Proyek 7 spreadsheet dengan penyimpan data contoh minivan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Proyek 7 spreadsheet dengan penyimpan data contoh minivan

on

  • 757 views

 

Statistics

Views

Total Views
757
Views on SlideShare
670
Embed Views
87

Actions

Likes
0
Downloads
3
Comments
0

4 Embeds 87

http://muhammadfadli054.blogspot.com 67
http://muhamadfadli021111054.blogspot.com 18
http://www.blogger.com 1
http://muhamadfadli054.blogspot.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Proyek 7 spreadsheet dengan penyimpan data contoh minivan Proyek 7 spreadsheet dengan penyimpan data contoh minivan Presentation Transcript

  • Sistem Informasi Manajemen Spreadsheet dengan Penyimpan Data KAKIRA Speedy Car Wash Proyek 7 Kelompok 6 Anggota :Sri Aryatni Prianti (0211 11 001)Selvi Nurlina (0211 11 005)Ulan Sulastri (0211 11 011)
  • TUJUAN BELAJAR Mengetahui bagaimana menggunakan formula untuk melakukan perhitungan. Mampu menggunakan banyak lembar data. Memahami teknik-teknik penyimpanan data seperti menu drop-down , kotak cek, dan tombol radio. Mengetahui bagaimana menggunakan fungsi- fungsi dalam Exel. Mengetahui bagaimana cara membuat makro dan mengeksekusinya dengan tombol-tombol perintah.
  • Spreadsheet dengan Penyimpanan Data- Contoh Jasa Cuci Mobil Kita di sini akan membuat sebuah lembar kerja,yang nantinya akan menghasilkan lembar kerjauntuk Speedy Car Wash. Di dalam lembar kerja ini, menu drop-down(disebut juga kontak kombo), tombol radio, dankotak cek digunakan untuk menyimpan pilihan-pilihan pembeli.
  • Untuk memudahkan pembeli, harga totaldengan pilihan-pilihan dihitung. Kemudianpembayaran bulanan dihitung berdasarkan harga,dan jumlah bulan di mana Speedy Car Washtersebut akan dibiayai.
  • Pembayaran ini dihitung dengan menggunakanfungsi keuangan yang sudah ada pada Excel. Fiturterakhir lembar kerja atas dua tombol perintah:satu untuk menunjukkan jumlah harga totalSpeedy Car Wash dan yang lain untukmenyembunyikan jumlah tersebut.
  • Makro singkat dituliskan untuk menghitung danmenghapus figur keuntungan, dan makro-makrotersebut dikaitkan dengan tombol perintah. Lembar kerja yang akan menyediakan nilai datayang disimpan harus diseleaikan terlebih dahulu. Nilai pada lembar data “Wash” harus ditampilkanpada lembar data “Prices
  • Teknik penyimpanan data seperti menu drop-down, tidak akan bekerja hingga nilai-nilaiditentukan. Kita harus mengubahnama lembar data yang pertama menjadi “Wash”dan lembar data yang kedua menjadi “Prices”.
  • DATA PRICE Sebelumnya kita harus memasukkan nilai-nilaipada data “Prices” sebelum memasukkan nilaipada lembar data “Wash”
  • LEMBAR DATA WASH Lembar data “Wash” memberikan informasiuntuk sebuah menu drop-down, satu set tombolradio, dan kotak cek. Pilihlah lembar data “Wash” dan masukkannilai-nilai ke dalam sel-sel yang benar. SelA4,A7,A8,A10 memberikan biaya.
  • Pada lembar data wash ini : kita tempatkan kata-kata “KAKIRA Speedy CarWash”dalam sel A1 pada lembar data “Wash”. Tentukan tinggi untuk baris 1 hingga 11 dan 18dengan cara menyorot baris-baris tersebut danmemilih perintah “Format”,”Row”, dan “Height”.
  • Dengan mengeset tinggi menjadi 18, perintahpenyimpanan data akan menyesuaikan baris danlembar kerja terlihat lebih menarik. Masukkan “Price” dalam sel A3 Masukkan nilai-nilai dalam sel A4,A7,A8 dan A10
  • Toolbar yang memberikan pilihan formulir harusditampilkan. Jika toolbar “Forms” menggunakantelah tampil pada layar, maka kita sudah siapmenggunaka ikon untuk membuat teknikpenyimpanan data.(Lihat gambar 1)
  • Gambar 1
  • Jika toolbar “Forms” tidak tampak, pilihlahperintah “View” diikuti perintah “Tools” dan“Forms”.
  • Teknik penyimpanan data yang pertama yangakan kita buat adalah menu drop-down. Menudrop-down disebut juga kotak kombo . Pilihanpilihan yang akan ditampilkan pada sel-sel A2A3,A4,A7,A8 dan A10 pada lembar data“Prices”.
  • Jika nantinya pembeli memilih pilihan pertamadalam daftar, maka nilai 1 akan dicatat. Jika pilihanketiga pada daftar dipilih, maka nilai 3 akandicatat, dan seterusnya. Kita harus memberitahuExel dimanakah menu drop-down harusditempatkan, dimana mencari pilihan-pilihantersebut, dan di mana pilihan pembeli harusdicatat.
  • Kita harus memberitahu Exel dimanakah menudrop-down harus ditempatkan, dimana mencaripilihan-pilihan tersebut, dan di mana pilihanpembeli harus dicatat.
