• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Software Android dan Linux
 

Software Android dan Linux

on

  • 1,050 views

Hasil presentasi TIK Kelompok III: ...

Hasil presentasi TIK Kelompok III:

Oleh:
Annisa Aulia M.S.
Diinar Athika F.
Rosa Pinanda F.

Kelas X Aksel – SMAN 1 Jember

Gunakan Libre Office untuk membuka file tersebut

Statistics

Views

Total Views
1,050
Views on SlideShare
1,050
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
23
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as OpenOffice

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Software Android dan Linux Software Android dan Linux Presentation Transcript

    • Software Android & Linux Oleh Annisa Aulia M.S. (02) Diinar Athika F. (04) Rosa Pinanda F. (18) Kelas 10 Akselerasi – SMAN 1 Jember
    • Sejarah OS Android
    • Android adalah sistem operasi yang digunakan dismartphone dan juga tablet PC yang awalnyadikembangkan oleh perusahaan Android Inc..Pada bulan Juli tahun 2005, Google bersamaAndroid Inc membentuk suatu hubungankerjasama. Di perusahaan Google, tim yangdipimpin Rubin bertugas mengembangkanprogram perangkat seluler yang didukung olehkernel Linux yang dimodifikasi.
    • Generasi-Generasi Android 1. Tahun 2007 – 2008, Android versi BETA dan versi 1.0Sekitar bulan September 2007, Google mengajukan hakpaten aplikasi telepon seluler dan akhirnya mengenalkanNexus One yaitu salah satu jenis GSM smartphone yangmenggunakan Android sebagai sistem operasinya. Androidyang digunakan merupakan modifikasi kernel Linux 2.6.Telepon pertama yang menggunakan OS Android adalahproduksi dari HTC Corporation.
    • 2. Android versi 1.1Pada 9 Maret 2009, Google merilisAndroid versi 1.1. Android versi inidilengkapi dengan pembaruan estetispada aplikasi, jam alarm, voicesearch (pencarian suara), pengirimanpesan dengan , dan pemberitahuan .
    • 3. Android versi 1.5, Cupcake Pada pertengahan Mei 2009, Googlemerilis telepon seluler yangmenggunakan SDK dan Android versi 1.5yang disebut Cupcake dengan beberapatambahan dari versi sebelumnya.
    • 4. Android versi 1.6, Donut Versi ini menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya dan penggunaan baterai indikator. Seperti versi Android sebelumnya, cukup banyak juga fitur yang ditambahkan di dalam Android Donut ini.
    • 5. Android versi 2.0/2.1, EclairPada 3 Desember 2009, diluncurkanponsel Android dengan versi 2.0/2.0 yangdisebut Eclair. Pengoptimalan hardware,peningkatan Google Map, dan sebagainyadilakukan untuk membuat Android lebihbaik lagi.
    • 6. Android versi 2.2, Frozen Yoghurt (Froyo) Android versi ini diluncurkan pada 20 Mei 2010. Perubahan yang umum terhadap versi – versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, dan sebagainya.
    • 7. Android versi 2.3, Gingerbread Versi ini diluncurkan pada 6 Desember 2010. Peningkatan gaming, fungsi copy paste, desain ulang user interface, efek audio baru, dan sebagainya dilakukan sebagai perubahan dari versi – versi sebelumnya.
    • 8. Android versi 3.0/3.1, Honeycomb Android ini dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User interfacenya pun berbeda karena desain khusus untuk tablet. Tablet pertama yang dibuat untuk menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom.
    • 9. Android versi 4.0, Ice Cream Sandwich (ICS) Diumumkan pada 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur – fitur baru. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus.
    • 10.Android versi 4.1, Jelly Bean Android ini diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. OS Android Jelly Bean muncul pertama kali dalam produk tablet Asus yakni Google Nexus 7.
    • Aplikasi Android1. Chrome2. Evernote3. Any.DO4. CloudOn5. SwiftKey 36. CamScanner7. Box8. Google Drive
    • Hardware yang Didukung Android1. Wifi2. GPS3. 3G4. Bluetooth5. GSM6. Accelerometer7. Camera8. EDGE
    • Sejarah LinuxUNIX merupakan salah satu sistem operasi yang mengawali lahirnyaLinux ke dunia ini. UNIX merupakan salah satu sistem operasi yangada saat ini. Adapun UNIX merupakan salah satu sistem operasipopuler selain keluarga raksasa Microsoft (mulai dari DOS, MS 9xsampai Vista), Novell, OS/2, BeOS, MacOS dan lainnya.Sejarah kemunculan UNIX dimulai pada tahun 1965 ketika para ahlidari Bell Labs, sebuah laboratorium milik AT&T, bekerja sama denganMIT dan General Electric membuat sistem operasi bernama Multics.Namun pembuatan Multics terhentikan.
