Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
Pengangguran
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Pengangguran

  • 334 views
Published

Pengangguran terbuka dan solusinya

Pengangguran terbuka dan solusinya

Published in Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
334
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
15
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. BY: Kelompok 5
  • 2. *Andrew Kurniawan (03)*Aprilia Kresdianti (05)*Arviadi Sukmawati (06)*Chintya Debby I.A (09)*Dinta Maydita P.S (11)*Elma Prastika M (13)
  • 3. *Masalah pengangguran merupakan penyakitekonomi yang sukar untuk disembuhkan. Masalahpengangguran sangat terkait dengan kebijakan dibidang ekonomi khususnya ketenagakerjaan.Masalah ini bukan hanya dihadapi oleh negara majutetapi juga oleh negara berkembang khususnyaIndonesia yang memiliki banyak penduduk sangatbesar dan kompleks. Besar karena menyangkutjutaan orang dan kompleks karena masalahnyamempengaruhi sekaligus dipengaruhi oleh banyakfaktor yang saling berinteraksi mengikuti pola yangtidak selalu mudah untuk dipahami.
  • 4. * Faktor-faktor tersebut antara lain :• Masih sulitnya arus masuk modal asing• Perilaku proteksionis negara maju dalam menerima ekspornegara berkembang• Iklim investasi• Pasar global• Berbagai perilaku birokrasi dan regulasi yang tidak kondusifbagi pengembangan usaha• Serta tekanan kenaikan upah.• Masalah lain adalah adanya otonomi daerah yang dalambanyak hal tidak mendukung penciptaan lapangan kerjabaru. Masalah tenaga kerja secara langsung atau tidaklangsung berkaitan juga dengan kemiskinan,ketidakmerataan pendapatan, pertumbuhan ekonomi,urbanisasi, dan stabilitas politik.
  • 5. *Pengangguran adalah istilah untuk orang yang tidakbekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerjakurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorangyang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yanglayak. Pengangguran umumnya disebabkan karenajumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidaksebanding dengan jumlah lapangan kerja yang adayang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkalimenjadi masalah dalam perekonomian karena denganadanya pengangguran, produktivitas dan pendapatanmasyarakat akan berkurang sehingga dapatmenyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.
  • 6. *Pengangguran Menurut Jumlah Jam Kerjadibedakan menjadi 2 :Pengangguran TerbukaSetengah Menganggur
  • 7. *Pengangguran Terbuka (OpenUnemployment) adalah tenaga kerja yangsungguh-sungguh tidak mempunyaipekerjaan. Pengganguran jenis ini cukupbanyak karena memang belum mendapatpekerjaan padahal telah berusaha secaramaksimal.
  • 8. *Problematika mengenai angka pengangguran diIndonesia tentu bukan hal baru lagi bagi masyarakatkita. Bahkan menurut Badan Pusat Statistik (Maret2011), saat ini terdapat lebih dari 8,13 juta jiwa atausetara dengan 6,8 persen pengangguran yang tersebardi seluruh wilayah Indonesia. Tingkat PengangguranTerbuka (TPT) di Indonesia pada Agustus 2010mencapai 7,14 persen, mengalami penurunandibanding TPT Februari 2010 yang sebesar 7,41 persendan TPT Agustus 2009 yang sebesar 7,87 persen. Halini menjadi salah satu bukti nyata bahwa tingkatpengangguran di negara kita masih cukup tinggi,meskipun jumlah tersebut sudah mengalami penurunandibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
  • 9. *Sebenarnya, para pengangguran terbukakebanyakan adalah para lulusan sarjana. Merekasebenarnya mendapat pekerjaan, tapi pada jabatanyang rendah. Sehingga, mereka tidak maumengambil pekerjaan itu karena gengsi. Merekaberpikir, mereka harus bekerja pada posisi yangtinggi karena mereka adalah seorang sarjana.Sedangkan, memulai suatu pekerjaan di setiaptempat harus dimulai dari posisi yang paling bawah.
  • 10. * Pengangguran sering kali menjadi masalah dalamperekonomian karena dengan adanya pengangguran,produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurangsehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan danmasalah-masalah social lainnya. Ketiadaan pendapatanmenyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluarankonsumsinya yang menyebabkan menurunnya tingkatkemakmuran dan kesejahteraan. Pengangguran yangberkepanjangan juga dapat menyebabkan timbulnya efekpsikologis yang buruk terhadap penganggur dan keluarganya.Tingkat pengangguran yang terlalu tinggi juga dapatmenyebabkan kekacauan politik, keamanan dan socialsehingga mengganggu pertumbuhan dan pembangunanekonomi. Akibat jangka panjang adalah menurunnya GNPdan pendapatan per kapita suatu Negara .
  • 11. *Dengan mendorong laju pertumbuhan usahakecil menengah di seluruh penjuru Indonesia.*Dengan bisnis online*Pengembangan usaha informal keluarga*Padat karya produktif*Pengembangan wawasan pengangguran*Mengembangkan suatu lembaga antarkerja*Dll.
  • 12. *Usaha-usaha mengatasi pengangguran tersebut di atasmerupakan solusi dari pengangguran terbuka yangsebenarnya mengarah pada wiraswasta. Masalahpengangguran di Indonesia yang buruk sangatlahmemprihatinkan, hampir di setiap daerah di Indonesiaterdapat pengangguran yang jumlahnya tidaklah sedikit.Salah satu penyeban pengangguran di  Indonesia antaralain masalah dari sumber daya manusianya/ tenagakerjanya (dilihat dari keterampilan dan keahlian yangkurang baik) derta  dari kurangnya lapanan pekerjaan.Masalah yang berasal dari sumber daya manusia bukanhanya masalah keahlian dan keterampilan, melainkanmasalah minat sumber daya yang masih kurang untukaktif mencari pekerjaan.
  • 13. *http://www.andisite.com, 2007*http://www.datastatistik-indonesia.com, 2007*http://www.dephan.go.id, 2007http://www.google.co.id, 2007*http://id.wikipedia.co.id, 2007*http://www.instruments.worldpress.com, 2007*http://www.suarapembaruan.com, 2007*http://www.tempointeraktif.com, 2007 MasalahPengangguran di Indonesia*http://www.bps.go.id/aboutus.php?search=1