PERTAMA KALI BROWSER LAHIR
 Mesin pencari atau browser pertama kali di temukan oleh

Berners Lee yaiotu pada awal tahun 1...
Search Engine
 Search engine pada web yang pertama adalah “Wandex”,

suatu nowdefunct index yang dikumpulkan oleh World
W...
 Sebelum web muncul, terdapat search engine untuk

protokol atau pengguna lain, seperti Archie untuk situs
anonymous FTP ...
Beberapa Macam Browser
 Opera

Sekitar tahun 1992, Jon Stephenson von Tetzchner dan
Geir Ivarsey merupakan bagian dari se...
Internet Explorer 7 Beta 3

 Pada saat Internet Explorer 7 Beta 1 diluncurkan pada

akhir Juli 2005, dunia cukup dikejutk...
Opera 9.0
 salah satu dari tiga browser yang paling banyak digunakan

di dunia. Opera kali pertama diluncurkan pada tahun...
Internet Eksplorer (IE)
 merupakan web browser paling tua. Bahkan lima tahun

silam, Microsoft boleh berbangga, sebab Int...
Opera
 Instalasi dan download Opera terbilang mudah. Dengan

logo “O” berwarna merah , banyak kalangan yang
mengakui kele...
Firefox
 Firefox dari Mozilla adalah freeware yang mudah

dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Seperti halnya
Opera, ...
Sumber Informasi :
 http://meizan-riza.blogspot.com/2011/10/sejarah-

perkembangan-browser.html
Selesai
Terima Kasih.
Perkembangan Browser
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Perkembangan Browser

684 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
684
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perkembangan Browser

  1. 1. PERTAMA KALI BROWSER LAHIR  Mesin pencari atau browser pertama kali di temukan oleh Berners Lee yaiotu pada awal tahun 1991 di Cern. Sebelum adanya browser ini, alat yang di gunakan untuk melakukan pencarian I interner di sebut “archie” Diciptakan tahun 1990 oleh Alan Emtage, seorang siswa dari Universitas Mcgill di Montreal.
  2. 2. Search Engine  Search engine pada web yang pertama adalah “Wandex”, suatu nowdefunct index yang dikumpulkan oleh World Wide Web Wanderer, suatu Web Crawler yang dikembangkan oleh Matthew Gray lulusan MIT tahun 1993. Pada tahun yang sama, sebuah search engine lainnya keluar yaitu Aliweb, yang saat ini masih ada. Setelah itu, banyak search engine yang bermunculan dan saling berlomba untuk mendapatkan ketenaran. Diantaranya Excite, Infosee, Inktomi, Northern Light, dan AltaVista. Dalam beberapa hal, mereka bersaing dengan direktori terkenal seperti Yahoo!.
  3. 3.  Sebelum web muncul, terdapat search engine untuk protokol atau pengguna lain, seperti Archie untuk situs anonymous FTP dan Veronica untuk protokol Gopher. Baru-baru ini muncul juga search engine online yang menggunakan XML atau RSS.
  4. 4. Beberapa Macam Browser  Opera Sekitar tahun 1992, Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsey merupakan bagian dari sebuah grup riset di Televerket. Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. Contohnya, Opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil, termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, sesson management dan lain-lain.
  5. 5. Internet Explorer 7 Beta 3  Pada saat Internet Explorer 7 Beta 1 diluncurkan pada akhir Juli 2005, dunia cukup dikejutkan. Dibandingkan dengan IE versi 6.0, pada versi 7 tersebut Microsoft mengubah secara besar-besaran semua yang ada di dalam IE versi 6.0. Beberapa hal yang berubah, antara lain adanya tabbed browsing, kemampuan anti-phishing, interface baru, dan dukungan akan RSS feeds. Saat ini, Internet Explorer 7 sudah mencapai Beta 3 yang diluncurkan pada Juni 2006. Microsoft menyebut Internet Explorer yang baru tersebut dengan sebutan “Easier and More Secure”.
  6. 6. Opera 9.0  salah satu dari tiga browser yang paling banyak digunakan di dunia. Opera kali pertama diluncurkan pada tahun 1996 sebagai shareware. Kala itu Opera 2.0 adalah satusatunya lawan yang tangguh bagi Internet Explorer. Opera adalah browser pertama yang meng aplikasikan tabbed browser ke dalam browser-nya. Opera adalah browser yang kali pertama menerapkan tabbed browsing, kali pertama yang mendukung RSS, dan sekarang adalah satusatunya browser yang terintegrasi sebagai BitTorrent client serta memiliki fungsi tab thumbnail (meskipun IE 7 memiliki fungsi yang hampir sama).
  7. 7. Internet Eksplorer (IE)  merupakan web browser paling tua. Bahkan lima tahun silam, Microsoft boleh berbangga, sebab Internet Explorer 5 adalah web browser terbaik yang ada. Tak lama setelah itu, kini muncul IE 6, yang merupakan versi perbaikan dari IE 5. Kelemahan utamanya adalah pada masalah security dengan ratusan hole terlalu mudah diterobos yang menyebabkan IE lebih rentan diserang spyware. IE juga tidak kompatibel dengan fitur keamanan RSS. Versi terbaru Microsoft IE 6 hanya tersedia bagi pengguna sistem operasi Windows XP SP2 (service pack 2). Versi XP SP2 adalah update Windows XP yang terutama pada sistem keamanannya.
  8. 8. Opera  Instalasi dan download Opera terbilang mudah. Dengan logo “O” berwarna merah , banyak kalangan yang mengakui kelebihannya. Opera mudah dinavigasi. Meski tampak penuh, tapi interface Opera terlihat teratur. Kelebihan lain browser Opera adalah kemampuan membuka banyak halaman web dalam satu waktu sekaligus. Browser ini juga dilengkapi tabs yang memungkinkan beberapa situs terbuka bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Bagi pengguna gadget mobile, fitur Fit-to-Window akan menyesuaikan halaman web dengan lebar layar atau jendela browser.
  9. 9. Firefox  Firefox dari Mozilla adalah freeware yang mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Seperti halnya Opera, Firefox juga memiliki semacam tabs untuk menangani banyak halaman web pada saat yang bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Mesin pencari terkenal macam Google sudah dibundel Firefox. Hasil download bisa disimpan secara otomatis ke desktop komputer, sehingga lebih mudah ditemukan. Arsitektur terbuka Firefox memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan browser.
  10. 10. Sumber Informasi :  http://meizan-riza.blogspot.com/2011/10/sejarah- perkembangan-browser.html
  11. 11. Selesai Terima Kasih.

×