Pengantar metodologi penelitian

  • 40,045 views
Uploaded on

barangkali bermanfaat untuk menambah khasanah keilmuan kita tentang metodologi penelitian.

barangkali bermanfaat untuk menambah khasanah keilmuan kita tentang metodologi penelitian.

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
40,045
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
778
Comments
7
Likes
8

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. PROGRAM STUDI D IV BIDAN PENDIDIK POLTEKES BHAKTI PERTIWI HUSADA CIREBON 2012
  • 2. PENGANTAR: APAKAH PENELITIAN ITU?Pengertian yang salah tentang Penelitian1. Penelitian bukan hanya mengumpulkan informasi (data).2. Penelitian bukan hanya memindahkan fakta dari suatu tempat ke tempat lain.3. Penelitian bukan hanya membongkar-bongkar mencari informasi.4. Penelitian bukan suatu kata BESAR untuk menarik perhatian.
  • 3. Pengertian yang benar tentang Penelitian danKarakteristik Proses Penelitian1. Penelitian dimulai dengan suatu pertanyaan atau permasalahan.2. Penelitian memerlukan pernyataan yang jelas tentang tujuan.3. Penelitian mengikuti rancangan prosedur yang spesifik.4. Penelitian biasanya membagi permasalahan utama menjadi sub-sub masalah yang lebih dapat dikelola.5. Penelitian diarahkan oleh permasalahan, pertanyaan, atau hipotesis penelitian yang spesifik.6. Penelitian menerima asumsi kritis tertentu.7. Penelitian memerlukan pengumpulan dan interpretasi data dalam upaya untuk mengatasi permasalahan yang mengawali penelitian.8. Penelitian adalah, secara alamiahnya, berputar secara siklus; atau lebih tepatnya.
  • 4. Pengertian Metodologi Penelitian. Secara umum metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Terdapat empat kata kunci yang perlu diperhatikan yaitu, cara ilmiah, data, tujuan, kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Rasional berarti kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal, sehingga terjangkau oleh penalaran manusia.
  • 5. Lanjutan Empiris berarti cara-cara yang dilakukan itu dapat diamati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara-cara yang digunakan. (Bedakan cara yang tidak ilmiah misalnya, mencari anak yang hilang saat memanjat gunung, atau ingin mencari mobil yang hilang datang ke paranormal, atau ingin menjadi Kepala Sekolah datang ke dukun, dan sejenisnya). Sistematis artinya, proses yang digunakan dalam penelitian itu menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis.
  • 6. Data yang diperoleh melalui penelitian itu adalah dataempiris (teramati) yang mempunyai kriteria tertentu yaituvalid. Valid menunjukkan derajat ketepatan antara data yangsesugguhnya terjadi pada obyek dengan data yang dapatdikumpulkan oleh peneliti. Misalnya di Kabupaten Tegal terdapat 400 anak yangtidak lulus Ujian Nasional, sementara penelitian melaporkanjauh di atas dan di bawah 400. Maka data yang dilaporkanpeneliti tersebut tidak valid. Demikian juga misalnya penelitimelihat pada obyek berwarna merah, tetapi dilaporkan warnahijau. Peneliti melihat murid sedang menangis langsungdibuat kesimpulan bahwa murid tersebut sedangsedih, padahal sebenarnya murid tersebut menangis sedangsenang, karena mendapat ranking di kelas yang tinggi. Datayang dilaporkan oleh peneliti bahwa warna hijau dilaporkanwarna merah, murid menangis karena senang dilaporkansedih, adalah data yang tidak valid.
  • 7. Tujuan Penelitian Memperoleh pengetahuan baru (penemuan). Penemuan berarti data yang diperoleh dari penelitian itu adalah data yang betul-betul baru yang sebelumnya belum pernah diketahui. Memperoleh jawaban atas suatu pertanyaan (Pembuktian). Pembuktian berarti data yang diperoleh itu digunakan untuk membuktikan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu. Memberikan pemecahan atas suatu masalah (pengembangan). Pengembangan berarti memperdalam dan memperluas pengetahuan yang telah ada.
  • 8. Unsur yang MenetukanKeberhasilan dalam Penelitian.  Keahlian / pengalaman Peneliti.  Bahan penelitian.  Cara kerja penelitian.  Sosialisasi / pemanfatan hasil penelitian.
  • 9. Keahlian / Pengalaman Peneliti. Keahlian dasar ilmu yang sesuai. Keahlian dalam bidang penelitian. Pengalaman penelitian. Etika yang diyakini. Reputasi yang dicapai.
