Your SlideShare is downloading. ×
0
Pengantar Pendidikan Bab IX
Pengantar Pendidikan Bab IX
Pengantar Pendidikan Bab IX
Pengantar Pendidikan Bab IX
Pengantar Pendidikan Bab IX
Pengantar Pendidikan Bab IX
Pengantar Pendidikan Bab IX
Pengantar Pendidikan Bab IX
Pengantar Pendidikan Bab IX
Pengantar Pendidikan Bab IX
Pengantar Pendidikan Bab IX
Pengantar Pendidikan Bab IX
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Pengantar Pendidikan Bab IX

529

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
529
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
11
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide
  • I berbagaihambatan
  • i
  • Transcript

    • 1. A. Konsep Pembangunan Sebagai Usaha Perubahan Terencana Pengertian pendidikan dan pembangunan nasional Pendidikan ialah suatu proses pembentukan karakter peserta didik, sehingga memiliki kepribadian yang kuat • Misalnya,kita sekarang ini melalui proses pendidikan demi terciptanya akhlak mulia yang menghasilkan lulusan yang terampil Pembangunan nasional ialah pembangunan manusia dan masyarakat indonesia ,yang dilakukan secara berkelanjutan yg berlandaskan kemampuan nasional dengan memanfaatkan iptek serta memperhatikan tantangan global.
    • 2. pembangunan di bidang ekonomi saja belum cukup,oleh karena itupembangunan yang dilaksanakan harus bertujuan dan bertolak dari manusia dan manusilah sebagai objek dan subjek dalam pembangunan.Dan disinilah tugas kita sebagai siswa untuk mampu subjek dan objek dalam pembangunan nasional,tugas kita ialah belajar dengan giat agar pendidikan di indonesia menjadi lebih maju dan bisa diperhitungkan di kancah dunia. Fuad hasan dalam umar tirtadiharjadkk,menyatakan “manusia adalah makhluk yang terentang antara potensi dan aktualisasi”.maksudnya manusia sebagai subjek Pembangunan diarahkan kepada kemampuan untuk mengelola dan memanfaatkan lingkungan secara dinamis ,kreatif dan manusiawi,usaha inilah yang dikatakan pembangunan
    • 3. B.Peranan manusia dalam pembangunan Unsur yang paling menentukanberhasilnya pembangunan yaitu,sda ,modal yag cukup dalam pembanngunan,manajemen pembangunan.dan yang paling terpenting ialah manusia,karena mereka sangat mempunyai peranan . Peranan manusia dalam pembangunan ialah tidak hanya mengelola atau manajer tetapi dalam kedudukannya sebagai manusia utuh dalam menggerakkan pembangunan.
    • 4. • Misalnya,kita sebagai seorang pelajar bukan hanya mencari ilmu dan mendapatkan nilai saja.tapi dengan pendidikan kita mampu menjadi manusia yang memilki kemampuan dan kita harus mammpu mencapai tujuan hidup kita dan bisa berguna bagi nusa dan tanah air.atau sebagai pekerja keras ,bukan hanya mengejar materi saja tetapi kita harus mempunyai tujuan hidup dan bisa memajukan kehidupan kearah yang lebih baik .dan tidak boleh berputus asa dalam berusaha.
    • 5. Imanuel kant menyatakan,”bayi bisa menjadi manusia jika berada di tegah- tengah manusia”.oleh karena itu pembangunan harus diarahkan pada pebangunan manusia sebagai satu-satunya makhluk di bumi yang dikaruniai potensi untuk menyempurnakan diri walaupun tidak akan pernah tercapai.
    • 6. • Dr.Emil salim(1987) menyatakan pembangunan harus di dasarkan atas prinsip moral dan memuat pokok- pokok : 1.Pembangunan adalah ibadah kepada Allah SWT,sehingga perkembangan perilaku harus bersumber pada pengabdian kepada tuhan. 2.Memuat kegiatan mengejar kemajuan lahiriah,:pangan sandang,pemenuhan kebutuhan dan bathiniah:pendidikan ,ankebebasan dan keadilan. 3.Manusia memiliki kewajiban sebagai pengelola di muka bumi.mau jadi apa dunia dan negara tergantung pada manusia .apakah kita mampu memajukan diri dan negaranya.
    • 7. 4.Adanya keselarasan hubungan antara manusia dengan masyarakay lingkungannya.kita harus mampu bergaul di tengah masyarakat,dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan skitar kita. 5.Pembangunan adalah pembebasan diri manusia dari berbagai hambatan perbuatan manusia seperti kemiskinan,ketidaktahuan,ketidak adilan ,ketidakbebasan,dan ketimpangan sosial agar tercapai kualitas dan martabat manusia setinggi- tingginya.
    • 8. C.Peranan pendidikan dalam pembangunan nasional 1.Peranan pendidikan terhadap pembangunan dapat dilihat dari berbagai segi : a.segi sasaran pendidikan pendidikan adalah usaha sadar yang diarahkan kepada peserta didik upaya untuk menjadikan manusia yang berkepribadian kuat dan utuh seperti memiliki moral yang tinggi artinya tujuan citra manusia pendidikan adalah terwujudnya citra manusia yang menjadi sumber daya penbangunan secara manusiawi
    • 9. • d.Lingkungan masyarakat bagi yang tidak dapat melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi ,hal ini bertalian erat dengan perkembangan sektor swasta dalam masyarakat sehingga mampu menunjang pembangunan e.Jenjang pendidikan jenjang pendidikan dasar,menengah,dan perguruan tinggi memberikan bekal bagi peserta didik secara terus-menerus sekaligus merupakan basis pendidikan yang berkualitas
    • 10. • 2.peranan pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia. • Peranan pembangunan dalam pengembangan sumber daya manusia: 1. Mencerdaskan kehidupan bangsa 2. Membangun manusia sebaga pelaksana transformasi(pembangunan) 3. Membina manusia menjadi tenaga produktif 4. Membentuk kepribadian yang beriorientasi kepada prestasi 5. Memperhitungkan dimensi SDA dan pengembangan lapangan kerja 6. Merubah pola pikiran masyarakat yang masih kuno(rendah)
    • 11. • 3.peranan pendidikan dalam pemeliharaan lingkungan hidup – Pengertian lingkungan Yaitu segala benda ,kondisi,keadaan yang mempengaruhi kehidupan makhluk,termasuk manusia _peranan pendidikan dalam pembangunan lingkungan hidup:  memberikan arahan pada manusia bahwa memelihara,mengelola dan melestarikan lingkungan adalah suatu keharusan Agar pembMemberikan bimbingan bahwa pengendalian alam harus bersifat rasional dan tidak merusak tata lingkungan hidup angunan yang dilaksanakandapat menjaga keseimbangan dan pembinaan ekosistem Untuk mengolah SDA masyarakat dapat memberikan manfaat bagi manusia Untuk melestarikan antara kebutuhan masyarakat dengan daya dukung alam yang ada Membudayakan pola hidup yang sesuai dengan ekosistemnya

    ×