Efek rumah kaca

2,093 views

Published on

Disusun oleh Devi dkk

0 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,093
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
8
Actions
Shares
0
Downloads
205
Comments
0
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Efek rumah kaca

  1. 1. Ari Utami 03 Ayu Deviasari 05 Devi Kurnia Sari 08 Fandari 11SMA N 7 PURWOREJO
  2. 2. • Mengapa planet bumi dapat tetap hangat di tengah tengah ruangangkasa yang dingin? Temperatur bumi tetap hangat karena proses yangkita kenal sebagai efek rumah kaca.• Ketika radiasi matahari mencapai atmosfer bumi,sebagian panas akandipantulkan oleh atmosfer dalam bentuk sinar infra merah, dan sebagianlagi akan diteruskan ke bumi. Hal ini yang menyebabkan permukaan umimenjadi hangat.• Permukaan bumi memantulkan kembali panas tersebut dan sebagiandiserap “gas rumah kaca”• sebagian dari panas akan kembali ke permukaan bumi sehingga hangatdan nyaman untuk seluruh makhluk hidup.• jika tidak ada efek rumah kaca maka bumi akan bersuhu 33 derajat dibawah suhu sekarang.
  3. 3. Pemanasan global Pemanasan global terjadi akibat dari peningkatan efekrumah kaca yang disebabkan oleh naiknya konsentrasi gasrumah kaca di atmosfer. Hal ini menyebabkan peningkatansuhu di permukaan bumi. disamping juga bisa peningkatanradiasi matahari, namun relatif sangat kecil. Kegiatan pembakaran bahan bakar fosil dan aktifitaspertanian, akan menghasilkan emisi berupa gas rumah kacayaitu CO2, CH4, N2O dan halokarbon (kelompok gas yangmengandung florine, klorin dan bromin). Gas-gas tersebutterakumulasi di atmosfer sehingga menyebabkanpeningkatan konsentrasi seiring dengan perjalanan waktu.
  4. 4. Penyebab Pemanasan Global Penelitian yang telah dilakukan para ahli selama beberapa dekadeterakhir ini menunjukan bahwa ternyata makin panasnya planet bumiterksi langsng dengan gas gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktifitasmanusia. Kebanyakan dari gas rumah rumah kaca ini dihasilkan olehpembakaran bahan bakar fosil pada kendaraan bermotor, pabrik-pabrikmoder, peternakan , serta pembangkit tenaga listrik.Apa itu gas rumah kaca? Kelompok gas yang menjaga suhu permukaan bumi agar tetap hangatdikenal dengan istilah gas rumah kaca. Disebut gas rumah kaca karenasistem kerja gas gas tersebut di atmosfer bumi mirip dengan cara kerjarumah kaca yang berfungsi menahan panas matahari di dalamnya agarsuhu di dalam rumah kaca tetp hangat, dengan begitu tanaman bisatumbuh dengan baik.
  5. 5. Akibat Meningkatnya suhu permukaan bumi akan mengakibatkan adanyaperubahan iklim yang sangat ekstrem di bumi. Hal ini dapatmengakibatkan terganggunya hutan dan ekosistem lainnya, sehinggamengurangi kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida diatmosfer. Pemanasan global mengakibatkan mencairnya gunung-gununges di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut.Efek rumah kaca juga akan mengakibatkan meningkatnya suhu air lautsehingga air laut mengembang dan terjadi kenaikan permukaan laut yangmengakibatkan negara kepulauan akan mendapatkan pengaruh yangsangat besar. Menurut perhitungan simulasi, efek rumah kaca telah meningkatkansuhu rata-rata bumi 1-5 °C. Bila kecenderungan peningkatan gas rumahkaca tetap seperti sekarang akan menyebabkan peningkatan pemanasanglobal antara 1,5-4,5 °C sekitar tahun 2030. Dengan meningkatnyakonsentrasi gas CO2 di atmosfer, maka akan semakin banyak gelombangpanas yang dipantulkan dari permukaan bumi diserap atmosfer. Hal iniakan mengakibatkan suhu permukaan bumi menjadi meningkat.
  6. 6. Fakta fakta tentang global warming Fakta 1 : mencairnya es di kutubutara dan selatan Fakta 2 : meningkatnyalevel permukaan laut Fakta 3 : Perubahan iklim/cuaca yang semakin ekstrim Fakta 4 : gelombang panas menjadi ganas Fakta 5 : Habisnya gletser(sumber air bersih dunia)
  7. 7. Solusi Kurangi makanan daging Lakukan penghijauan Beli produk lokal Kurangi penggunaaan kendaraan emisi karbon Gunakan produk ramah lingkkungan

×