Your SlideShare is downloading. ×
0
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) / TABK

4,909

Published on

Definisi CAATs / TABK yaitu: “perangkat dan teknik yang digunakan untuk menguji (baik secara langsung maupun tidak langsung) logika internal dari suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk mengolah …

Definisi CAATs / TABK yaitu: “perangkat dan teknik yang digunakan untuk menguji (baik secara langsung maupun tidak langsung) logika internal dari suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk mengolah data”.

Keuntungan menggunakan TABK antara lain adalah:
Untuk database yang berisikan ribuan transaksi, yang tidak mungkin dilakukan dengan cara manual, maka TABK sangat membantu untuk memfokuskan audit.
TABK mampu memeriksa 100% seluruh transaksi dalam sebuah database.
TABK mampu memberikan informasi untuk analisis data dan melihat profil data.
Waktu untuk proses audit lebih cepat dengan bantuan TABK ini.

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
4,909
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
109
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1.  Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK) Mata Kuliah : Audit dan Evaluasi TI Beberapa Istilah Lain: COMPUTER ASSISTED AUDIT TECHNIQUES (CAATS) COMPUTER ASSISTED AUDIT TOOLS & TECHNIQUES (CAATT) COMPUTER AIDED AUDITING TECHNIQUES (CAAT) Kelompok 7 Catur Setiawan L. Yudhi Prihadi Hafizhudin Amin Yobo Endra Prananta
  • 2. Tahapan Audit IT/IS  Tahapan Perencanaan  Sosialisasi Tujuan Audit TI (ke institusi terkait); waktu, jumlah tim  Guideline; daftar pengecekan berdasarkan framework yang dipilih  Tahap Pengumpulan Bukti  Melalui berbagai teknik termasuk survei, interview, observasi dan review dokumentasi (termasuk source-code)  Data dalam bentuk file softcopy  Menggunakan CAATs (Computer Assisted Audit Techniques) untuk menganalisa data  Tahap Pendokumentasian Bukti  Tahap Pembuatan Laporan Audit
  • 3. SekilasTentang CAATs/TABK  Definisi CAATs / TABK yaitu: “perangkat dan teknik yang digunakan untuk menguji (baik secara langsung maupun tidak langsung) logika internal dari suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk mengolah data”.  Keuntungan menggunakan TABK antara lain adalah:  Untuk database yang berisikan ribuan transaksi, yang tidak mungkin dilakukan dengan cara manual, maka TABK sangat membantu untuk memfokuskan audit.  TABK mampu memeriksa 100% seluruh transaksi dalam sebuah database.  TABK mampu memberikan informasi untuk analisis data dan melihat profil data.  Waktu untuk proses audit lebih cepat dengan bantuan TABK ini.
  • 4. Beberapa Pendekatan Audit  Auditing around the computer, yaitu mentrasir balik (trace-back) hasil olahan komputer antara lain output ke bukti dasarnya antara lain input tanpa melihat prosesnya.  Auditing with the computer, pendekatan ini menitikberatkan pada penggunaan komputer sebagai alat bantu audit. Alat bantu audit ini berupa komputer dilengkapi dengan software audit umum (generalized audit software, biasa disingkat GAS). Contoh GAS antara lain ACL (Audit Command Language), IDEA (Interactive Data Extraction and Analysis) dan lain- lain.  Auditing throught the computer, auditor harus memperlakukan komputer sebagai target audit dan melakukan audit throught atau memasuki area program. Oleh sebab itu pendekatan Auditing throught the computer termasuk juga dalam CAATs (Computer Assisted Audit Techniques) yaitu teknik audit berbantuan komputer (TABK).
  • 5. Ruang Lingkup CAATs /TABK  Pengumpulan data  Kuesioner Pooling  Flow Charting  Analisis  Pelaporan
  • 6. Implementasi CAATs/TABK  Menurut Natalia Tangke (2004) dalam jurnalnya yang berjudul “Analisa Penerimaan Penerapan Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK) dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI”,  Implementasi atau penerapan dari Teknik Audit Berbantuan Komputer ini akan terlaksana dengan baik apabila didukung dengan bagaimana :  Persepsi Pengguna terhadap Kemudahan Dalam Menggunakan TABK (Perceived Ease of Use),  Persepsi Pengguna terhadap Kegunaan TABK (Perceived Usefulness),  Sikap Pengguna terhadap Penggunaan TABK (Attitude Toward Using), dan ;  Penerimaan Pengguna terhadap TABK (Acceptance of TABK).
