Makalah iad

998 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
998
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
10
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Makalah iad

  1. 1. 1BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar BelakangIndonesia sebagai Negara yang dikenal dengan terdiri beberapa pulau dan mempunyaihutan yang lebat dan disebut sebagai Paru – Paru dunia, dan juga indonesia sekarang disebutnegara berkembang yang setiap waktu ada peningakatan pembangunan. Akibat daripembangunan tata ruang yang salah banyak masyarakat yang tidak lagi mempedulikanlingkungan disekitarnya. Sehingga banyak masyarakat yang membangun rumah di bantaransungai dan banyak juga yang membuang sampah ke sungai. Tidak hanya itu saja penebanganhutan yang tidak terkontrol juga merupaka penyebab banjir di indonesia.Banjir di indonesia terkenal dengan bencana musiman, jadi setiap tahun di beberapakota di indonesia mengalami kebanjiran, faktor penyebabnya bermacam-macam yaitu karenaair laut pasang, hujan yang berlangsung lama, sampah yang tidak dikelola dan masih banyaklagi penyebabnya dan disetiap wilayah berbeda-beda penyebabnya.Banjir merupakan permasalahan yang kompleks, yang harus segera ditangani agarakibat yang ditimbulkannnya tidak banyak merusak dan merugikan masyarakat sekitarnya,mengingat indonesia merupakan negara yang dikenal dengan banyak hutan, sebenarnya jikahanya karena hujan beberapa hari pasti tidak akan bisa timbul banjir mengingat indonesiaterdapat banyak hutan, pasti banyak faktor yang membuat indonesia mendapat bencanabanjir. Usaha-usaha untuk mencegah dan mengurangi akibat terjadinya banjir harus segeradilakukan.1.2 Tujuan PenulisanTujuan dari penulisan ini adalah1. Untuk mengetahui apa penyebab banjir2. Dampak apa saja yang timbul akibat banjir.3. Bagaimana cara mengatasi banjir.1.3 Manfaat PenulisanSemoga penulisan ini diharapkan dapat bermanfaat dan digunakan oleh:1. Bagi penulis, menyadari pentingnya menjaga lingkungan.2. Masyarakat, diharapkan mendapatkan informasi yang lebih luas mengenai penyebab banjirdan dampak yang disebabkan dari banjir.
  2. 2. 2BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1 Pengertian BanjirBanjir adalah suatu kondisi di mana tidak tertampungnya air dalam saluranpembuang (palung sungai) atau terhambatnya aliran air di dalam saluran pembuang,sehingga meluap menggenangi daerah (dataran banjir) sekitarnya. Banjir merupakanperistiwa alam yang dapat menimbulkan kerugian harta benda penduduk serta dapat pulamenimbulkan korban jiwa. Dikatakan banjir apabila terjadi luapan air yang disebabkankurangnya kapasitas penampang saluran. Banjir di bagian hulu biasanya arus banjirnya deras,daya gerusnya besar, tetapi durasinya pendek. Sedangkan di bagian hilir arusnya tidak deras(karena landai), tetapi durasi banjirnya panjang.Sekarang ini banjir sering terjadi disebabkan ulah manusia yang mulai tidakmenghiraukan keseimbangan alam.Banjir merupakan peristiwa tergenang dan terbenamnyadaratan karena volume air yang meningkat. Banjir juga dapat terjadi karena peluapan air yangberlebihan di suatu tempat akibat curah hujan yang tinggi, peluapan air sungai, atau pecahnyabendungan sungai.Beberapa karakteristik yang berkaitan dengan banjir, diantaranya adalah :1. banjir dapat datang secara tiba-tiba dengan intensitas besar namun dapat langsungmengalir.2. Banjir datang secara perlahan namun intensitas hujannya sedikit3.Pola banjirnya musiman4. Banjur datang secara perlahan namun dapat menjadi genangan yang lama di daerah depresi5. Akibat yang ditimbulkan adalah terjadinya genangan erosi dan sedimentasi sedangkanakibat lainnya adalah terisolasinya daerah pemukiman dan diperlukan evakuasi penduduk.2.2 Penyebab Banjir- Curah hujan dalam jangka waktu panjang.- Buruknya penanganan sampah, hingga sumber saluran-saluran air tersumbat.- Bendungan dan saluran air rusak.- Keadaan tanah tertutup semen, paving atau aspal, hingga tidak menyerap air.
