Makalah ilmu sosial
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Makalah ilmu sosial

on

  • 3,570 views

Pengobatan Alternatif

Pengobatan Alternatif

Statistics

Views

Total Views
3,570
Views on SlideShare
3,570
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
29
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Makalah ilmu sosial Document Transcript

  • 1. BAB I PENDAHULUANA. LATAR BELAKANG Topik kesehatan ialah topik yang biasa dan sering dibicarakan secara bebas di masyarakatIndonesia, bukan topik yang dianggap sebagai masalah pribadi. Fakta di Indonesia khususnya diJawa masih ada banyak masyarakat yang percaya dengan pengobatan. pengobatan alternatiftermasuk sebagian dari kebudayaan Indonesia dan bentuknya bermacam-macam.B. PERMASALAHAN Dalam penulisan makalah ini, kami membatasi masalah tentang pengobatan alternatifkhususnya Habbatussauda dengan perumusan masalah :1. Apakah yang dimaksud dengan pengobatan alternatif ?2. Apakah definisi dari Habbatussauda ?3. Apa manfaat serta apa pula efek samping yang ada pada Habbatussauda ?4. Bagaimana pandangan di kalangan masyarakat mengenai Habbatussauda (disertai survey) ?C. TUJUAN Tujuan penulisan ini adalah untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen pengampumata kuliah ilmu sosial serta untuk penilaian tugas. Makalah ini dibuat untuk membahas topikpengobatan alternatif khususnya habbatussauda tentang peranannya di dalam masyarakat.Sehingga diharapkan, makalah ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan yang lebih tentangpengobatan alternatif.D. MANFAAT Manfaat yang bisa diperoleh dari makalah ini adalah supaya mendapat pengertian yangbenar dan mendalam mengenai pengobatan alternative khususnya pengobatan alternatifhabbatussauda. Apa khasiat dan manfaatnya serta apakah ada efek sampingnya pada tubuh danjuga bagaimana pandangan masyarakat. Sehingga diharapkan dapat menambah informasi danpemahaman mengenai habbatussauda ini.
  • 2. BAB II PEMBAHASANA. Definisi Pengobatan Alternatif Pengobatan Alternatif adalah jenis pengobatan yang tidak dilakukan olehparamedis/dokter pada umumnya, tetapi oleh seorang ahli atau praktisi yang menguasaikeahliannya tersebut melalui pendidikan yang lain/non medis. istilah pengobatan alternatif mengacu pada berbagai perawatan yang biasanya tidakdiklasifikasikan sebagai bagian dari tradisi “pengobatan Barat”. Untuk pengobatan sakitpunggung, pengobatan siroprkasi (chiropractic) mungkin merupakan bentuk paling umum daripengobatan alternatif. Pengobatan alternatif juga dapat mencakup perawatan seperti jamu,biofeedback, bekam, gurah, homeopati dan akupunktur, yang semuanya tidak diklasifikasikansebagai praktik standar dalam sistem kedokteran Barat. Pengobatan alternatif, atau dikenal jugasebagai pengobatan komplementer atau pengobatan integratif atau holistik, juga dapat merujukkepada pengobatan medis apapun yang tanpa menggunakan obat. Filosofi dari pengobatan alternatif biasanya menekankan promosi kesehatan,penyembuhan dan pencegahan melalui kesadaran diri atas pikiran dan tubuh, serta olahraga, gizi,dan bentuk lain dari perawatan diri.Seringkali, praktik pengobatan alternatif digabungkan denganpraktik medis. Pengobatan alternatif yang akan dibahas dalam makalah ini adalah pengobatan alternatifHabbatussauda. Apa pengertian dari Habbatussauda itu sendiri, bagaimana peranan, manfaat danefek sampingnya serta bagaimana pandangan di kalangan masyarakat.
