Your SlideShare is downloading. ×
0
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
presentasi kk2 cahyo
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

presentasi kk2 cahyo

296

Published on

se

se

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
296
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PRESENTASI KK2CAHYO PURWANTONO06TKJB
  • 2. OUTPUT DEVICEA. MONITORMONITOR ADALAH ALATR YANG BERFUNGSI MENAMPILKAN DUA DATA ATAU INFORMASIDALAM BENTUK TEKS ATAU GRAFIK. TERDAPAT BERMACAM-MACAM JENIS MONITOR. JENISYANG PALING TERPOPULER, YAITU CATHODE RAY TUBE (CRT) YANG BERBENTUK TABUNGDAN FLAT PANEL / LIQUID CRYSTAL DISPLAY (LCD) YANG MEMILIKI BENTUK PERMUKAANDATAR SEHINGGA LEBIH PRAKTIS.
  • 3. b. PrinterPRINTER ADALAH ALAT UNTUK MENCETAK INFORMASI YANG DIHASILKAN OLEH KOMP
  • 4. C. SPEAKERSPEAKER ADALAH UNIT KELUARAN YANG MENGHASILKAN SUARA. PASANGAPLIKASI PEMUTAR LAGU (MISALNYA WINAMP), KEMUDIAN DENGARKAN SUARAYANG KELUAR DARI SPEAKER KOMPUTER ANDA.
  • 5. D. PLOTTERPLOTTER MERUPAKAN ALAT KELUARAN YANG MEMPUNYAI FUNGSI SAMADENGAN PRINTER. PERBEDAANNYA ADALAH PLOTTER DIGUNAKAN UNTUKMENCETAK GAMBAR YANG BERUKURAN CUKUP BESAR, SEPERTI GAMBAR MESINDAN KONSTRUKSI BANGUNAN.
  • 6. E. PROYEKTORPROYEKTOR MERUPAKAN ALAT KELUARAN YANG MEMPUNYAI FUNGSI SAMADENGAN MONITOR. PERBEDAANNYA, INFOCUS MEMBUTUHKAN MEDIAPENERIMA PANCARAN SIGNAL-SIGNAL INFOCUS, MEDIA PENERIMA TERSEBUTSEBAIKNYA MEMILIKI PERMUKAAN DATAR DAN BERWARNA PUTIH (TERANG).CONTOH MEDIA YANG BIASA DIGUNAKAN YAITU DINDING PUTIH, WHITEBOARD,ATAUPUN KAIN/LAYAR PUTIH YANG DIBENTANGKAN.
  • 7. INPUT DEVICEA.KEYBOARDKEYBOARD MERUPAKAN UNIT INPUT YANG PALING PENTING DALAM SUATUPENGOLAHAN DATA DENGAN KOMPUTER. KEYBOARD DAPAT BERFUNGSIMEMASUKKAN HURUF, ANGKA, KARAKTER KHUSUS SERTA SEBAGAI MEDIA BAGIUSER (PENGGUNA) UNTUK MELAKUKAN PERINTAH-PERINTAH LAINNYA YANGDIPERLUKAN, SEPERTI MENYIMPAN FILE DAN MEMBUKA FILE. PENCIPTAANKEYBOARD KOMPUTER BERASAL DARI MODEL MESIN KETIK YANG DICIPTAKANDAN DIPATENTKAN OLEH CHRISTOPHER LATHAM PADA TAHUN 1868, DAN PADATAHUN 1887 DIPRODUKSI DAN DIPASARKAN OLEH PERUSAHAN REMINGTON.KEYBOARD YANG DIGUNAKANAN SEKARANG INI ADALAH JENIS QWERTY, PADATAHUN 1973, KEYBOARD INI DIRESMIKAN SEBAGAI KEYBOARD STANDAR ISO(INTERNATIONAL STANDAR ORGANIZATION). JUMLAH TOMBOL PADA KEYBOARDINI BERJUMLAH 104 TUTS. KEYBOARD SEKARANG YANG KITA KENAL MEMILIKIBEBERAPA JENIS PORT, YAITU PORT SERIAL, PS2, USB DAN WIRELESS.
