Rencana pelaksanaan pembelajaran

436 views
370 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
436
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
8
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Rencana pelaksanaan pembelajaran

  1. 1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas Mata Pelajaran : Fisika Kelas / Semester :X/1 Pokok Bahasan : Vektor Alokasi Waktu : 2 x 45 menitA. Standar Kompetensi Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannyaB. Kompetensi Dasar Melakukan penjumlahan vektorC. Indikator  Kognitif  Produk  Menjelaskan besaran – besaran vektor.  Proses  Menjumlahkan vektor dengan beberapa metode.  Menguraikan vektor.  Menghitung perkalian vektor.  Psikomotor  Melakukan percobaan untuk melukiskan penjumlahan dan selisih dua vektor.  Afektif  Keterampilan Sosial :  Siswa terbuka dalam menanggapi pendapat orang lain tanpa terlebih dahulu diperintah oleh guru dan siswa dapat menghargai orang lain yang sedang berbicara.  Siswa dapat bekerja sama.  Karakter :  Karakter : Jujur dan bertanggung jawab dalam menuliskan hasil pengamatan, berfikir kreatif, dan disiplin dalam mengerjakan tugas.  Keterampilan Sosial : Terbuka dan logis dalam menanggapi pendapat.D. Tujuan Pembelajaran  Kognitif  Produk  Siswa mampu menjelaskan besaran – besaran vektor.
  2. 2.  Proses  Siswa mampu menjumlahkan vektor dengan beberapa metode.  Siswa mampu menguraikan vektor.  Siswa mampu menghitung perkalian vektor.  Psikomotor Siswa mampu melakukan percobaan untuk melukiskan penjumlahan dan selisih dua vektor.  Afektif - Keterampilan Sosial :  Pada saat melakukan tugas kinerja, siswa terbuka dalam menanggapi pendapat orang lain tanpa terlebih dahulu diperintah oleh guru dan siswa dapat menghargai orang lain yang sedang berbicara.  Pada saat melakukan tugas kinerja, siswa dapat bekerja sama. - Karakter :  Pada saat melakukan tugas kinerja, siswa jujur dalam menuliskan hasil pengamatan tanpa terlebih dahulu diperintah oleh guru.  Pada saat melakukan tugas kinerja, siswa disiplin dalam mengerjakan tugas tanpa terlebih dahulu diperintah oleh guru.E. Metode Pembelajaran Model : Diskusi Tipe : Think Pair Share Metode : Diskusi, Tanya Jawab, PresentasiF. Sumber Belajar Handout Lembar Kerja Siswa Lembar Evaluasi SiswaG. Kegiatan Belajar Mengajar Pendahuluan (±15 menit) Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan menberikan motivasi awal  Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang besaran dan satuan dengan meminta siswa menyebutkan beberapa besaran fisika  Guru memotivasi siswa dengan mengajak siswa bermain dengan menggunakan korek api untuk disambung dan dihitung panjangnya, dengan mengganggap batang korek tersebut adalah jalan raya yang harus kita lewati
  3. 3.  Guru menyampaikan tujuan pmbelajaran yaitu bahwa peristiwa yang telah digambarkan itu merupakan vektor yang akan dipelajari bersamaKegiatan Inti (±60 menit)Fase 2 : Menyajikan Informasi  Menyampaikan garis besar sub pokok bahasan yang akan dipelajari. a) Perkalian antara skalar dan vektor b) Penjumlahan dan selisih antara dua vektor c) Menentukan vektor resultan dengan metode grafis d) Menentukan vektor resultan dengan metode analitis  Meminta siswa memberikan pendapat tentang permasalahan yang diberikan (Think).Fase 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar  Meminta siswa berpasangan dengan teman sebelahnya  Mengutarakan hasil diskusi masing-masing dari permasalahan yang telah diberikan ( Pair ).Fase 4 : Membimbing kelompok belajar  Memimpin pleno kecil diskusi  Membimbing tiap kelompok secara bergantian.Fase 5 : Evaluasi  Meminta tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lainnya menanggapi ( Share ).  Mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa.Penutup (±15 menit)Fase 6 : Memberikan penghargaan  Guru bersama siswa memberikan kesimpulan dari materi yang telah diajarkan.  Memberikan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi telah dipelajari.  Memberikan penghargaan kepada kelompok serta individu yang aktif dalam pembelajaran.

×