• Like
  • Save
Analisa dan perancangan sistem uml
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Analisa dan perancangan sistem uml

on

  • 5,835 views

 

Statistics

Views

Total Views
5,835
Views on SlideShare
5,835
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
261
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Analisa dan perancangan sistem uml Analisa dan perancangan sistem uml Document Transcript

    • 30ANALISA DAN DESAIN SISTEMBERORIENTASI OBJEKMENGGUNAKAN UNIFIED MODELLING LANGUANGE(UML)1. Analisa1.1. Permasalahan Yang DihadapiPermasalahan yang dihadapi seperti sudah dijelaskan pada bagian pendahuluan, bahwaKomunitas ResiBisma mendapatkan sumbangan buku dalam jumlah yang sangat banyak. Buku-buku ini kemudian akan dijadikan sebagai koleksi yang bisa dibaca dan dipinjam oleh siapa saja,sehingga sesuai dengan tujuan Komunitas ResiBisma untuk memajukan pendidikan khususnyamemberikan pendidikan gratis.Dengan jumlah koleksi buku yang begitu banyak, dikhawatirkan akan menimbulkanpermasalahan terkait dengan aktivitas membaca dan meminjam koleksi buku. Permasalahantersebut antara lain:a) Sulitnya mendata koleksi buku yang ada.b) Sulitnya mendata siapa saja yang berkunjung untuk membaca dan meminjam koleksibuku.c) Permasalahan pada poin a) dan poin b) kemudian dapat menimbulkan masalah yang lain,yaitu berkurangnya jumlah koleksi buku harena hilang.1.2. Gambaran Umum SistemPada saat ini belum terdapat sistem informasi perpustakaan yang dipergunakan,mengingat ide pembuatan sistem perpustakaan ini muncul karena adanya bantuan buku.Berdasarkan hal tersebut, maka tahapan untuk menganalisa sistem yang sudah berjalan tidakperlu dilakukan.Hasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 31Secara umum arsitektur sistem yang diusulkan dapat dilihat pada gambar 1. Pada gambar1 bisa dilihat bahwa sistem yang akan dikembangkan merupakan sistem berbasis client server.Meskipun pada tahapan awal sistem dipergunakan masih bersifat single user, namun jika dikemudian hari akan ditambahkan komputer klien, sistem sudah dapat mengakomodasi hal ini.Sistem terbagi pada dua bagian, yaitu bagian front end, yaitu bagian yang langsung dapat dilihatserta dipergunakan oleh user untuk berinteraksi dengan sistem dan bagian back end, yaitu bagianyang menangani masalah database management¸ dalam hal ini MySQL Server. Kedua bagiandihubungkan oleh MySQL JDBC Driver, yang menjembatani antara keduanya dalam hal prosesyang terkait dengan database.Gambar 1 Arsitektur Sistem1.3 Analisa Kebutuhan/ Requirement SistemTahapan selanjutnya adalah proses pengumpulan kebutuhan terhadap sistem. Padatahapan ini, fitur-fitur apa saja yang dibutuhkan diperinci. Daftar kebutuhan inilah yang nantinyaakan menjadi dasar dalam membuat desain sistem. Daftar kebutuhan/ requirement sistem dapatdilihat pada tabel 1.Tabel 1 Daftar kebutuhan/ requirement sistemActor Kebutuhan/ RequirementPengelola • Pengelola dapat login ke dalam sistem.• Pengelola dapat menambah, mengedit, menghapus dan mencari data kategori buku.• Pengelola dapat menambah, mengedit, menghapus dan mencari data buku• Pengelola dapat menambah, mengedit, menghapus dan mencari data anggota• Pengelola dapat mengentrikan transaksi peminjaman buku oleh anggota.Hasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 32• Pengelola dapat mengentrikan transaksi pengembalian buku yang dipinjam olehanggota, di mana setiap keterlambatan akan dikenakan denda per buku.• Pengelola dapat menampilkan dan mencetak laporan transaksi peminjaman buku olehanggota.• Pengelola dapat menampilkan dan mencetak daftar koleksi buku.• Pengelola dapat menampilkan dan mencetak laporan denda.• Pengelola dapat melakukan pencarian data buku dengan berdasarkan kriteria tertentu.Anggota • Anggota dapat melakukan pencarian data buku dengan berdasarkan kriteria tertentu.2. Desain SistemDalam proses desain sistem, dipergunakan pendekatan menggunakan UML (UnifiedModelling Language). Desain sistem dengan menggunakan pendekatan UML menerapkanteknologi pengembangan sistem berorientasi objek di mana sebuah sistem/ aplikasi komputerdibangun dari objek-objek yang saling berelasi. Pengembangan sistem yang menerapkanteknologi berorientasi objek memiliki beberapa keunggulan, seperti:• Mengatasi kompleksitas pengembangan sistemDi mana permasalah besar dibagi ke dalam masalah-masalah yang lebih kecil.