KELOMPOK 4
 PUTRI PRATAMA
 DEASY NORMALIA
 ANNISA AYU K
 FIRDA ELGA P
 DENI DARMAWAN
BIOLOGI
KINGDOM
MONERA
PENDAHULUAN
 Monera berasal dari bahasa Yunani,
moneres yang berarti tunggal. Monera
meliputi organisme bersel satu yang
...
KlarifiKasi Kingdom
monera
 Anggota Kingdom Monera bersifat prokariotik, yaitu
sel tidak di selaputi membran. Meskipun be...
A. BAKTERI
1.Ciri – Ciri Bakteri
 Tubuh bakteri tersusun atas satu sel
(unisel). Hidup secara soliter atau
berkoloni. Uku...
a.Bentuk
 Bentuk bakteri beraneka ragam, yaitu
berbentuk bulat seperti bola (kokus), batang
atau silindris (basil) dan be...
b.ukuran
 Setelah dilakukan pewarnaan, ukuran bakteri
dapat dapat diketahui dengan menggunakan
mikroskop perbesaran tingg...
c.struktur sel
 Struktur bakteri terbagi menjadi dua yaitu:
1. Struktur dasar (dimiliki oleh hampir semua jenis
bakteri)
...
d.gerak bakteri
 Atrik : tidak memiliki flagelum
 Monotrik : memiliki satu flagelum pada ujung tubuhnya
 Amfitrik : mem...
e.cara memperoleh makanan
1. Bakteri Heterotof
Bakteri Saprofit  bakteri yang memperoleh makanan
dari sisa organisme lain...
f. Kebutuhan akan Oksigen
Dalam proses pemecahan zat makanan dibedakan menjadi dua, yaitu :
1) Bakteri aerob, memerlukan p...
2. Peranan bakteri bagi kehidupan
manusia
Dalam kehidupan manusia bakteri mempunyai peranan yang
menguntungkan maupun yang...
 Penyubur tanah contohnya Nitrosococcus dan Nitrosomonas yang
berperan dalam proses nitrifikasi menghasilkan ion nitrat y...
Bakteri yang merugikan sebagai berikut :
 Pembusukan makanan contohnya Clostridium botulinum
 Penyebab penyakit pada man...
3. Tindakan preventif terhadap
ancaman bakteri
Pencegahan terhadap wabah penyakit dilakukan
dengan vaksinasi serta dengan ...
2. ALGA HIJAU-BIRU
 Cyanobacteria atau ganggang biru-
hijau adalah filum (atau "divisi")
bakteri yang mendapat energi
mel...
a.ciri – ciri
 Tumbuhan bersel satu, benang (filamen) dan
hidup berkoloni.
 Memiliki klorofil, karotenoid serta pigmen
f...
b. Reproduksi alga hijau-biru
a. Membelah diri, hanya ditemukan pada alga
hijau-biru bersel tunggal.
b. Fragmentasi, ditem...
3. Archaebacteria
 Dalam sistem klasifikasi pada sistem
enam kingdom, Archaeobacteria
termasuk dalam satu kingdom
tersend...
Archaeobacteria dikelompokkan berdasarkan
habitatnya, yaitu:
a. Halophiles, yaitu lingkungan yang berkadar garam
tinggi.
b...
a.Ciri – ciri archaebacteria
a. Sel bersifat prokaryotik.
b. Lipida pada membran sel bercabang.
c.Tidak memiliki mitokondr...
b.Peranan Archaebacteria bagi
kehidupan manusia
a. Bakteri metanogen dapat menguraikan
sampah-sampah dan kotoran ternak
me...