  3. 3. 3- Pembabatan hutan secara liar (Illegal logging).- Di daerah bebatuan daya serap air sangat kurang, mengakibatkan banjir- kiriman atau banjir bandang dll.2.3 Dampak Negatif Dari BanjirBanjir dapat menimbulkan kerusakan lingkungan hidup berupa:1. Rusaknya areal pemukiman penduduk,2. Sulitnya mendapatkan air bersih, dan3. Rusaknya sarana dan prasarana penduduk.4. Rusaknya areal pertanian5. Timbulnya penyakit-penyakit6. Menghambat transportasi darat2.4 Penyakit Pasca BanjirBanjir memang sedang melanda di beberapa daerah di Indonesia. Banyak sekalikerugian yang didapat pasca banjir. Tidak sedikit dari mereka yang kehilangan harta bendadirumahnya, kehilangan anggota keluarga yang menjadi korban banjir dan mereka tidak bisamencari nafkah untuk memenuhi kebutuhannya, mereka harus pengungsi ditempat yangaman dari banjir.Namun perlu diperhatikan juga, pasca banjir banyak sekali gangguan kesehatan yang bisamengancam para korban banjir. Macam-macam gangguan yang mengancam pasca banjirantara lain:1. LeptospirosisBanjir juga menebarkan kekhawatiran munculnya penyakit Leptospirosis. Leptospirosisyang juga dikenal sebagai demam banjir ini bisa menginfeksi manusia melalui kontak denganair atau tanah masuk kedalam tubuh melalui selaput lendir mata atau luka lecet.Leptospirosis perlu diwaspadai pasca banjir ini. Terlebih lagi bakteri Leptospira ini bisabertahan didalam air selama 28 hari. Gejala klinis penyakit ini pada stadium pertama adanyademam tinggi, sakit kepala, lemas dan adanya radang mata. Dan pada stadium lanjut bisaberakibat fatal akan muncul gejala penyakit kuning dan dapat menyerang ginjal, hati danparu-paru yang berakhir pada kematian. Kuman Leptospira yang mampu bertahan sebulan diair dan tanah mudah mati bila menggunakan disenfektan. contohnya Leptospirosis yangmulai muncul pada banjir besar di Ibukota tahun 2002 lalu cukup besar memakan korban jiwayaitu dari 44 kasus 14 orang diantaranya meninggal dunia.
  4. 4. 42. Penyakit Demam Berdarah DenguePenyakit Demam Berdarah dengue dan Malariaadalah penyakit yang ditularkan olehnyamuk saat musim hujan dan pasca banjir. Karena pada musim hujan banyak sampah sepertikaleng bekas dan tempat-tempat tertentu terisi oleh air, dan terjadi genangan untuk beberapawaktu. Nah, genangan air tersebut menjadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aeqypti,nyamuk yang menularkan penyakit demam berdarah.Awalnya, banjir memang akan menyapusarang nyamuk tapi setelah itu air yang tergenang akan menjadi sarang baru.3. Penyakit Infeksi Saluran PernapasanPasca banjir, jamur dapat tumbuh lebih cepat dan rentan menimbulkan masalahkesehatan. Paparan jamur yang berlebihan pasca banjir dapat menyebabkan ISPA,kambuhnya asma dan alergi.Gejala utama penyakit ini berupa batuk, nyeri dada dan lain-lain.Apabila mengalami seperti ini, makan segara beistirahatlah dan lakukan pengobatansimtomatis sesuai gelaja yang dialami. Dan jangan lupa, cegah penularan terhadap orangyang di sekitar, misalnya dengan menutup mulut ketika batuk dan tidak meludah disembarang tempat.4. Penyakit Demam dan TypoidPenyakit ini bisa terjadi bila mengkonsumsi air atau makanan yang tercemar banjir. Padasaat banjir, sumber air minum banyak yang tercemar. Jika di pengungsian pun sarana serbaterbatas, apalagi tersedianya air bersih. Inilah yang bisa menjadi penyebab terjadinyapenyakit diare. Namun, hal ini bisa di antisipasi dengan membiasakan mencuci tanyandengan sabun setiap akan makan atau minum serta sehabis buang air besar. Selain itu,kebersihan makanan merupakan peranan penting, karena itu selalu perhatikan kebersihanmakanan yang akan dikonsumsi.5. Penyakit Kulit, Gatal dan InfeksiKontak langsung dengan air banjir sangat rentan mengalami infeksi dan dapatmenimbulkan gatal-gatal pada kulit. Bila air terkena mata, akan menimbulkan radang selaputbening mata atau penyakit mata merah. Apabila air masuk ke telinga, dapat menimbulkanradang pada telinga. Apabila air terminum, dapat menimbulkan radang tenggorokan. Musimbanjir maka masalah utama adalah kebersihan yang tidak terjaga dengan baik. Tempat