• Mengatasi perubahan.Perubahan merupakan suatu hal yang sifatnya melekat pada pengembangan software.Satu hal yang mendasar pada prinsip pengembangan software adalah menitikberatkanpada pentingnya memanage perubahan. Dengan pendekatan berorientasi objek, makasebuah sistem akan tersusun atas objek-objek yang saling berelasi. Perubahan di dalamsistem dapat dilakukan dengan merubah objek-objek tertentu tanpa harus merombaksistem secara keseluruhan.• ‘Reuse’Sebuah objek dapat digunakan berulangkali dalam sebuah pengembangan sistem tanpabatas. Hal ini akan mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem.2.2 Identifikasi ActorSistem akan dikembangkan menggunakan teknologi Java yang menerapkan paradigmapengembangan sistem berorientasi objek, oleh karena itu dalam proses perancangan ini akandigunakan Unified Modelling Language (UML). Perancangan sistem menggunakan UML terbagiHasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 33ke dalam empat tahapan, yaitu : pengembangan use case diagram, pengembangan activitydiagram, pengembangan sequence diagram dan pengembangan sequence diagram.Proses pembuatan use case diagram didahului oleh tahapan mengidentifikasi actor.Actor merupakan orang atau pihak yang mempunyai peranan pada proses-proses yang terjadi didalam sistem. Pada tabel 2 disajikan daftar actor yang berperan di dalam sistem.Tabel 2 Daftar actorActor DeskripsiPengelola Actor pengelola merupakan actor yang berperan dalam mengelola data koleksi buku,mendata anggota perpustakaan, mencatat transaksi peminjaman dan pengembalian sertamencetak laporan.Anggota Actor anggota merupakan actor yang terdaftar sebagai anggota perpustakaan danmelakukan pencarian data koleksi buku serta melakukan peminjaman buku.2.3 Use Case DiagramUse case diagram akan memperlihatkan bagaimana peranan setiap actor dalam interaksidengan sistem. Use case diagram untuk sistem yang akan dikembangkan dapat dilihat padagambar 2 di bawah ini:Gambar 2 Use Case DiagramDari seluruh use case yang ada pada gambar 2, use case olah master data, entri transaksiserta tampilkan dan cetak laporan dapat dirinci lagi ke dalam use case diagram yang lebihterperinci. Sedangkan deskripsi untuk use case login dan pencarian koleksi buku dapat dilihatpada tabel 3 dan tabel 4.Hasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 34Tabel 3 Deskripsi use case loginUse case name LoginScenario Login ke sistem informasi perpustakaanBrief description Pengelola akan memasukkan username dan password pada form login. Sistemakan melakukan pengecekan username dan password yang dimasukkan dengandata yang tersimpan pada database.Actors PengelolaRelated use case -Stakeholder PengelolaPrecondition Data pengelola sudah harus tersimpan dalam database.Postcondition Sistem informasi perpustakaan akan terbukaFlow of events Actors SystemPengelola memasukkan usernamedan passworsSistem akan melakukan pengecekanusername dan password yang dimasukkandengan data yang tersimpan pada databaseExceptionconditionJika pengelola belum terdaftar:• Gunakan login default.Tabel 4 Deskripsi use case pencarian koleksi bukuUse case name Pencarian koleksi bukuScenario Melakukan pencarian koleksi buku berdasarkan opsi pencarian tertentuBrief description Pengelola/ Anggota akan memilih opsi pencarian tertentu dan memasukkan katakunci, kemudian klik tombol cari.Actors Pengelola & AnggotaRelated use case -Stakeholder Pengelola & AnggotaPrecondition Data buku yang dicari sudah harus tersimpan dalam databasePostcondition Akan ditampilkan data buku sesuai dengan opsi pencarian dan kata kunci yangdipergunakanFlow of events Actors SystemPengelola/ anggota memilih opsipencarian memasukkan katakunciSistem