0
ASSALAMMUALAIKUM
Jumpa Lagi Dengan Sejarah

LOGO
Dhanioutsider7@gmail.com
Gerakan
Nasionalisme Cina
By: DANNY AGUNG WAHYUDI (08)
XII.IIS4

LOGO
Dhanioutsider7@gmail.com
Sejak pertengahan Abat ke-17 (1644),
Cina berada di bawah kekuasaan dinasti
asing yakni Dinasti Machu.
Dibawah kekuasaan...
Kaisar k’ang His
ch’ien lung
Ketika dipimpin oleh 2 kaisar tersebut
Cina mengalami masa kejayaan. Namun
Setelah meninggalnya kedua kaisar
tersebut, Di...
Pada tahun (1839-1842) terjadi perang
antara Inggris dan cina yang di kenal
dengan nama perang Candu
Perang Candu
 juga dikenali sebagai Perang Anglo-China, merupakan
kemuncak pertelingkahan perdagangan dan diplomatik
yang...
Kekalahan China pada kedua-dua
peperangan menyebabkan kerajaan China
terpaksa membenarkan candu
diperdagangkan . Pihak Br...
Perjanjian Nanjing

1
2

3

Cina menyerahkan hongkong kepada Inggris
Cina mengganti kerugian perang sebesar
6 juta dolar
L...
Kekalahan demi kekalahan diterima oleh
cina dalam peperangan candu
menyadarkan rakyat cina untuk bangkit
menyelamatkan ba...
Sun Yat Sen
San Min Chu I

(Tiga asas kerakyatan), yaitu Min Tsen
(nasionalisme), Min Tsu (demokrasi), dan
Min Sheng (sosialisme). De...
Pada tanggal 10 November 1911 meletus
revolusi wuchang (wuchang day). Di
bawah kekuasaan Li Yuan Hung yang
telah berhasil...
 Cina utara saat ini dipimpin oleh Kaisar Hsuan Tsung
(yang masih kanak-kanak) dengan di dampingi oleh
Yuan Shih Kai. Pad...
Kaisar Hsuan Tsung
Yuan Shih Kai
 Pada Agustus 1912, Sun Yat Sen mengundurkan diri ke
Canton, Dan mendirikan partai Kuo Min Tang (Partai
nasional) dengan ...
Canton
partai Kuo Min Tang
Li Li-san
Setelah terjadi konfik berkepanjangan
antara panglima-panglima perang pada
1916-1928, maka maka sebagian besar
cina diper...
Ching Kai-Shek
Perang Saudara
 Latar Belakang
 Pada tahun 1920an Sun Yat Sen bermaksud
menyatukan China kembali setelah China tercerai
...
Kronologi Kejadian
 Perang Saudara Cina (Perang Saudara Nasionalis-Komunis) adalah
konflik di Cina antara KMT dan PKC. Pe...
 Amerika Serikat selanjutnya juga mulai memperluas
kebijakan kontainmen mereka ke Asia, Afrika, dan
Amerika Latin untuk m...
Akhir Konflik

Konflik utama berakhir secara tak resmi
pada tahun 1950 dengan pihak Komunis
menguasai Cina Daratan (terma...
Dampak
 PBB menghapuskan keanggotaan Taiwan karena hanya
mengakui One China dimana China adalah wakil yang
sah atas selur...
Pada tanggal 1 Oktober 1949, Mao Tse
Tung memproklamirkan republik rakyat
cina (RRC) di Tiananmen. Partai komunis
cina me...
Mao Tse Tung

Dhanioutsider7@gmail.com

Company Logo
Dhanioutsider7@gmail.com

LOGO
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Gerakan Nasionalisme China

5,880

Published on

tugas sejarah gue :)

Published in: News & Politics, Technology
0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
5,880
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
220
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Gerakan Nasionalisme China"