    • Dua tahun kemudian, karena merasa UNIX sudahcukup matang, maka Thompson dan Ritchiemempublikasikan sebuah paper tentang UNIX.Ternyata UNIX mendapat sambutan yang sangat luarbiasa dari lingkungan perguruan tinggi. Dan UNIX lahyang menjadi sistem operasi favorit di lingkunganperguruan tinggi.Awalnya, sistem operasi UNIX ini didistribusikansecara gratis di dunia pendidikan, namun kemudianUNIX dipatenkan.
    • Linus dilahirkan di Helsinki, Finlandia pada tanggal 28Desember 1969. Orang yang disebut sebagai BapakLinux ini, sudah mengenal bahasa pemrograman padaumurnya yang ke 10. Saat itu ia sering mengutak-atikkomputer kakeknya, Commodore VIC-20. Karenahobinya dalam dunia komputing, 1988 Linus diterima diUniverity of Helsinki dan pada tahun 1990, Linusmemulai kelas pemrograman C pertamanya. Padatahun 1991, Linus tidak puas terhadap sistem operasiyang ada pada PC pertamanya (MS-DOS atau DiskOperation System), OS buatan Microsoft.
    • Linus lebih menggunakan sistem operasi UNIX sepertiyang dipakai komputer milik universitasnya. Akhirnya iamengganti sistem operasi openSource Minix yangberbasiskan UNIX. Adapun Minix ini digunakan untukkeperluan pengajaran dan pendidikan.Namun Linus merasa bahwa Minix masih memiliki banyakkelemahan. Dan mulai saat itu, di usianya yang ke-23,Linus mulai mengutak-atik kernel Minix. Dan ia mulaimengembangkan sistem yang kompatibel dengan IBM PC.Pada bulan Agustus 1991, lahirlah Linux 0.01 hasil oprekanLinus, dan pada tanggal 5 Oktober 1991, secara resmiLinus mengumumkan Linux edisi selanjutnya. Selain itu,Linus juga mempublikasikan sistem operasi buatannyatersebut lengkap dengan source codenya.
    • Aplikasi OS LinuxBeberapa aplikasi dalam OS linux ialah:Cairo-Dock, Compiz, Blender, Inkscape, Gimp,Gwget, X-Chat IRC, Google Chrome browser,Mobile Media Converter, Cheese, Brasero,Gnome-Mplayer, Audacious, Libre Office, OpenOffice.
    • Jenis Distro LinuxDistro Linux (Singkatan dari distribusi Linux)adalah sebutan untuk sistem operasi komputerdan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yangmenggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisaberupa perangkat lunak bebas dan bisa jugaberupa perangkat lunak komersial.
    • DebianDebian termasuk salah satu sistem operasi Linux yangbebas untuk dipergunakan dengan menggunakan lisensiGNU. Debian GNU/Linux adalah distro non komersialyang dihasilkan oleh para sukarelawan dari seluruhdunia yang saling bekerjasama melalui Internet. Distroini menginginkan adanya semangat open-source yangharus tetap ada pada Debian. Kedinamisan distro inimembuat setiap rilis paket-paketnya di-update setiapwaktu dan dapat diakses melalui utilitas apt-get.
    • Red HatRed Hat adalah distro yang berdiri pada tahun 1993Dukungan - dukungan secara teknis, pelatihan,sertifikasi, aplikasi pengembangan, dan bergabungnyapara hacker kernel dan free-software seperti Alan Cox,Michael Johnson, Stephen Tweedie menjadikan RedHat berkembang cepat dan digunakan padaperusahaan. Poin terbesar dari distro ini adalah RedHat Package Manager (RPM).
    • UbuntuUbuntu adalah salah satu distribusi Linux yangberbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntudisponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milikMark Shuttleworth). “Ubuntu” berasal daribahasa kuno Afrika, yang berarti “rasaperikemanusian terhadap sesama manusia”.Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karenakeberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusiLinux Ubuntu adalah memanfaatkan bakat-bakatdari komunitas pengembang dalam Ubuntukomponen konstituen dengan menjaga Ubuntu
    • FedoraFedora (sebelumnya bernama Fedora Core,terkadang disebut juga dengan Fedora Linux)adalah sebuah distro Linux berbasis RPM danyum yang dikembangkan oleh Fedora Projectyang didukung oleh komunitas pemrogram sertadisponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasaldari karakter fedora yang digunakan di logo RedHat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernamaFedora Core yang kemudian berubah menjadiFedora pada rilis ke-7.
    • XandrosXandros Linux adalah sebuah distro Linuxyang berdasarkan pada sistim KDE.Tampilannya sangat mirip dengan MicrosoftWindows, jadi apabila dioperasikan sangatmudah dan nyaman. Tetapi, Xandrosmemiliki integrasi lebih baik dengan jaringanWindows, mampu menjalankan aplikasiOfficeXP, mampu meresize partisi NTFSsaat instalasi, dll. Xandros juga bukanmerupakan produk gratis tetapi komersial.
    • KnoppixKnoppix merupakan distro Linux live-cdyang dapat dijalankan melalui CD-ROMtanpa menginstalnya di hard-disk. Distro iniberbasis Debian Linux dan diciptakan olehKlaus Knopper. Aplikasinya sangat lengkapdan cocok untuk demo atau belajar Linuxbagi yang belum mempunyai ruang padahard-disknya, dapat juga untuk CD rescue.
