Modernisasi dan globalisasi : contoh nyata di segala bidang
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Modernisasi dan globalisasi : contoh nyata di segala bidang

on

  • 94,096 views

sosiologi kelas XII IPS

sosiologi kelas XII IPS

Statistics

Views

Total Views
94,096
Views on SlideShare
94,088
Embed Views
8

Actions

Likes
5
Downloads
473
Comments
3

3 Embeds 8

http://www.slashdocs.com 4
http://www.docshut.com 3
https://twitter.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Modernisasi dan globalisasi : contoh nyata di segala bidang Modernisasi dan globalisasi : contoh nyata di segala bidang Presentation Transcript

  • “Modernisasi dan Globalisasi” Dian Anisa Putri XII-IPS-1
  • Modernisasi Bentuk transformasi dari keadaan yangkurang maju atau kurang berkembang kearah yang lebih baik dengan harapanakan tercapai kehidupan masyarakat yanglebih maju, berkembang, dan makmur. Modernisasi juga merupakan hasil darikemajuan ilmu pengetahuandan teknologi yang terus berkembangsampai saat ini.
  • Bidang Budaya Bidang Politik Bidang EkonomiModernisasi Bidang Sosial Bidang Pendidikan Bidang Teknologi
  • Bidang Budayaditandai dengan semakin terdesaknya budaya tradisional oleh masuknya pengaruh budaya dari luar, sehingga budaya asli semakin pudar.Contoh:• Permainan canggih seperti Playstation, hingga Game Online mulai menggantikan permainan tradisional seperti petak umpet, congklak,egrang. Padahal, permainan tradisional memiliki banyak nilai positif. Seperti menjauhkan anak dari sikap konsumtif,gerak tubuh yang ekspresif, dan melatih tingkat kecerdasan dan logikanya.• Masyarakat lebih menyukai musik modern daripada musik tradisional. Para promotor musik berlomba-lomba mendatangkan musisi luar negeri ke Indonesia. Masyarakat sampai rela berdesak-desakan untuk membeli tiket konser tanpa peduli harga mahal. Pemberitaannya pun ramai di media massa. Berbanding terbalik dengan pementasan gambang kromong, wayang,dan sebagainya. Kenyataan mirisnya, orang asing lebih mengapresiasi dan tertarik belajar musik tradisional dibanding anak muda Indonesia sendiri.
  • Bidang PolitikAktivitas politik semakin kompleks dan terencana dan melahirkan berbagai teori dan konsep dalam kehidupan politik masa kini. Ditandai dengan semakin banyaknya Negara yang lepas dari penjajahan, tumbuhnya Negara-negara demokrasi, dan semakin diakuinya hak-hak asasi manusia.Contoh:• bermunculan partai- partai baru sehingga masyarakat lebih bebas menyalurkan aspirasinya. Hal ini menunjukkan tingginya keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dan terjun langsung ke dunia politik. Bayangkan saja pada pemilu presiden 2009 lalu, terdapat kurang lebih 34 partai yang ikut serta.• dulu pada masa pemerintahan Soeharto, tidak ada orang yang berani menentang kekuasaanya dengan cara berdemo. Akan tetapi di masa sekarang banyak orang berdemonstrasi. Ini menunjukkan bahwa rakyat bebas beraspirasi tanpa takut mendapat sanksi dari pemerintah yang sedang berkuasa.
  • Bidang EkonomiDitandai tumbuhnya komplek industri secara besar-besaran yang mengadakan produksi secara masal.Contoh:• Sejak awal tahun 1970 an di Indonesia telah terjadi proses modernisasi di sektor pertanian seperti penggantian pupuk kandang menjadi pupuk urea. pemakaian bibit padi jenis unggul, penerapan teknik irigasi baru. Hal ini bertujuan meningkatkan taraf hidup, terlepas dari ketergantungan terhadap orang lain, dan peningkatan produksi barang-barang industri dan jasa.• Di sektor industri, banyak teknologi dan cara produksi baru yang berkembang untuk meningkatkan produktivitas ekonomi, seperti mengganti tenaga manusia dengan tenaga mesin agar hasil produksi meningkat dan pendapatan meningkat.
