Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
Internet dan Globalisasi Informasi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Internet dan Globalisasi Informasi

  • 470 views
Published

Tugas mata kuliah Konsentrasi Teknologi Informasi semasa semester-IV di Politeknik TEDC Bandung.

Tugas mata kuliah Konsentrasi Teknologi Informasi semasa semester-IV di Politeknik TEDC Bandung.

Published in Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
470
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
14
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. PENGENALAN INTERNET Internet adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan, lalu lintas pesan dan standar komunikasi lainnya.
  • 2. Cikal bakal internet yang kita kenal saat ini pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPA net (US Defense Advanced Research Projects Agency). ARPA net dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan. Di awal 1980-an, ARPA net terpecah menjadi dua jaringan, yaitu ARPA net dan MIL net (sebuah jaringan militer).
  • 3. Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSF net) yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsium-konsorsium riset. NSF net kemudian mulai menggantikan ARPA net sebagai jaringan riset utama di AS, hingga pada Maret 1990 ARPA net secara resmi dibubarkan. Pada awalnya, Internet hanya menawarkan layanan berbasis teks, meliputi remote access, email/messaging, maupun diskusi melalui newsgroup. Layanan berbasis
  • 4. grafis seperti World Wide Web (WWW) saat itu masih belum ada. Yang ada hanyalah layanan yang disebut Gopher yang dalam yang dalam beberapa hal mirip seperti web yang kita kenal saat ini, kecuali sistem kerjanya masih berbasis teks. Kemajuan berarti dicapai pada tahun 1990 ketika WWW mulai dikembangkan oleh CERN (laboratorium fisika partikel di swiss) berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. Namun demikian, browser WWW yang pertama baru lahir pada tahun 1992 dengan nama Viola. Web browser yang masih sangat sederhana dibanding yang sekarang.
  • 5. PENGENALAN ISP Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau koneksi internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah Telkomnet Instant dari Telkom. Sekarang dengan perkembangan teknologi ISP, tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon, tetapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless.
  • 6. PERANAN INTERNET DALAM GLOBALISASI INFORMASI Tidak bisa dipungkiri kita tidak bisa lepas dari dunia internet. Internet sangat berperan dalam kehidupan manusia di abad ini. Dengan adanya internet, manusia banyak terbantu, apalagi bagi mereka yang memiliki mobilitas yang tinggi. Kita semua tahu ini adalah era informasi yang terus bergulir seiring dengan detik waktu yang berjalan. Kita dapat mengetahui berbagai informasi dari belahan bumi lain dengan cepat. Informasi terus mengalir tanpa mengenal batas, ruang dan waktu. Ilmupun akan berkembang dengan pesat dan tersebar ke seluruh penjuru dunia.
  • 7. Internet merupakan media yang sangat penting, sumber bagi segala informasi yang sangat bermanfaat. Internet dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, yaitu sebagai sarana promosi yang tepat untuk bisnis mereka. Menjadi referensi dan patokan seseorang untuk mengambil keputusan, sehingga mengambil keputusan yang tepat. Jadi peranan internet dalam globalisasi informasi sangat kuat. Karena dengan internet, informasi menjadi cepat, mudah, efisien, dan banyak. Peranannya sangatlah besar.