Your SlideShare is downloading. ×
Kerangka acuan toc
Kerangka acuan toc
Kerangka acuan toc
Kerangka acuan toc
Kerangka acuan toc
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Kerangka acuan toc

986

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
986
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
21
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. KERANGKA ACUAN DIKLAT BAGI PENYELENGGARA DIKLAT (TRAINING OFFICER COURSE) DI BAPELKES BATAM TANGGAL, 14 S.D 19 FEBRUARI 2011I. LATAR BELAKANG Diklat merupakan wadah pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur. Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai sosok individu professional diharapkan dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan sesuai tuntutan kerja dalam era globalisasi saat ini, yang menjadi pertanyaan mendasar apakah diklat yang telah diselenggarakan telah mampu meningkatkan kompetensi yang diharapkan. Penyelenggaraan suatu Diklat merupakan bagian dari suatu system peningkatan kompetensi PNS. Dalam sistem ini terdapat beberapa subsistem. Keberhasilan penyelenggaraan suatu Diklat biasanya dicapai atas keterpaduan sub-sistem Diklat yang diatur dalam kebijakan penyelenggaraan Diklat. Kebijakan Diklat merupakan pedoman dan panduan yang biasanya digunakan dalam penyelenggaraan suatu Diklat dengan tujuan untuk memaksimalkan pencapaian hasil belajar peserta pelatihan sesuai esensi dan tujuan pelatihan Pelatihan bagi penyelenggara Diklat (Training Officer Course / TOC) dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi penyelenggara Diklat dalam hal penyelenggaraan Diklat PNS. Pelatihan ini memberikan wawasan bagi peserta agar mampu menyelenggarakan Diklat PNS. Pelatihan ini memberikan wawasan bagi peserta agar mampu menyelengarakan Diklat PNS sesuai peraturan yang berlaku.II. TUJUAN 1. TUJUAN UMUM Setelah selesai pelatihan, diharapkan mampu meningkatkan pemahaman para penyelenggara Diklat agar dapat meyelenggarakan Diklat dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku diwilayah kerjanya (tempat tugasnya). 2. TUJUAN KHUSUS Setelah pelatihan peserta dengan benar mampu : a. Mempunyai wawasan tentang kebijakan penyelenggraan diklat kesehatan. b. Memahami perencanaan pelaksanaan diklat. c. Melaksanakan koordinasi penyelenggaraan diklat. d. Melaksanakan administrasi penyelenggaraan diklat. e. Melaksanakan pengendalian pelaksanaan diklat. f. Menyiapkan sarana dan prasarana diklat. g. Mengusulkan dan menyiapkan berkas akreditasi dan sertifikasi diklat dengan lengkap dan benar.
  • 2. h. Membuat laporan pelaksanaan diklat. i. Melaksanakan evaluasi penyelenggaraan diklat. j. Mengaplikasikan pelayaan prima dalam pelaksanaan diklat dengan baik . k. Mengelola kelas secara efektif. l. Membangun kerjasama tim yang efektif.III. PESERTA 1. Kriteria Peserta a. Staf teknis yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pelatihan di instansinya. b. Akan ditugaskan oleh pejabat yang berwenang untuk bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pelatihan di instansinya. c. Belum pernah mengikuti pelatihan Training Officer Course (TOC). d. Pendidikan minimal D III. 2. Jumlah Peserta Dalam satu kelas / angkatan maksimal sebanyak 30 orang, yang terdiri dari: Asal Daerah Unit Instansi Jumlah Kepri NAD RIAU MEDAN Bapelkes 19 1 1 1 22 RSUD 1 1 1 1 4 Dinkes 1 1 1 1 4 Jumlah 21 3 3 3 30IV. TENAGA PELATIH 1. Jenis tenaga pelatih Tenaga pelatih Diklat Training Officer Course (TOC) terdiri dari : a. Widyaiswara di lingkungan Badan PSSDM dan LAN. b. Pejabat Sruktural di lingkungan Badan PSSDM. c. Praktisi Penyelenggara Diklat yang berpengalaman. 2. Persyaratan Pelatih a. Menguasai materi yang diajarkan. b. Terampil mengajar secara sistematik, efektif dan efisien. c. Mampu menggunakan metode dan media yang relevan dengan TPU dan TPK mata pelatihannya. d. Telah mengikuti TOT Widyaiswara / Pelatihan sejenis dalam mata diklat yang diajarkan atau telah berpengalaman mengampu mata pelajaran dengan baik.
