Tugas pkn 2
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
6,169
On Slideshare
6,169
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
63
Comments
0
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. NAMA KELOMPOK :ChristoperDarma Wijaya (08)Primaniarta (27)
  • 2. K.D 4.4 MENUNJUKAN SIKAP POSITIF TERHADAPKONSTITUSI NEGARA
  • 3. SIKAP POSITIF TERHADAP KONSITUSI NEGARA Konsitusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan hal yang penting. Oleh karena itu,bangsa indonesia sudah memiliki konstitusi sejak kemerdekaan mulai dari UUD 1945,konsitusi RIS,UUDS 1950,UUD 1945,sampai UUD 1945 hasil amandemen. Kositusi negara tidak hanya sekadar teks-teks yang tertuang dalam suatu naskah. Konsitusi diharapkan bisa hidup dalam penyelenggaran negara. Artinya,konsitusi benar- benar harus ditaati dan dijalankan oleh segenap komponen negara,terkhusus penyelenggara negara.
  • 4.  Para penyelenggaran negara wajib taat dan melaksanakan semua yang digariskan oleh konsitusi.Demikian juga halnya warga negara harus taat pada konsitusi. Ketaatan terhadap konsitusi diwujudkan dalam perilaku konsitusinal. Perilaku konsitusional adalah perilaku yang sesuai dan tidak bertentangan dengan konsitusi negara. Sebaliknya,perilaku inkonsitusional adalah perilaku yang menyimpang dari konsitusi negara. Agar terwujud perilaku konsitusional maka harus dilandasi sikap positif terhadap UUD 1945. Warga negara yang mendukung berlakunya UUD 1945 akan sangat mempengaruhi berlakunya perilaku konsitusional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • 5. 4. Sikap Positif Terhadap Konstitusi NegaraUUD, merupakan perwujudan atau manifes i dari hukum tastertinggi yang harusditaati, bukan hanya oleh rakyat, tetapijuga oleh pemerintah serta penguas a. Setiap warga 1. Bersikap terbuka negara 2. Mampu mengatasi masalah hendaknya Budaya 3. Menyadari adanya memiliki “taat perbedaan keinginan asas” & 4. Memiliki harapan realistis kuat “taat 5. Penghargaan terhadap terhadap hukum” karya bangsa sendiri konstitusi 6. Mau menerima dan negara sbb : memberi umpan balik
  • 6. CONTOH PERILAKU POSITIF TERHADAPKONSTITUSI NEGARA: Perilaku positif terhadap konsititusi Negara adalah perilaku yang sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam konstitusi yaitu perilaku yang menghormati dan melaksanakan aturan- aturan yang telah ditetapkan dalam konstitusi, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Contohnya adalah sbb: 1. Melaksanakan pemilu sesuai dengan aturan yang ada. 2. Melakukan unjuk rasa sesuai dengan UU No. 9 tahun 1998. 3. Membayar pajak tepat waktu. 4. Mengadakan musyawarah untuk pemilihan pejabat. 5. Ikut melakukan pembelaan Negara sesuai dengan kemampuan, hak dan kewajiban.