  • 10. Bahan penelitian.1. JENIS bahan.  Orang.  Bahan lain == > namanya.2. BENTUK bahan.  Orang yg bagaimana.  Barang ( padat, bubuk, cair atau gas)3. BANYAKNYA bahan.  Berapa orang jumlahnya.  Berat, volume, panjang atau jumlahnya.
  • 11. Penentuan Bahan.Untuk menentukan bahan dengan baik dibutuhkan1. Klasifikasi / Pengelompokan.2. Alat Ukur.  Kuantitas  Kualitas3. Standarisasi.
  • 12. Cara Kerja Penelitian (Dasar- dasar IlmiahPenelitian)1. Berurutan / sistimatis.2. Penalaran/ Reasoning.3. Kemungkinan / Chance.4. Pemeliharaan kemungkinan/ Probabilitas.5. Penentuan Hipotesis.
  • 13. Sosialisasi/ Pemanfatan HasilPenelitian. Kapan. Dimana. Kepada siapa. Dengan tujuan apa. Bagaimana membina hubungan selanjutnya dalam pemanfatan hasil penelitian.
  • 14. Jenis Penelitian. PENDEKATAN RANCANGAN. SURVEY DESKRIPTIF CROSSECTIONAL PENGAMATAN. KOHORT ANALITIK. KASUS-KONTROL TRIAL PERCOBAAN. ANALITIK. EKSPERIMEN
  • 15. Survey. Survey adalah proses mencacah / memeriksa sebagian populasi dengan cara mengumpulkan, menyusun, mengelompokan & menerbitkan data- data dari populasi tsb, untuk tujuan tertentu. Sensus = Survey untuk seluruh populasi.
  • 16. Cross Sectional Study. adalah proses mencacah / memeriksa sebagian populasi (sampel) dengan cara mengumpulkan, menyusun, mengelompokan & menganalisa data- data dari sampel tsb, untuk tujuan mencari asosiasi statistik.
  • 17. Kohort Study.Penelitian analitik yang bersifat observasi dimanadilakukan perbandingan antara sekelompok orangyang terkena penyebab dengan sekelompok lainnyayang tidak terkena penyebab, kemudian dilihat akibatyang ditimbulkannya. Prospektif study
  • 18. Kasus & Kelola. Penelitian analitik yang bersifat observasi dimana dilakukan perbandingan antara sekelompok orang yang sakit dengan sekelompok lainnya yang tidak sakit, kemudian dicari kemungkinan penyebab penyakit yang menimbulkannya. Retrospektif study
  • 19. Klinikal Trial.Adalah Metoda penelitian obat manusia yang bersifatprospektif, komparatif & objektif, yang harus memenuhikriteria;  Pemberian obat oleh dokter.  Ada bukti ,obat tersebut punya efek bermanfaat.  Bertujuan menentukan seberapa jauh obat punya efek menguntungkan.
  • 20. Experimen. Penelitian analitik yang bersifat intervensi / mencoba dimana dilakukan perbandingan antara sekelompok binatang yang terkena intervensi dengan sekelompok lainnya yang tidak terkena intervensi, kemudian dilihat akibat yang ditimbulkannya.
  • 21. Prosedur Penyusunan SkripsiPoltekes BPH Cirebon Pengajuan Out Line Melakukan Studi Pendahuluan Pengajuan Proposal Penelitian Seminar Proposal Penelitian sampai Persiapan Penelitian Pelaksanaan Penelitian Pengajuan Ujian Sidang Hasil Sidang Skripsi
  • 22. Unsur Karya Tulis Ilmiah Polteks BPHCirebon BAGIAN AWAL  Halaman Judul Skripsi  Halaman Lembar Pengesahan Pembimbing  Halaman Persembahan  Halaman Abstrak  Halaman Kata Pengantar  Halaman Daftar Isi  Halaman Daftar Tabel  Halaman Daftar Gambar  Halaman Daftar Grafik  Halaman Daftar Lampiran
  • 23. BAGIAN INTIBAB I Pendahuluan A. Latar Belakang Masalah B. Perumusan Masalah C. Tujuan Penelitian D. Manfaat PenelitianBAB II Tinjauan Pustaka Landasan Teori dari setiap variabel yang ditelitiBAB III Kerangka Konsep, Definisi Operasional dan Hipotesia
  • 24. BAB IV Metodologi Penelitian A. Jenis Penelitian B. Variabel Penelitian C. Populasi dan Sampel D. Instrumen Penelitian E. Tekhnik Pengumpulan Data F. Analisis Data G. Lokasi PenelitianBAB V Hasil Penelitian dan PembahasanBAB VI Kesimpulan dan Saran
  • 25. BAGIAN AKHIR Daftar Pustaka Lampiran Daftar Riwayat Hidup
  • 26. Yang Akan Dibahas Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Ganjil Memahami konsep dasar metodologi penelitian Menjelaskan pengertian masalah, rumusan masalah, dan tujuan penelitian Menjelaskan kerangka konsep, hipotesis dan definisi operasional Menjelaskan desain penelitian Menjelaskan epidemologi kesehatan reproduksi Menjelaskan pemilihan uji hipotesis Memahami interpretasi hasil analisis data komputer
  • 27. SEKIAN DAN TERIMAKASIH