  1. 1. ASSALAMMUALAIKUM Jumpa Lagi Dengan Sejarah LOGO Dhanioutsider7@gmail.com
  2. 2. Gerakan Nasionalisme Cina By: DANNY AGUNG WAHYUDI (08) XII.IIS4 LOGO Dhanioutsider7@gmail.com
  3. 3. Sejak pertengahan Abat ke-17 (1644), Cina berada di bawah kekuasaan dinasti asing yakni Dinasti Machu. Dibawah kekuasaan Kaisar k’ang His (1662-1722) dan ch’ien lung (1736-1796)
  4. 4. Kaisar k’ang His
  5. 5. ch’ien lung
  6. 6. Ketika dipimpin oleh 2 kaisar tersebut Cina mengalami masa kejayaan. Namun Setelah meninggalnya kedua kaisar tersebut, Dinasti Manchu berangsurangsur mengalami kemunduran.
  7. 7. Pada tahun (1839-1842) terjadi perang antara Inggris dan cina yang di kenal dengan nama perang Candu
  8. 8. Perang Candu  juga dikenali sebagai Perang Anglo-China, merupakan kemuncak pertelingkahan perdagangan dan diplomatik yang tercetus antara China di bawah pemerintahan Dinasti Qing dengan Empayar British selepas China mencari jalan untuk menghalang British daripada menyeludup candu. Peperangan ini merupakan sebahagian daripada Perang Candu Pertama yang berlaku dari tahun 1839 sehingga 1842 dan Perang Candu Kedua dari 1856 sehingga 1860
  9. 9. Kekalahan China pada kedua-dua peperangan menyebabkan kerajaan China terpaksa membenarkan candu diperdagangkan . Pihak Britain memaksa kerajaan China menanda tangani Perjanjian Nanjing.
  10. 10. Perjanjian Nanjing 1 2 3 Cina menyerahkan hongkong kepada Inggris Cina mengganti kerugian perang sebesar 6 juta dolar Lima kota pelabuhan Canton, Amoy, Foochow, Ningpo, dan Sanghai dibuka untuk perdagangan asing
  11. 11. Kekalahan demi kekalahan diterima oleh cina dalam peperangan candu menyadarkan rakyat cina untuk bangkit menyelamatkan bangsa dan negaranya dari jajahan Inggris. Kemudian tampil salah seorang tokong yang bernama Sun Yat Sen dengan ajaranya San Min Chu I.
  12. 12. Sun Yat Sen
  13. 13. San Min Chu I (Tiga asas kerakyatan), yaitu Min Tsen (nasionalisme), Min Tsu (demokrasi), dan Min Sheng (sosialisme). Dengan asas Chan Min Chu I, Sun Yat Sen bercita-cita membentuk suatu pusat yang demokratis.
  14. 14. Pada tanggal 10 November 1911 meletus revolusi wuchang (wuchang day). Di bawah kekuasaan Li Yuan Hung yang telah berhasil menggulingkan kekuasaan Manchu. Pada tanggal 1 Januari 1912 Sun Yat Sen dipilih sebagai presiden baru dengan wilayah meliputi cina selatan.
  15. 15.  Cina utara saat ini dipimpin oleh Kaisar Hsuan Tsung (yang masih kanak-kanak) dengan di dampingi oleh Yuan Shih Kai. Pada 12 Februari 1912. Kaisar Hsuan Tsung menyerahkan kekuasaan pada rakyat cina. Wilayah cina selatan kemudian dipersatukan. Yuan Shih Kai ternyata berambisi besar untuk menjadi presiden. Demi tegaknya republik cina dan untuk menghindari perang saudara, maka sun yat sen mengundurkan diri dari jabatan presiden pada 15 Februari 1912 dan menyerahkan kepada yuan shih kai.
  16. 16. Kaisar Hsuan Tsung
  17. 17. Yuan Shih Kai
  18. 18.  Pada Agustus 1912, Sun Yat Sen mengundurkan diri ke Canton, Dan mendirikan partai Kuo Min Tang (Partai nasional) dengan asas Shan Min Chu I. pada 1916,Yuan Shih Kai meninggal sehingga memberi kesempatan Sun Yat Sen kembali memimpin cina selatan. Di cina utara kemudian berdiri partai Kung Chang Tang (komunis) di bawah kekuasaan Li Li-san sebagaintandingan partai Kuo Min Tang. Sun Yat sen Bercita-cita menyatukan seluruh cina, namun cita-citanya belum terwujut karena meninggal dunia (1925). Dia digantikan oleh Chiang Kai Shek.
  19. 19. Canton
  20. 20. partai Kuo Min Tang
  21. 21. Li Li-san