    • SlackwareDistro ini merupakan distro buatan Patrick Volkerding dariSlackware Linux, Inc. yang terkenal pertama kali setelahSLS. Slackware didirikan pada tahun 1993. Slackwaremerupakan salah satu distro awal, dan merupakan yangtertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackwareadalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadidistribusi Linux yang paling mirip Unix, sederhana, stabil,mudah dikustom. Distro ini termasuk distro yang masihmanual sekali bagi pemula Linux, tapi denganmenggunakan distro ini beberapa penggunanya dapatmengetahui banyak cara kerja sistem dan distro tersebut.
    • SUSESUSE Linux adalah sebuah sistem operasikomputer. yang dibangun di atas kernel Linuxdan didistribusikan. Suse Linux adalah asalJerman dan dikembangkan di Eropa. Versipertama dari distribusi ini muncul di awal tahun1994. Hal ini dikenal dengan perangkatkonfigurasi YaST. Hak pengembang dimiliki olehNovell, Inc sejak 2003, ketika perusahaanmembeli SUSE. Novell, salah satu anggotapendiri Open Invention Network, membukasecara luas untuk pengembangan distribusi luarkontributor pada tahun 2005, menciptakanProyek openSUSE. SUSE adalah distro linux
    • Turbo LinuxTurbo Linux merupakan salah satu distroLinux yang diminati oleh perusahaan danperorangan di Jepang dan Asia. Produkberbasis Linux dengan kinerja tinggi inidimanfaatkan untuk pasar workstation danserver terutama untuk penggunaanclustering dan orientasinya ke perusahaan.Komunitas/Masyarakat).
    • CentOSCentOS adalah sistem operasi bebas yangdidasarkan pada Red Hat Enterprise Linux(RHEL). CentOS singkatan dari CommunityENTerprise Operating System (SistemOperasi Perusahaan buatanKomunitas/Masyarakat).
    • GENTOOGentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yangmemakai paket sistem manajemen Portage.Manajemen paket ini dirancang untuk modular(mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di portke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dandioptimalkan untuk masing-masing komputerpengguna.
    • MANDRIVA LINUX / LINUX-MANDRAKEMandriva Linux (dahulu dikenal dengan namaMandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistemoperasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenaldengan nama Mandrakesoft). Linux-Mandrake adalahsalah satu distro turunan dari Red Hat Linux yangmenyediakan banyak pengembangan dan aplikasi ‘pre-configured’ dan didukung banyak bahasa di seluruhdunia. Distro ini dikenal mudah untuk pemula dan cocokuntuk kelas desktop tapi tidak menutup kemungkinanuntuk dijadikan platform pada server.
    • LindowsLindows masih kalah dibanding Lycoris dalamsegi kecantikan tampilan tetapi Lindows telahlebih matang dan telah mencapai versi 4.0.Fasilitas yang menarik dari Lindows adalah Click-n-Run yaitu fasilitas mendapatkan ribuan softwareLinux yang sudah dikonfigurasi untuk Lindowsdengan sekali klik dan proses instalasi ini jugadapat menambahkan shortcut di desktop dandaftar program secara otomatis. Lindows jugamerupakan produk komersial.
    • LinareLinare memiliki distro Linux khusus desktopdan paket CPU yang sudah terinstall Linare.Linare masih jarang terdengar danmerupakan pendatang baru. Linare jugamerupakan produk komersial.
    • PCLINUXOSPCLINUXOSPCLinuxOS, sering disingkat sebagaiPCLOS, adalah sebuah sistem operasidesktop. Ini adalah sebuah sistem operasibebas untuk komputer pribadi yang bertujuanuntuk memudahkan penggunaan.
    • Puppy LinuxPuppy Linux adalah salah satu distro LinuxLive CD yang sangat kecil ukurannya danmengutamakan kemudahan dalampenggunaan.Seluruh sistem operasi dan aplikasinyaberjalan dalam RAM, yang membolehkanmedia booting dilepas setelah sistem operasiberhasil dijalankan.
    • Damn Small LinuxDamn Small Linux(DSL) adalah salah satudistro/varian linux mini. Disebut mini karenapaket DSL cuma 50MB besarnya. DSL jugamemungkinkan untuk diinstall di USB128MB.
    • KuliaxKuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCDyang dikembangkan oleh Kuliax Project untukpendidikan di universitas. Distribusi ini berbasisDebian GNU/Linux dan Knoppix, serta telahdioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux.
    • LycorisLycoris adalah distro linux yang telahmembuat versi linux yang cantik danmenyerupai WinXP, dari segi warna,icon,maupun kemudahan-kemudahan yangada. Dari tampilan-tampilan screenshotpada situsnya Anda dapat mengamatibahwa memang Lycoris merupakan distroLinux yang pintar mempercantik dirisehingga dengan menggunakan LycorisAnda akan merasa bekerja dengan
    • Terima Kasih