Bab 3 prinsip visual

1,893 views
1,705 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,893
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
185
Actions
Shares
0
Downloads
44
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bab 3 prinsip visual

  1. 1. Oleh : RIKA FERANITA & MEILINA Palembang, 12 Oktober 2011 VISUAL
  2. 2. LITERASI VISUAL Strategi input : Membantu pebelajar untuk decode atau membaca dengan cara mempraktekan kemampuan analisis visual ( misalnya, melalui analisis gambar dan diskusi multimedia dan program video)
  3. 3. LITERASI VISUAL Strategi output : Membantu pebelajar untuk encode atau menulis secara visual untuk mengekspresikan diri mereka dan berkomunikasi dengan orang lain ( misalnya melaui perencanaan dan produksi presentasi visual)
  4. 4. LITERASI VISUAL Aspek literasi visual yang pertama adalah kemampuan untuk menginterprestasikan dan menemukan makna dari stimulus yang ada di lingkungan sekitar . Aspek literasi visual yang kedua adalah kemampuan pebelajar untuk menciptakan sebuah tampilan visual
  5. 5. EFEK PERKEMBANGAN . Anak-anak sampai pada usia 12 tahun cenderung memaknai tampilan visual secara parsial ( keseluruhan), disisi lain yang ingin di sampaikan dari sebuah tampilan visual. Gambar-gambar abstrak atau rangkaian gambar diam ( still pictures) kurang sesuai untuk anak-anak ( sampai pada usia 12 tahun) MENGURAI MAKNA :
  6. 6. EFEK BUDAYA . Dalam mengajar, harus disadari bahwa kemampuan pebelajar untuk menginterprestasikan sebuah tampilan visual dapat diperbarui oleh latar belakang kebudayaan. MENGURAI MAKNA :
  7. 7. PREPERENSI VISUAL : Kebanyakan pebelajar lebih menyukai tampilan visual yang berwarna daripada tampilan visual hitam putih. MENGURAI MAKNA :
  8. 8. MENYEDIAKAN ACUAN KONKRET BAGI GAGASAN MENGARAHKAN PERHATIAN MENGULANGI INFORMASI MENGINGATKAN KEMBALI PEMBELAJARAN SEBELUMNYA PERAN VISUAL DALAM INSTRUKSI MEMBUAT GAGASAN ABSTRAK MENJADI KONKRET MEMOTIVASI PEMBELAJAR MENGURANGI USAHA BELAJAR
  9. 9. RELASIONAL ORGANISASIONAL ANALOGIC TRANSFORMASIONAL REALISTIK INTERFRETATIF JENIS VISUAL
  10. 10. UNSUR-UNSUR TEXT GAYA UKURAN SPASI WARNA HURUF BESAR
  11. 11. Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.
  12. 12. PENGGUNAAN STORYBOARD DALAM PEMBUATAN FILM
  13. 13. Teknik Pembuatan Huruf Berbagai teknik bisa di gunakan untuk visual, cara yang paling sederhana dengan spidol Menggambar, Membuat Sketsa Dan Kartun Kita bisa menyampaikan pesan secara efektif menggunakan gambar, sketsa, dan kartun Clip Art : merupakan gambar visual yang telah di persiapkan dan bisa di selipkan dalam berbagai dokumen dan presentasi digital
  14. 14. Program dekstop publishing : menggabungkan fitur-fitur dari banyak metode lainnya untuk menciptakan produk-produk canggih seperti newsletter, laporan dan buku Program pendiagraman : Terutama di tujukan untuk membuat diagram, grafis Program peningkatan foto : memungkinkan manipulasi warna dan penggunaan efek khusus mengubah foto Program Presentasi : Piranti lunak khusus yang mempermudah pembuatan slide atau transparan OHP gambar yang menggabungkan teks, data dan visual Program menggambar dan mewarnai : memungkinkan pengguna untuk menggambar bentuk-bentuk geometri dan sosok gaya bebas; juga bisa menyertakan teks MERANCANG SEBUAH VISUAL DENGAN KOMPUTER
  15. 15. MEMBUAT GRAFIS PRESENTASI Salah satu alat peraga yang dapat digunakan untuk mendukung presentasi adalah computer. Adapun salah satu perangkat lunak yang dapat dipakai adalah Power Point yang merupakan bagian dari Microsoft Office.
  16. 16. OHP merupakan jenis perangkat keras yang sangat sederhana, terdiri atas sebuah kotak dengan bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi
  17. 17. Proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya . fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera .
  18. 18. Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu, digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer.
  19. 19. PERADABAN YANG TINGGI DI BANGUN OLEH ORANG-ORANG YANG MENGHORMATI PENDIDIKAN

×