Manajemen limbah semseter 1 ( Rice bran oil )

682 views
535 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
682
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
104
Actions
Shares
0
Downloads
15
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Manajemen limbah semseter 1 ( Rice bran oil )

  1. 1. Kuliah Manajemen Lingkungan dan Limbah IndustriOleh : Sri Kumalaningsih
  2. 2.  Padi (Oryza sativa) merupakan sumber bahanmakanan yang menghasilkan beras Dalam proses pengadaan beras dari padi dihasilkandedak padi sebagai hasil sampingan Penggilingan padi dengan kadar air 14% akanmenghasilkan rendemen beras 57-60%, sekam 18-20%, dan dedak 8-10%. Dilihat dari komposisinya, dedak (bekatul)mengandung protein (11–17%), lemak (2,52–5,05%),karbohidrat (58–72%) dan serat.
  3. 3.  Dedak padi merupakanlimbah pertanian yangmurah harganya,dihasilkan dari prosespenggilingan padiatas lapisan sebelah luar butiran padi dgnsejumlah lembaga biji.• Sementara bekatul (polish) adalah lapisansebelah dalam dari butiran padi, termasuksebagian kecil endosperm berpati
  4. 4.  Minyak dedak (rice branoil) merupakan minyakhasil ekstraksi dedakpadi. Minyak dedak dapatdikonsumsi danmengandung vitamin,antioksidan serta nutrisiyg diperlukan manusia.
  5. 5. Component :Hull 20%Bran & Germ 10%Starchy Endosperm 70%
  6. 6.  Pengolahan minyak dedak meliputi dua faktorpenting yaitu stabilisasi dan ekstraksi Stabilisasi bertujuan untuk menghancurkanenzim lipase yang ada dalam dedak sehinggarendemen minyak meningkat dan kadar asamlemak bebas menurun. Stabilisasi dapat dilakukan secara kimiawi ataumenggunakan panas
  7. 7.  Ekstraksi dengan menggunakan pelarut mudahmenguap merupakan cara terbaik untukmengambil minyak dedak yang kadarnya <25%. Selanjutnya minyak dedak hasil ekstraksidipisahkan dari pelarut melalui penguapan. Pelarut yang dapat digunakan adalah etanoldan n-heksan.
  8. 8.  Ampas dedak yang telah dipisahkan daripelarut dapat dimanfaatkan sebagai pakanternak karena masih mengandung protein dankarbohidrat yang tinggi. Rendemen minyak dedak yang dihasilkansekitar 14-17% dan kandungan protein ampasdedak hasil ekstraksi 11-13%. Dedak segar mengandung protein 12- 15% dankarbohidrat 20-23%.
  9. 9.  Minyak dedak hasil ekstraksi selanjutnyadipurifikasi atau dimurnikan. Pemurnian bertujuan untuk menghilangkansenyawa lilin (dewaxing), fosfatida(degumming), asam lemak bebas(saponification), pewarna (bleaching), dan bau(deodorization). Jika diinginkan minyak yang dapat disimpanpada suhu rendah maka pemurnian dilengkapidengan proses winterization.
  10. 10.  Minyak dedak umumnya dimanfaatkan sebagaiminyak goreng untuk deep frying maupun stirfrying. Deep frying digunakan pada penggorengankeripik atau produk yang harus terendamdalam minyak, Sedangkan stir frying untuk jenis makananseperti makanan laut, daging, dan sayurankarena memiliki daya tahan alami terhadaptimbulnya asap walaupun pada suhu tinggi.
  11. 11.  Minyak dedak juga dapat dimanfaatkansebagai snacks dan margarin karena secaraalami dapat membentuk β kristal yang stabildikombinasikan dengan asam palmitatsehingga bersifat plastis dan berbentuk krim. Pemanfaatan minyak dedak sebagaiantioksidan karena mengandung orizanol dantokotrienol.

×