  • 3. V. STRUKTUR PROGRAM Materi pelatihan Training Officer Course (TOC) sebanyak 60 JPL selama 6 hari efektif dengan durasi setiap JPL 45 menit, adapun materi yang akan disampaikan adalah sebagai berikut: ALOKASI WAKTU NO MATERI T P PL JML A Materi Dasar 1 Konsep dasar sistem Diklat 2 - - 2 2 Kebijakan Penyelenggaraan Diklat di Bidang Kesehatan 2 - - 2 Total 4 - - 4 B Materi Inti 1 Perencanaan Pelaksanaan Diklat 1 3 - 4 2 Koordinasi Penyelenggaraan Diklat 3 1 - 4 3 Administrasi Penyelenggaraan Diklat 2 2 - 4 4 Pengendalian Pelaksanaan Diklat 3 1 - 4 5 Sarana dan Prasarana Diklat 2 1 - 3 6 Akreditasi dan Sertifikasi Pelatihan 2 4 - 6 7 Penyusunan Laporan Pelaksanaan Diklat 2 2 - 4 8 Evaluasi Penyelenggaraan Diklat 2 1 - 3 9 Pembelajaran Orang Dewasa 2 2 - 4 10 Pelayanan Prima Dalam Penyelenggaraan Diklat 2 4 - 6 11 Pengelolaan Kelas 2 - - 2 12 Kerjasama Tim Efektif 2 - - 2 Total 25 21 46 C Materi Penunjang 1 Building Learning Commitment - 3 - 3 2 Rencana Tindak Lanjut (RTL) 1 6 - 7 Total 1 9 10 JUMLAH 30 30 - 60Keterangan : 1 JPL = 45 menit T : Teori , P : Penugasan , PL : Praktek LapanganVI. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN 1. Waktu Pelatihan Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 14 s.d 19 Februari 2011 selama 6 hari efektif dengan jumlah jam pelatihan sebanyak 60 JPL. 2. Tempat Pelatihan Penyelenggaraan pelatihan bertempat di Balai Pelatihan Kesehatan Batam, Jalan Marina City, Tanjung Uncang – Sekupang Kel. Tanjung Uncang Sekupang, Kec. Sekupang, Kota Batam, Telp: 0778 – 381410, Fax: o778 – 381410.
  • 4. VII. DIAGRAM ALUR PROSES PELATIHAN - Peserta - Curah pendapat Peserta dapat memahami - Materi - CTJ materi pelatihan sesuai - Fasilitator - Diskusi kelompok TPU & TPK dan dapat - Media - Penugasan melakukan fasilitasi diklat - Fasilitas - RTL TOC di tempat Tugasnya. - penyelenggaraanVIII. PEMBIAYAAN Sumber pembiayaan penyelenggaraan Diklat TOC ini dibebankan pada DIPA Bapelkes Batam tahun 2011 termasuk biaya konsumsi dan biaya-biaya lain sesuai kebutuhan diklat selama 6 hari pelatihan.IX. EVALUASI 1. Evaluasi terhadap peserta Evaluasi pada peserta dilakukan melalui pre-post test dari seluruh materi, absensi kehadiran, sikap dan perilaku, jumlah pelanggaran atas peraturan yang dibuat atau disepakati pada saat membuat tata tertib yang dibuat oleh peserta sendiri. 2. Evaluasi terhadap fasilitator Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh seorang fasilitator atau Narasumber melaksanakan tugasnya dalam arti bahwa fasilitator mampu menyampaikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta dengan baik, dapat dipahami dan diserap oleh peserta pelatihan. Disamping itu juga dimaksudkan untuk mengukur keberhasilan pelatihan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Evaluasi ini dapat dilihat melalui nilai rata – rata yang diberikan oleh peserta pelatihan dengan menggunakan Lembar Penilaian Pelatih/ fasilitator. Aspek yang dinilai : a. Penguasaan materi. b. Sistematika pelajaran. c. Ketepatan waktu. d. Penggunaan metode dan alat bantu. e. Gaya dan sikap terhadap peserta latih. f. Penggunaan bahasa. g. Pemberian motivasi belajar kepada peserta latih. h. Pencapaian tujuan pembelajaran. i. Kerapian pakaian. j. Cara menjawab pertanyaan peserta pelatihan.
  • 5. 3. Evaluasi terhadap penyelenggaraan Evaluasi dilakukan oleh pembelajar/ peserta latih terhadap penyelenggaraan pelatihan. Evaluasi dilakukan sebagai upaya mengukur tingkat akreditasi institusi penyelenggara pelatihan. Pengukuran tingkat penyelenggaraan/ pengelolaan pelatihan dapat dilihat melalui nilai rata – rata yang diberikan oleh peserta pelatihan diakhir penyelenggaran dengan menggunakan Lembar Penilaian Penyelenggaraan Pelatihan meliputi : a. Tujuan diklat. b. Relevansi program diklat dengan tugas. c. Manfaat materi pelatihan bagi peserta latih dan Bapelkes Batam. d. Mekanisme pelaksanaan pelatihan. e. Hubungan peserta dengan pelaksana pelatihan. f. Pelayanan sekretariat terhadap peserta. g. Pelayanan akomodasi, konsumsi dan lainnya. h. Pelayanan kesehatan terhadap peserta. i. Saran perbaikan.X. SERTIFIKASI Kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan ini sekurang-kurangnya 90% dari alokasi waktu pelatihan dinyatakan berhasil menurut hasil evaluasi belajar, mendapat 1 angka kredit dan kepada peserta akan diberikan sertifikat pelatihan dari Pusdiklat Aparatur. Mengetahui, Batam, Januari 2011Kepala Seksi Penyelenggaraan Diklat Master of Training Sapta Dewi Kanti Wiludjeng, SS dr. H. Yan Bani Luza PW, MKM NIP. 19790901 200604 1 002 NIP. 19650107 1989031 005

×