Emotional freedom technique)
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Emotional freedom technique)

on

  • 1,809 views

dari kampus psikologi bahas eft semoga bermanfaat

dari kampus psikologi bahas eft semoga bermanfaat

Statistics

Views

Total Views
1,809
Views on SlideShare
1,809
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
109
Comments
1

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Emotional freedom technique) Emotional freedom technique) Presentation Transcript

  • (Emotional FreedomTechnique) Kampus psikologi undipi
  • Sejarah EFT EFT adalah versi emosional dari akupuntur. Bedanya, EFT tidak mengandalkan tusukan jarum, melainkan hanya ketukan ringan dengan ujung jari. Teknik penyembuhan timur akupuktur sendiri sudah berumur lebih dari 5000 tahun. Dr. John Diamond menulis tentang hubungan “sistim energi tubuh” dengan gangguan psikologis. Dari konsep ini dilahirkan cabang baru dari ilmu psychology, yaitu Energy Psychology. www.kmeli.ch/docs/EFT_Manual.pdf
  • Sel darah saat sedih (begerak cedpat danberbentuk airmata
  •  Dr. Roger Callahan, seseorang yang sudah lama mempelajari sistim energi tubuh menciptakan teknik terapi yang kontroversial yaitu Tought field Therapy (TFT) atau juga dikenal dengan Callahan Technique. 1980 Dr. Roger Callahan menangani klien dgn sakit kepala berkepanjangan dan mimpi buruk yang menakutkan karena fobia terhadap air yang sangat parah. Dr. Callahan mecoba mengetuk (tapping) dengan ujung jarinya ke bagian bawah mata. Setelah pulang klien melaporkan phobianya hilang dan Ia berani mendekati kolam air dan memercikan air ke mukanya tanpa rasa takut. Sakit kepalanya hilang demikian juga dengan mimpi buruknya.
  •  Murid pertama Callahan adalah Gary Craig. Gary Craig menyederhanakan TFT menjadi teknik yang lebih mudah dan menamakan Emotional Freedom Technique (EFT). Craig melakukan terapi pada veteran perang Vietnam di VA (Veteran Administration) yang puluhan tahun menderita PTSD. Dalam 6 hari Gary berhasil membebaskan 20 orang veteran dari penderitaan puluhan tahun karena perang Vietnam.
  •  Seperti akupuntur, EFT menyelaraskan sistem energi meridian tubuh. EFT juga memasukkan elemen emosi didalam teknik pengobatannya. Dimana secara klinis dibuktikan bahwa masalah emosi yang tidak terselesaikan dapat mengakibatkan penyakit fisik, disfungsi psikologi dan juga limitasi dalam perfomance.
  • Bagaimana EFT bekerja EFT merupakan teknik menepuk atau mengketuk beberapa titik di tubuh dan wajah berdasarkan prinsip akupuntur dan akupresur yang telah terbukti selama ribuan tahun. Hanya saja EFT tidak menggunakan jarum sehingga lebih aman, lebih mudah lebih cepat dan lebih sederhana dibanding pendahulunya tsb.
  •  Menurut teori ilmu EFT, penyebab segala macam emosi negatif adalah terganggunya sistim energi tubuh. Dan emosi-emosi negatif yang tak terselesaikan, menjadi penyebab utama pada hampir semua penyakit fisik
  •  Emosi negatif menganggu kelancaran sirkulasi energi dalam tubuh, dan mengakibatkan gangguan fisik seperti gelisah, dihantui memori yg tidak enak yang mempengaruhi cara pandang. EFT dengan cepat dapat menyelaraskan energi meridian akupunktur yang terganggu tersebut. Dimana energi meridian erat hubungannya dengan masalah emosi, gangguan fisik dan juga menghilangkan simptom penyakit.
  • Manfaat Beberapa masalah yang bisa diselesaikan dengan EFT antara lain: Kecemasan, Kemarahan, Compulsive Behavior, Panic disorder, Kecanduan (rokok atau obat- obatan), Stress dan Depresi, Trauma, Ketakutan dan Phobia (ketinggian, binatang, atau benda tertentu), Kecemasan di tempat umum, Ketakutan berbicara di depan umum, Sakit Kepala / Migren, Menghilangkan keyakinan negatif, Perasaan malu / bersalah, Insomnia, Kekecewaan atau sakit hati, Peak Performance, Masalah seksual, Masalah pada anak atau wanita, Kanker, Allergi dan masalah lainnya.
  • Langkah-langkah EFT Langkah 1 -Mengidentifikasi masalah. Langkah 2 - Tentukan derajat kesulitannya SUD. [skala 0 – 10, 0=tidak ada kesulitan, 10=paling sulit Langkah 3 – Mengucapkan : “Meskipun [Saya mempunyai masalah ], saya dengan tulus dan sepenuhnya menerima diri saya. Ucapkan tiga kali dengan keras, sementara Anda mengusap Titik NyeriSebagai contoh: “Meskipun saya merasakan nyeri di lengan , saya dengan tulus dan penuh menerima diri saya”
  •  Langkah 4 – Dengan menggunakan satu atau dua jari, dengan cepat ketuk-ketuklah setiap titik 7-10 kali. Mulai dari titik 1 [pangkal alis] dan berakhir pada titik 7 [sedikit di bawah lengan], lalu kembali ke titik 6 [tulang selangka], sambil mengetuk-ngetuk setiap titik tersebut , ucapkan dengan keras sebuah kata kunci atau ungkapan yang akan membantu untuk tetap fokus pada problem Contoh kata kunci: “nyeri”
  •  Periksa level. Jika Anda rasakan ada kemajuan yang berarti, meskipun masih ada problem yang tersisa, teruskan ke langkah ke 6. Jika tidak ada perkembangan sama sekali [SUD tetap tinggi], kembalilah ke langkah 1 dan telitilah lebih lanjut ada masalah apa dibalik masalah yang tadi Anda sebutkan [misalnya: “Saya melakukan tindakan yang ceroboh dan melukai lengan saya”. Maka kalimat yang Anda ucapkan adalah “Meskipun saya melakukan tindakan ceroboh dan melukai lengan saya, saya dengan tulus dan penuh menerima diri saya.” Kata kunci: “luka” atau “ceroboh”]
  •  Langkah 6 – Ketika menggosok “Titik Nyeri” ubahlah Pernyataannya menjadi: “Meskipun masih ada nyeri yang tersisa, saya dengan tulus dan penuh menerima diri saya.” Kembali ke langkah 4 dengan menggunakan kata kunci: “tersisa” – artinya “masalah atau nyeri yang tersisa”
  •  Langkah 7 – Jika setelah menggunakan Pernyataan pada langkah 6, tingkat SGS tidak juga turun ke level 0 – 1, gosoklah “Titik Nyeri” menggunakan pernyataan “ Saya benar-benar ingin sepenuhnya sembuh dari masalah ini [nyeri], dan saya dengan tulus dan penuh menerima diri saya.”
  • 1Titik nyeri
  • 2 3
  • 4 5
  • 6 7
  • 1 2 3 4 5 6
  • 9 langkah Gamut1. menutup mata2. Membuka mata3. Mata digerakkan dengan kuat ke kanan bawah4. Mata digerakkan dengan kuat ke kiri bawah5. Memutar bola mata searah jarum jam6. Memutar bola mata berlawanan arah jarum jam7. Bergumam dengan berirama selam 2 detik8. Menghitung 1,2,3,4,5,
  • S-EFT Pengembangan EFT Kekuatan Pasrah : Meskipun saya…………….. Saya pasrah dan ikhlas sepenuhnya