Kondisi Rumah Dan Lingkungan Sederhana Dan Sehat
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Kondisi Rumah Dan Lingkungan Sederhana Dan Sehat

on

  • 2,623 views

 

Statistics

Views

Total Views
2,623
Views on SlideShare
2,623
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
71
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Kondisi Rumah Dan Lingkungan Sederhana Dan Sehat Kondisi Rumah Dan Lingkungan Sederhana Dan Sehat Document Transcript

    • Esai
      KONDISI RUMAH SEHAT DAN LINGKUNGANNYA
      Mata Kuliah: Permukiman Kota
      Dewi Rifka Pakaya
      0810660032
      Perencanaan Wilayah dan Kota
      Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
      Malang 2009
      KONDISI RUMAH SEHAT DAN LINGKUNGANNYA
      Dewi Rifka Pakaya
      (0810660032)
      Rumah adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Sebagai tempat hunian untuk melindungi kita dari teriknya sinar matahari dan derasnya hujan, rumah tentu saja punya beberapa kriteria yang akan diperlukan dalam pembangunannya. Rumah atau tempat hunian yang pantas harus memenuhi persyaratan rumah sehat sebab sebagai kebutuhan primer, tentu saja kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di rumah, khususnya ibu rumah tangga. Oleh karena itu, rumah yang kita tinggali harus bisa memenuhi syarat rumah layak huni, agar kita yang tinggal didalamnya tidak menerima dampak negatif dari rumah itu.
      Masalah perumahan telah diatur dalam Undang-Undang pemerintahan tentang perumahan dan pemukiman No.4/l992 bab III pasal 5 ayat l yang berbunyi “Setiap warga negara mempunyai hak untuk menempati dan atau menikmati dan atau memiliki rumah yang layak dan lingkungan yang sehat, aman , serasi, dan teratur”
      Sebuah rumah harus memenuhi syarat rumah sehat untuk dapat dihuni dan disebut layaknya rumah. Beberapa syarat rumah sehat antara lain adalah:
      • Sirkulasi udara yang baik.
      • Penerangan yang cukup.
      • Air bersih terpenuhi.
      • Pembuangan air limbah diatur dengan baik agar tidak menimbulkan pencemaran.
      • Bagian-bagian ruang seperti lantai dan dinding tidak lembab serta tidak terpengaruh pencemaran seperti bau, rembesan air kotor maupun udara kotor.
      Berdasarkan hal tersebut, kondisi rumah di Indonesia saat ini belum semuanya memadai dan sesuai dengan syarat kesehatan. Akan tetapi, sudah mulai banyak rumah yang dibuat berdasarkan aturan kesehatan standar yang dianjurkan pemerintah. Diantaranya, pembangunan rumah saat ini mulai memperhatikan kondisi kesehatan untuk penghuninya. Khusus Kota Malang yang merupakan kota pendidikan, sebagian besar rumah-rumah yang bertebaran adalah rumah untuk disewakan atau dengan kata lain biasa disebut kos-kosan. Kos-kosan yang ideal harusnya tidak memiliki terlalu banyak penghuni, sebab penghuni yang terlalu banyak akan membuat suasana belajar tidak kondusif.
      Selain penghuni kos yang relative sedikit, menurut beberapa mahasiswa, kos-kosan seharunya memiliki pembantu atau orang yang bisa mengerjakan pekerjaan harian di kos-kosan. Keinginan tersebut didasari dengan alasan bahwa mahasiswa mempunyai kesibukan masing-masing yang tidak memungkinkan untuk menyelesaikan tugas-tugas harian seperti mengepel, menyapu ruang tamu, atau menata ruangan santai di kos-kosan. di samping itu, sarana dan prasarana yang disediakan oleh pemilik kos-kosan rata-rata sama di setiap kos-kosan.
