Demokrasi komunis

474 views
384 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
474
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
11
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Demokrasi komunis

  1. 1. Sistem EkonomiDalam bidang ekonomi dianut sistem yang pada prinsipnyatidak mengakui hak milik perseoranggan atas segala alatproduksi harus menjadi hak milik rakyat/negara. Jadi hakpeseorangan harus dikalahkan dan di jadikan hak kolektifatau umum.sistem ini juga menghendaki pengaturanmasyarakat secarakeseluruhan atas dasar tertentu dengankelompok kecil penguasa yang memonopoli kekuasaan.
  2. 2. Sistem KebudayaanLebih dari ribuan tahun, kebudayaan Vietnam sangat dipengaruhioleh negara tetangga, RRT. Karena asosiasi lama dengan RRT,kebudayaan Vietnam tetap kuat berpegang teguh kepadaKonfusianisme yang menekankan pada tugas-tugas yangkekeluargaan. Pendidikan dihargai sangat tinggi. Dalam sejarah,lulus dalam ujian Mandarin kerajaan adalah satu-satunya cara bagiseorang Vietnam untuk maju secara sosial.Dalam era sosialis,kehidupan kebudayaan Vietnam banyak dipengaruhi oleh mediayang dikontrol pemerintah dan program budaya sosialis. Untukbeberapa dekade, pengaruh kebudayaan asing dihindarkan danditekankan kepada penghargaan dan sharing kebudayaan negara-negara komunis seperti Uni Soviet, Republik Rakyat Cina, Kuba, dll.Sejak tahun 1990an, Vietnam telah terekspos secara besar kepadakebudayaan dan media Asia Tenggara, Eropa dan Amerika. Pakaiantradisional wanita disebut Ao Dai dan dipakai dalam momen-momen spesial seperti pernikahan, Tahun Baru Imlek atau festival-festival. Ao Dai dahulu dipakai oleh wanita dan pria tetapi sekarangkebanyakan dipakai oleh wanita.
  3. 3. Masakan Vietnam menggunakan sedikit minyak danbanyak sayuran. Makanan utama sering terdiri atasberas, kecap asin dan kecap ikan. Karakter rasanyaadalah manis (gula), pedas (serrano peppers), asam(jeruk nipis), umami (kecap ikan) dan berbagai rasadari mint dan kemangi. Musik Vietnam sedikit berbeda berdasarkan tigawilayah: Bac atau Utara, Trung atau Tengah danNam atau selatan. Musik klasik Utara adalah yangtertua di Vietnam dan secara tradisional lebihformal. Musik tradisional Vietnam dapat ditilas balikpada invasi Mongol, ketika orang-orang Vietnammenangkap sebuah grup opera Tiongkok. Musik klasikTengah menunjukan pengaruh kebudayaan Champadengan melodi melankolisnya. Musik Selatanmemancarkan sikap laissez-faire (Bahasa Perancis=peraturan yang memperbolehkan kepemilikan swastatanpa kontrol pemerintah / kebebasan).
  4. 4. Sepak Bola adalah olahraga paling populerdi Vietnam. Olahraga dan games seperti bulutangkis, tenis, ping pong dan catur jugapopuler dengan porsi besarmasyarakat. Baseball diperkenalkan selamakehadiran Amerika di Vietnam, jugamendapatkan cukup kepopuleran. Komunitasexpat Vietnam membentuk bagian pentingdalam kehidupan berbudaya Vietnam,memperkenalkan olahraga, film, musik danaktivitas-aktivitas barat lainnya kepadaVietnam. Vietnam adalah rumah bagi industriperfilman kecil, tetapi hasil kerja dari HongKong, Perancis dan AmerikaSerikat menikmati popularitas dan sirkulasiyang besar.
  5. 5. Sistem Politik dan PemerintahanVietnam menganut sistem partai tunggal dengan Republik Sosialis Vietnamsebagai partai tunggal negara. Pada April 1992, lahir sebuah konstitusi barumenggantikan versi 1975.Peran utama terdahulu Partai Komunis disertakan kembalidalam semua organ-organ pemerintah, politik dan masyarakat. Hanya organisasi poltikyang bekerjasama atau didukung oleh PartaiKomunis diperbolehkan ikut dalampemilihan umum. Ini meliputi Barisan Tanah Air Vietnam(Vietnamese Fatherland Front),partai serikat pedagang dan pekerja. Meskipun negara tetapsecara resmi berjanjikepada sosialisme sebagai doktrinnya, makna ideologi tersebut telah berkurang secarabesar sejak tahun 1990-an. Presiden Vietnam adalah kepala negara dan secaranominaladalah panglima tertinggi militer Vietnam, menduduki Dewan Nasionaluntuk Pertahanan dan Keamanan (Council National Defense and Security). PerdanaMenteri Vietnamadalah kepala pemerintahan, mengepalai kabinet yang terdiri atas 3deputi perdana menteri dankepala 26 menteri-menteri dan perwira-perwira.AdapunMajelis Nasional Vietnam (National Assembly of Vietnam) adalah pemeganghaklegislatif di negara tersebut yang terdiri atas 498 anggota yang mempunyai tugassebagai pembuat undang-undang. Majelis ini memiliki posisi yang lebih tinggi daripadalembagaeksekutif dan judikatif. Seluruh anggota kabinet berasal dari Majelis Nasional.MahkamahAgung Rakyat (Supreme People¶s Court of Vietnam) memiliki kewenanganhukum tertinggi diVietnam, juga bertanggung jawab kepada Majelis Nasional. Di bawahMahkamah Agung Rakyatadalah Pengadilan Kotamadya Propinsi dan PengadilanDaerah Vietnam. Pengadilan Militer Vietnam juga cabang adjudikatif yang kuat dengankewenangan khusus dalam hal keamanannasional. Semua organ-organ pemerintah
  6. 6. Sistem HAM1. Terlalu dikekang.2. Tidak ada kebebasan pribadi.3. Mementingkan kepentingan kelompok dari pada kepentingan pribadi.4. Rakyat dituntut untuk mengabdi kepada negara dan negara tidak memikirkan ha rakyat.
  7. 7. SEKIAN DANTERIMAKASI H

×