Industri

819 views
760 views

Published on

Industri

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
819
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
8
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Industri

  1. 1. INDUSTRI OLEH :ARIF SEPTIANTO
  2. 2. MASALAH LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN INDUSTRI• Pertambahan penduduk yang cepat mempunyai implikasi pada berbagai bidang. Bertambahnya penduduk yang cepat ini mengakibatkan tekanan pada sektor penyediaan fasilitas tenaga kerja yang tidak mungkin ditampung dari sektor pertanian.• Maka untuk perluasaan kesempatan kerja, sektor industri perlu ditingkatkan baik
  3. 3. • Peningkatan secara bertahap di berbagai bidang industri akan menyebabkan secara berangsur-angsur tidak akan lagi tergantung kepada hasil produksi luar negeri dalam memenuhi kebutuhan hidup.• Sedikit sekali perhatian terhadap masalah lingkungan, sehingga pendirian industri tersebut mengakibatkan pencemaran lingkungan oleh hasil buangannya yang kadang-kadang diabaikan.
  4. 4. • Oleh karena itu perlu adanya perencanaan yang matang pada setiap pembangunan industri agar dapat diperhitungkan sebelumnya segala pengaruh aktivitas pembangunan industri tersebut terhadap lingkungan yang lebih luas.• Dalam mengambil keputusan pendirian sesuatu perindustrian, selain keuntungan yang akan diperoleh harus pula secara hati-hati dipertimbangkan kelestarian lingkungan.
  5. 5. Evaluasi pengaruh sosial ekologi dan ekonomi Penelitian dan pengawasan lingkunganPrinsip yang perludiperhatikan dalam Survey mengenai pengaruh-pengaruhpembangunan proyek lingkunganindustri Berdasarkan petunjuk- petunjuk ekologi Buatlah pembangunan alternatif
  6. 6. • Industrialisasi adalah pengolahan bahan baku menjadi bahan jadi atau setengah jadi.• Dalam pelaksanaannya mulai dari bahan baku, proses pengolahan maupun hasil akhir yang berupa hasil produksi dan hasil buangannya (sampah) banyak di antaranya terdiri dari bahan-bahan yang dapat mencemari lingkungan seperti bahan logam, bahan organis, bahan korosif, bahan-bahan gas dan lain-lain bahan yang berbahaya baik untuk pekerja maupun masyarakat di sekitar proyek industri tersebut.
  7. 7. KERACUNAN BAHA LOGAM/METALOID PADA INDUSTRIALISASI• Racun-racun logam/metaloid beserta persenyawaan-persenyawaannya yang sering terjadi pada industrialisasi adalah yang berasal dari timah hitam, air raksa, arsen, chromium, berrylium, cadmium, vanadium dan fosfor.• Di samping racun-racun tersebut di atas terdapat pula bahan-bahan logam/metaloid lainnya
  8. 8. • Seperti misalnya perak yang berhasil masuk tubuh bisa menyebabkan argyria, tanpa menimbulkan gejala keracunan yang membahayakan kesehatan.• Gejala keracunan yang ditimbulakan oleh zat- zat tadi tidaklah sama. Hal ini tergantung dari persenyawaan kimianya, keadaan wujud fisiknya (padat, cair atau gas), valensi ikatannya, dan cara masuknya ke dalam tubuh.
  9. 9. Keracunan timah hitamBeberapa contoh Keracunan air raksa keracunanlogam/metaloid Keracunan arsen Keracunan fosfor
  10. 10. *Keracunan Timah Hitam• Bentuk keracunan oleh keduanya adalah tidak sama baik sifat maupun gejalanya, keracunan oleh timah hitam dan persenyawaan- persenyawaan organisnya bersifat kronis gejala-gejalanya antara lain kolik usus, anemia/kekurangan darah.• Keracunan oleh TEL biasanya mendadak dengan gejala insomnia, kekaucaun pikiran, delirium dan mania.
  11. 11. Keracunan oleh timah hitam dan persenyawaan- persenyawaan anorganisnya, seperti “putih timah hitam”Keracunan timah hitam bisa terjadi dalam dua bentuk : Keracunan karena pengolahan persenyawawaan-persenyawaan organis hitam, seperti TEL (tetra- etil-timah).
  12. 12. *Keracunan air raksaKeracunan ini bisa terjadi di tambang air raksa dan di pabrik-pabrik yang mengubah biji besi menjadi logam murninya, proses pemisahan emas dan perak dari bijinya dengan menggunakan amalgam, pembuatan lampu listrik berisi uap Hg dan lain sebgainya.
  13. 13. Akibat air rakasa cair atau uapnya Akibat kontak kulit denganKeracunan air raksa dapat persenyawaan Hg-fulminat terjadi : Persenyawaan air raksa organis
  14. 14. *Keracunan arsenKeracunan arsen banyak ditemukan pada industri yang menggunakan arsen sebagai bahan baku, misal pada pembuatan racun serangga, racun tikus, racun tanaman dan racun jamur.
  15. 15. Rancangan kulit pada kulit atau selaput lendirGejala yang timbul akibat keracunan arsen Hancurnya sel-sel yang bisa menimbulkan kekurangan darah Sistematik pada tubuh
  16. 16. *Keracunan fosfor• Fosfor putih bersifat sangat beracun.• Fosfor putih banyak dipergunakan sebagai bahan pembuatan racun tikus, racun serangga, pembuatan pupuk, pembuatan mercon dan kembang api.• Akibat keracunan fosfor sangat kompleks bisa menimbulkan kerusakan pada hati, ginjal, tulang, saluran pencernaan, perdarahan-perdarahan dan bila terhrup ke paru-paru bisa menimbulkan oedema dan kerusakan paru.

×