Tugas Cerpen Bahasa Indonesia

16,833
-1

Published on

Tugas Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Pontianak. tugas ini mendiskripsikan isi dari cerpen

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
16,833
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
36
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tugas Cerpen Bahasa Indonesia

  1. 1. X-E (2011-2012)SMA Negeri 1 Pontianak
  2. 2. Nah, berikut adalah ceritanya. Della danJim Young adalah pasangan miskinyang baru menikah. Upah Jim hanyacukup untuk menyewa sebuahapartemen yang sangat kecil. Tapi adadua hal yang mereka banggakan: Dellamemiliki rambut terpanjang dan palingindah di seluruh New York, dan Jimmemiliki jam saku emas megah, yangdiberikan oleh ayahnya.
  3. 3. Tahun Baru sudah dekat, Jim dan Dellamulai berpikir apa yang dapat merekaberikan satu sama lain. Della selalu sedihketika memperhatikan Jim melihat jamtangannya. Jam itu dipasangkannya kelubang kancing dari mantelnya yangterbuatdari kulit biasa. Dia benar-benarmembutuhkan rantai emas untuk jamtangannya. Dan Jim sering berpikir, ketikadia melihat Della menyisir rambutpanjangnya. "Sungguhmenyenangkan kalau saja dia bisamembelikannya sebuah sisirpermata untuk rambutnya." Tapi sebuahrantai jam emas dan sisir permata akanmenghabiskan uang jauh lebih dari yangmereka mampu.
  4. 4. Kemudian tiba-tiba Della mempunyai idebagus! Dengan cepat ia berlari ketoko dengan pemberitahuan “ MembeliRambut”. Dia masuk dan satu jamkemudian ia keluar dari toko dengan uang$ 15 ditangannya, tetapidengan rambutnya yang pendek! Dalamperjalanan pulang ia berhenti di sebuahtoko pembuat jam dan menemukantempat yang tepat untuk rantai jamtangan Jim.
  5. 5. Sekembalinya ke rumah,Della membungkus hadiah berharganyadengan secarik kertas berwarna, laluia menggulung rambutpendek nya.Ketika Jim pulang ke rumahdan melihat rambutnya. Dia berkata,"Oh, Jim, jangan menatapku seperti itu!"Kata Della "Ini akan tumbuh lagi, Pasti’.Dia menyerahkan hadiah kepadaJim. "Kamu lihat, sayaharus menjual rambutku agarmendapatkan uanguntuk hadiahmu. Selamat Tahun Baru,Jim Sayang! "
  6. 6. Jim membuka paket itu. Diamenjatuhkan diri ke kursi dan tertawasampai air matanya keluar, "sayafikir sebaiknya kita menaruhhadiah ini untuk sementara waktu,"katanya lembut. "Kamu lihat?" lanjutnya,mengambil paket kecil darisakunya. "Saya menjual jamtangan saya untuk membeli sisir ini untukrambutmu! Bukankah itu lucu?”
  7. 7. Mengangguk, bersamaan dengan airmatanya yang juga keluar, Dellamemberi Jim senyuman lega danberkata “Kau tau? hadiah kita adalahhadiah terbaik di dunia!”Selesai~
  8. 8. 1. Bacalah sebuah cerpen dalam surat kabar Minggu ! Apa topik yang dibahas dalam cerpen tersebut?Jawab : Topiknya adalah hadiah yang paling spesial.
  9. 9. 2. Apakah topik itu dipilih berdasarkan kehidupan pribadi orang lain?Jawab : Tidak3.Jika ya, kehidupan pribadi siapa? Apa bukti bahwa itu orang lain?Jawab : Tidak, cerita itu hanya sebuah hayalan dan fiksi
  10. 10. 4. Menurut kalian, pembukaan cerpen tersebut mendeskripsikan apa? Apakah pembukaan itu dapat menarik perhatian pembaca? Jelaskan !Jawab : Ya, pembukaannya sangat menarik. Karena diawal cerita mendeskripsikan tentang benda milik tokoh yang sangat berharga untuk mereka. Misalnya Della mempunyai rambut panjang dan terindah di seluruh NewYork sedangkan Jim memiliki sebuah jam tangan megah.
  11. 11. 5. Siapa saja tokoh dalam cerpen tersebut? Siapa tokoh utamanya? Bagaimana watak tokoh utama cerpen tersebut?Jawab : Della dan Jim. Tokoh utamanya juga Della dan Jim. Watak mereka adalah rela berkorban dan saling menyayangi.
  12. 12. 6. Apa peristiwa yang diceritakan dalam cerpen? Apakah peristiwa itu juga berkaitan dengan kehidupan pribadi tokohnya? Jelaskan dengan bukti !Jawab : Tidak, karena peristiwa tersebut hanya dialami tokoh pada saat tahun baru. Buktinya Della menjual rambutnya untuk membelikan hadiah kepada Jim, begitu juga dengan Jim
  13. 13. 7. Jelaskan kronologi waktu dan peristiwa, yang digambarkan !Jawab : sepasang suami istri yang tidak mempunyai materi yang cukup. Tetapi sang istri memiliki rambut panjang yang indah dan sang suami memiliki jam tangan yang megah. Lalu mereka, menjual barang berharga mereka agar mendapatkan uang dan dibelikan kado spesial tahun baru untuk pasangannya.Waktunya : Sebalum dan saat Tahun Baru.
  14. 14. 8. Jelaskan latar terjadinya peristiwa dalam cerpen tersebut ! Apakah latar cerita juga berkaitan dengan kehidupan pribadi tokohnya ?Jawab : Latarnya = di Apartement kecil, di toko yang bertuliskan “Membeli Rambut” dan di toko jam.Yang berkaitan dengan kehidupan tokoh hanya di Apartement kecil.
  15. 15. 9. Jelaskan sudut pandang yang digunakan penulis cerpen di atas !Jawab : sudut pandang orang ketiga. Karena cerita tersebut diceritakan oleh orang lain dan untuk memanggil tokoh menggunakan nama tokoh tersebut.
  16. 16. 10.Bagaimana penyelesaian cerpen yang kalian baca ?Jawab : Cerita ini berakhir dengan happy ending, walaupun Della kehilangan rambutnya dan Jim menjual jamnya, agar mendapatkan uang untuk membeli hadiah kepada pasangannya. Dan mereka mendapatkan hadiah yang terbaik di seluruh dunia.

×