P T  B A T I K  D A N A R  H A D I
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

P T B A T I K D A N A R H A D I

on

  • 1,354 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,354
Views on SlideShare
1,354
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
32
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

P T  B A T I K  D A N A R  H A D I P T B A T I K D A N A R H A D I Presentation Transcript

  • PT. BATIK DANAR HADI
    ETOS KERJA ADILUHUNG
  • Wikipedia, the free encyclopedia Mode Of ProductionKarl Marx ,1850 “Mode Of Production = SocialRelation of Production+ Productive Force”
  • Wikipedia, the free encyclopedia.
    SocialRelation = common social characteristic of a group of people. Productive Force = natural resources and intelectual human labour.
  • Etos kerja Bushido dinilaisebagaifaktorpentingdibalikkesuksesanekonomiJepang di kancahdunia. Etos kerja Bushido inimencuatkan7prinsip, yakni: 1. GI - keputusan yang benardiambildengansikap yang benarberdasarkankebenaran; jikaharus mati demi keputusanitu, matilahdengangagah, sebabkematian yang demikianadalahkematian yang terhormat:2. YU - berani dan bersikapkesatria:3. JIN - murahhati, mencintai dan bersikapbaikterhadapsesama:4. RE - bersikapsantun, bertindakbenar:5. MAKOTO - bersikaptulus yang setulus-tulusnya, bersikapsungguhdengansesungguh-sungguhnya dan tanpapamrih:6. MELYO - menjagakehormatan, martabat dan kemuliaan, serta7. CHUGO - mengabdi dan loyal.
  • Begitu pula keunggulanbangsaJerman, menurut para sosiolog, terkait erat denganetoskerjaProtestan, yang mengedepankan6prinsip, yakni:1. Rasional,2. Disiplintinggi,3. Kerjakeras,4. Berorientasipadakekayaanmaterial,5. Menabung dan berinvestasi, serta6. Hemat, bersahaja dan tidakmengumbarkesenangan.
    • Sejarah PerusahaanSEJARAH BATIKKARYA ADILUHUNG INDONESIA.Seni membatik adalah teknologi kuno yang berkembang di Indonesia sejak berabad silam, di tanah Jawa batik berkembang menjadi ekspresi yang mengakar pada mitologi, filosofi, dan dunia lambang seputar siklus kehidupan identitas rakyat Indonesia mulai dari lahir sampai meninggal, hal itu terlihat dari bayi yang digendong dengan kain batik bercorak simbol-simbol sampai dengan yang meninggal ditutup dengan kain batik. Sebagai kewajiban moral dan kotribusi material untuk melestarikan seni budaya kita yang adiluhung ini keberadaan Batik Danar Hadi untuk melestarikan seni tradisional kita yang bersejarah untuk generasi berikutnya. Sejak tahun 1976 pengembangan pasar dalam negeri yang merupakan mayoritas (±90%) dibarengi dengan usaha pengembangan pasar ke luar negeri (±10%), Jepang yang saat ini merupakan importir batik terbesar. Ekspor Batik Danar Hadi sempat merajai pasar Australia selama 1977-1985, demikian juga pasar Italia di tahun 1985.
    • Visi & MisiPerusahaan
    MASA DEPAN BATIK DANAR HADI, MASA DEPAN BATIK INDONESIA
    • KelompokUsahaDanar Hadi, denganpencapaiandalamkualitas dan keahlian, memilikimasadepancerahdalamindustri batik. Semuaitu di dukungfilosofiperusahaan yang mengakarkuatpadasenitradisional yang diusungnya, fasilitas, pengalaman, dan keahliandalammanajemenusahanya. Berpijakpadaidealismemendasaruntukmenyumbangkansesuatu yang bernilaiterhadapsenitradisioanl batik, pengembanganproduk Batik Danar Hadi bersifatmultidimensional yang taatasas. Batik Danar Hadi akan berusahalebihkerasuntukmenembuspasarmancanegarapadapasardomestik yang terusberkembang.