  • 8. B. MOUSE WIRELESSMOUSE ADALAH SALAH UNIT MASUKAN (INPUT DEVICE). FUNGSI ALAT INI ADALAH UNTUKPERPINDAHAN POINTER ATAU KURSOR SECARA CEPAT. SELAIN ITU, DAPAT SEBAGAIPERINTAH PRAKTIS DAN CEPAT DIBANDING DENGAN KEYBOARD. MOUSE MULAIDIGUNAKAN SECARA MAKSIMAL SEJAK SISTEM OPERASI TELAH BERBASISKAN GUI(GRAPHICAL USER INTERFACE). SINYAL-SINYAL LISTRIK SEBAGAI INPUT DEVICE MOUSE INIDIHASILKAN OLEH BOLA KECIL DI DALAM MOUSE, SESUAI DENGAN PERGESERAN ATAUPERGERAKANNYA. SEBAGIAN BESAR MOUSE TERDIRI DARI TIGA TOMBOL, UMUMNYAHANYA DUA TOMBOL YANG DIGUNAKAN YAITU TOMBOL KIRI DAN TOMBOL KANAN. SAAT INIMOUSE DILENGKAPI PULA DENGAN TOMBOL PENGGULUNG (SCROLL), DIMANA LETAKTOMBOL INI TERLETAK DITENGAH. ISTILAH PENEKANAN TOMBOL KIRI DISEBUT DENGANKLIK (CLICK) DIMANA PENEKANAN INI AKAN BERFUNGSI BILA MOUSE BERADA PADA OBJEKYANG DITUNJUK, TETAPI BILA TIDAK BERADA PADA OBJEK YANG DITUNJUK PENEKANAN INIAKAN DIABAIKAN. SELAIN ITU TERDAPAT PULA ISTILAH LAINNYA YANG DISEBUT DENGANMENGGESER (DRAG) YAITU MENEKAN TOMBOL KIRI MOUSE TANPA MELEPASKANNYADENGAN SAMBIL DIGESER. DRAG INI AKAN MENGAKIBATKAN OBJEK AKAN BERPINDAHATAU TERSALIN KE OBJEK LAIN DAN KEMUNGKINAN LAINNYA. PENEKANAN TOMBOL KIRIMOUSE DUA KALI SECARA CEPAT DAN TERATUR DISEBUT DENGAN KLIK GANDA (DOUBLECLICK) SEDANGKAN MENEKAN TOMBOL KANAN MOUSE SATU KALI DISEBUT DENGAN KLIK
  • 9. C. TOUCHPADUNIT MASUKKAN INI BIASANYA DAPAT KITA TEMUKAN PADA LAPTOP DANNOTEBOOK, YAITU DENGAN MENGGUNAKAN SENTUHAN JARI. BIASANYA UNIT INIDAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI PENGGANTI MOUSE. SELAIN TOUCHPAD ADALAHMODEL UNIT MASUKKAN YANG SEJENIS YAITU POINTING STICK DAN TRACKBALL.
  • 10. D. LIGHTPENLIGHT PEN ADALAH POINTER ELEKTRONIK YANG DIGUNAKAN UNTUK MODIFIKASIDAN MEN-DESIGN GAMBAR DENGAN SCREEN (MONITOR). LIGHT PEN MEMILIKISENSOR YANG DAPAT MENGIRIMKAN SINYAL CAHAYA KE KOMPUTER YANGKEMUDIAN DIREKAM, DIMANA LAYAR MONITOR BEKERJA DENGAN MEREKAMENAM SINYAL ELEKTRONIK SETIAP BARIS PER DETIK.
  • 11. E. JOYSTICK DAN GAMES PADDLEALAT INI BIASA DIGUNAKAN PADA PERMAINAN (GAMES) KOMPUTER. JOY STICKBIASANYA BERBENTUK TONGKAT, SEDANGKAN GAMES PADDLE BIASANYABERBENTUK KOTAK ATAU PERSEGI TERBUAT DARI PLASTIK DILENGKAPI DENGANTOMBOL-TOMBOL YANG AKAN MENGATUR GERAK SUATU OBJEK DALAMKOMPUTER.
  • 12. F. SCANNERSCANNER ADALAH SEBUAH ALAT YANG DAPAT BERFUNGSI UNTUK MENG-COPY ATAUMENYALIN GAMBAR ATAU TEKS YANG KEMUDIAN DISIMPAN KE DALAM MEMORIKOMPUTER. DARI MEMORI KOMPUTER SELANJUTNYA, DISIMPAN DALAM HARDDISKATAUPUN FLOPPY DISK. FUNGSI SCANNER INI MIRIP SEPERTI MESIN FOTOCOPY,PERBEDAANNYA ADALAH MESIN FOTOCOPY HASILNYA DAPAT DILIHAT PADA KERTASSEDANGKAN SCANNER HASILNYA DAPAT DITAMPILKAN MELALUI MONITOR TERLEBIHDAHULU SEHINGGA KITA DAPAT MELAKUKAN PERBAIKAN ATAU MODIFIKASI DANKEMUDIAN DAPAT DISIMPAN KEMBALI BAIK DALAM BENTUK FILE TEXT MAUPUN FILEGAMBAR. SELAIN SCANNER UNTUK GAMBAR TERDAPAT PULA SCAN YANG BIASADIGUNAKAN UNTUK MENDETEKSI LEMBAR JAWABAN KOMPUTER. SCANNER YANG BIASADIGUNAKAN UNTUK MELAKUKAN SCAN LEMBAR JAWABAN KOMPUTER ADALAH SCAN IRYANG BIASA DIGUNAKAN UNTUK LJK (LEMBAR JAWABAN KOMPUTER) PADA ULANGANUMUM DAN UJIAN NASIONAL. SCAN JENIS INI TERDIRI DARI LAMPU SENSOR YANG DISEBUTOPTIK, YANG DAPAT MENGENALI JENIS PENSIL 2B. SCANNER YANG BEREDAR DI PASARANADALAH SCANNER UNTUK MENG-COPY GAMBAR ATAU PHOTO DAN BIASANYA JUGADILENGKAPI DENGAN FASILITAS OCR (OPTICAL CHARACTER RECOGNITION) UNTUKMENGCOPY ATAU MENYALIN OBJEK DALAM BENTUK TEKS.