Sampai disini pembahasan tentang
kingdom monera dan kami ucapkan
terima kasih atas perhatiannya
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Biologi - monera

26,728
-1

Published on

Published in: Education, Business, Technology
5 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
26,728
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
751
Comments
5
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Biologi - monera

  1. 1. KELOMPOK 4  PUTRI PRATAMA  DEASY NORMALIA  ANNISA AYU K  FIRDA ELGA P  DENI DARMAWAN
  2. 2. BIOLOGI KINGDOM MONERA
  3. 3. PENDAHULUAN  Monera berasal dari bahasa Yunani, moneres yang berarti tunggal. Monera meliputi organisme bersel satu yang mempunyai struktur tubuh amat sederhana dan bersifat prokariotik. Sel prokariotik adalah sel yang materi genetiknya belum terlindungi oleh selaput inti atau karioteka.
  4. 4. KlarifiKasi Kingdom monera  Anggota Kingdom Monera bersifat prokariotik, yaitu sel tidak di selaputi membran. Meskipun begitu, Monera merupakan organisme sempurna.  Monera dapat melakukan metabolisme makanan, membuang zat sisa, tumbuh, dan bereproduksi.  Kingdom Monera terdiri atas 2 subkingdom, yaitu Archaebacteria dan Eubacteria. Perbedaan antara Archaebacteria dan Eubcteria terletak pada komposisi RNA, ribosomnya, dan peptidoglikan pada dinding selnya.
  5. 5. A. BAKTERI 1.Ciri – Ciri Bakteri  Tubuh bakteri tersusun atas satu sel (unisel). Hidup secara soliter atau berkoloni. Ukuran tubuhnya lebih besar daripada virus  Sel bakteri tidak mempunyai kloroplas, sehingga tidak dapat menyusun zat makanan sendiri. Namun demikian, ada beberapa jenis bakteri yang dapat menyusun makanannya sendiri melalui fotosintesis atau dengan menggunakan energi kimia pada mediannya  Bakteri berkembang biak secara aseksual, yaitu dengan membelah diri. Pada saat tertentu, bakteri juga berkembang biak secara seksual.
  6. 6. a.Bentuk  Bentuk bakteri beraneka ragam, yaitu berbentuk bulat seperti bola (kokus), batang atau silindris (basil) dan berbentuk seperti spiral (spirillum).
  7. 7. b.ukuran  Setelah dilakukan pewarnaan, ukuran bakteri dapat dapat diketahui dengan menggunakan mikroskop perbesaran tinggi yang dilengkapi dengan mikrometer  Diameter sel bakteri umumnya 1 mikrometer,sedangkan panjang selnya berkisar antara 0,1 – 100 mikrometer.
  8. 8. c.struktur sel  Struktur bakteri terbagi menjadi dua yaitu: 1. Struktur dasar (dimiliki oleh hampir semua jenis bakteri)     Meliputi: dinding sel, membran plasma, sitoplasma, ribosom, DNA, dan granula penyimpanan 2. Struktur tambahan (dimiliki oleh jenis bakteri tertentu)     Meliputi kapsul, flagelum, pilus, fimbria, klorosom, Vakuola gas dan endospora.
  9. 9. d.gerak bakteri  Atrik : tidak memiliki flagelum  Monotrik : memiliki satu flagelum pada ujung tubuhnya  Amfitrik : memiliki satu atau beberapa flagelum pada kedua ujung tubuhnya  Lofotrik : memiliki beberapa flagelum pada salah satu tubuhnya  Peritrik : memiliki flagelum di seluruh permukaan tubuhnya
  10. 10. e.cara memperoleh makanan 1. Bakteri Heterotof Bakteri Saprofit  bakteri yang memperoleh makanan dari sisa organisme lain yang telah mati. Bakteri Parasit  bakteri yang makanannya diperoleh langsung dari organisme lain. 2. Bakteri autotrof bakteri Fotoaurotrof  bakteri yang dapat menyusun zat makanannya dengan menggunakan energi cahaya matahari. bakteri Kemoautotrfof  bakteri yang dapat menyusun zat makanannya dengan menggunakan zat kimia.