akan mencari data buku yang sesuaidengan opsi pencarian dan kata kunci yangdipergunakanExceptionconditionJika tidak diperoleh hasil pencarian:• Tampilkan pesanUse case diagram yang lebih rinci untuk olah master data dapat dirinci ke dalam tiga usecase, yaitu use case olah master data kategori buku, use case olah master data buku dan use caseolah master data anggota. Gambar 3a menunjukkan use case diagram olah master data kategoribuku, gambar 3b menunjukkan use case diagram olah master data buku dan gambar 3cmenunjukkan use case diagram olah master data anggota.Hasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 35Gambar 3 Use case diagram olah master dataDeskripsi untuk masing-masing use case adalah sebagai berikut:1) Use case olah master data kategori bukuDalam pengolahan master data kategori buku, terdapat tiga use case utama, yaitu tambahkategori buku, edit kategori buku dan hapus kategori buku. Deskripsi masing-masing usecase dapat dilihat pada tabel 5, tabel 6 dan tabel 7.Tabel 5 Deskripsi use case tambah kategori bukuUse case name Tambah kategori bukuScenario Menambah kategori buku.Brief description Pengelola memasukkan id kategori buku dan nama kategori buku. Sistem akanmengecek apakah data tersebut sudah ada atau belum. Jika belum ada, sistemakan menyimpan data tersebut ke dalam database.Actors PengelolaRelated use case Login, cari kategori bukuStakeholder PengelolaPrecondition -Postcondition Data kategori buku akan disimpan ke dalam sistem.Flow of events Actors System1) Pengelola membuka formmaster data kategori buku.2) Pengelola memasukkan datakategori buku.2a) Sistem akan mengecek apakah kategoribuku sudah ada atau belum. Jika belumsistem akan menyimpan ke dalam database.ExceptionconditionJika id kategori buku sudah ada:• Tampilkan pesan.Tabel 6 Deskripsi use case edit kategori bukuUse case name Edit kategori bukuScenario Mengedit kategori buku.Brief description Pengelola akan mencari data kategori buku tertentu yang akan diedit, kemudiandata kategori buku diedit dan disimpan kembali ke dalam sistem.Actors PengelolaRelated use case Login, tambah kategori buku, cari kategori bukuStakeholder PengelolaPrecondition Data kategori buku sudah harus tersimpan dalam database.Hasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 36Postcondition Data kategori buku akan disimpan ke dalam database.Flow of events Actors System1) Pengelola membuka formmaster data buku2) Pengelola akan mencari danmemilih data kategori bukuyang akan diedit3) Pengelola mengedit sesuaikebutuhan kemudian kliktombol simpan3a) Sistem akan menyimpan data kategoribuku yang sudah diedit.ExceptionconditionTabel 7 Deskripsi use case hapus kategori bukuUse case name Hapus kategori bukuScenario Menghapus kategori buku.Brief description Pengelola akan mencari data kategori buku tertentu yang akan dihapus, sistemakan mengecek, apakah kategori buku tersebut terelsi dengan data buku tertentu.Jika tidak sistem akan menghapus data kategori buku tersebut dari database.Actors PengelolaRelated use case Login, tambah kategori buku, cari kategori bukuStakeholder PengelolaPrecondition Data kategori buku sudah harus tersimpan dalam database.Postcondition Data kategori buku akan dihapus dari database.Flow of events Actors System1) Pengelola membuka formmaster data kategori buku2) Pengelola akan mencari danmemilih data kategori buku3) Pengelola mengklik tombolhapus untuk menghapus.3a) Sistem akan mengecek apakah kategoribuku tersebut terelasi dengan buku tertentuatau tidak. Jika tidak, maka kategori bukuakan dihapus.ExceptionconditionJika kategori buku terelasi dengan buku tertentu:• Tampilkan pesan.2) Use case olah master data bukuUse case olah master data buku dapat dirinci ke dalam tiga use case utama, yaitu: tambahbuku, edit buku dan hapus buku. Deskripsi untuk masing-masing use case dapat dilihatpada tabel 8, tabel 9 dan tabel 10.Tabel 8 Deskripsi use case tambah bukuUse case name Tambah bukuScenario Menambah bukuBrief description Pengelola memasukkan data buku dan sistem akan