Administrasi pendidikan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
2,511
On Slideshare
2,511
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
88
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. ADMI PN E NI DS IT DR IA KS AI N 1 Dra. Eka Rahayu Ariestiningsih, M.Pd.
  • 2. BAB I. PENDAHULUAN Goal Pencapaian (Tujuan organisasi ) Pemanfaatan Sec efektif & efisienPembinaan Peningkatan Metode ProduktivitasPengendalia Kerja n AlatPengembanga Sesuai dg n perkembangan IPTEK
  • 3. BAB IIA. ADMINISTRASI PENDIDIKAN Administrasi adalah proses penyelenggaraan atau rangkaian kegiatan yang dimulai dari perencanaan kemudian pengorganisasian, pengkoordinasian, pengarahan, pelaporan dan pengevaluasian untuk menunjang suatu kegiatan mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan sumber dana dan daya baik manusia maupun lainnya secara efisien dan efektif. Tujuan Administrasi : adalah menyelaraskan seluruh rangkaian kegiatan baik itu kegiatan operatif maupun kegiatan managemen dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan orgasisasi tersebut.
  • 4. Pendidikan sebagai proses Yaitu tahapan-tahapan pembelajaran yang dilalui untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia pembangunan yang memiliki etika moral dan spiritual yang luhur, cerdas, berakhlaq mulia, berketrampilan yang diperlukan oleh dirinya sendiri mapun masyarakat, bangsa dan negara.Pendidikan Pendidikan sebagai produk adalah hasil dari proses pembelajaran
  • 5. TUJUAN PENDIDIKAN Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional : Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
  • 6. ADMINISTRASI PENDIDIKANadalah rangkaian kegiatan ataukeseluruhan proses pengendalian usahakerja sama sejumlah orang untukmencapai tujuan pendidikan secaraberencana dan sistematis yangdiselenggarakan di lingkungan tertentuterutama berupa lembaga pendidikanformal.
  • 7. TUJUAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN Tujuan Pendidikan:Tujuan Administrasi: Untuk berkembangnya potensi pesertaMenyelaraskan seluruh rangkaian didik agar menjadi manusia yangkegiatan baik itu kegiatan operatif beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yangmaupun kegiatan managemen Maha Esa, berakhlakdalam suatu organisasi untuk mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, manmencapai tujuan yang telah diri, dan menjadi warga negara yangditetapkan orgasisasi tersebut. demokratis serta bertanggung jawab. Karena sekolah merupakan subsistem pendidikan nasional, maka tujuan administrasi pendidikan di Indonesia yang dilaksanakan di sekolah juga bersumber dari tujuan pendidikan nasional. Disamping itu tujuan administrasi pendidikan di Indonesia juga menunjang tercapainya tujuan pendidikan nasional
  • 8. C. TUGAS ADMINISTRASI PENDIDIKANKewajiban Administrasi sehubungan dengan tujuan pendidikan adalah :1. Berusaha agar tujuan pendidikan tampil secara formal2. Menyebarluaskan dan berusaha menanamkan tujuan pendidikan tersebut kepada seluruh komponen atau anggota lembaga3. Memilih, menyeleksi, menjabarkan dan menetapkan proses berupa tindakan , kegiatan, dan pola kerja4. Mengawasi pelaksanaan proses pendidikan5. Menilai hasil yang telah dicapai dan proses yang telah berjalan (internal audit)6. Mengembangkan proses pendidikan selanjutnya
  • 9. Prinsip Kerjasama Seorang administrator akan berhasil baik dalam melaksanakan tugasnya, bila ia mampu mengembangkan kerja sama diantara orang- orang yang terlibat, baik secara horizontal maupun secara vertikal.Prinsip Umum Kegiatan Administrasi Prinsip Efisiensi ( Administrasi Seorang administrator akan berhasil baik dalamPendidikan, Administrasi melaksanakan tugasnya, bilamana ia efisien Pemerintah maupun dalam memanfaatkan sumberdaya, sumber dana Administrasi Niaga) dan fasilitas yang lainnya. Prinsip Efektif Seorang administrator akan berhasil baik dalam melaksanakan tugasnya apabila menggunakan gaya kepemimpinan yang efektif, yaitu memperhatikan dimensi-dimensi hubungan antar manusia, dimensi tugas dan dimensi situasi dan kondisi yang ada serta mempunyai visi yang jelas.
  • 10. PERBEDAAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN DG CABANG ILMU ADMINISTRASI YG LAIN ADALAH TERLETAK PADA PRINSIP OPERASIONALNYA Prinsip Fleksibelitas: Prinsip berorientasi pada tujuan : Kegiatan administrasi pendidikan Tujuan pendidikan yang sudah memperhatikan faktor-faktor dirumuskan pada Sub Sistem ekologis (lingkungan) dan pendidikan dijadikan sebagai kemampuan untuk menyediakan pedoman orientasi bagi pelaksanaan fasilitas bagi berlangsungnya administrasi pendidikan di sekolah. program pendidikan. Prinsip OperasionalPrinsip pendidikan seumur hidup :Setiap manusia Indonesia selalu Prinsip Kontinyuitas:mengembangkan kualitas dirinya Kegiatan administrasi pendidikansepanjang hidupnya. Disisi lain berlaku sec. terus- menerus danpemerintah diharapkan akan selalu berkelanjutan dari tahap satu kemenciptakan situasi yang menantang tahap selanjutnya.agar masyarakat tergerak untuk belajarsepanjang hayat.
  • 11. Hubungan Pendidikan dg Administrasi Negara & Administrasi Niaga Administrasi Niaga Keseluruhan proses yang dilakukan pada perusahaan industri maupun jasa yang dimulai dari perencanaan memproduksi barang dan /atau jasa sampai pada tibanya barang atau jasa tersebut ditangan konsumen. Administrasi Negara Keseluruhan kegiatan administrasi yang dilakukan oleh aparatur pemerintah dari suatu negara dalam rangka mencapai tujuan negara. Dari segi perkembangannya Administrasi Negara dikelompokan ke dalam bentuk Administrasi Pemerintahan dan Administrasi Privat.
  • 12.  Pendidikan merupakan usaha yang berada dibawah pengendalian dan pengawasan pemerintah, maka secara umum dapat dikatakan bahwa administrasi pendidikan merupakan bagian dari administrasi negara atau (Public Administration). Pengelolaan unit sekolah sebagai usaha kerja sama dalam mengatur rumah tangganya terlepas dari campur tangan pemerintah, pada dasarnya urusan rumah tangga sekolah seperti mengatur pembiayaan sendiri agar dapat menjalankan fungsinya secara efektif sebagai lembaga pendidikan formal merupakan wujud dari administrasi niaga ( Business Administration)