  • Dan pastikan kita berada pada lembar data“Wash”. Klik ikon menu drop-down dari “toolbar” “Forms”. Kemudian pindahkan kursor ke sebelah nilai $20,00 (sel B4) pada lembar data. kita memindahkan ke sudut kanan bawah kotak itu.
  •  Gambarlah kotak menu dengan menekan tombol mouse pada pojok kiri atas di mana kita menginginkan kotak tersebut ditempatkan dan teruslah tekan tombol mouse dan lepaskan tombol tersebut ketika kita memindahkan ke sudut kanan bawah kotak itu.
  • Kita dapat mengetahui bahwa kotak tersebuttelah dipilih untuk menerima instruksi karenapegangan (handle) akan muncul pada sudut danpinggir kotak. Pilihlah perintah “Format” Diikuti dengan subperintah “Control” untuk menampilkan layar yang memunginkan kita memasukkan lokasi pilihan input. (Gambar 2)
  • Gambar 2
  • Perhatikan bahwa tab “Control” muncul. Kisaraninput untuk pilihan-pilihan ini adalah“Prices!$A$2:$A$10,” dan link sel yang merekampilihan ini adalah “Prices!$B$1.” Tanda seru disini penting; nama lembar data adalah “Prices,”tetapi gunakanlah “Prices!” dalam formula. Perhatikan bahwa menu drop-down terletakpada lembar data “Wash”; segmen “Prices!” padakisaran memberitahu Exel untuk mencari di sel-sel
  • lembar data “Prices” untuk mendapatkan nilaidan hasil menu. Membuat tombol radio untuk “dry with towels”versus “dry with air blower” adalah proses yang serupa. Klik pada ikon tombol radio dan buatlah tombol radio di sebelah nilai $0,00 (selB10 & sel B11) pada lembar kerja data “Wash”. Dengan menyorot tombol radio, pilihlah perintah “Format” diikuti perintah “Control”.
  •  Pilihlah opsi “checked” sehingga dry with towelsakan terpilih sejak awal. Nilai yang terhubungdengan sel atau cell-link value (yang merupakanhasil jika tombol radio dipilih)seharusnya adalah“Prices!$C$1.” Tutuplah layar kontrol untuk tombol radio danklik kursor mouse di dalam kotak tombol radio.Gantilah kata-kata “Options button..” menjadi“dry with towels”.
  •  Buatlah tombol radio yang kedua untuk pilihan “dry with air blower” menggunakan metode yang sama. Pastikan link sel untuk tombol radio “dry with air blower” adalah “Prices!$C$1.” Menggunakan link sel yang sama untuk keduatombol radio membuat pilihan tersebut bersifateksklisif satu sama lain.
  • Ketika pembeli mengklik tombol radio “dry withtowel”, nilai 1 akan ditempatkan pada link seltersebut. Pemilihan tombol radio “dry with airblower” akan menempatkan nilai 2 pada link .Urutan pembuatan tombol radio amat penting;tombol radio yang pertama akan menghasilkannilai 1, yang kedua menghasilkan nilai 2, danseterusnya.
  • Teknik penyimpanan data yang ketiga, yangakan dipelajari adalah kotak cek. Kotak cek inimemungkinkan pembeli untuk memilih penawarankhusus special dari jasa cuci mobil tersebut Pilihlah ikon kotak cek dari toolbar ”Forms” Gambarlah kotak cek di sebelah nilai $0,00 (sel B7 & B8) pada lembar data “Wash”.
  •  Pilihlah perintah “Format” dengan subperintah“Control”. Kemudian setelah itu kita harus memilih“Unchecked” sehingga nilai awal pada kotak cekadalah tidak memilih penawaran special
  • Link sel adalah “Prices!$B$7,” dan“Prices!$B$8,”yang akan mencatat “TRUE” jika kotak dicek dan“FALSE” selalu dalam huruf besar untuk hasilkotak cek. Tetapi sebelum melanjutkan, formatlah sel-selpada lembar data sebagai mata uang danpersentase.
  • Selanjutnya kita akan membuat makro untukmemilih “The Special.” Penawaran khusus adalahcuci mobil, standar, waxing, dan pengeringanhanduk (dry with towels). Pilih menu Button kemudian simpan di sebelah total ,kemudian beri nama Choose The Special pada lembar kerja “Wash” Kemudian kita rekam pilihan special dengan mengklik menu Tools > macro>new recordSetiap kursor mengklik, maka akan terekam Kita klik kanan pada button kemudian klik new
  • Nanti akan tampil hasil dari mengklik yang sudahterekam, tampilannya seperti:Sheets("prices").SelectSheets("wash").SelectYang dimana data-data tersebut hasil perekaman.Dimana Sheets("prices").Select merupakan dataspecial dari waxing dan standard, kemudianSheets("wash").Select yang merupakann data daridry with towels
  • Dan nantinnya data akan jadi seperti padagambar Data Wash dan Data Prices yangsudah kami lampirkan di slide selanjutnya.
  • LEMBAR DATA WASH
  • LEMBAR DATA PRICES