mengecek apakah data sudahada dalam sistem atau belum, jika belum data buku akan disimpan.Hasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 37Actors PengelolaRelated use case Login, olah master data kategori buku, cari kategori bukuStakeholder PengelolaPrecondition Data kategori buku sudah harus tersimpan dalam database.Postcondition Data buku akan disimpan ke dalam sistem.Flow of events Actors System1) Pengelola membuka formmaster data buku.2) Pengelola memasukkan databuku dan klik tombol simpan.2a) Sistem akan mengecek data yangdimasukkan sudah ada atau belum. Jikabelum ada, maka sistem akan menyimpan kedalam databaseExceptionconditionJika buku sudah ada:• Tampilkan pesan.Tabel 9 Deskripsi use case edit bukuUse case name Edit bukuScenario Mengedit kategori buku.Brief description Pengelola akan mencari data buku tertentu yang akan diedit, kemudian databuku diedit dan disimpan kembali ke dalam sistem.Actors PengelolaRelated use case Login, olah master data buku, cari kategori buku, tambah bukuStakeholder PengelolaPrecondition Data kategori buku dan data buku sudah harus tersimpan dalam databasePostcondition Data buku akan disimpan ke dalam database.Flow of events Actors System1) Pengelola membuka formmaster data buku.2) Pengelola akan mencari danmemilih data buku yangakan diedit dan mengeditsesuai kebutuhan.3) Pengelola mengklik tombolsimpan untuk menyimpandata buku.3a) Sistem akan menyimpan data bukuyang sudah diedit ke dalam database.ExceptionconditionTabel 10 Deskripsi use case hapus bukuUse case name Hapus bukuScenario Menghapus buku.Brief description Pengelola akan mencari data buku tertentu yang akan dihapus, sistem akanmengecek, apakah buku tersebut terelsi dengan transaksi peminjaman tertentu.Jika tidak sistem akan menghapus data buku tersebut dari database.Actors PengelolaRelated use case Login, olah master data kategori buku, tambah bukuStakeholder PengelolaPrecondition Data kategori buku dan buku sudah harus tersimpan dalam database.Postcondition Data buku akan dihapus dari database.Flow of events Actors SystemHasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 381) Pengelola membuka formmaster data buku2) Pengelola akan mencari danmemilih data buku yang akandihapus3) Pengelola mengklik tombolhapus untuk menghapus.3a) Sistem akan mengecek apakah bukutersebut terelasi dengan transaksipeminjaman atau tidak. Jika tidak, makabuku akan dihapus dari databaseExceptionconditionJika buku terelasi dengan transaksi peminjaman:• Tampilkan pesan.1) Use case olah master data anggotaUse case olah master data anggota dapat dirinci ke dalam tiga use case utama, yaitu:tambah anggota, edit anggota dan hapus anggota. Deskripsi untuk masing-masing usecase dapat dilihat pada tabel 11, tabel 12 dan tabel 13.Tabel 11 Deskripsi use case tambah anggotaUse case name Tambah anggotaScenario Menambah anggotaBrief description Pengelola memasukkan data anggota dan sistem akan mengecek apakah datasudah ada dalam sistem atau belum, jika belum data anggota akan disimpan.Actors PengelolaRelated use case LoginStakeholder PengelolaPreconditionPostcondition Data anggota akan disimpan ke dalam sistem.Flow of events Actors System1) Pengelola membuka formmaster data anggota.2) Pengelola memasukkan dataanggota dan klik tombolsimpan.2a) Sistem akan mengecek data yangdimasukkan sudah ada atau belum. Jikabelum ada, maka sistem akan menyimpan kedalam databaseExceptionconditionJika anggota sudah ada:• Tampilkan pesan.Tabel 12 Deskripsi use case edit anggotaUse case name Edit anggotaScenario Mengedit anggotaBrief description Pengelola akan mencari data anggota tertentu yang akan diedit, kemudian dataanggota diedit dan disimpan kembali ke dalam sistem.Actors PengelolaHasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 39Related use case Login, tambah anggotaStakeholder PengelolaPrecondition Data anggota sudah harus tersimpan dalam database.Postcondition Data anggota akan disimpan ke dalam database.Flow of events Actors System1) Pengelola membuka formmaster data