Your SlideShare is downloading. ×
Manjar1213 lap2-abas djumadi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Manjar1213 lap2-abas djumadi

220
views

Published on

Modul ini dibuat untuk keperluan laporan matakuliah managment jaringan II

Modul ini dibuat untuk keperluan laporan matakuliah managment jaringan II

Published in: Education

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
220
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Nama : Abas DjumadiNIM : 131311001 Remote Server 1. Amati PORT berapa yang digunakan oleh SSH Server anda, gunakan aplikasi “nmap”. Untuk melakukan perintah diatas anda dapat menggunakan nmap ke server lokal. Dalam kasus ini saya menggunakan ip 192.168.20.14 (dl.lokal). Adapun hasilnya seperti yang terlihat pada potongan screenshoot dibawah ini : Dari hasil capture diatas terlihat dengan jelas bahwa ssh menggunakan port 22/tcp dan dalam keadaan terbuka atau open. 2. Ubah port defaul SSH server anda menjadi PORT 2222 Untuk mengubah port default SSH server anda hanya perlu mengedit file sshd_config yang ada di /etc/ssh/ . Untuk script lengkapnya seperti dibawah ini : setelah itu akan terbuka file sshd_config kemduian cari tulisan port 22 kemudian ganti dengan port 2222.
  • 2. default port ssh server port ssh server yang sudah dirubahuntuk menyimpan hasil konfigurasi silahkan tekan kombinasi tombol Ctrl+O kemudian Ctrl+x untukkeluar. Jika anda ingin keluar dan menyimpan silahkan tekan kombinasi tombol Ctrl+x kemudian tekany dan enter. 3. Aktifkan Pengunaan PUBLIK Key dengan megubah konfigurasi pada /etc/ssh/sshd_config PubkeyAuthentication yes. Secara default biasanya fungsi ini sudah aktif, untuk memastikannya silahkan buka kembali file sshd_config dan lihat apakah PubkeyAuthentication dalam keadaan yes atau no, jika no maka rubah menjadi yes dan kemudian keluar dan simpan pekerjaan.
  • 3. 4. Ubah Baner yang ditampilkan pada saat User melakukan login pada file /etc/issue.net Pastikan pada file /etc/sshd_config sudah terdapat baris : Baner /etc/issue.net Untuk mengubah baner yang ditampilkan pada saat User melakukan login dapat anda lakukan dengan cara mengedit file issue.net yang berada di direktori /etc/ dengan perintah sudo nano /etc/issue.net simpan konfigurasi dan keluar. Setelah itu pastikan bahwa script Baner /etc/issue.net telah aktif di file sshd_config. Secara default settingan sshd_config seperti gambar dibawah ini : Dari hasil diatas dapat dilihat bahwa Banner masih dalam tanda # yang artinya tidak aktif. Sekarang aktifkan script tersebut dengan cara mengahilangkan tanda #.
  • 4. 5. Cobalah untuk melakukan remote login dari localhost dan salah satu mesin di dalam labjawaban case studyRemote ssh tanpa password ?Agar kita tidak lagi memasukkan password setiap kali kita melakukan remote menggunakan ssh ke hostyang sama maka kita perlu mengkopi file id_dsa.pub ke host tersebut dengan cara ssh-copy-idusername@hostname. Tetapi sebelumnya anda perlu membuat file id_dsa.pub tersebut dengan caraketikkan perintah sudo ssh-keygen -t dsa di terminal kemudian tekan enter hingga muncul seperti
  • 5. gambar dibawah ini :setelah itu ketikkan perintah ssh-copy-id username@hostname di terminal.Contoh :jika hasil eksekusi perintah ssh-copy-id irwan@192.168.20.14 tampak seperti pada screenshoot diatasmaka anda telah berhasil membuatnya. Untuk membuktikannya silahkan remote ke host tersebut makaanda tidak akan diminta untuk mengisi password lagi.Contoh :
  • 6. Selesai

×