Tata surya
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Tata surya

on

  • 2,251 views

sistem Tata surya

sistem Tata surya

Statistics

Views

Total Views
2,251
Views on SlideShare
2,248
Embed Views
3

Actions

Likes
1
Downloads
61
Comments
0

2 Embeds 3

http://www.slashdocs.com 2
http://www.docshut.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Tata surya Tata surya Presentation Transcript

  • •A . Konsep jagat raya dan tata suryarahasia alam semesta. Jika manusia melihat ke angkasa seolah olah bataspandang kita berbentuk setengah lingkaran dikatakan para ahli astronomi “BolaLangit”bola langit adalah suatu ruang yang tak terhingga luasnya dan seolah olahberbentuk lingkaran . jagat raya adalah alam semesta yang sangat luas dan tidakterukur , terdiri atas berjuta benda-benda langit dan beribu ribu kabut gas .tata surya terdirii atas satu matahari , dan delapan pelanet termasuk planet bumi,serta benda langit yang mengelilinginya. Didalam tata surya terdapat dua jenisplanet berdasarkan letak lintasannya , yaitu planet dalam dan planet luar. Planetdalam adalah planet –planet yang lintasannya di antara bumi dan matahari , yangtediri atas merkurius dan venus . planet – planet luar adalah planet-planet yangmengelilingi matahari lebih besar daripada jari-jari lintasan bumi di saatmengelilingi matahari.
  • •B. Teori terbentuknya jagat raya dan tata surya .•1. . Teori ledakan besar (The big bang theory)Menurut teori ledakan besar, jagat raya berawal dari adanya suatu massa yang sangatbesar dengan berat jenis besar pula yang mengalami ledakan yang sangat dahsyatkarena adanya reaksi pada inti massa. Ketika terjadi ledakan besar, bagian-bagian darimassa tersebut berserakan terpental menjauhi pusat ledakan. Setelah milyaran tahunkemudian, bagian-bagian yang terpental itu membentuk kelompok-kelompok yang kitakenal sebagai galaksi-galaksi.2. . Teori mengembang dan memampat (The oscillating theory)Teori ini dikenal pula dengan nama teori ekspansi dan konstraksi. Menurut teori ini, jagatraya terbentuk karen a adanya suatu siklus materi yang diawali dengan masaekspansi atau mengembang yang disebabkan oleh adanya reaksi inti hidrogen, padatahap ini terbentuklah galaksi-galaksi.Tahap ini diperkirakan berlangsung selama 30milyar tahun, selanjutnya galaksi-galaksi dan bintang yang telah terbentuk akanmeredup, kemudian memampat yang didahului dengan keluarnya pancaran panas yangsangat tinggi. Setelah tahap memampat maka tahap berikutnya adalah tahapmengembang dan kemudian memampat lagi.
  • C. galaxyGalaksi adalah kumpulan bintang yang membentuk suatu sistemyang terdiri atas satu atau lebih benda angkasa yang berukuranbesar dan dikelilingi oleh benda-benda angkasa lainnya sebagaianggotanya yang bergerak mengelilinginya secara teratur. Didalam ilmu astronomi, galaksi diartikan sebagai suatu sistemyang terdiri atas bintang-bintang, gas dan debu yang amat luas,yang anggotanya mempunyai gaya tarik menarik (gravitasi).Suatu galaksi pada umumnya terdiri atas milyaran bintang-bintang yang mempunyai ukuran, warna, dan karakteristik yangsangat beraneka ragam.Sesungguhnya yang paling banyak terdapat di alam semesta iniadalah galaksi elips. Jika kita mengambil volume ruang angkasayang sama, kita akan menemukan lebih banyak galaksi elipsdaripada galaksi spiral. Hanya saja galaksi tipe ini banyak yangredup, sehingga sulit untuk diamati.
