Iman kepada hari akhir

36,143 views

Published on

Published in: Spiritual
4 Comments
19 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
36,143
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
14
Actions
Shares
0
Downloads
1,691
Comments
4
Likes
19
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Iman kepada hari akhir

  1. 1. Pengertian Iman Kepada Hari AkhirIman kepada hari akhir adalah mempercayai dan meyakiniakan adanya kehidupan yang kekal dan abadi setelahkehidupan yang fana di dunia ini. Manusia harus percayabahwa padasuatu saat nanti dunia yang kita huni besertaisinya ini akan hancur lebur. Kiamat terbagi 2 yaitu;1. Kiamat sugra (kiamat kecil) : bagian kecil dari kerusakan atau kematian yang di alami makhluk hidup misalnya, gempa bumi, banjir, dll.2. Kiamat kubra (kiamat besar) : rusaknya atau hancurnya alam semesta tanpa terkecuali atau bisa disebut sebagai kiamat.
  2. 2. Yawm ad-Dîn : ( ) - Hari Penghakiman Yawm al-Qiyāmah : ( ) - Hari Kebangkitan Yawm al-Fath : ( ) - Hari Keputusan Yawm ad-Dîn : ( ) - Hari Pembalasan Yawm al-Hisãb : ( ) - Hari Perhitungan Yawm al-Jaza : ( ) - Hari Pembalasan/ Hukuman Yawm al-Wa’iid : ( ) - Hari Ancaman Yawm ‘Aqîm : ( ) - Hari SiksaanYawm at-Taghâbun : ( ) - Hari Pengungkapan Kesalahan Yawm ath-Thalâq : ( ) - Hari Pertemuan Yawm azh-Zhullah : ( ) - Hari Naungan Yawm al-Jam‘i : ( ) - Hari Pengumpulan dll.
  3. 3. Tanda-tanda kiamat adalah alamat kiamat yangmenunjukkan akan terjadinya kiamat tersebut. Dantanda-tanda kiamat ada dua:1) Tanda kiamat kecil adalah tanda yang datang sebelum kiamat dengan waktu yang relatif lama, dan kejadiannya biasa, seperti dicabutnya ilmu, dominannya kebodohan, minum khamr, berlomba-lomba dalam membangun, dan lain- lain.2) Tanda kiamat besar adalah perkara yang besar yang muncul mendekati kiamat yang kemunculannya tidak biasa terjadi, seperti muncul Dajjal, Nabi Isa a.s., Ya’juj dan Ma’juj, terbit matahari dari Barat, dan lain-lain.
  4. 4. TANDA-TANDA KIAMAT KECILa. Melimpahnya harta bendab. Enggan menerima sodaqohc. Munculnya orang-orang yg mengaku nabid. Kurangnya sifat amanahe. Banyaknya pejabat yg zalimf. Perzinahan,minuman keras, obat terlarang merajalelag. Memperindah masjid tanpa memakmurkannyah. Berlomba-lomba mendirikan bangunan tinggii. Banyaknya pembunuhanj. Banyak kemusyrikan di kalangan umat islamk. Merajalela sadisme,pemutusan silaturahmi,buruknya hubungan bertetanggal. Orang-orang tua berlagak seperti anak mudam. Merajalela riba dan sifat kikirn. Mengucap salam hanya kepada orang yg dikenalo. Wanita-wanita berpakaian tapi telanjangp. Banyak kebohongan dan informasi yg simpang siur
  5. 5. Orang berlomba-lomba membangungedung-gedung tinggi.
  6. 6. TANDA-TANDA KIAMAT BESARRasulullah S.A.W. "Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadisebelum kamu melihat sepuluh tanda :-1. Asap2. Dajjal3. Binatang melata di bumi4. Terbitnya matahari sebelah barat5. Turunnya Nabi Isa A.S6. Keluarnya Yakjuj dan Makjuj7. Gerhana di timur8. Gerhana di barat9. Gerhana di jazirah Arab10. Keluarnya api dari kota Yaman menghalau manusia ke tempat pengiringan mereka.
  7. 7. Dalil Naqli & Dalil Aqli tentang hari akhirDALIL NAQLI adalah dasar untuk menguatkan sesuatu masalah atau pendapatberdasarkan alquran dan hadist.Artinya: “Dan sungguh, (hari) kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguanpadanya, dan sesungguhnya, allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalamkuburDALIL AQLI, dapat kita saksikan semua yang ada di dunia ini tidak ada yang kekal(abadi). Atau dengan kata lain seluruh yang ada dibumi ini akan mengalamikerusakan, salah satu contoh gempa bumi yang disusul tsunami di wilayah asiaNangroe Aceh Darussalam (NAD). Yang menghancurkan sarana dan prasarana.