      left2895600Menurut saya, mengacu pada data di atas, kos-kosan atau tempat tinggal saya sudah dapat dikatakan memenuhi syarat kesehatan. Penghuni kos-kosan yang hanya berjumlah sekitar 13 orang memungkinkan kami mendapat suasana belajar yang baik dan kondusif.
      Untuk bagian syarat sirkulasi udara, rumah kos ini sudah sangat memenuhi kriteria, sebab di tengah rumah kos ada taman hijau yang cukup untuk menyegarkan hawa. Sirkulasi udara lancar sebab di depan kamar kos, bukanlah bangunan atau kamar kos lain, akan tetapi ruang terbuka yang langsung ke alam. Hal ini menyebabkan udara bersih dan segar bisa langsung masuk ke dalam kamar-kamar kos dan tidak menimbulkan suasana pengap yang menyesakkan pernapasan.
      Oleh karena kamar yang langsung menghadap ke ruang terbuka, maka pencahayaan di dalam kamarpun cukup cahaya matahari dapat langsung masuk ke kamar-kamar kos karena di samping jendela, di depan kamar tidak ada bangunan yang bisa menghalangi masuknya cahaya matahari. Cahaya matahari yang masuk bisa membunuh bakteri atau kuman yang mungkin ada di udara.
      Dilihat dari segi sarana dan prasarana umum, kos ini sudah memiliki kamar mandi sejumlah 3 buah untuk dipakai oleh penghuni kos. Kamar mandi ini dilengkapi dengan bak air yang cukup untuk menampung air. Air yang tersedia pun adalah air bersih yang cukup dipakai oleh seluruh penghuni kos, untuk mandi, mencuci, dan keperluan-keperluan lain. Ditinjau dari sisi kesehatan, rumah kos ini sudah memiliki tempat cuci baju, dapur dan tempat cuci piring sendiri yang terpisah. Jemuran pun ada dan berada di lantai dua, langsung dibawah sinar matahari.
      11220452710815Pengolahan limbah di rumah kos ini layaknya rumah-rumah di Indonesia pada umumnya, menyatukan limbah rumah tangga dengan limbah air hujan yang seharusnya dipisah. Akan tetapi, untuk limbah padat seperti sisa makanan, disediakan tempat sampah di dapur dan di tempat cuci piring, sehingga limbah bekas makan tidak dibuang ke saluran air yang dapat menghambat jalannya aliran air. Di depan kamar masing-masing penghuni kos juga ada tempat sampah, sehingga sampah tidak bertebaran di mana-mana.
      Rumah kos ini tergolong rumah permanen karena dindingnya tembok bata dan lantainya sudah dipasangi tegel. Hal ini mencegah merembesnya air dari luar, sehingga dinding dan lantai tidak lembab. Keuntungan lainnya adalah dengan lantai tegel, proses membersihkan lantai cukup mudah walaupun tidak ada pembantu.
      Lingkungan sekitar rumah kos cukup teratur, rapi dan bersih. Di bagian depan rumah kos ada taman yang rajin dirawat oleh ibu kos. Sehingga suasana depan rumah kos terlihat cukup asri dan nyaman. Setiap malam ada petugas yang berpatroli dan memastikan semuanya aman sehingga penghuni rumah kos sepanjang halan ini bisa merasa aman. Di jalan depan rumah kos disediakan tempat sampah untuk umum. Sampah dari tempat tersebut diambil secara rutin setiap hari oleh petugas, sehingga tidak ada penumpukan sampah yang menggangu lingkungan dan penghuni rumah kos. Hanya saja, jarak antara rumah yang cukup dekat juga agak menghawatirkan jika terjadi kebakaran.
      Berdasarkan hal-hal tersebut, maka saya dapat menyimpulkan bahwa rumah kos saya sudah cukup memenuhi syarat kesehatan sebagai rumah layak huni. Rumah yang bisa member kenyamanan dan keamanan bagi penghuninya, dan menjaga kelestarian lingkungannya.
      Daftar Pustaka
      Prabu. 2009. Rumah Sehat. (online) prabu.wordpress.com/kesehatan-lingkungan/rumah-sehat