Your SlideShare is downloading. ×
Laporan-Mulitimedia Animasi- Abas Djumadi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Laporan-Mulitimedia Animasi- Abas Djumadi

443

Published on

Langkah demi langkah mengubah video menjadi gambar

Langkah demi langkah mengubah video menjadi gambar

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
443
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Nama NIM MULTIMEDIA ANIMASI : Abas Djumadi : 131311001 MERUBAH VIDEO MENJADI GAMBAR DI ADOBE PREMIERE PRO 1.5 Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara untuk mengubah video menjadi sebuah gambar menggunakan adobe premiere pro 1.5. Sebelum saya membahas bagaimana cara mengubah video menjadi sebuah gambar, saya ingin menjelaskan dulu alur ceritanya. Jadi ketika kita mempunyai sebuah video yang durasinya sedikit (5 menit) kemudian kita diwajibkan untuk membuat video tersebut dengan durasi (10 menit). Maka salah satu cara yang dapat kita gunakan untuk membuat video tersebut menjadi berdurasi 10 menit adalah mengambil potongan-potongan gambar dari video tersebut yang kemudian kita gerakkan secara manual. Kira-kira seperti itu jalan cerintanya. Adapun langkah demi langkah untuk mengubah video menjadi gambar adalah sebagai berikut : 1. Pertama-tama tentunya kita buka dulu adobe premiernya 2. Tampilan awal adobe premiere pro 1.5 seperti yang terlihat pada hasi capturan dibawah ini :
  • 2. 3. Setelah itu klik New Project. Kemudian tentukan lokasi penyimpanannya di Location dan tentukan namanya di Name. 4. Masukkan videonya dan seret ke timeline. 5. Arahkan Current Time Markernya ke bagian video yang ingin dijadikan gambar. 6. Setelah itu klik menu File => Export => Frame atau bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Shift+M
  • 3. 7. Setelah itu muncul popup Export Frame, kemudian berinama frame tersebut sesuai keinginan anda pada form isian File name dan tentukan tempat penyimpanannya di Save in 8. Setelah itu klik Save. Frame yang disimpan tadi akan muncul di bagian Project Window dengan nama yang anda tuliskan tadi. Pada kasus ini saya beri nama framenya dengan nama laporan
  • 4. 9. Sampai pada tahap ini sebenarnya proses pengubahan video menjadi gambar sudah selesai akan tetapi tadi diawal saya mengatakan bahwa gambar tersebut akan digerakkan secara manual maka caranya sebagai berikut. Pertama potong videonya jika gambar tersebut ingin kita sisipkan di sela-sela video. Caranya dengan menekan tombol (C) atau dengan mengklik Razor Tool yang ada di area timeline window. Kemudian pisahkan videonya. 10. Kemudian seret frame tadi dan letakkan diantara video yang sudah di potong tadi.
  • 5. 11. Klik frame tersebut kemudian arahkan Current Time Marker pada awal frame tersebut. Perhatikan Current Time Markernya pada gambar dibawah ini. 12. Kemudian klik Effect Controls => klik Metion => klik icon yang ada sebelum tulisan Position dan Scale. Kemudian pada area Sequence kemudian kecilkan gambarnya.
  • 6. 13. Setelah itu geser lagi Current Time Markernya dan rubah lagi besar gambarnya. Lakukan hal tersebut hingga mencapai tujuan yang anda inginkan.
  • 7. 14. Selesai

×