  • 3. B. Definisi Habbatussauda Habbatussauda ialah sejenis tumbuhan yang banyak terdapat di kawasan Mediterraneadan di kawasan yang beriklim gurun. Nama biologinya adalah Nigella Sativa, di Eropa ia dikenalsebagai “black seed” atau “black cumin”, di Malaysia dan Indonesia dikenal sebagai “jintanhitam”, di Mesir, ia lebih dikenal sebagai “Habbah Barakah” (karena kemampuannya mengobatiberbagai jenis penyakit). Bentuknya berupa biji kecil-kecil berwarna hitam sehingga orang Arabmenamakannya habbatussauda yang berarti biji hitam. Biji yang kecil ini ternyata Subhanallahmengandung berbagai zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Bahkan pada penelitian terakhirdisebutkan kalau biji hitam ini mampu membangkitkan dan meningkatkan sistem kekebalantubuh (immunity system) yang mampu mengusir dan mempertahankan tubuh dari seranganberbagai macam penyakit. Habbatussauda (Nigella Sativa/ Black Seed) telah digunakan ribuan tahun lamanya (lebihdari 3000 tahun). Terbukti dengan ditemukannya minyak habbatussauda di pekuburanTuthankhamen (kuburan raja-raja mesir kuno). Dahulu, minyak habbatussauda ini hanya bolehdigunakan oleh raja dan keluarganya. Habatussauda juga dikonsumsi oleh raja-raja jaman Yunanikuno, dengan dijadikannya tanaman ini sebagai tanaman yang berkhasiat membantu mereka diakhir-akhir kehidupannya. Di beberapa negara di benua Asia (terutama Asia timur bagian tengah)dan benua Eropa Timur bagian tengah, habatussauda digunakan untuk mengangkat derajatkesehatan dan pengobatan pada banyak penyakit ringan dan berat. Tanaman Habbatussauda secara keseluruhan tampak seperti segitiga, bijinya berwarnahitam, beraroma sangat menyengat dan rasanya pahit, memiliki tinggi 35-50 cm yang bercabangdan melingkar pada bagian atasnya, berambut, memiliki bunga-bunga dengan warna putihkebiruan, dan dipenuhi dengan dedaunan. Butir-butir Habbatussauda dapat mereproduksi diridengan sendirinya dan akan mengalami metamorphosis.
  • 4. C. Manfaat dan Efek Samping Habbatussauda (Nigella Sativa/Jinten Hitam) 1) Menguatkan Sistem Kekebalan TubuhJintan hitam (Habbatussauda’) dapat meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untukmeningkatkan sel-sel pembunuh alami. Efektivitasnya hingga 72% jika dibandingkan denganplasebo hanya 7%. Dengan demikian, mengkonsumsi habbatussauda’ dapat meningkatkan sistemkekebalan tubuh. Pada tahun 1993, DR. Basil Ali dengan koleganya dari College of Medicine, diUniversitas King Faisal mempublikasikannya dalam jurnal Pharmasetik Saud. Kemampuanekstrak Habbatussauda’ diakui Prof . G Reitmuller, Direktur Institut Immonologi dariUniversitas Munich, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakanbioregulator. Dengan demikian, Habbatussauda’ dapat dijadikan obat untuk penyakit yangmenyerang kekebalan tubuh, seperti kanker dan AIDS.Dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linoleat (omega 3), Habbatussaudamerupakan nutrisi bagi sel otak untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Habbatussauda’juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan kepada anak usiapertumbuhan dan lansia. 2) Meningkatkan bioaktivitas hormonHormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang masuk dalam peredarandarah. Dalam tubuh manusia terdapat berbagai jenis hormon di ataranya hormon reproduksi yangberhubungan dengan gairah seksual. Salah satu kandungan Habbatussauda adalah setrol yangberfungsi sebagai sintesa dan bioaktivitas hormon. 3) Menetralkan racun dalam tubuhRacun dapat menganggu metabolisme dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan keracunan dapat berupa diare, muntah, pusing, gangguan
