang sudah tergantikan olehWWW. 8) IRC (Internet Relay Chat), layanan hampir sama dengan Milist, namun tidak dikususkan dalam topic tertentu. 9) VOIP (VoiceOver Internet Protocol), merupakan layanan untuk telpon lewat internet, hemat pulsa, karena hanya menggunakan pulsa lokal saja.
  • 2. C. Bagaimana Komputer Dapat Terkoneksi ke Internet Untuk dapat berinternet, harus diperlukan beberapa hal berikut :1) 1) Perangkat keras. 2) Perangkat lunak. 3) Protocol. 4) Saluran telekomunikasi. 5) Sambungan keISP (Service Provider), penyedia layanan internet. 2. Intranet. Merupakan jaringan sistem informasi internal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Akses internet memerlukan identifikasi pengguna dan password, sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan. A. Keuntungan Intranet 1) Produktifitas kerja, dapatmenemukan informasi secara tepat. 2) Efisiensi kerja, dapat memberikan informasi yang lengkap kepada paraanggotanya. 3) Komunikasi, intranet memberikan fasilitas komunikasi efektif antar anggota didalamnya. 4) Sistem Publikasi Web, yaitu data-data organisasi dapat diakses dengan mudahke internet. 5) Efektif itas biaya, pengguna dapat melihat atau membaca data melalui web browser. 6) Keseragaman informasi, menjamin keseragaman informasi. 7) Meningkatkan kerjasama, yaitu mudah diakses semua pengguna resmi, kualitas kerja meningkat. B. Kelemahan Pengguna intranet. 1) Informasi yang salah mengurangi produktivitas. 2) Pengiriman data yang kurang sesuai dengan etikas (kasar/kurang sopan). 3) Diperlukan pelatihan/training. 4) Diperlukan tenaga ahli untuk membangunIT di lembaga tersebut. 5) Peryimbangan keamanan data yang kurang dapat dijamin. 6) Karena bebas pengiriman data, kadang dapat terjadi data penuh (overload), jika tidak dikontrol dengan baik.
  • 3. Jaringan Komputer : Klasifikasi jaringan komputer dibagi atas tiga jenis yaitu : Local Area Network (LAN) Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resource, misalnya printer) dan saling bertukar informasi. MetropolitanAreaNetwork (MAN) Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besardan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel. Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah Negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untukmenjalankan program-program (aplikasi) pemakai. Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringn lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet. Namun secara umum, dan pada praktisnya pada saat ini kita mengenal jaringan ada dua yaitu : LAN dan WAN Penggolongan jaringan komputer berdasarkan metode koneksi Berdasarkan metode koneksinya, jaringan dapat dibagi jaringan bekabel (wired/wireline network) dan jaringan tanpa kabel/nirkabel (wireless network). Jaringan berkabel, sesuai sebutannya merupakan jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan komputer dalam jaringan, yaitu kabel koaksial (coaxial), twisted pair yang meliputi kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan kabel STP (shielded Twisted Pair), serta serat optic ( FO=fiber optic). Janringan nirkabel merupakan jaringan komputer yang mengunakan gelombang radio untuk koneksi antaraanggota jaringan. Salah satu teknologi yang digunakan dalam wireless network adalah teknologi Wifi (Wireless Fidelity)
  • 4. Penggolongan jaringan komputer berdasarkan topologi. Topologi merupakan informasi dari bentuk sebuah jaringan komputer. Jaringan komputer memiliki banyak jenis topologi, namun ada 4 (empat) jenis topologi yang umum digunakan. Adapun tiga jenis topologi tersebut adalah sebagai berikut. A. Topologi bus. Topologi bus ini merupakan topologi yang banyak digunakan di awal penggunaan jaringan komputer karena topologi yang paling sederhana dibandingkan dengan topologi lainnya. Jika komputer dihubungkan antara satu dengan lainnya dengan membentuk seperti barisan melalui satu single kabel maka sudah bisa disebut menggunakan topologi bus. Ciri-ciri 1. Teknologi lama, dihubungkan dengan satu kabel dalam satu baris 2. Tidak membutuhkan peralatan aktif untuk menghubungkan terminal/komputer 3. Sangat berpengaruh pada unjuk kerja komunikasi antar komputer, karena hanya bisa digunakan oleh satu komputer 4. Kabel “cut” dan digunakan konektor BNC tipe T 5. Diujung kabel dipasang 50 ohm konektor 6. Jika kabel putus maka komputer lain tidak dapat berkomunikasi dengan lain 7. Susah melakukan pelacakan masalah 8. Discontinue Support. Keunggulan dan kelemahan Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
  • 5. B.Topologi Ring. Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan. Kelebihan Hemat kabel Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data Kelemahan Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan. Pengembangan jaringan lebih kaku Sulit mendeteksi kerusakan Dapat terjadi collision[dua paket data tercampur] Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus
  • 6. C.Topologi star Topologi Star Pada Jaringan Komputer. Topologi star atau dalam bahasa indonesia disebut dengan topologi bintang adalah salah satu topologi jaringan komputer. Dalam jaringan komputer sendiri terdapat beberapa topologi yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah. Kelebihan Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut. Tingkat keamanan termasuk tinggi. Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk. Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah. Kekurangan Kekurangan dari topologi ini, jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti. Penanganan dari kekurangan tersebut adalah dengan disiapkannya node tengah .
  • 7. D.Topologi Tree Pohon adalah kombinasi karakteristik antara topologi bintang dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung. Kelebihan topologi Tree 1. Mudah untuk dikembangkan. 2. semua data perusahaan dapat terpusat menjadi satu area kerja. 3. kontrol menejmen lebih mudah karena sentralisasi dibagi menjadi beberapa tingkatan. Kekurangan topologi Tree 1. Dapat terjadi tabrakan file data. 2. Bila terjadi kabel putus pada komuter tingakt diatas, komputer tingkat dibawahnyatidak dapat digunakan.