    • EtosKerja MEMBANGUN SUMBER DAYA PROFESIONAL SINERGI SENI TRADISIONAL & MANAJEMEN MODERN Meski kini telah memasuki abad industri, batik tetaplah berakar pada seni tradisional yang Adiluhung sehingga elemen kreativitas setiap individu - dalam hal ini pengrajin batik - menentukan kualitas tiap-tiap helainya. Sejak awal, Batik Danar Hadi menyadari pentingnya membangun suatu etos kerja , etos memberikan yang terbaik bagi dunia batik bukanlah sebuah jargon semata, sikap mental ini sudah menjadi jalan hidup sejak karya hasta ini masih berada di palungan seni budaya ratusan tahun yang lampau.
    • Adiluhungmerupakanajaranluhuruntukmembangunbudipekerti dan olah spiritual bagikalangan raja-raja Mataram : Serat Wulangreh, Cibolek, Wedhatama, dan Centhini, serta Suluk Cipta Waskitha dan Haspiya. Dalam falsafah Jawa tempat berkembangnya tradisi batik, motif ,warna,corak memiliki nilai filosofis tersendiri berikut etika-etika nya.- SEPI PAMRIH RAMEIN GAWE, MEMAYU HAYUNING BUWONO.Sepi pamrih, memiliki arti jauh dari dorongan untuk hanya mengejar kepentingan sendiri. Ramein gawe, berarti bergiat dalam hal melaksanakan kewajiban. Sementara mamayu hayuning buwono, melengkapinya dengan arti ikut serta dalam memperindah dunia- TATA, TITI, TITIS DAN TATAS. Piwulang jawa yang berarti etos kerja yang baik adalah kerja yang terencana, teliti, tepat perhitungan,dan diselesaikan dengan tuntas.
    • Motif PARANG BARONGIni salah satu bentuk kreasi motif parang yang merupakan simbol ombak samudra. Memiliki makna semangat, kekuatan, dan kemauan yang tidak pernah berhenti. Parang barong memiliki keunikan dalam cara pembuatannya, di mana seorang seniman batik diwajibkan menjalani ritual khusus. Bahkan, saat menuliskan pola batik di atas kain mori, setiap garis harus ditulis dalam satu helaan napas. Parang barong hanya dikenakan oleh kalangan raja dan leluhurnya. Makna filosofisnya adalah kewajiban menjaga kedaulatan bangsa, dalam helaan napas tersebut.
    • Motif PARANG KUSUMODalam motif Parang Kusumo terkandung suatu makna bahwa suatu kehidupan harus dilandasi dengan perjuangan dan usaha dalam mencapai keharuman lahir dan batin. Hal ini bisa disamakan dengan harumnya suatu bunga (kusuma). Juga dalam falsafat Jawa.
    • Motif PARANG KUSUMODalam motif Parang Kusumo terkandung suatu makna bahwa suatu kehidupan harus dilandasi dengan perjuangan dan usaha dalam mencapai keharuman lahir dan batin. Hal ini bisa disamakan dengan harumnya suatu bunga (kusuma). Juga dalam falsafat Jawa.
    • Menurut pakar pemasaran, Rheinal Kasali, kelebihan Danar Hadi ada dua hal : Pertama, konsentrasi dan fokus Danar Hadi tetap konsisten, yaitu mempertahankan jalur batik tradisional, tidak seperti perusahaan batik lain yang telah merubah fokus dari produk batik menjadi kerajinan nusantara. Kedua, Danar Hadi telah membagi dua segmen pasar, yaitu kelas atas dan kelas bawah.
    • Batik Danar Hadi dibuktikan dengan diraihnya sejumlah penghargaan, baik skala nasional maupun internasional,:a. Piala Kualitas Internasional XII, Madrid, tahun 1984 b. Piala Kualitas Internasional XIII, Madrid, tahun 1985 c. Piala Kualitas Internasional IX, Madrid, tahun 1986 d. Penghargaan Internasional VI, Tokyo, tahun 1986 e. Penghargaan Internasional VII, Jakarta, tahun 1987 f. Penghargaan Emas, terbaik kategori “Budaya Indonesia” (Tradisi Sebuah Perjalanan),k. Penghargaan Upakarti, tahun 1985, kepada pimpinan Batik Danar Hadi United Nations Educational Scientific Cultural Organization (UNESCO) terhadap batik Indonesia ke dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia.
    KEPUTUSAN PRESIDEN REPUBLIK INDONEIA
    NOMOR 33 TAHUN 2009 TENTANG HARI BATIK NASIONAL
    menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional
  • SEKIAN
    TERIMAKASIH