  • 13. G. KAMERA DIGITALPERKEMBANGAN TEKNOLOGI TELAH BEGITU CANGGIH SEHINGGA KOMPUTERMAMPU MENERIMA INPUT DARI KAMERA. KAMERA INI DINAMAKAN DENGANKAMERA DIGITAL DENGAN KUALITAS GAMBAR LEBIH BAGUS DAN LEBIH BAIKDIBANDINGKAN DENGAN CARA MENYALIN GAMBAR YANG MENGGUNAKANSCANNER. KETAJAMAN GAMBAR DARI KAMERA DIGITAL INI DITENTUKAN OLEHPIXEL-NYA. KEMUDAHAN DAN KEPRAKTISAN ALAT INI SANGAT MEMBANTUBANYAK KEGIATAN DAN PEKERJAAN. KAMERA DIGITAL TIDAK MEMERLUKANFILM SEBAGAIMANA KAMERA BIASA. GAMBAR YANG DIAMBIL DENGAN KAMERADIGITAL DISIMPAN KE DALAM MEMORI KAMERA TERSEBUT DALAM BENTUK FILE,KEMUDIAN DAPAT DIPINDAHKAN ATAU DITRANSFER KE KOMPUTER. KAMERADIGITAL YANG BEREDAR DI PASARAN SAAT INI ADA BERBAGAI MACAM JENIS,MULAI DARI JENIS KAMERA UNTUK MENGAMBIL GAMBAR STATIS SAMPAIDENGAN KAMERA YANG DAPAT MEREKAN GAMBAR HIDUP ATAU BERGERAKSEPERTI HALNYA VIDEO.
  • 14. H.MIKROPON DAN HEADPHONEUNIT MASUKAN INI BERFUNGSI UNTUK MEREKAM ATAU MEMASUKKAN SUARAYANG AKAN DISIMPAN DALAM MEMORI KOMPUTER ATAU UNTUKMENDENGARKAN SUARA. DENGAN MIKROPON, KITA DAPAT MEREKAM SUARAATAUPUN DAPAT BERBICARA KEPADA ORANG YANG KITA INGINKAN PADA SAATCHATING. PENGGUNAAN MIKROPON INI TENTUNYA MEMERLUKAN PERANGKATKERAS LAINNYA YANG BERFUNGSI UNTUK MENERIMA INPUT SUARA YAITUSOUND CARD DAN SPEAKER UNTUK MENDENGARKAN SUARA.
  • 15. I. GRAPHICS PADSTEKNOLOGI COMPUTER AIDED DESIGN (CAD) DAPAT MEMBUAT RANCANGANBANGUNAN, RUMAH, MESIN MOBIL, DAN PESAWAT DENGAN MENGGUNAKANGRAPHICS PADS. GRAPHICS PADS INI MERUPAKAN INPUT MASUKAN UNTUKMENGGAMBAR OBJEK PADA MONITOR. GRAPHICS PADS YANG DIGUNAKANMEMPUNYAI DUA JENIS. PERTAMA, MENGGUNAKAN JARUM (STYLUS) YANGDIHUBUNGKAN KE PAD ATAU DENGAN MEMAKAI BANTALAN TEGANGAN RENDAH,YANG PADA BANTALAN TERSEBUT TERDAPAT PERMUKAAN MEMBRANE SENSITIFSENTUHAN ( TOUCH SENSITIVE MEMBRANE SURFACE). TEGANGAN RENDAH YANGDIKIRIMKAN KEMUDIAN DITERJEMAHKAN MENJADI KOORDINAT X – Y. KEDUA,MENGGUNAKAN BANTALAN SENSITIF SENTUH ( TOUCH SENSITIVE PAD) TANPAMENGGUNAKAN JARUM. CARA KERJANYA ADALAH DENGAN MELETAKKANKERTAS GAMBAR PADA BANTALAN, KEMUDIAN DITULISI DENGAN PENSIL.
  • 16. PROSES DEVICEA.PROCESSORPROCESSOR ALAT INI BERFUNGSI SEBAGAI PENGOLAHDATA, PROCESSOR MERUPAKAN BAGIAN YANG SANGAT PENTING DALAMKOMPUTER. KEHANDALAN SUATU KOMPUTER DAPAT DILIHAT DARI PROCESSORYANG DIGUNAKANNYA, MISALNYA PROCESSOR : INTEL PENTIUM 4, AMD,CENTRINO DAN CORE DUO. SEMAKIN TINGGI TINGKATAN PROCESSOR-NYASEMAKIN BAIK FUNGSI KOMPUTER TERSEBUT.

×