Cli d link

129 views
95 views

Published on

Published in: Internet
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
129
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
1
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Cli d link

  1. 1. Fajar Rohmawan Fitri Sundari M. Ridwan Taufik H Pahlevi Ridwan KONFIGURASI VLAN DENGAN INTERFACE CLI Senin, 25 Juli 2011 Diagnosa WAN Pak Rudi Haryadi . ST Bu Neti Amalia ,S.Pd Tujuan : Agar siswa dapat memahami instalasi dan konfigurasi Smart Switch menggunakan interface command line. Pendahuluan : Switch adalah salah satu dari berbagai macam perangkat jaringan komputer, pada implementasinya Switch dibagi menjadi 2 macam yaitu: manageable Switch dan unmenageable switch. Manageable switch memiliki fungsi yang lebih dari switch biasa diantaranya bisa membagi jaringan atau dari 1 broadcast domain menjadi beberapa collision domain, pada bab ini kita akan membahas mengenai instalasi dan konfigurasinya di software packet tracert. Alat dan bahan : 1. 4 unit PC 2. Smart Switch D-Link DES-3000 series 3. Kabel UTP 4. Kabel serial Langkah Kerja : Buat topologi jaringan komputer seperti gambar di bawah ini. Topologi yang akan di praktekan
  2. 2. *Berikut IP Address masing-masing PC berdasarkan port IP Address PC port 1 172.16.16.18 IP Address PC port 2 172.16.16.17 IP Address PC port 3 172.16.16.19 IP Address PC port 4 172.16.16.16 *Berikut pengaturan segmen di Switch D-Link : Segmen VLAN2 = port 2-4 Segmen VLAN3 = port 1-3 1. Lakukan konfigurasi switch seperti gambar di bawah ini. Berikut adalah konfigurasi pada switchnya Setelah PC dan switch terkoneksi melalui kabel serial, buka terminal dan masukkan command sudo gtkterm dan akan tampil seperti gambar di bawah. Kemudian masukkan username dan password. Selanjutnya atur ip pada switch seperti pada gambar di bawah Kemudian masukkan perintah show vlan untuk menampilkan daftar vlan yang tersedia. Pada gambar di bawah terlihat kondisi default vlan semua port dapat berkomunikasi.
  3. 3. Kemudian buat vlan dengan nama vlan1 dengan perintah seperti di bawah. Kemudian masukkan perintah show vlan dan vlan yang baru dibuat akan tampil seperti gambar di bawah. Masukkan data di masing-masing vlan dengan ketentuan di vlan 1 hanya port 2 dan 4 yang dapat berkomunikasi dan di vlan 2 hanya port 1 dan 3 yang dapat berkomunikasi. Kemudian save konfigurasi yang telah dibuat dengan perintah save.
  4. 4. Kemudian reboot switch dengan perintah reboot. Setelah dikonfigurasi, ketikkan show vlan untuk mengecek kembali apakah sudah benar konfigurasi yang tadi dilakukan. 2. Lakukan pengecekan pada setiap host. Test koneksi dari PC 1 ke semua PC
  5. 5. Test koneksi dari PC 2 ke semua PC Test koneksi PC 3 ke semua PC
  6. 6. Test koneksi PC 4 ke semua PC KESIMPULAN Dalam istilah switch di dunia jaringan komputer, ternyata ada 2 macam switch dalam pengaplikasiannya dilapangan, kita sebutsaja switch biasa dan switch yang mempunyai fungsi tambahan yang lebih. Atau lebih sering disebut unmanageable switch dan manageable switch. Pada switch janis manageable switch disisipkan fungsi-fungsi khusus tidak hanya melaksanakan fungsi switch diantaranya dapat membuat beberapa kelompok network dari hanya 1 network yang ia kelompoki. Atau biasanya disebut, dapat membuat beberapa broadcast domain dari 1 collision domain.

×