  • Bidang SosialGejala modernisasi dapat dilihat dari tumbuhnya kelompok-kelompok baru dengan posisi dan ekonomi untuk mencapai kepentingan bersama.Contoh:• Adanya kesenjangan ekonomi antara orang kaya dengan orang miskin. Orang kaya mampu membeli apa saja yg mereka inginkan,berbanding terbalik dengan orang miskin. Hal tersebut mengakibatkan sebagian orang kaya kadang-kadang membeda-bedakan kedudukan antar dirinya dengan orang miskin saat menjalani hubungan dalam pergaulan sehari-hari.• Budaya konsumerisme dapat diartikan sebagai suatu sifat seseorang/sekelompok masyarakat yg selalu ingin serba memiliki barang walaupun barang yg mereka inginkan terkadang tidak penting dan harganya mahal. Budaya konsumerisme ini kadang diikuti oleh orang yg berkemampuan ekonomi rendah, sehingga mereka akan menggunakan segala macam cara untuk mendapatkan segala yg mereka inginkan.
  • Bidang PendidikanPendidikan berfungsi menyiapkan masinis-masinis untuk menjalankan lokomotif penarik gerbong modernisasi. Pendidikan sangat berperan dalam proses pergeseran sikap dan mentalitas. Internasionalisasi dalam pendidikan, dipandang sebagai salah satu cara untuk memodernisasikan pendidikan.Contoh:• Makin banyaknya kerjasama Indonesia dengan perguruan tinggi (maupun sekolah) di luar negeri. Sehingga terjadi pertukaran pelajar dan kesempatan menuntut ilmu di luar negeri. Hal ini dilakukan demi terciptanya transfer dan pertukaran pengetahuan.• Mendatangkan dosen dan mahasiswa asing, menyelenggarakan perkuliahan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Hal itu diterapkan agar pendidikan Indonesia bisa sejajar dengan pendidikan di negara maju.
  • Bidang TeknologiModernisasi teknologi adalah usaha-usaha manusia dengan berbagai cara yang ditemukan dalam rangka mengubah keadaan sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidup. Modernisasi hanya dapat berlangsung jika ada perkembangan teknologi.Contoh:• Penggunaan laptop dan tablet sebagai pengganti komputer PC untuk bekerja atau belajar. Komputer jinjing yang praktis dan fleksibel ini makin memudahkan orang untuk menyelesaikan pekerjaannya dimanapun ia berada.• Internet yang dapat memperkuat ikatan dengan konsumen. Seperti kegiatan salah satu toko buku Online, Amazon.com yang menciptakan sense of community dengan melibatkan wawancara dengan penulis, dan reviewer secara live dan memberitahu konsumen tentang buku-buku terbaru.
  • GlobalisasiSuatu keadaan yang mendunia dimanahubungan sosial dan saling ketergantunganantar negara dan antar manusia semakinbesar, batas-batas kedaulatan suatu negaradan bangsa menjadi kabur serta keputusanatau kegiatan dibelahan dunia yang satudapat mempengaruhi keputusan belahandunia yang lain
  • Bidang EkonomiGlobalisasi Bidang Komunikasi
  • Bidang EkonomiGlobalisasi ekonomi merupakan suatu keadaan ekonomi global di mana kegiatan perekonomian bersifat terbuka tanpa adanya batas- batas teritorial .Contoh:• Terbukanya pasar bebas memungkinkan produk luar negeri masuk dengan mudahnya. Dengan banyaknya produk luar negeri dan ditambahnya harga yang relatif lebih murah dapat mengurangi rasa kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri.• Semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri. Apabila investasinya bersifat langsung, misalnya dengan pendirian pabrik di Indonesia maka akan membuka lapangan kerja. Hal ini bisa mengatasi kelangkaan modal di Indonesia.
  • Bidang KomunikasiGlobalisasi membawa kemajuan di bidang komunikasi.Kita dapat berkomunikasi dengan siapapun secara mudah dan cepat.Contoh:• Hampir semua remaja di Indonesia memiliki handphone merk Blackberry atau BB. Saking asyiknya membalas BBM dari teman, mereka tidak sadar sudah mengabaikan keadaan sekitar. Chatting berasa lebih seru ketimbang ngobrol bersama keluarga. Kebutuhan akan handphone sudah nyaris menjadi kebutuhan primer.• Kasus dimana masyarakat dengan bebasnya menceritakan apa yang sedang mereka lakukan sekarang, bahkan hal-hal privasi mereka di jejaring sosial. Mungkin di zaman modern ini masyarakat sudah menemukan cara baru untuk berkeluh kesah tentang apa yang terjadi dengan dirinya melalui situs jejaring sosial, tetapi di sisi lain itu seperti menghancurkan pembatas privasi.
  • Wassalamualaikum wr.wb danTerima kasih atas perhatiannya