  5. 5. 5dimana berkumpulnya banyak orang di pengungsian dan sangat berperan dalam penularaninfeksi kulit dan infeksi lainnya.6. Pemburukan Penyakit KronikPemburukan penyakit kronik yang memang sudah diderita pada musim hujan dan banjiryang berkepanjangan dapat menyebabkan daya tahan tubuh berkurang. Sebuah studimenghubungkan peningkatan hipertensi dan sakit jantung akibat stress yang berhubungandengan banjir.7. Gangguan PsikisBanjir tidak hanya menimbulkan gangguan fisik tetapi juga gangguan psikis atauemosional yang tidak bisa diabaikan. Para korban banjir rental timbul stres emosional karenamelihat air bah yang besar, kehilangan harta benda dan orang-orang yang dicintai merekamerupakan tekanan psikologis yang dihadapi. Pertolongan korban banjir tidak hanyagangguan fisik tetapi psikis mereka juga butuh bantuan. Masalah mental yang kerap menimpakorban banjir misalnya kecemasan, depresi, tidak bisa tidur dan lain-lain.2.5 Cara - cara Mengatasi BanjirBanyak cara untuk mengatasi banjir diantaranya :1. Menyediakan Sistem Perparitan yaitu dengan membersihkan parit-parit yang telah cetekakibat daripada bahan-bahan kumuhan Dengan ini air limpahan dan hujan dapat dialirkandengan baik.2. Projek Pendalaman Sungai. Kebanyakan kejadian banjir berlaku kerana kecetekan sungai.Jika dahulu sungai mampu mengalirkan sejumlah air yang banyak dalam sesuatu masa, kinipengaliran telah berkurangan. Ini disebabkan proses pemendapan dan pembuangan bahan-bahan buangan.3. Memelihara Hutan. Kegiatan pembalakan di mana penerokaan di kawasan pinggir sungaidigemari menyebabkan tanah terhakis dan runtuh ke sungai. Keadaan yang sama juga berlakuapabila aktiviti pembalakan yang giat dilakukan di lereng-lereng bukit.Oleh itu pemeliharaanhutan merupakan cara yang baik untuk mengatasi masalah banjir. Hutan boleh dijadikankawasan tadahan yang mampu menyerap air hujan daripada mengalir terus ke bumi.4. Mengawal Aktifitas Manusia. Banjir kilat yang berlaku terutamanya di bandar disebabkan
  6. 6. 6pembuangan samapah dan sisa industri ke sungai dan parit. Bagi menangani masalah ini,kesedaran kepada masyarakat perlu didedahkan supaya aktiviti negatif ini tidak terusdilakukan seperti mengadakan kempen mencintai sungai dan sebagainya.
  7. 7. 7BAB IIIPENUTUP3.1 KESIMPULANBencana banjir ini sangatlah rawan dan banyak terjadi diberbagai daerah di negrikita, misalnya di Jakarta, Bandung, dan kota lainnya yang tidak kalah besar dan banyakmemakan korban.Sebenarnya penyebab utama dari banjir itu adalah akibat dari perbuatan manusiasendiri, misalnya saja adanya penebangan pohon secara liar dihutan, maka terjadilah banjir,kemudian adanya pembuangan sampah sembarangan sehingga mengakibatkan aliran airtersumbat, maka jadilah banjir dan mengakibatkan penyakit atau perubahan kesehatanterhadap manusia pula.Cara yang paling efektif untuk mencegah banjir agar tidak membahayakan kesehatanmanusia adalah dengan adanya sikap atau prilaku menjaga kebersihan lingkungan hidup kita.Dan cara yang efektif untuk menganggulangi ketika terjadinya banjir adalah membuat rumahakrab banjir.3.2 SARANSaran dari penyusun adalah “Marilah Kita Menjaga Lingkungan dan Hidup Sehat AgarTidak Terjadi Hal-hal yang Tidak Diinginkan Semisal Banjir dan Perubahan kesehatan”.Jaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban bagi kita agar terhindar dari bencanabanjir yang akan membawa bencana yang lainnya, seperti kematian yang diakibatkanpenyakit yang menyerang saat banjir.
  8. 8. 8DAFTAR PUSTAKAYulaelawati, Ella dan Syihab, Usman 2008. Mencedasi Bencana. Jakarta. Penerbit PTGrasindo.Sukandarrumidi 2010. Bencana Alam dan bencana Anthropogene. Yogyakarta. PenerbitKanisius

×