• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
RPP TPS
 

RPP TPS

on

  • 1,681 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,681
Views on SlideShare
1,681
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
29
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    RPP TPS RPP TPS Document Transcript

    • Perangkat Diskusi 2012 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : SMA Mata Pelajaran : Fisika Kelas / Semester :X/2 Pokok Bahasan : Gelombang elektromagnetik. Alokasi Waktu : 1 x 45 menitI. STANDAR KOMPETENSI 6. Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik.II. KOMPETENSI DASAR 6.2 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hariIII. INDIKATOR  KOGNITIF 1) Produk 1. Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik (seperti infra merah, ultra violet, sinar laser, dan lain-lain) dalam kesehatan dan industri. 2. Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik dalam komunikasi 3. Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi/panjang gelombang pada komunikasi radio, radar, telepon dan lain-lain 2) Proses 1. Menganalisis dan menyimpulkan suatu hasil percobaan PheT yang telah dilakukan.
    • Perangkat Diskusi 2012  AFEKTIF 1) Karakter Berpikir kreatif, kritis serta logis, jujur dalam melakukan percobaan serta menuliskan hasil percobaan, bersikap ingin tahu, dan terbuka pada pendapat teman 2) Keterampilan Sosial Melatih kerjasama dan berperan aktif dalam kelompok saat melakukan percobaan, mendengarkan dengan aktif, berada dalam kelompok, berada dalam tugas, menyampaikan pertanyaan, menyumbang ide (berpendapat), menerima dan menghargai adanya keberagaman saat diskusi serta berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain  PSIKOMOTOR 1. Melakukan percobaan virtual PheT untuk mendeskripsikan bagaimana proses terjadinya gelombang radioIV. TUJUAN PEMBELAJARAN  KOGNITIF 1) Produk 1. Siswa dapat mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik (seperti infra merah, ultra violet, sinar laser, dan lain-lain) dalam kesehatan dan industri 2. Siswa dapat mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik dalam komunikasi 3. Siswa dapat menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi/panjang gelombang pada komunikasi radio, radar, telepon dan lain-lain
    • Perangkat Diskusi 2012 2) Proses 1. Melalui percobaan virtual PheT siswa dapat menganalisis dan menyimpulkan hasil percobaan yang telah dilakukan.  AFEKTIF 3) Karakter Melalui pembelajaran ini siswa dapat berpikir kreatif, kritis serta logis, jujur dalam melakukan percobaan serta menuliskan hasil percobaan, bersikap ingin tahu, dan terbuka pada pendapat teman 4) Keterampilan Sosial Melalui pembelajaran ini melatih kerjasama dan berperan aktif dalam kelompok saat melakukan percobaan, mendengarkan dengan aktif, berada dalam kelompok, berada dalam tugas, menyampaikan pertanyaan, menyumbang ide (berpendapat), menerima dan menghargai adanya keberagaman saat diskusi serta berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain  PSIKOMOTOR 1. Siswa dapat melakukan percobaan virtual PheT untuk mendeskripsikan bagaimana proses terjadinya gelombang radioV. MATERI PEMBELAJARAN 1. Hipotesis Maxwell : karena perubahan medan magnet dapat menimbulkan medan listrik, maka sebaliknya perubahan medan listrik pun akan dapat menimbulkan medan magnet. 2. Sifat-sifat gelombang elektromagnetik : a. Dapat merambat dalam ruang hampa. b. Merupakan gelombang transversal. c. Dapat mengalami pemantulan (refleksi). d. Dapat mengalami pembiasan (reflaksi). e. Dapat mengalami interferensi.
    • Perangkat Diskusi 2012 f. Dapat mengalami lenturan atau hamburan. g. Merambat dalam arah lurus.3. Urutan spektrum gelombang elektromagnetik diurutkan mulai dari frekuensi terkecil hingga terbesar : 1. gelombang radio. 2. gelombang televisi. 3. gelombang mikro. 4. sinar inframerah. 5. sinar tampak (cahaya). 6. sinar ultraviolet. 7. sinar – X. 8. sinar gamma.4. Aplikasi Gelombang Elektromagnetik 1. Radio (bidang telekomunikasi) Radio energi adalah bentuk level energi elektromagnetik terendah, dengan kisaran panjang gelombang dari ribuan kilometer sampai kurang dari satu meter. Penggunaan paling banyak adalah komunikasi, untuk meneliti luar angkasa dan sistem radar. Radar berguna untuk mempelajari pola cuaca, badai, membuat peta 3D permukaan bumi, mengukur curah hujan, pergerakan es di daerah kutub dan memonitor lingkungan. Panjang gelombang radar berkisar antara 0.8 – 100 cm. 2. Microwave (bidang telekomunikasi) Panjang gelombang radiasi microwave berkisar antara 0.3 – 300 cm. Penggunaannya terutama dalam bidang komunikasi dan pengiriman informasi melalui ruang terbuka, memasak, dan sistem PJ aktif. Pada sistem PJ aktif, pulsa microwave ditembakkan kepada sebuah target dan refleksinya diukur untuk mempelajari karakteristik target. Sebagai contoh aplikasi adalah Tropical Rainfall Measuring Mission’s (TRMM) Microwave Imager (TMI), yang mengukur radiasi microwave yang dipancarkan dari Spektrum elektromagnetik Energi elektromagnetik atmosfer bumi untuk mengukur penguapan, kandungan air di awan dan intensitas hujan.