  • a. Galaksi spiral (Spiral galaxy)Galaksi spiral merupakan tipe yang paling umum dikenal orang. Mungkinkarena bentuk spiralnya yang indah itu. Jika kita mendengar kata galaksi,biasanya yang terbayang adalah galaksi tipe ini. Galaksi kita termasukgalaksi spiral. Bagian-bagian utama galaksi spiral adalah halo, bidanggalaksi (termasuk lengan spiral), dan bulge (bagian pusat galaksi yangmenonjol). Anggota galaksi spiral adalah bintang- bintang muda dan tua.Bintang-bintang tua terdapat pada gugus-gugus bola yang tersebarmenyelimuti galaksi.b. Galaksi elips (Elliptical galaxy)Galaksi berbentuk elips meliputi kurang lebih 17 % dari jumlah galaksi yangtelah dikenal. Galaksi ini menyerupai bentuk dasar bulatan besar yangberbentuk lonjong (elips) di angkasa yang memancarkan sinar yang relatifterang. Contohnya, Galaksi Fornax dan Galaksi Skulpter.c. Galaksi tak beraturan (Irregular galaxy)Galaksi yang tidak mempunyai bentuk dasar spiral ataupun elips disebutgalaksi tak beraturan. Dengan kata lain, galaksi ini terlihat seperti suatukumpulan bintang dan benda-benda angkasa lainnya yang letaknya tidakberaturan. Contohnya Galaksi Magellan..
  • .3. Galaksi Bima Sakti (The Milky Ways Galaxy)Galaksi kita termasuk galaksi spiral berbentukseperti cakram dengan garis tengah kira-kira100.000 tahun cahaya (30.600 pc). Bintang yanglebih tua ditemukan di pusat tonjolan denganketebalan 20.000 tahun cahaya (6.100 pc).Bintang yang lebih muda ditemukan di lenganspiral. Pusat galaksi berada dalam gugusanbintang Sagitarius. Kutub utaranya di ComaBerenices, sedangkan kutub selatannya diSculptor. Matahari ada di sudut dalam lenganspiral Carina Cygnus kira-kira 32.000 tahuncahaya (9.800 pc) dari pusat galaksi. Diperkirakangalaksi berumur 12-14 biliun tahun dan terdiri atas100 biliun bintang
  • •D. Bintang•1. Rasi bintangKelompok bintang-bintang yang membentuk pola tertentu danletaknya berdekatan disebut Rasi Bintang atau KonstelasiBintang. ontohnya Rasi Bintang Pari (Crux) merupakan kumpulandari empat bintang yang letaknya berdekatan, yakni Bintang Alfa,Beta, Gamma, dan Delta. Selain Rasi Bintang Pari, nama-namarasi bintang lainnya antara lain Rasi Bintang Orion, Centauri, UrsaMayor, Lyra, dan Aquilla.2. BintangBintang adalah benda angkasa berbentuk bulat yang mempunyaicahaya sendiri. Salah satu bintang yang paling kita kenal adalahbintang Matahari (The Sun Star), nama-nama bintang lainnyayaitu Polaris, Antares, Aldebaran, Sirius, Spica, Betelguese, Hidra,Pegasus, Phoenix, Carina, dan lain-lain.
  • E. PLANET-Mengorbit mengelilingi bintang atau sisa-sisa bintang-Mempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agardapat mengatasi tekanan rigid body sehingga benda angkasa tersebutmempunyai bentuk kesetimbangan hidrostatik-Tidak terlalu besar hingga dapart menyebabkan fusi termo nuklirterhadap deuterium di intinya-Berdiameter lebih dari 800 mPlanet diambil dari kata bahasa Yunani asters planetai yang artinyabintang pengelana. Di namakn demikian karena berbeda dengan bintangbiasa, planet dari waktu ke waktu terlihat berkelana (berpindah-pindah)dari rasi bintang ke rasi bintang yang lain. Perpindahan ini (pada masasekarang) dapat di pahami karena planet beredar mengelilingi matahariMACAM – MACAM mengelilingi matahari.
  • MACAM – MACAM PLANET•A. MERKURIUS•B. VENUS•C. BUMI•D. MARS•E. YUPITER•F. SATURNUS•G. URANUS•H. NEPTUNUSDidalam tata surya terdapat dua jenis planet berdasarkan letak lintasannya , yaituplanet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet –planet yanglintasannya di antara bumi dan matahari , yang tediri atas merkurius dan venus .planet – planet luar adalah planet-planet yang mengelilingi matahari lebih besardaripada jari-jari lintasan bumi di saat mengelilingi matahari.
  • •F. BULANBulan adalah satu-satunya satelit alamiBumi, dan merupakan satelir alami terbesarke-5 di tata surya. Bulan mempunyaisumber cahaya sendiri dan cahay bulansebenarnya besaral dari pantulan cahayaMatahari.Jarak rata-rata bumi-bulan dari pusat kepusat adalah 384.403 km, sekitar 30 kalidiameter Bumi. Diameter bulan adalah3.474 km, sedikit lebih kecil dariseperempat diameter bumi. Bulan beredarmengelilingi bumi sekali setiap 27,3 hari(periode orbit). Massa jenis bulan (3,4g/cm3) adalah lebih ringan di bandingmassa jenis bumi (5,5 g/cm3), sedangkanmassa bulan hanya 0,012 massa bumi