Tujuan pendidikan

32,277 views
31,994 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
4 Likes
Statistics
Notes
  • perlu perbaikan dalam desain Powerpoint. karena peran besar nya desain terutama desain pesan dalam pembuatan powerpoint akan mempengaruhi pembaca. prinsip-prinsip psikologi pembelajaran perlu juga diperhatikan dalam penggunaan desain warna n pesan. font dsb.
    maaf bukan beraksud menggurui
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total views
32,277
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
311
Comments
1
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tujuan pendidikan

  1. 1. Dyah Prastika P. (082331045)Emhais Pramuji (082331050)Haerul Anam (082331062)Isna Yuliani K. (082331070)Jaenuri (082331073)Kamaludin Ridho (082331074) PRESENT BY KELOMPOK 1 Tarbiyah/ 6 PAI 2Laeli Ma’rifatul K. (082331077) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO 2011
  2. 2. PENGERTIAN TUJUAN
  3. 3. PENGERTIAN PENDIDIKAN Suatu metode untuk mengembangkan keterampilan, kebiasaan, dan sikap-sikap yang diharapkan dapat membuat seseorang menjadi lebih baik. Dlm UU. SISDIKNAS No. 20 thn 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yg diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
  4. 4. Menurut Al syaibany ialah perubahan-perubahan yang diinginkan yang diusahakanoleh proses pendidikan atau usaha pendidikanuntuk mencapainya, baik pada tingkah lakuindividu dan pada kehidupan pribadinya, ataupada kehidupan masyarakat dan pada alamsekitar individu itu hidup atau pada prosespendidikan sendiri dan proses pengajaransebagai suatu aktivitas asasi dan sebagaiproporsi di antara profesi-profesi asasi dalammasyarakat.
  5. 5. Lanjutan…. Jadi, tujuan pendidikan ialah perubahan- perubahan yang diharapkan terjadi pada subjek didik setelah mengalami proses pendidikan. perubahan tingkah laku perubahan pribadi individu perubahan kehidupan sosial perubahan kehidupan masyarakat Dan perubahan alam sekitarnya.
  6. 6. Tujuan pendidikan di Indonesia Dalam UU. No. 2 thn 1985, tujuan pendidikan yaitu mncerdaskn khidupn bangsa dan mngembangkan manusia yg seutuhnya yaitu yg beriman dan bertakwa kpd Tuhan Yang maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kpribadian yg mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatn dan bangsa. Menurut SK Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan No. 104/Bhg.O tgl 1 Maret 1946, rumusan tujuan pendidikan adalah untuk menanamkan jiwa patriotisme.
  7. 7. Lanjutan… Menurut ketetapan MPRS No. IV/MPRS/1973 tntang GBHN, tujuan pendidikan Nasional sebagai berikut: pembangunan dibidang pendidikan didasarkan atas falsafah negara Pancasila dan diarahkan untuk membentuk manusia-manusia pembangunan yang berpancasila dan untuk membentuk manusia yang sehat jasmani dan rohaninya, memiliki pengetahuan dan keterampilan, dapat mengembangkan kreativitas dan tanggung jawab, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsanya dan mencintai sesama manusia.
  8. 8. Lanjutan… Menurut TAP MPR No. II/MPR/1993 yaitu meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap TuhanYang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, disiplin, beretos kerja profesional serta sehat jasmani dan rohani. menurut UU Sisdiknas pasal 3 Thn 2003. pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
  9. 9. Rumusan Tujuan Pendidikan1. Rumusan tujuan pendidikan menurut UU No. 4 thn 1950, tercantum dlm bab II pasal yg berbunyi “Tujuan pendidikan dan pengajaran membentuk manusia susila yg cakap dan warga negara yg demokratis serta bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air”.2. Rumusan tujuan pendidikan menurut ketetapan MPR No. 11 thn 1960 yg berbunyi tujuan pendidikan ialah mendidik anak ke arah terbentuknya manusia yg berjiwa pancasila dan bertanggung jawab atas terselenggaranya masyarakat sosialis Indonesia yg adil dan makmur material dan spiritual.
  10. 10. Lanjutan…3.Rumusan tujuan pendidikan menurut SISDIKNAS pancasila dgn penetapan presiden No.19 thn 1965 yg berbunyi tujuan pendidikan nasional kita, baik yg diselenggarkan oleh pemerintah maupun swasta, dari pendidikan prasekolah sampai perguruan tinggi, supaya melahirkan warga negara sosialis Indonesia, adil dan makmur baik spiritual maupun yang berjiwa pancasila.4.Rumusan tujuan pendidikan menurut ketetapan MPRS No. 2 Thn 1960 yg berbunyi tujuan pendidikan ialah membentuk manusia pancasilais sejati berdasarkan ketentuan-ketentuan yg dikehendaki oleh pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 1945
  11. 11. Jenis Tujuan Pendidikan1. Tujuan pendidikan nasional adalah manusia yang berjiwa pancasila.2. Tujuan Kurikuler, mencakup 3 ranah pendidikan (kognitif, afektif, dan psikomotorik).3. Tujuan Institusional ialah tujuan tiap lembaga pendidikan.4. Tujuan Instruksional,tujuan pokok bahasan atau sub pokok bahasan.
  12. 12. Fungsi Tujuan Fungsi tujuan pendidikan adalah memberikan arah kepada segenap kegiatan pendidikan dan merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh segenap kegiatan pendidikan. Menurut ahmad D. Marimba, fungsi tujuan yaitu: 1) Mengakhiri usaha. 2) Mengarahkan usaha. 3) Titik tolak untk mncapai tujuan-tujuan lain. 4) Memberi nilai pada usaha-usaha tersebut.
  13. 13. 3 kriteria tujuan yang baik menurut John dewey1. Tujuan yang telah ada haruslah menciptakan perkembangan lebih baik daripada kondisi- kondisi yang telah ada sebelumnya.2. Tujuan itu harus fleksibel dan harus dapat ditukar-tukar untuk menyesuaikan dengan keadaan3. Tujuan itu harus mewakili kebebasan aktivitas.
  14. 14. Tahapan-tahapan tujuanPendidikanMenurut al syaibany, tahapan-tahapan Tujuanpendidikan ialah:a) Tujuan individual, mewujudkan perubahan yg dinginkan individu.b) Tujuan sosial, kehidupan masyarakat sbg keseluruhan dan tingkah laku mereka secara umum.c) Tujuan profesional, pendidikan sbg sebuah ilmu, seni, profesi dan aktifitas.
  15. 15. Sekian dan terima kasih……

×