    • Perangkat Diskusi 2012 3. Infrared (bidang telekomunikasi, industry dan kedokteran) Kondisi-kondisi kesehatan dapat didiagnosis dengan menyelidiki pancaran inframerah dari tubuh. Foto inframerah khusus disebut termogram digunakan untuk mendeteksi masalah sirkulasi darah, radang sendi dan kanker. Radiasi inframerah dapat juga digunakan dalam alarm pencuri. Seorang pencuri tanpa sepengetahuannya akan menghalangi sinar dan menyembunyikan alarm. Remote control berkomunikasi dengan TV melalui radiasi sinar inframerah yang dihasilkan oleh LED ( Light Emiting Diode ) yang terdapat dalam unit, sehingga kita dapat menyalakan TV dari jarak jauh dengan menggunakan remote control. 4. Ultraviolet (bidang kedokteran) Sinar UV diperlukan dalam asimilasi tumbuhan dan dapat membunuh kuman-kuman penyakit kulit. 5. Sinar X (bidang kedokteran) Sinar X ini biasa digunakan dalam bidang kedokteran untuk memotret kedudukan tulang dalam badan terutama untuk menentukan tulang yang patah.VI. MODEL PEMBELAJARAN Model : Diskusi Strategi : Buzz Group Metode : Diskusi kelompok, percobaan virtual, presentasiVII. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Kegiatan / Terlaksana/ Fase Kegiatan Guru Waktu Tidak Pendahuluan Fase 1 : 1. Motivasi Awal ( 15 menit ) Menyampaika Meminta dua orang siswa untuk maju ke n tujuan dan depan, kemudian guru menunjukkan mengatur sebuah radio kapada siswa. setting Menghidupkan radio tersebut salama 1 menit, lalu siswa mendengarkan suara yang keluar dari radio tersebut.
    • Perangkat Diskusi 2012 Lalu guru bertanya kepada siswa : Mengapa suara penyiar yang ada di stasiun penyiar sampai terdengar oleh kita melalui Radio ? Apa yang menyebabkan suara penyiar terdengar oleh kita ?2. Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu memahami konsep dan penerapan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari. a. Menyampaikan tujuan diskusi hari ini yaitu mengasah keterampilan komunikasi dan keterampilan berfikir untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan aplikasi gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari b. Mengatur setting diskusi, antara lain: Waktu Alokasi waktu 1 x 40 menit Pendahuluan 5 menit Kegiatan diskusi 25 menit Mengakhiri diskusi 5 menit Tanya jawab 5 menit c. Tempat diatur sesuai kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 siswa yang duduk melingkar agar mudah dalam proses diskusi.
    • Perangkat Diskusi 2012 Pembicara dalam proses diskusi adalah guru sebagai pemimpin dan seluruh siswa yang telah dikelompokkan sebagai peserta diskusi. Peralatan diskusi meliputi laptop, alat tulis, dan kertas (catatan hasil diskusi).Inti Fase 2 : 1. Aturan dasar meliputi : Mengarahkan Diskusi dimulai setelah guru diskusi memberikan aba-aba sebagai tanda dimulainya diskusi. Setiap siswa diberi kesempatan secara sama untuk mengajukan pendapatnya dengan cara mengangkat tangan dalam kelompok tersebut Setiap anggota kelompok waib mengeluarkan ide-ide dalam kelompoknya sehingga tidak ada dominasi partisipasi oleh beberapa orang saja. Setiap siswa yang memberikan pendapatnya akan mendapatkan poin. Poin yang terkumpul akan diakumulasikan di akhir diskusi. 2. Fokus Materi Materi yang akan disampaikan mengenai aplikasi gelombang elektromagnetik khususnya
    • Perangkat Diskusi 2012 bagaimana proses terjadinya gelombang radio. 3. Teknis Pelaksanaan Tipe diskusi yang dipakai adalah sistem Kelompok aktif (Buzz Grou) dengan mengikuti aturan diskusi yang telah ditentukan. Fase 3 : 1. Guru membagikan handout dan LKS Menyelenggar untuk dikerjakan akan diskusi 2. Memonitor / mengamati masing- masing siswa terhadap interaksi antar siswa. 3. Beberapa kelompok mempresentasikan hasil percobaan virtual PheT yang telah dilakukan 4. Mendengarkan gagasan siswa. 5. Menanggapi gagasan siswa. 6. Melaksanakan tugas sebagai pemimpin diskusi. 7. Membuat catatan diskusi. 8. Menyampaikan gagasan diskusi. Fase 4 : 1. Menulis materi yang akan dirangkum Mengakhiri secara eksplisit (rinci & jelas) diskusi 2. Bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan. Fase 5 : Menanyakan tentang proses diskusi Tanya jawab/ kepada seluruh siswa ” Apakah menemui review singkat kesulitan dalam pelaksanaan proses tentang diskusi diskusi ?”Penutup 1. Guru bersama siswa merangkum materi dari hasil diskusi kelas. 2. Guru bersama siswa menjawab permasalahan pada motivasi awal.
    • Perangkat Diskusi 2012 3. Memberikan lembar evaluasi siswa sebagai pemantapan materi yang telah dipelajari. 4. Guru meminta siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.VIII. SUMBER BELAJAR DAN MEDIA 1. Handout 2. Lembar Kerja Siswa 3. Lembar Evaluasi Siswa 4. Media PheT ( Gelombang Radio ) 5. RadioIX. PENILAIAN Peper and Pen ( Terlampir )