  • 5. pernapasan dan menurunkan daya konsentrasi. Habbatussauda’ mengandung saponin yang dapatmenetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh. 4) Mengatasi gangguan tidur dan stressSapion yang terdapat pada Habbatussauda’ mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapatmempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otottubuh dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan,gangguan tidur dan dapat menghilangkan stress. 5) Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteriHabbatussauda’ mengandung minyak atsiri dari minyak volatif yang telah diketahuimanfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untukobat diare. Pada tahun 1992, Jurnal Farmasi Pakistan membuat hasil penelitian yangmembuktikan minyak volatile (volatif) lebih ampuh membunuh strain bakteri V Cholera dan EColi dibandingkan dengan antibiotik seperti ampicilin dan tetrasiklin. 6) Melancarkan air susu ibuKombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonoal yang terdapat dalam minyakHabbatussauda’ dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian ini kemudian dimuat dalam literaturpenelitian Universitas Potchetstroom tahun 1989. 7) Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balitaPada masa pertumbuhan, anak membutuhkan nutrusi untuk meningkatkan isstem kekebalantubuh secara alami, terutama pada musim hujan anak sangat mudah terkena flu dan pilek.Kandungan Omega 3, Omega 6 dan Omega 9 yang terdapat pada Habbatussauda’merupakannutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak. 8) Meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan
  • 6. Kulit merupakan salah satu organ tubuh terluar yang penting. Fungsinya melindungi tubuh daribenturan fisik, kuman dan jamur. Habbatussauda’ sangat baik untuk menjaga kelembaban,kehalusan dan keremajaan kulit. 9) Nutrisi bagi lansiaKaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi sangat ideal untuk orang yang berusialanjut, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun.Habbatussauda’ mengandung 15 macam asam animo penyusun isi protein termasuk di dalamnya9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yangcukup, oleh karena itu harus diperoleh dari makanan. 10) Efek samping Habbatussauda Sampai saat ini masih belum ada bukti efek samping Habbatus Sauda’ (Nigella Sativa).Kalaupun ada, efek sampingnya malah bersifat positif. Habbatussauda ternyata mempunyai efekantikanker. Penelitian ini dilakukan oleh 9 peneliti dari beberapa negara. Penelitian ini dilakukandi Center for Cancer and Stem Cell Biology, Institute for Bioscience and Technology, Texas.Penelitian ini menunjukkan bahwa thymoquinone (zat yang ada di habbatussauda) dapatmenghambat laju angiogenesis dari tumor dan menghambat pertumbuhan tumor itu sendiri. Kemudian Salah satu efek dari mengkonsumsi Habbatussauda adalah terjadi prosesdetoksifikasi (detoks) yaitu proses pengeluaran racun atau zat-zat yang bersifat racun dari dalamtubuh. Pembersihan dan detoks meningkatkan proses alamiah pengeluaran toksin dari dalamtubuh kita. Organ vital yang menjadi target dalam program pembersihan racun yang efektifadalah usus besar (pengeluaran) dan liver (detoksifikasi). Hampir semua penyakit degeneratifdapat dihubungkan dengan kondisi keracunan dalam saluran usus (Intestinal toxemia). Nigella Sativa tidak menyebabkan kerusakan ginjal, bahkan merupakan suaturenoprotektor (melindungi ginjal). Dan terakhir, Habbatussauda akan memberikan efek yanglebih baik jika dicampur dengan madu .
  • 7. B. Survei Pengobatan Alternative Sosial Ekonomi Nasional menyebutkan, tahun 1998 pemanfaatan obat tradisional sebagaipengobatan alternatif; baru 4,5 persen. Tiga tahun kemudian, pengguna obat tradisional sudah31,7 persen.Survei juga mengatakan; 57,7 persen penduduk Indonesia melakukan pengobatansendiri. Dari jumlah itu, dua pertiga menggunakan obat modern (misalnya obat bebas) dansisanya membeli jamu. Penelitian lain juga membuktikan hal serupa. Kali ini dilakukan oleh Dr. Med. PeterSchleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich. Yang melakukan pengujian terhadap 600orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70 % yang menderita alergi