anggota.2) Pengelola akan mencari danmemilih data buku yang akandiedit dan mengedit dataanggota3) Pengelola mengklik tombolsimpan untuk menyimpan3a) Sistem akan menyimpan data anggota.ExceptionconditionTabel 13 Deskripsi use case hapus anggotaUse case name Hapus anggotaScenario Menghapus anggotaBrief description Pengelola akan mencari data anggota tertentu yang akan dihapus, sistem akanmengecek, apakah buku tersebut terelsi dengan transaksi peminjaman tertentu.Jika tidak sistem akan menghapus data anggota tersebut dari database.Actors PengelolaRelated use case Login, olah master data kategori buku, tambah bukuStakeholder PengelolaPrecondition Data anggota sudah harus tersimpan dalam database.Postcondition Data anggota akan dihapus dari database.Flow of events Actors System1) Pengelola membuka formmaster data anggota2) Pengelola akan mencari danmemilih data kategorianggota yang akan dihapus3) Pengelola mengklik tombolhapus untuk menghapus.3a) Sistem akan mengecek apakah anggotatersebut terelasi dengan transaksipeminjaman atau tidak. Jika tidak, makaanggota akan dihapus dari databaseExceptionconditionJika anggota terelasi dengan transaksi peminjaman:• Tampilkan pesan.Use case diagram untuk transaksi dapat dilihat pada gambar 4. Sedangkan use casediagram untuk laporan dapat dilihat pada gambar 5.Hasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 40Gambar 4 Use case diagram transaksiGambar 5 Use case diagram laporanPada tabel-tabel di bawah ini disajikan deskripsi untuk use case pada transaksi danlaporan.Tabel 14 Deskripsi use case transaksi peminjamanUse case name Transaksi peminjamanScenario Transaksi peminjaman buku oleh anggotaBrief description Pengelola memasukkan data transaksi peminjaman buku oleh anggota.Actors PengelolaRelated use case Login, olah master data buku, olah master data anggota, cari angota, cari buku.Stakeholder PengelolaPrecondition Data buku dan anggota sudah harus tersimpan dalam database.Postcondition Data transaksi peminjaman akan disimpan dalam databaseFlow of events Actors System1) Pengelola membuka formtransaksi peminjaman2) Pengelola memasukkan dataanggota dan data buku3) Pengelola mengklik tombolsimpan.3a) Sistem akan menyimpan data transaksipeminjaman ke dalam database.Exceptioncondition1. Jika id anggota salahTampilkan pesanHasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 412. Jika id buku salahTampilkan pesanTabel 15 Deskripsi use case transaksi pengembalianUse case name Transaksi pengembalianScenario Transaksi pengembalian buku yang dipinjam oleh anggotaBrief description Pengelola akan memasukkan data pengembalian buku berdasarkan transaksipeminjaman tertentu. Sistem akan menampilkan detail transaksi peminjaman.Sistem akan mengecek apakah terjadi keterlambatan atau tidak. Jika terjadiketerlambatan sistem akan menampilkan denda dan menyimpan transaksipengembalian dan denda.Actors PengelolaRelated use case Login, transaksi peminjaman, cari transaksi peminjaman, simpan dendaStakeholder PengelolaPrecondition Data transaksi peminjaman sudah harus tersimpan dalam sistem.Postcondition Data transaksi pengembalian akan disimpan dalam sistem. Jika terjadiketerlambatan, data denda akan disimpan dalam sistem.Flow of events Actors System1) Pengelola membuka formtransaksi pengembalian2) Pengelola akan mengkliktombol simpan1a) Sistem akan menampilkan detailtransaksi peminjaman.1b) Jika terjadi keterlambatan, sistem akanmenampilkan informasi denda.2a) Sistem akan menyimpan transaksipengembalian2b) Jika terjadi keterlambatan, sistem akanmenyimpan data denda.ExceptionconditionJika transaksi peminjaman tidak ditemukan:• Tampilkan pesan.2.4 Activity DiagramLangkah selanjutnya setelah use case diagram selesai dibuat adalah membuat activitydiagram untuk setiap use case. Gambar 6 menunjukkan activity diagram login. Dari gambardapat dilihat bahwa actor pengelola pada saat login memasukkan username dan password.Kemudian sistem akan mengecek apakah username dan password yang dimasukkan terdaftarpada database atau tidak. Jika