  8. 8. Tidak ada satu orang pun yang bisa menafsirkan betapa dahsyatya peristiwa hariakhir. Memasuki kehidupan pada hari akhir yang di tandai dengan tiupan sangkakalapertama oleh malaikat israfil, dan semua yang ada di langit, di bumi akan hancurlebur, tanpa tersisa.Firman Allah swt.:Artinya: “Dan sangkakala di tiup, maka matilah semua makhluk yang dilangit dandibumi, kecuali siapa yang dikehendaki oleh allah swt. Kemudian ditiup sekali lagi(sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun dari kuburnya menunggukeputusan allah.”
  9. 9. 1. ALAM BARZAH adalah batas antara alam dunia dengan alam akhirat, di sebut juga alam kubur. Dengan kata lain, alam barzah dapat dinamakan sebagai tempat singgah menuju alam akhirat.2. YAUMUL BA’AS adalah hari dibangkitkan semua makhluk hidup setelah mengalami kematian atau kebinasaan akibat peristiwa kiamat. Artinya: “mereka bersumpah dengan allah dengan sumpah yang sungguh – sungguh: allah tidak akan membangkitkan orang mati.”tidak demikian bahkan (pasti allah akan membangkitkannya), sebagai sesuatu janji yang benar darinya, tetapi kebanyakan manusi atidak mengetahui.” (QS An- Nahl/16: 38)
  10. 10. 3. YAUMUL MAHSYAR Yaumul Mahsyar berarti hari tempat berkumpulnya semua makhluk hidup termasuk manusia, ditempat itulah manusia merasa sangat berat dan lama menanti lama pengadilan dari allah swt. Itu selama 40 tahun akhirat kemudian baru di hisab. Sementara jarak matahari sangat dekat jaraknya disitulah tempat tak ada yang bisa menolong kecuali hanya amal ibadah.4. YAUMUL HISAB atau MIZAN adalah hari perhitungan dan penimbangan amal atau perbuatan manusia. Lalu amal perbuatan manusia akan ditimbang amal baik dan buruknya, sekecil hal yang ia lakukan akan mendapatkan pembalasan yang setimpal pula.5. SURGA dan NERAKA adalah suatu tempat pembalasan bagi setiap orang. Apabila orang yang beriman kan mendapatkan tempat yang pantas yaitu surga. Artinya: “ sesungguhnya orang- orang yang berbakti, benar-benar berada dalam surga yang penuh nikmat.” (QS Al-Infitar/82:13) Adapun nerakan adalah suatu tempat pembalasan bagi setiap orang yang telah ingkar kepada allah swt. Dan selalu berbuat dosa di dunia.
  11. 11. GAMBARAN NIKMAT SURGA• Dapat melihat Allah SWT• Makanannya lezat-lezat• Minumannya enak-enak• Pakaiannya indah-indah• Raut wajahnya berseri-seri dan selalu nampak muda• Tempat istirahatnya di atas permadani• Malaikat menyambut dg ucapan : “keselamatan atas kamu dengan berkat kesabaran kamu”• Tempat tinggal mereka mahligai yang di bawahnya sungai mengalir
  12. 12. GAMBARAN SIKSA NERAKA :• Makanannya duri yang tidak menggemukkan ataupun mengenyangkan• Minumannya nanah, timah panas, dsb• Pakaiannya kuningan yang panas dan mukanya tertutup api• Raut wajahnya tertutup debu yang diselubungi kegelapan• Tempat istirahatnya api, selimutnya api• Sambutan malaikat dengan cara memegang ubun- ubun dan kaki mereka• Ada siksa khusus sesuai dengan jenis dosa yg dilakukan
  13. 13. Hikmah Beriman kepada Hari Akhir1. Selalu berkeinginan beramal kebaikan2. Mendapatkan keuntungan ganda3. Berbuat dengan penuh perhitungan4. Berada dalam kebenaran5. Menumbuhkan harapan yang poositif dalam hati
  14. 14. Terima KasihNanda Adzistia Rahayu Rinta Rachmawati Winda Sri Hastuti XII IPA 4

×