Laporan power supply

  • 3,701 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
3,701
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
63
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Program Keahlain : TKJ Kode :Kompetesi : Tanggal : 3 Oktober 2012Sub Kompetensi : Waktu : 8 x 45 mntKelas/Semester :X/I Hari :Rabu 1. Tujuan Agar siswa dapat mengenal Power Supply dengan baik Agar siswa dapat mengetahui fungsi atau kegunaan Power Supply Siswa dapat mengetahui apa saja kerusakan yan ada pada Power Supply Siswa diminta dapat memprbaiki Power Supply yang rusak 2. Teori Pengertian Power supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing. Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt. Cara kerja Ketika kita menekan tombol power pada casing, yang terjadi adalah langkah berikut. Power supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes telah sukses, power supply mengirim sinyal khusus pada motherboard, yang di sebut power good Jenis konektor pada power supply 1. Konektor 20/24 pin ATX Motherboard. Digunakan untuk mensuplly tegangan ke motherboard. Pada Motherboard versi lama digunakan Konektor ATX 20 pin, sedangkan Motherboard yang sekarang / terbaru sudah menggunakan konektor ATX yang 24 pin. Untuk konektor ATX 24 pin pada dasarnya merupakan konektor ATX 20 pin ditambah dengan konektor 4 pin, sehingga kedua konektor ini bisa digabungkan atau dilepas sesuai dengan motherboard yang kita pakai. 2. ATX 4 pin connector Digunakan sebagai penyedia supply tegangan untuk Processor kelas Intel Pentium IV. Jadi pada Pentium 4 kebawah, konektor ini tidak perlu digunakan. 3. 4 Pin Peripherial Power Connector / Molex Connector Digunakan sebagai supply tegangan untuk berbagai hardware seperti Hardisk IDE, CD ROM Drive dan Kipas Casing komputer.
  • 2. 4. SATA Power Connector Digunakan untuk mensupply tegangan untuk komponen hardwareyang menggunakan interface SATA seperti Hardisk SATA danCD/DVD ROM SATA.5. Floppy Drive Connector / Berg Connector Konektor ini khusus digunakan untuk Floppy Drive atau pun externalaudio card. Karena penggunaan Floopy Drive sekarang sangat jarang,maka konektor ini jarang digunakan.6. 6 pin PCI-E connectorKonektor ini digunakan untuk memberikan tegangan pada yangterdapat pada beberapa graphic Card yang menggunakan slot PCIExpress.Jenis power suplyJenis power supplyPower supply ATPower supply yang memiliki kabel power yang dihubungkan kemotherboard terpisah menjadi dua konektor power (P8 dan P9). Kabelyang berwarna hitam dari konektor P8 dan P9 harus bertemu di tengahjika disatukan.Pada power supply jenis AT ini, tombol ON/OFF dihubungkanlangsung pada tombol casing. Untuk menghidupkan dan mematikankomuter, kita harus menekan tombol power yang ada pada bagiandepan casing. Power supply jenis AT ini hanya digunakan sebatas padaera komputer pentium II. Pada era pentium III keatas atau hinggasekarang, sudah tidak ada komputer yang menggunakan Power supplyjenis AT.Ciri utama- Tombol on/off bersifat manual- Ketika Shutdown, untuk mematikan mesti menekan tombol CPU- Kabel daya ke motherboard terdiri atas 2 x 6 pin- Daya rata-rata di bawah 250WattPower suplly ATXPower Supply ATX (Advanced Technology Extended) adalah jenispower supply jenis terbaru dan paling banyak digunakan saat ini.Perbedaan yang mendasar pada PSU jenis AT dan ATX yaitu padatombol powernya, jika power supply AT menggunakan Switch danATX menggunakan tombol untuk mengirikan sinyal ke motherboardseperti tombol power pada keyboard.Ciri utama-Terdiri atas satu set kabel supply ke motherboard yang berjumlah :20pin atau 20pin + 4pin 24pin + 4pin atau 24pin + 8pin-Ketika shutdown otomatis CPU mati- Ada konnector tambahan power SATA (PSU terkini)
  • 3. -Daya lebih besar untuk memenuhi standar komputasi masa kini -Efisiensi lebih baik3. Keselamatan Kerja 1) Gunakan alat sebagai pengaman 2) Gunakan alat dn bahan sesuai dengan fungsinya 3) Lakukan percobaan ini dengan secara bertahap 4) Lakukan perintah dari guru pembimbing4. Alat dan Bahan - Alat Kuas Obeng Penyedot debu mini Tang - Bahan Power Supply5. Langkah Kerja 1.Gunakan alat sebagai pengaman 2.Lakukan pekerjaan sesuai bertahap,yaitu: Kerusakan Power Supply 1. Tidak bisa hidup. Semua lampu indikator mati 2. Kipas Power Suply tidak jalan. Ketika komputer dihidupkan, tidak ada reaksi sama sekali 3. CPU sering restart sendiri. 4. CPU sering mati sendiri setelah beberapa waktu digunakan. Power Supply Troubleshooting! 1. Metode Sederhana 2. Metode Pengamatan 3. Menggunakan Metode Pengukuran Nila dan Polaritas Komponen 4. Menggunakan Metode Pengukuran Tegangan6. Hasil Lembar Kerja
  • 4. 7. Kesimpulan Setelah Saya melakukan percobaan ini, Saya telah dapat mengetahui apa itu Power Supply,yaitu: Power supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll,dan saya sudah dpat memperbaiki power supply apabila terjadi kerusakan.