debu,serbuk, jerawat dan asthma sembuh setelah diberi minyak nigella (Habbatussauda’). Dalamprakteknya Dr. Schleincher memberi resep Habbatussauda’ ke pasiennya yang menderitainfluenza. Dilihat dari data tersebut, di yakini bahwa pengobatan alternatif semakin berkembang dankepercayaan masyarakat semakin tinggi. Kenapa demikian, karena salah satunya adalahgencarnya iklan (promosi) di media elektronik,media massa dan pemberian brosur kepadamasyarakat yang menjanjikan kesembuhan 100 persen. Tetapi, dilihat dari kenyataannya tidaklahbenar, karena menurut Prof. dr. Zubairi Djoerban,SpPD,KHOM mengatakan bahwa obattradisional atau obat yang digunakan untuk pengobatan alternatif, apapun bentuknya,kalau obatyang tidak ada pembuktian dengan uji klinik dan pembuktian yang panjang, obat tersebut belummenjamin kesembuhan sepenuhnya.
  • 8. E. Pandangan Habbataussauda di Kalangan Masyarakat Saat ini masyarakat lebih cenderung menggunakan berbagai macam pengobatan alternatifdaripada pengobatan medis. Salah satu faktor terbesar dari berpalingnya masyarakat kepengobatan alternatif karena mereka tidak mampu mengakses pengobatan medis, apalagi untukmasyarakat kalangan menengah ke bawah. Masyarakat sekarang memandang pengobatanalternatif khususnya habbatussauda adalah pilihan yang paling mudah dan murah. Karena selainpengobatannya yang tidak ribet, kemudian sistem bayarnya yang secara sukarela, prosespenyembuhannya pun agak cepat. Dokter Rini Damayanti, nara sumber dalam bedah buku “Sembuhkan Penyakit denganHabbatus sauda”membenarkan bahwa habbatus sauda memang memiliki khasiat secara medis.Menurut dokter yang sangat peduli pada dunia organik dan herbal ini, khasiat yang ada dalamhabbatus sauda bisa dijelaskan secara ilmiah menurut ilmu kedokeran modern. Menurut Sufrida Yulianti, penulis buku “Sembuhkan Penyakit dengan Habbatussauda”,jenis tanaman jinten hitam yang ada di Timur Tengah dengan yang ada di Indonesia berbeda.Warna hitam pada biji jinten dari Indonesia tidak terlalu pekat, sedangkan yang dari Arab warnahitamnya sangat pekat. Ternyata tidak hanya sosoknya, khasiatnya pun berbeda. Jinten hitam asliTimur Tengah ternyata memiliki khasiat lebih baik daripada yang tumbuh di Indonesia sehinggauntuk mengobati pasiennya, Sufrida lebih memilih menggunakan biji impor. Hj. Neno Warisman sebagai bintang tamu pada acara bedah buku “Sembuhkan Penyakitdengan Habbatussauda” menceritakan pengalamannya menggunakan habbatussauda sejak iaberusia 18 tahun. Salah satu manfaat yang dirasakannya adalah daya tahan dan stamina tubuhnyamenjadi luar biasa kuat, terutama dalam menghadapi jadwal kegiatannya yang sangat padat.Tidak seperti saat ini, ketika kita dapat dengan mudah menjumpai aneka produk habbtaussauda.Dulu, menurut Neno, dia harus mendatangkan sendiri biji habbatussauda dan meramunya sendiri,sehingga sangat repot dan menyita waktu. Namun kini, produk habbatussauda sudah bisadiperoleh dalam bentuk kapsul, bahkan juga tersedia produk habbatussauda untuk anak yangdicampur dengan madu. Dalam acara bedah buku tersebut juga hadir beberapa orang yangmemberikan kesaksian setelah terbebas dari penyakitnya setelah mengonsumsi habbastussauda.
  • 9. BAB III PENUTUPKESIMPULAN Menurut pendapat hasil daftar pertanyaan alasan kemurahan ialah alasan yang utamauntuk pemakaian pengobatan alternatif. Akan tetapi seringkali ada yang mencoba jenispengobatan itu untuk alasan pribadi, geografi, sosial, atau kebudayaan. Dalam masyarakat yangmenghadapi kemiskinan jenis pengobatan yang bisa dipilih adalah yang murah dan yang palingmenarik. Kemudahan ditawarkan pengobatan alternatif khusunya Habbatussauda karena seringmemakai sistem biaya sukarela dan proses penyembuhannya yang agak cepat.Sumber: Halo Internis-Edisi 12/November 2008