• Like
  • Save
Bahasa pemrograman
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Bahasa pemrograman

on

  • 602 views

 

Statistics

Views

Total Views
602
Views on SlideShare
572
Embed Views
30

Actions

Likes
0
Downloads
57
Comments
0

2 Embeds 30

http://ranselsekolah-pma.blogspot.com 29
http://webcache.googleusercontent.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Bahasa pemrograman Bahasa pemrograman Presentation Transcript

    • Dwi MuktiantoManajemen Informatika
    • Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorangprogrammer dapat menentukan secarapersis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akandisimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
    • Sejarah Bahasa Pemrograman Sejak pertama komputer difference engine diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1822, komputer membutuhkan sejumlah instruksi untuk melakukan suatu tugas tertentu. Instruksi-instruksi ini dikenal sebagai bahasa pemrograman. Bahasa komputer mulanya terdiri dari sejumlah langkah pengkabelan untuk membuat suatu program; hal ini dapat dipahami sebagai suatu rangkaian pengetikan kedalam komputer dan kemudian dijalankan. Pada awalnya, difference engine-nya Charles Babbage hanya dibuat untuk menjalankan tugas dengan menggunakan perpindahan gigi roda untuk menjalankan fungsi kalkukasi. Jadi, bentuk awal dari bahasa komputer adalah berupa gerakan secara mekanik, selanjutnya gerakanmekanik tersebut digantikan dengan sinyal listrik ketika pemerintah AS mengembangkan ENIAC pada tahun 1942, tetapi masih banyak mengadopsi prinsip-prinsip dasar dari Babbage’s engine yang manadiprogram dengan mengeset switch dan perkabelan pada seluruh sistem pada setiap “program” maupun kalkulasi.
    • HTML adalah singkatan dari HyperTextMarkup Language, merupakan sebuahbahasa markup yang bisa dipakai untukmembuat sebuah halaman website danmenampilkannya pada sebuah browser ataudisimpan via email. Semua teks, grafik, danelemen desain dari sebuah halaman HTMLdi-tag dengan kode-kode yangmenginstruksikan web browser untukmenampilan elemen tersebut. Tag HTMLjuga menyediakan layout dan informasiformat sehingga halaman website bisadibuat sesuai dengan keinginan sangpembuat.
    • PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman terpopuler saat ini. PHPpertama kali ditemukan oleh ilmuwan bernama Rasmus Lerdorf pada tahun1995. Ketika itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yaitu berupa sekumpulan script yang dipakai untuk mengolah data form dari website. PHP biasanya dipakai untuk meningkatkan kualitas sebuah halaman website. Dengan PHP, anda bisa melakukan hal-hal seperti membuat username dan password untuk login, membuat forum, galeri foto, survey, dan masih banyak lagi. PHP tidak dieksekusi pada komputer anda, melainkan pada komputer dimana anda me-request halaman tersebut.
    • ASP merupakan singkatan dari Active Server Pages, merupakan sebuah bahasa pemrograman pertama oleh Microsoft yang memungkinkan anda untuk membuat halaman website yanginteraktif dan dinamis. Bahasa pemrograman asal yang dipakai oleh ASP adalah VBSscript, walaupun anda bisa menggunakan bahasa lainnya seperti JScript ( versi Microsoft JavaScript). Semua halaman website yang menggunakan ASP tidak bisa dijalankanhanya dengan membuka halaman di web browser. Halaman tersebut harus dipanggil dari server yang mendukung ASP, inilah mengapa ASP merupakan singkatan dari Active Server Pages. Karena jika tidak ada server, tidak akan ada active pages.
    • PERL merupakan bahasa pemrograman yang bisa dipakai untuk variasi tugas beragam. PERL biasanya dipakai untuk mengekstrak informasi dari file teks dan memberikan laporannya, atau untuk mengkonversi file teks ke dalam bentuk lainnya. Program yang ditulis pada Perl disebut dengan Perl script.Perl diimplementasikan sebagai bahasa tafsiran, maka dari itueksekusi dari script Perl lebih banyak menggunakan waktu CPUdibandingkan dengan berhubungan dengan program C, contohnya.Selain itu, komputer juga biasanya menjadi lebih cepat. Menulisdengan Perl akan menghemat waktu anda.
    • Javascript sangat cocok disebut sebagai bahasa website. Browser versi terbaru menetapkan standar yang tinggi terhadap kecepatan eksekusi Javascript. Ini merupakan paramater performa yang penting saat ini karen website menggunakan sangat banyak Javascript. Javascript mendukung revolusi web 2.0 dengan AJAX. Dengan menggunakanJavascript, sebuah website bisa mengirimrequest HTTP dan mengatur / mengupdate bagian-bagian dari sebuah website. Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client
    • CSS merupakan sigkatan dari Cascading Style Sheet. CSS merupakan suatu bahasa stylesheet yang dipakai untuk menyesuaikantampilan sebuah dokumen yang ditulisdengan bahasa markup. CSS biasanya dipakai untuk untuk memformat sebuah halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Namun begitu, bahasanya tersebut bisa dipakai untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL.
    • XML (Extensible Markup Language) merupakan cara termudah untukmembuat format informasi umum dan men-share kedua format dandata di world wide web, intranet, dan tempat-tempat lainnya. XMLmerupakan bahasa pemrograman yang direkomendasi oleh W3C, danmemiliki kemiripan dengan HTML. Di antara kedua bahasa inimemiliki simbol markup untuk mendeskripsikan konten dari sebuahhalaman atau file. HTML mendeskripsikan konten dari sebuahhalaman web (terutama teks dan grafik) berdasarkan bagaimanakonten tersebut ditampilan dan berinteraksi. Misalnya, huruf “p”yang diletakkan di antara tags bermakna paragraf baru. SedangkanXLM mendeskripsikan konten berdasarkan data apa yang sedangdiproses. Misalnya, kata “phonenum” yang diletakkan di dalammarkup tags mengindikasikan bahwa data tersebut diikuti adalahnomor telepon. Ini berarti file XML bisa diproses murni sebagaidata oleh sebuah program atau bisa juga disimpan dengan data yangserupa pada komputer lain.