  • 8. MATERI: Tata Cara Akses Internet dan Localhost Tata Cara Akses Internet dan Localhost • Internet Service Provider Internet Service Provider adalah suatu perusahaan yang menyediakan layanan jasa akses ke internet baik untuk personal maupun corporate, untuk computer pribadi atau dalam bentuk jaringan. Jenis-jenis koneksi yang diberikan oleh ISP adalah : 1. IP connection Jika semua hardware dan software yang kita punya ingin secara langsung terkoneksi ke internet, maka kita harus menggunakan IP address. 2. Dial-up connection. Jika kita menggunakan modem untuk dial ke ISp supaya mendapatkan koneksi ke internet, maka hal itu disebut akses dial-up. Berdasarkan sifatnya, ISP dibagi menjadi dua, yaitu : 1. ISP Tertutup adalah ISP yang memberikan layanan akses internet hanya pada jaringan lokal dalam lembaga yang bersangkutan. 2. ISP Terbuka Adalah ISP yang memberikan layanan akses internet untuk masyarakat luas. Di Indonesia ada beberapa ISP yang menyediakan layanan internet, diantaranya Indonet, Satelindo, Centrin Internet, LinkNet, telkomNet, dan sebagainya.
  • 9. • Biaya Internet Sistem perhitungan biaya berlangganan akses Internet ISP dibagi menjadi tiga kategori, yaitu : 1. Volume Based adalah perhitunagn biaya akses Internet yang bergantung pada jumlah data yang diambil dari Internet. 2. Time Based adalah perhitunagn biaya akses internet yang bergantung pada waktu yang digunakan dalam mengakses Internet. 3. Flat Rate?Unlimited adalah perhitungan biaya akses Internet yang tidak bergantung kepada jumlah data yang diambil atau waktu akses Internet. • Layanan ISP ISP berkembang berdasarkan kebutuhan pengguna untuk dapet mengakses Onternet secara mudah dimanapun mereka berada.ISP berusaha memberikan layanan secara maksimal. Layana ISP tersebut adalah : 1. Dial-up Adalah layanan akses Internet dengan menggunakan modem dial-up yang dihubungkan pada line telepon. Penggunaan akses dial-up diagi menjadi empat, yaitu : - Personal dial-up - Corporate dial-up - Night Server Access - LAN dial-up ISDN 2. Mobile Access adalah layanan akses Internet melalui telepon seluler. 3. Hotspot adalah layana akses Internet pada lokasi-lokasi tertentu. 4. Wireless adalah layanan akses Internet tanpa kabel.
  • 10. 5. Dedicated Connection adalah layanan akses Internet 24 jam setiap hari selama 7 hari. • Setting Modem Dial-UP Perangkat keras untuk akses Internet harus telah diinstall pada computer sebelum melakukan koneksi ke ISP. Apabila modem yang digunakan adalah modm internal, pasangkan dulu modem tersebut pada slot ekspansi yang terdapat pada mainboard. Apabila modem yang digunakan adalah modem eksternal, hubungkan terlebih dahulu kabel modem pada communication port dan aktifkan modem • Setting koneksi ke ISP Setelah perangkat yang dibutuhkan telah siap dan system operasi computer siap pula untuk digunakan. • Koneksi ke Internet Langkah-langkahnya : - klik menu start - arahkan pointer mouse pada Connet To - klik nama koneksi ISP ( misalnya Telkomnet@instan ) kemudian akan tampil jendela Connect To Telkomnet@instan - klik Dial,tunggulah proses koneksi. Koneksi Internet Melalui Handphone 1. Handphone GSM GPRS dapat menghubungkan anda ke Internetdimana pun berada. Dengan cara mengaktifkan layanan GPRS bersangkutan dan selanjutnya setting GPRS.
  • 11. 2. Handphone CDMA Teknologi telepon seluler CDMA dapat digunakan akses Internet daiantaranya adalah PT Telkom dengan layanan Flexi dan Indosat dengan layanan Star One. Cara Akses Internet dan Localhost A. Perbedaan Internet dan Localhost Internet kepanjangan dari Interconnected Network yaitu server jaringan global yang dapat diakses oleh seluruh computer yang ada di dunia dengan kelas IP yang berbeda-beda. Localhost adalah server jaringan lokal yang dapat diakses oleh computer pada jaringan lokal tertentu dengan kelas IP yang sama. Untuk mengakses Internet dan localhost dilakukan dengan menggunakan bahasa protocol yang sama, yaitu HyperText Transfer protocol ( HTTP ). Web host Internet disimpan pada computer yang dapat diakses oleh seluruh computer yang terhubung jaringan Internet. B. Akses Internet dan Localhost Untuk mengakses Internet dan localhost menggunakan cara yang sama. Protokol yang digunakan adalah IP. Web browser yang digunakan adalah Internet Exploler, mozilla Firefox dan Opera. C. Membuat Localhost Membuat localhost pada computer server dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang interaktif. Untuk membuat localhost terdapat beberapa software yang dibutuhkan, misalnya pada system operasi Windows 2000 server dengan menggunakan Internet Information Server yang sudah terintegrasi. D. Membuat Virtual Host Modul vhost digunakan untuk membuat virtual host. Membuat virtual host pada computer lokal dapat membuat nama domain atau host sesuai keinginan. Misalnya dengan nama domain www.labkom47.com pada platform Windows 2000 Server Family.

×