  22. 22. Setelah terjadi konfik berkepanjangan antara panglima-panglima perang pada 1916-1928, maka maka sebagian besar cina dipersatukan oleh Kuo Min Tang (KMT) oleh Ching Kai-Shek. Sementara itu, partai komunis cina (PKC) mulai juga menancapkan pengaruhnya dan menjadi pesaing utama kuomintang. Persaingan kedua partai ini menimbulkan perang saudara di cina.
  23. 23. Ching Kai-Shek
  24. 24. Perang Saudara  Latar Belakang  Pada tahun 1920an Sun Yat Sen bermaksud menyatukan China kembali setelah China tercerai berai akibat kekosongan pemerintahan dan mendirikan basis perjuangannya di China Selatan. Dengan bantuan Uni Sovyet dia bersekutu dengan Partai Komunis China (PKC). Setelah Sun Yat Sen meninggal pada 1925 , penerusnya Chiang Kai Shek berhasil menguasai sebagian besar China di bawah bendera Kuomitang (KMT) yang berhaluan nasionalis. Saat itu PKC juga sedang berusaha menanamkan pengaruhnya sehingga bersaing dengan KMT.
  25. 25. Kronologi Kejadian  Perang Saudara Cina (Perang Saudara Nasionalis-Komunis) adalah konflik di Cina antara KMT dan PKC. Perang ini berawal pada 1927 setelah Ekspedisi Utara, dimana Chiang Kai Shek mengejar tentara PKC dan mendesak mereka dari basis basis komunis di Cina Selatan dan Timur. Pasukan PKC terpaksa mengadakan long march ke daerah barat daya dan mendirikan basis gerilya di Provinsi Yan’an dan Shaanxi. Selama Long March ini muncul pemimpin baru PKC yaitu Mao Zedong.  Pada tahun 1949, PKC yang di pimpinan Mao Zedong berhasil menggulingkan Pemerintahan Nasionalis Kuomintang (KMT) pimpinan Chiang Kai-shek yang didukung oleh Amerika Serikat di Cina. Uni Soviet kemudian menjalin aliansi dengan Republik Rakyat Cina yang baru terbentuk, Truman segera memperluas dan meningkatkan kebijakan kontainmen mereka di Cina.
  26. 26.  Amerika Serikat selanjutnya juga mulai memperluas kebijakan kontainmen mereka ke Asia, Afrika, dan Amerika Latin untuk melawan gerakan nasionalis revolusioner, yang kebanyakannya dipimpin oleh partaipartai komunis yang dibiayai oleh Soviet dan berjuang dalam menentang dominasi kolonial Eropa di Asia Tenggara dan wilayah lainnya. Pada awal 1950-an (periode ini kadang dikenal dengan “Pactomania”), AS membentuk serangkaian aliansi dengan Jepang, Australia, Selandia Baru, Thailand, dan Filipina (terutama ANZUS pada tahun 1951 dan SEATO pada tahun 1954). Aliansi ini membuat AS memiliki sejumlah pangkalan militer jangka panjang di negara-negara tersebut.
  27. 27. Akhir Konflik Konflik utama berakhir secara tak resmi pada tahun 1950 dengan pihak Komunis menguasai Cina Daratan (termasuk Pulau Hainan) dan pihak Nasionalis dibatasi di sisa wilayah mereka di Taiwan, Penghu, dan beberapa pulau-pulau luar Fujian
  28. 28. Dampak  PBB menghapuskan keanggotaan Taiwan karena hanya mengakui One China dimana China adalah wakil yang sah atas seluruh China, dan Taiwan adalah sebuah provinsi yang termasuk dalam kedaulatan China. Tetapi Taiwan pun mengklaim bahwa dirinya adalah wakil yang sah, dan Chiang Kai-shek adalah wakil yang sah atas seluruh China. Ditetapkannya China menjadi anggota tetap DK PBB yang mempunyai hak veto untuk menggantikan Taiwan tidaklah lepas dari peran Presiden Nixon (AS) yang melakukan kunjungan bersejarah pada tahun 1972.
  29. 29. Pada tanggal 1 Oktober 1949, Mao Tse Tung memproklamirkan republik rakyat cina (RRC) di Tiananmen. Partai komunis cina memenangkanperang saudara terhadap kuomintang. Kekalahan dalam perang saudara membuat Chiang Kai Sek mengundurkan diri ke Taiwan.
  30. 30. Mao Tse Tung Dhanioutsider7@gmail.com Company Logo
  31. 31. Dhanioutsider7@gmail.com LOGO
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×