  11. 11. f. Kebutuhan akan Oksigen Dalam proses pemecahan zat makanan dibedakan menjadi dua, yaitu : 1) Bakteri aerob, memerlukan pksigen bebas untuk memecah zat makanan pada mediumnya. Bakteri ini menyukai lingkungan lembap dan cukup udara 2) Bakteri anaerob, dalam memecah zat makanan tidak memerlukan oksigen g. Reproduksi Pada saat tertentu, bakteri juga bereproduksi secara seksual yang dikenal dengan paraseksual, yaitu sebagai berikut : a) Transformasi : pemindahan sebagian materi genetik berupa DNA plasmid atau satu gen ke sel bakteri lain b) Konjugasi : pemindahan secara langsung materi genetik di antara sel bakteri positif dan sel bakteri negatif melalui jembatan sitoplasma c) Transduksi : pemindahan materi genetik melalui perantaraan virus h. Pertumbuhan Bakteri Pada bakteri yang hidup berkoloni, pembelahan setiap selnya akan menambah jumlah anggota koloni. Penambahan jumlah koloni bakteri dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut 1) Temperatur 2) Kelembapan 3) Sinar matahari 4) Zat kimia 5) Ketersediaan cadangan makanan dan zat sisa metabolisme
  12. 12. 2. Peranan bakteri bagi kehidupan manusia Dalam kehidupan manusia bakteri mempunyai peranan yang menguntungkan maupun yang merugikan. Bakteri yang menguntungkan adalah sebagai berikut :  Pembusukan (penguraian sisa-sisa mahluk hidup contohnya Escherichia colie).  Pembuatan makanan dan minuman hasil fermentasi contohnya Acetobacter pada pembuatan asam cuka, Lactobacillus bulgaricus pada pembuatan yoghurt, Acetobacter xylinum pada pembuatan nata de coco dan Lactobacillus casei pada pembuatan keju yoghurt.  Berperan dalam siklus nitrogen sebagai bakteri pengikat nitrogen yaitu Rhizobium leguminosarum yang hidup bersimbiosis dengan akar tanaman kacang-kacangan dan Azotobacter chlorococcum.
  13. 13.  Penyubur tanah contohnya Nitrosococcus dan Nitrosomonas yang berperan dalam proses nitrifikasi menghasilkan ion nitrat yang dibutuhkan tanaman.  Penghasil antibiotik contohnya adalah Bacillus polymyxa (penghasil antibiotik polimiksin B untuk pengobatan infeksi bakteri gram negatif, Bacillus subtilis penghasil antibioti untuk pengobatan infeksi bakteri gram positif,Streptomyces griseus penghasil antibiotik streptomisin untuk pengobatan bakteri gram negatif termasuk bakteri penyebab TBC dan Streptomyces rimosus penghasil antibiotik terasiklin untuk berbagai bakteri.  Pembuatan zat kimia misalnya aseton dan butanol oleh Clostridium acetobutylicum  Berperan dalam proses pembusukan sampah dan kotoran hewan sehinggga menghasilkan energi alternatif metana berupa biogas. Contohnya methanobacterium  Penelitian rekayasa genetika dalam berbagai bidang.sebagai contoh dalam bidang kedokteran dihasilkan obat-obatan dan produk kimia bermanfaat yang disintesis oleh bakteri, misalnya enzim, vitamin dan hormon.
  14. 14. Bakteri yang merugikan sebagai berikut :  Pembusukan makanan contohnya Clostridium botulinum  Penyebab penyakit pada manusia contohnya Mycobacterium tuberculosis ( penyebab penyakit TBC ), Vibrio cholerae ( penyebab kolera atau muntaber ), Clostridium tetani (penyebab penyakit tetanus ) dan Mycobacterium leprae (penyebab penyakit lepra )  Penyebab penyakit pada hewan contohnya Bacilluc antrachis (penyebab penyakit antraks pada sapi )  Penyebab penyakit pada tanaman budidaya contohnya Pseudomonas solanacearum (penyebab penyakit pada tanaman tomat, lombok, terung dan tembakau) serta Agrobacterium tumafaciens (penyebab tumor pada tumbuhan).