  • 7. Alat Bantu CAATs/TABK  Spreadsheet Application  MS Excel , Lotus 123, QuatroPro, OpenOffice  —Query & Reporting Application  MS Query , Crystal Report  —Database Management System  MS Access , MS Visual Fox Pro , Lotus Approach  —Generalized Audit Software  ACL , IDEA , SAS, SESAM
  • 8. Sekilas tentang GAS  Beberapa dari penggunaan GAS yang paling umum adalah sebagai berikut : A. Penjumlahan kolom dan penyeimbangan seluruh file atau bagian data yang dipih. B. Pemilihan dan laporan data terperinci yang ada dalam berbagai file. C. Pemilihan sample statistic yang distrafisikasi dari berbagai file. D. Pemformatan hasil uji kedalam bentuk laporan E. Konfirmasi pencetakan dalam kata-kata bersandarisasi/ khusus F. Perbandingan beberapa file dan identitas perbedaannya.  GAS lebih popular karena 4 faktor : 1. Bahasa GAS mudah digunakan dan auditor hanya membutuhkan sedikit latar belakang ilmu computer. 2. Banyak produk GAS dapat digunakan dalam system mainframe dan PC. 3. Auditor dapat melakukan pengujian tanpa melibatkan staf pelayanan computer klien. 4. Gas dapat digunakan untuk mengaudit data yang disimpan dalam hampir semua struktur serta format file.
  • 9. Sekilas tentang ACL  ACL (Audit Command Language) merupakan salah satu jenis audit software yang termasuk dalam kategori Generalized Audit Software (GAS). Seperti halnya program GAS yang lainnya, ACL hanya dapat digunakan untuk mengumpulkan dan mengevaluasi bukti yang dihasilkan dari pemrosesan transaksi perusahaan sehingga ACL lebih cenderung digunakan untuk menilai post transactions daripada current transactions. Oleh karena itu ACL lebih berorientasi pada pendekatan auditing around the computer dibanding auditing through the computer.  ACL memiliki manfaatyang cukup besar dalam membantu pelaksanaan tugas auditor.  ACL for Windows secara khusus dirancang untuk menganalisis data dan menghasilkan audit reports bagi pemakai non-technical hingga pemakai expert.  Dengan ACL, auditor akan menghemat waktu, tenaga dan biaya dalam pelaksanaan audit di lapangan. Volume data yang akan dianalisis menjadi lebih besar dan hasil pengolahan data relatif lebih akurat.
  • 10. PenggunaanACL sebagai AuditTools Perangkat Lunak ACL ACL didesain untuk metabahasa bagi para auditor untuk mengakses hampir sabagian besar jenis data yang disimpan dalam peralatan elektronik dan untuk mengujinya secara kompherensif.  a. Definisi Data Salah satu kelebihan dari ACL adalah kemampuan membaca data yang disimpan dalam hampir semua format.  ACL menggunakan fitur Definisi Data untuk tujuan ini. Untuk membuat definisi data, maka Auditor harus mengetahui lokasi fisik file sumber dan tata letak struktur fieldnya.  b. Menyesuaikan Tampilan ACL memungkinkan Auditor untuk menyesuaikan tampilan asli yang dihasilkan dari proses definisi data menjadi tampilan yang dapat memenuhi kebutuhan auditnya dengan lebih baik. Auditor dapat membuat dan memformat ulang tampilan baru tanpa mengubah atau menghapus data dalam file dasarnya.  c. Menyaring Data ACL menyediakan pilihan yang canggih untuk menyaring data yang mendukung berbagai uji audit. Filter adalah ekspresi yang mencari berbagai record yang sesuai dengan kriterian penyaringannya, filter ini terletak di Default View.  d. Menstratifikasi Data Fitur Stratifikasi ACL memungkinkan auditor untuk melihat distribusi record yang masuk kedalam strata yang telah ditentukan. Data tersebut dapat diringkas dan diklasifikasi berdasarkan stratanya yang dapat berukuran sama atau berbeda.  e. Analisis Statistik ACL menawarkan banyak metode pengambilan sample untuk analisis statistic.  Dua dari metode yang paling banyak digunakan adalah record sampling dan Monetary unit sampling (MUS) yang terletak di dalam menu bar.
  • 11. PenggunaanACL sebagai AuditTools  Demo
  • 12. Referensi  http://en.wikipedia.org/wiki/Computer-aided_audit_tools  http://caalley.com/gn/GuidanceNoteonCAATS.pdf  http://eoditor.com/tehnik-audit-berbantuan-komputer-tabk/  http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/436/jbptunikompp-gdl- meliariton-21771-2-unikom_m-i.pdf  James A. Hall, Tommie Singleton, Thomson South Western, ” Information Technology Auditing and Assurance” 2nd Edition, 2005
  • 13. Penutup  Sekian.. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih..

×