Backup Dengan Bacula
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share

Backup Dengan Bacula

  • 678 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
678
On Slideshare
652
From Embeds
26
Number of Embeds
2

Actions

Shares
Downloads
29
Comments
0
Likes
0

Embeds 26

http://abasdjumadi.web.id 25
https://twitter.com 1

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. PRAKTEK MANAGEMENT JARINGAN BACKUP (BACULA) ABAS DJUMADI 131311001 Bacula adalah solusi backup yang canggih yang dapat menangani masalah backup lokal dan remote dengan memanfaatkan model client-server. Bacula memiliki pilihan konfigurasi fleksibel yang memberikan kontrol penuh atas lingkungan backup. Bacula menggunakan SQL untuk memanage informasi. Disini saya menggunakan MySQL Sebelum belajar lebih dalam mengenai bacula, seharusnya kita perlu untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk melakukan backup dengan bacula tersebut. Adapun yang harus dipersiapkan sebelum bekerja di lingkungan backup yaitu : • PC / Laptop yang terinstall OS Ubuntu • MySQL • Bacula Instalasi Bacula diUbuntu 13.04 sudo apt-get install bacula Pada proses penginstalan bacula akan meminta anda untuk konfigurasi dirinya dengan SQL yang sudah terpasang pada komputer anda. Bacula juga akan menambah user untuk dirinya sendiri dengan nama bacula. Berikut beberapa hasil capture dari instalasi bacula. Tekan ENTER untuk ok. Kemudia pilih Yes.
  • 2. PRAKTEK MANAGEMENT JARINGAN BACKUP (BACULA) ABAS DJUMADI 131311001 Masukkan password untuk direktori bacula mysql. Konfirmasi password.
  • 3. PRAKTEK MANAGEMENT JARINGAN BACKUP (BACULA) ABAS DJUMADI 131311001 Masukkan password untuk database user administrative.
  • 4. PRAKTEK MANAGEMENT JARINGAN BACKUP (BACULA) ABAS DJUMADI 131311001 KONFIGURASI BACULA File konfigurasi Bacula diformat berdasarkan source yang penuh degan tanda “{}”. Setiap komponen Bacula memiliki file tersendiri dalam direktori /etc/bacula. Berbagai komponen Bacula harus mengotorisasi diri satu sama lain. Hal ini dicapai dengan menggunakan password directive. Misalnya, sandi sumber daya penyimpanan di /etc/bacula/bacula-dir.conf harus sesuai dengan sandi yang ada di /etc/bacula/bacula-sd.conf. Secara default nama job Client1 sudah dikonfigurasi di arsip katalog Bacula. Jika berencana untuk menggunakan server untuk melakukan backup lebih dari satu client maka anda perlu mengubah nama jobnya. Untuk mengubahnya edit /etc/bacula/bacula-dir.conf: Catatan : Name=”BackupAbas” hanya sebagai contoh. Anda dapat mendeskripsikan nama dari job tersebut sesuai dengan keinginan anda. Konsol ini dapat digunakan untuk query Director tentang pekerjaan, tetapi untuk menggunakan Konsol dengan pengguna non-root, maka pengguna perlu berada dalam kelompok bacula. Untuk menambahkan user ke grup bacula masukkan berikut dari terminal: Catatan : ubah “abas” dengan nama user yang ingin anda tambahkan kedalam group bacula. Anda juga dapat menambahkan user lain kedalam group bacula. Backup Localhost 1. Pertama kita konfigurasi dulu penyimpanannya dengan mengedit file /etc/bacula/bacula-sd.conf. Pada file tersebut tambahkan beberap baris perintah. Perhatikan screenshot dibawah ini :
  • 5. PRAKTEK MANAGEMENT JARINGAN BACKUP (BACULA) ABAS DJUMADI 131311001 Contohnya adalah untuk DDS-4 tape drive. Sesuaikan "Media Type" dan "Arsip Device" untuk mencocokkan hardware Anda. Anda juga dapat memberi tanda komentar pada salah satu contoh diatas. 2. Restart bacula-sd 3. Sekarang tambahkan sumber daya penyimpanan kedalam /etc/bacula/bacula-dir.conf untuk menggunakan perangkat baru. Untuk address disamakan dengan hostname pada komputer masing-masing. Juga buat password directive cocok dengan kata kunci yang ada di /etc/bacula/bacula-sd.conf.
  • 6. PRAKTEK MANAGEMENT JARINGAN BACKUP (BACULA) ABAS DJUMADI 131311001 4. Buat FileSet yang akan menentukan direktori untuk backup. Dengan menambahkan script seperti pada gambar dibawah ini kedalam /etc/bacula/bacula-dir.conf. Fileset ini akan membackup direktori /etc dan /home. Arahan source options mengkonfigurasi fileset untuk membuat tanda tangan MD5 untuk setiap file yang didukung, dan untuk menkonpres file menggunakan GZIP. 5. Selanjutnya buat jadwal untuk backup. 6. Terakhir buat job.
  • 7. PRAKTEK MANAGEMENT JARINGAN BACKUP (BACULA) ABAS DJUMADI 131311001 Job akan melakukan backup penuh setiap hari untuk tape drive. 7. Setiap tape yang digunakan harus memiliki Label. Jika tape saat ini tidak memiliki label, maka Bacula akan mengirimkan email dan membiarkan Anda tahu. Untuk merekam label menggunakan Konsol masukkan berikut dari terminal: Sampai pada tahap ini, konfigurasi bacula backup lokal sudah selesai.