Your SlideShare is downloading. ×
0
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Tgs tik
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Tgs tik

826

Published on

Published in: Education
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
826
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
28
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. By Della Pratiwi IX-2 211
  • 2.  Pengertian internet Internet adalah suatu jaringan komputer yang satudengan yang lain saling terhubung untuk keperluankomunikasi dan informasi. Sebuah komputer dalam satujaringan internet dapat berada di mana saja atau bahkandi seluruh Indonesia. Sering juga internet diartikan sebagai jaringan komputer diseluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai saranakomunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan jugateks. Informasi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilikjaringan komputer atau dibuat pemilik informasi yangmenitipkan informasinya kepada penyedia layanan internet.
  • 3.  Pengertian intranet Intarnet adalah jaringan komputer-komputer yangsaling tersambung digunakan suatu sistem orgnisasi. Misalnya: jaringan komputer-komputer PT. Telkomseluruh Indonesia. Jadi dibilang “internet” khusus.Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satudengan yang lain, persis seperti internet tatapilayanannya terbatas, tidak seluas dan seberagam diinternet.
  • 4.  Kegunaan internet Bila kita melakukan akses di internet banyak sekali keuntunganyang dapat kita peroleh. Berikut beberapa kegunaan dari akses internetantara lain tercantum pada uraian di bawah ini: Khususnya dalam dunia bisnis sarana informasi dan komunikasiinternet juga digunakan sebagai media komunikasi promosi. Contoh:untuk image company, pengenalan dan pemasaran produk. Dalam berbagai aktivitas bisnis dan administrasi pemerintahan,secara nyata sistem komunikasi menggunakan internet, ini terbuktidapat mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi. Contoh: koranmasuk ke dalam internet (online news), majalah, brosur dan jugajurnal.
  • 5. Internet sudah semakin popular digunakan sebagaimedia komunikasi interaktif oleh berbagai pihak dalambentuk: e-mail, dukungan pelanggan dengan “www”,video conferencing, internet relay chat, internet phone. Pertukaran data dan informasi dengan sistemadministrasi pemerintahan (e-goverment) atau sebagai resourcesdiscovery. Untuk kebutuhan sistem perdagangan (e-commerce)internet sangat banyak digunakan yaitu perdagangan lewatbisnis dengan internet. Internet juga semakin intensif dalam aktifitas perbankan,seperti untuk baking online yang memungkinkan nasabah bankmelakukan transaksi secara online di depan komputer mereka(resourses sharing).
  • 6. Perangkat keras komputer (hardware) adalah semuabagian fisik komputer, dan dibedakan dengan datayang berada di dalamnya atau yang beroperasi didalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak(software) yang menyediakan instruksi untukperangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunakakan sedikit buram kalau kita berbicara mengenaifirmware, karena firmware ini adalah perangkatlunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras.Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmukomputer dan teknik komputer, yang jarang dikenaloleh pengguna umum.
  • 7.  Berbagai Jenis Koneksi internet pada umumnya Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melaluisambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakansebuah modem dial-up. Saat online [ connect ] makatelepon tidak dapat digunakan. Perhitungan pulsa teleponberjalan + biaya internet dari provider. max Kecepatan56kbps. Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melaluisambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modembroadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh.Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biayainternet provider untuk 24 jam online [ no limit ]. kecepatan mulai dari64kbps - 256kbps.
  • 8.  ADSL = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambunganjaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologiyang lebih modern. Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapatdigunakan dalam kebersamaan. Biaya cukup membayar providerinternet dengan sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyteyang digunakan, koneksi 24 jam online. Kecepatan mencapai512kbps. HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melaluisambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melaluiBluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidakterganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSMdapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru highspeed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampirsetara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakansistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kbps - 2Mbps.
  • 9.  Komponen pembentuk intranet Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti:1. aplikasi browser ( internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape)2. komputer server3. perangkat jaringan4. protokol TCP/IP5. bahasa pemrograman (html, php, mysql , dll)6. komputer client7. perangkat bantu pengembang
  • 10.  Jenis Jaringan Komputer Jaringan komputer dapat digolongkan dalam 5 kelompok,yaitu :a. Jaringan Komputer lokal (Local Area Network- LAN)b. Inter-Jaringan (Interconnection Network)c. Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitand. Area Network- MANe. Jaringan Komputer Skala Luas (Wide Area Network-WAN)f. Dan Internet
  • 11. 1.Jaringan Komputer Lokal dan Inter-Jaringan Jaringan lokal dapat dibangun untuk menghubungkankomputer yang jumlahnya sedikit. Satu buah komputerpusat pada sebuah jaringan lokal memiliki kemampuanuntuk melayani hingga 256 buah terminal. Bila di suatu lembaga telah tersedia satu buah komputerpusat, maka dapat dibangun jaringan komputer dalambeberapa ruang. Jaringan lokal memiliki fungsi sendiri-sendiri,namun tetap dapat dihubungkan satu sama lain.Hubungan antarjaringan lokal itu sering disebut denganistilah inter-jaringan.
  • 12. Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer,printer, dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satukesatuan. Setiap komputer, printer, atau periferal yangterhubung dengan jaringan disebut node. Beberapa manfaat dari jaringan komputer, antara lain:Resource Sharing Yaitu penggunaan sumber daya yang adasecara bersam-sama. Realiabitas Tinggi Dengan jaringankomputer kita akan mendapatkan realibitas yang tinggi.Menghemat Uang Perusahaan dapat menghemat peralatanyang harus digunakan. Sarana Komunikasi Dapatdimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi untukberkomunikasi.
  • 13.  Jaringan komputer mempunyai sistem kerja yang saling berhubungan satu dengan yang lain.
  • 14. 1. Topologi Mesh Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).
  • 15. Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll
  • 16.  Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time- sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.
  • 17. Topologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untukmenghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masingkomputer akan terhubung ke satu kabel panjang denganbeberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiridengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangunjaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangandiantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salahsatu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagiankomputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsisebelum kerusakan tersebut di atasi. Topologi ini awalnya menggunakan kable Coaxial sebagai mediapengantar data dan informasi. Tapi pada saat ini topologi ini di dalammembangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal seratoptik ( fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringanyang lain untuk memaksimalkan performanya.
  • 18. Topologi Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan inidisebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanyadigunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasiyang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi.Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputerPada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atausimpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yanglebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusatterlebih dahulu.

×