tidak, actor pengelola dapat memasukkan kembali. Jika terdaftar,maka sistem informasi perpustakaan akan terbuka.Hasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 42Gambar 6 Activity diagram loginActivity diagram untuk use case pencarian dapat dilihat pada gambar 7. Pada aktivitaspencarian, actor pengelola/ anggota harus memilih dulu opsi pencarian kemudian memasukkankata kunci pencarian. Berdasarkan opsi pencarian dan kata kunci yang dimasukkan, sistemmelakukan kueri dan menampilkan hasil pencarian.Gambar 7 Activity diagram pencarianUntuk activity diagram olah master data kategori buku dapat dilihat pada gambar 8.Gambar 8a menunjukkan tambah kategori buku, gambar 8b menunjukkan edit kategori buku dangambar 8c menunjukkan hapus kategori buku. Pada aktivitas menambah kategori buku, setelahpengelola menginputkan id kategoru buku dan nama kategori buku, sistem akan mengecekapakah data sudah ada dalam database atau belum. Jika belum, maka sistem akan menyimpanHasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 43kategori buku dalam database. Sedangkan aktivitas mengedit dan menghapus kategori bukudidahului dengan memilih kategori buku tertentu, sistem menampilkan kategori buku yangdipilih kemudian dilakukan proses selanjutnya.Sama seperti activity diagram olah master data kategori buku, activity diagram olahmaster data buku pun terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu gambar 9a activity diagram tambahbuku, gambar 9b activity diagram edit buku dan gambar 9c activity diagram hapus buku.Aktivitas menambah buku diawali dengan memasukkan data buku dan memilih kategori bukuuntuk buku yang akan ditambahkan. Hal ini sebagai wujud dari adanya relasi antara buku dankategori buku.Sedangkan activity diagram olah master data anggota dapat dilihat pada gambar 10. Padagambar 10a dapat dilihat activity diagram tambah anggota, gambar 10b activity diagram editanggota dan gambar 10c activity diagram hapus anggota. Untuk activity diagram transaksi danlaporan dapat dilihat pada gambar 11 dan gambar 12.Hasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 44Gambar 8 Activity diagram olah master data kategori bukuGambar 9 Activity diagram olah master data bukuGambar 10 Activity diagram olah master data anggotaGambar 11 Activity diagram transaksiHasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 45Gambar 12 Activity diagram laporan2.5 Sequence DiagramSequence diagram digunakan untuk menjabarkan aktivitas yang ada pada use casekepada level yang lebih detail. Pada sequence diagram digambarkan interaksi antar objek didalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display dan sebagainya) berupa message yangdigambarkan terhadap waktu.Pada gambar 13 diperlihatkan sequence diagram login. Setelah pengelola memasukkanusername dan password kemudian klik tombol login. Sistem akan mengecek apakah usernamedan password terdaftar. Jika tidak, sistem akan memberikan pesan bahwa username ataupassword salah. Jika terdaftar maka sistem informasi perpustakaan akan dibuka. Pesanform_menu.setVisible(true) merupakan perintah untuk mengaktifkan form menu atau sisteminformasi perpustakaan.Gambar 12 Sequence diagram loginHasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 46Gambar 13 Sequence diagram pencarianSequence diagram pencarian dapat dilihat pada gambar 13. Setelah opsi pencarian dankata kunci dimasukkan, pengelola/ anggota akan mengklik tombol cari. Sistem akanmenjalankan perintah cmdCari.ActionPerformed() dan kemudian menampilkan hasil pencarian.Gambar 14 menunjukkan sequence diagram olah master data kategori buku.Gambar 14 Sequence diagram olah master data kategori bukuHasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 47Pada gambar 15 ditunjukkan sequence diagram olah master data buku. Pada prosesmenghapus data data buku, akan dicek dulu apakah buku tersebut pernah digunakan untuktransaksi atau tidak menggunakan method cekTransaksibyBuku(). Jika buku pernah dipergunakandalam transaksi maka akan ditampilkan pesan bahwa buku tidak