  15. 15. 3. Tindakan preventif terhadap ancaman bakteri Pencegahan terhadap wabah penyakit dilakukan dengan vaksinasi serta dengan penjagaan kesehatan dan kebersihan lingkungan. Untuk mengatasi aktivasi bakteri saprofit, bahan makanan perlu diawetkan, dengan cara : 1) Tradisional, yaitu pengeringan, pengasapan, pangasaman, pengasinan, dan pemanisan 2) Konvesional, yaitu dengan pembekuan, sterilisasi, pasteurisasi, pembekuan, pendinginan, penggunaan bahan kimia, dan radiasi.
  16. 16. 2. ALGA HIJAU-BIRU  Cyanobacteria atau ganggang biru- hijau adalah filum (atau "divisi") bakteri yang mendapat energi melalui fotosintesis. Jejak fosil cyanobacteria telah ditemukan sejak 3,8 miliar tahun lalu. Cyanobacteria sekarang adalah salah satu kelompok terbesar dan terpenting bakteri di bumi.
  17. 17. a.ciri – ciri  Tumbuhan bersel satu, benang (filamen) dan hidup berkoloni.  Memiliki klorofil, karotenoid serta pigmen fikobilin yang terdiri dari fikosianin dan fikoeritin.  Dinding sel mengandung peptida, hemiselulosa dan selulosa, kadang-kadang berlendir.  Inti sel tidak memiliki membran (prokarion).
  18. 18. b. Reproduksi alga hijau-biru a. Membelah diri, hanya ditemukan pada alga hijau-biru bersel tunggal. b. Fragmentasi, ditemukan pada alga hijau- biru bersel satu yang berkoloni dan bersel banyak yang berbentuk benang. c. Heterokist dan akinet, ditemukan pada alga hijau-biru bersel banyak banyak berbentuk benang.
  19. 19. 3. Archaebacteria  Dalam sistem klasifikasi pada sistem enam kingdom, Archaeobacteria termasuk dalam satu kingdom tersendiri.Yang termasuk Archaeobacteria, yaitu bakteri yang hidup di sumber air panas, di tempat berkadar garam tinggi, di tempat yang panas dan asam. Archaeobacteria termasuk kelompok prokariotik. Pertama kali diidentifikasikan pada tahun 1977 oleh CarlWoese dan George Fox. Ada tiga kelompok dari Archaeobacteria, yaitu methanogens, halophiles, dan thermophiles.
  20. 20. Archaeobacteria dikelompokkan berdasarkan habitatnya, yaitu: a. Halophiles, yaitu lingkungan yang berkadar garam tinggi. b. Methanogens, yaitu lingkungan yang memproduksi methan. Ini dapat ditemukan pada usus binatang. c. Thermophiles, yaitu lingkungan yang mempunyai suhu tinggi. Dalam contoh konkrit kalian dapat menemukanArchaeobacteria di gletser, asap hitam, tanah rawa, kotoran, air laut, tanah dan saluran pencernaan makanan pada binatang seperti ruminansia, dan rayap.
  21. 21. a.Ciri – ciri archaebacteria a. Sel bersifat prokaryotik. b. Lipida pada membran sel bercabang. c.Tidak memiliki mitokondria, retikulum endoplasma, badan golgi, dan lisosom. d. Habitat di lingkungan bersuhu tinggi, bersalinitas tinggi, dan asam. e. Berukuran 0,1 m sampai 15 m, dan beberapa ada yang berbentuk filamen dengan panjang 200 m. f. Dapat diwarnai dengan pewarnaan Gram.
  22. 22. b.Peranan Archaebacteria bagi kehidupan manusia a. Bakteri metanogen dapat menguraikan sampah-sampah dan kotoran ternak menjadi biogas (gas metan) b. Pyrococcus futiosus, Archaebacteria termofilik, dipergunakan bioteknologi sebagai bahan untuk DNA polimerase.
  23. 23. Sampai disini pembahasan tentang kingdom monera dan kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×