dapat dihapus. Hal ini dilakukanuntuk mencegah terjadinya inkonsistensi data pada database. Pada sequence diagram olah masterdata anggota pada gambar 16, proses penghapusan pun harus dilakukan pengecekan terlebihdahulu apakah anggota tersebut pernah meminjam buku atau tidak menggunakan methodcekTransaksiByAnggota().Gambar 15 Sequence diagram olah master data bukuHasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)TambahBukuEditBukuHapusBukuFormLoginFormMenuForm MasterData Bukuusername & passwordusername atau password salahform_menu.setVisible(true)cmdLogin.ActionPerformed()form_buku.setVisible(true);Data bukucekBukuBuku sudah adasimpanBukuPilih bukucariBukuviewBukuData bukuupdateBukuBuku tersimpanBuku tersimpanPilih bukucariBukuviewBukucmdHapus.ActionPerformed()cekTransaksiByBuku()Buku tidak bisa dihapusdeleteBuku()Buku terhapusPengelola
    • 48Gambar 16 Sequence diagram olah master data anggotaGambar 17 menunjukkan sequence diagram transaksi peminjaman. Transaksipeminjaman dilakukan dengan memasukkan data anggota dan data buku. Pada saat prosesmemasukkan data anggota berupa id anggota. Sistem akan mengecek apakah id anggotaterdaftar. Jika tidak terdaftar sistem akan memberikan pesan. Jika terdaftar selanjutnyadimasukkan data buku yang dipinjam menggunakan id buku. Di sinipun sistem akan melakukanpengecekan, apakah id buku terdaftar atau tidak. Jika tidak terdaftar maka sistem akanmemberikan pesan.Sequence diagram transaksi pengembalia ditunjukkan oleh gambar 18. Langkah awaldari transaksi pengembalian adalah memasukkan id transaksi peminjaman. Sistem akanmengecek apakah id peminjaman benar atau tidak. Jika benar sistem akan menampilkan detailtransaksi peminjaman. Kemudian sistem akan mengecek keterlambatan. Jika terjadiketerlambatan akan ditampilkan pesan. Kemudian transaksi pengembalian dan denda akandisimpan.Hasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 49Sequence diagram laporan peminjaman dapat dilihat pada gambar 19, untuk daftarkoleksi buku dapat dilihat pada gambar 20 dan laporan denda dapat dilihat pada gambar 21.Gambar 17 Sequence diagram transaksi peminjamanGambar 18 Sequence diagram transaksi pengembalianHasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 50Gambar 19 Sequence diagram laporan peminjamanGambar 20 Sequence diagram daftar koleksi bukuGambar 21 Sequence diagram laporan dendaHasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 512.6 Class DiagramClass diagram untuk sistem yang akan dibangun dapat dilihat pada gambar 22.Gambar 22 Class diagramClass pengelola merujuk kepada pihak yang akan berperan sebagai administratorsekaligus operator dalam mengoperasikan seluruh fitur yang akan dikembangkan dalam sistem.Dalam kasus ini tidak dibuatkan fitur khusus yang berfungsi untuk memanage data pengelola,mengingat bahwa sumber daya manusia yang ada di Komunitas ResiBisma sangat terbatas,nantinya yang mengelola sistem perpustakaan ini adalah bagian administrasi saja. Di kemudianhari jika memang sistem berkembang dan dibutuhkan managemen pengelola, maka fitur inidapat dikembangkan.Class pengelola berasosiasi dengan class-class lainnya, yaitu class login, ketikapengelola login ke dalam sistem, kemudian class kategori_buku, class buku dan class anggotaketika pengelola melakukan pengolahan master data kategori buku, buku dan anggota,Hasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)
    • 52barasosiasi dengan class peminjaman dan class pengembalian ketika pengelola menginputkandata transaksi peminjaman dan pengembalian, class laporan_peminjaman, classdaftar_koleksi_buku, dan class laporan_denda ketika pengelola akan menampilkan dan mencetaklaporan serta class pencarian ketika pengelola melakukan aktivitas pencarian koleksi buku.Kardinalitas yang terjadi pada asosiasi class pengelola dengan class yang lain pada kasus iniadalah bahwa seorang pengelola bisa menjalankan class-class yang berasosiasi dengannyasebanyak nol atau lebih.Hasil yang maksimal diperoleh melalui kerja keras dan latihan banyak kasus (NJA)