Your SlideShare is downloading. ×
Liga Bangsa-Bangsa
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Liga Bangsa-Bangsa

6,634

Published on

Published in: Education
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
6,634
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
208
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. BAB II LIGA BANGSA-BANGSA(THE LEAGUE OF NATIONS)
  • 2. A. Sejarah BerdirinyaLiga bangsa-bangsa didirikan setelah Perang dunia pertama.Pada konperensi di Versailes lahirlah persetujuan untukmendirikan suatu organisasi internasional dengan nama “TheLeague of Nations”, persetujuan ini dalam bentuk Covenantditandatangani pada tanggal 28 juni 1919 dan mulai bekerjasecara efektif pada tanggal 10 januari 1920.Yang dipelopori oleh Presiden Amerika Serikat ( WodrowWilson )Untuk menjamin kebebasan dan berkedudukan di negaranetral maka diatur bahwa kedudukan liga di Jenewa ( Pasal7.1convenat ).
  • 3. B. Tujuan Didirikannya Liga Bangsa- BangsaPokok didirikannya Liga menurut Mukadimah Covenant :1. Untuk memajukan kerjasama internasional2. Untuk memelihara perdamaian dan keamanan internasional. Untuk mencapai tujuan tersebut setiap anggota wajib :1. Tidak mengadakan perang2. Mengadakan hubungan2 terhormat & adil secara teratur antara bangsa23. Menegakkan pengertian2 tentang hukum internasional4. Agar perdamaian dan keamanan internasioanl dapat terpelihara, maka ditentukan adanya pengurangan persenjataan bagi tiap2 negara sampai seminimal mungkin
  • 4. C. KeanggotaanAda dua macam anggota :1. Anggota asli terdiri atas negara2 yang menandatangani Covenant Liga Bangsa2.2. Anggota tidak asli (tambahan)a. Negara-negara yang mempunyai pemerintahan sendiri secara penuh.b. Dominionc. Koloni ( Jajahan ).
  • 5. Syarat-syarat untuk menjadi anggota tidak asli liga :a. Disetujui oleh 2/3 suara dari anggota Assembly (majelis)b. Dapat memberikan jaminan yang efektif di dalam menjalankan kewajiban internasionalnyaAwalnya anggota liga terdiri dari 42 anggota,dalam perkembangannya lebih lanjut jumlah anggota liga bertambah menjadi 59 anggota
  • 6. D. Menarik diri dari keanggotaanDalam pasal 1 ayat 3 Covenant liga di atur bahwasuatu negara anggota dapat menarik diri darikeanggotaan liga dengan syarat :1. Telah memberitahukan maksud penarikan diri tersebut dua tahun sebelumnya2. Semua kewajiban internasionalnya dan semua kewajiban dibawah Covenant telah di penuhi pada waktu pengunduran diri
  • 7. E. Organ-organ liga bangsa-bangsa Menurut ketentuan pasal 2 Covenant terdapat 3 ketentuan pokok yang ada di dalam liga yaitu :1. Assembly (majelis) a. Susunan keanggotaan, terdiri atas semua wakil negara anggota liga. Majelis bertindak sebagai organ yang memberikan pertimbangan. b. Pemungutan Suara, pemungutan suara di Majelis menghendaki adanya kebulatan suara,kecuali untuk persoalan2 yang prosedural atau untuk panitia2 pengangkatan c. Kekuasaan Majelis, tercantum dalam Covenant Liga, meliputi : Mengambil keputusan mengenai penerimaan anggota baru Memutuskan keanggotaan untuk anggota tidak tetap Dewan Memutuskan pengangkatan Sekretaris Jendral Liga Menentukan besarnya anggaran Liga dan besarnya beban biaya yang harus dipikul oleh tiap2 anggota Membuat resolusi atau rekomendasi yang dapat mengikat negara bukan anggota
  • 8. 2. Dewan (Council) a. Keanggotaan, ada dua unsur keanggotaan dewan,yaitu : 1. Anggota Tetap : inggris, perancis, italia, jepang, dan menyusul menjadi anggota tetap adalah Jerman & uni Soviet 2. Anggota Tidak Tetap : awalnya pada tahun 1922 anggota tidak tetap sebanyak 6, tahun 1926 menjadi 9, dan terakhir tahun 1936 menjadi 11. b. Wewenang Dewan, dewan berwenang mencampuri segala hal yang ada didalam Liga yang menyangkut masalah perdamaian dunia.3. Sekretariat Tetap (Permanent Secretary) didirikan ditempat kedudukan liga dan dipimpin oleh seorang Sekretaris Jendral dengan dibantu oleh beberapa orang Sekretaris serta Staf sesuai dengan kebutuhan. Sekretaris Jendral bertugas mengatur seluruh kegiatan Liga.
  • 9. F. Amerika Serikat tidak menjadi anggotaLiga Bangsa-bangsa• Dikarenakan senat tidak bersedia menerima convenant liga,sehingga pemerintah tidak dapat meratifikasi convenant.Meskipun didalam lampiran convenant dinyatakan sebagaianggota asli ( original member ).•Penyebab amerika serikat tidak bersedia meratifisirconvenant adalah adanya ketentuan pasal 10 convenant liga.
  • 10. Lanjutan• Beberapa usaha yang ditempuh oleh beberapa negara anggota agar Amerika Serikat bersedia menjadi anggota Liga(meratifikasi convenant liga) antara lain• 1. Dalam Rapat lengkap pertama bulan desember 1920, kanada mengusulkan agar berlakunya pasal 10 convenant itu ditangguhkan. Namun gagal karena tidak disetujui oleh seluruh anggota.
  • 11. Lanjutan 2. Rapat lengkap Majelis yang kedua usaha untuk menangguhkan berlakunya ketentuan pasal 10 tersebut kembali gagal. 3. Rapat lengkap majelis yang ketiga usaha tersebut diubah untuk mengganti atau merubah isi pasal 10 namun tidak berhasil. 4. Rapat lengkap majelis yang keempat bulan september 1923 ini kembali mengalami kegagalan. Namun dalam sedang keempat ini berhasil diterima suatu revolusi yang memuat suatu penafsiran terhadap ketentuan pasal 10 convenant.
  • 12. G. Keberhasilan maupun kegagalanliga• Persoalan internasional yang berhasil ditangani oleh liga antara lain• 1. Diadakan berbagai konperensi internasional yang sangat bermanfaat baik mengenai masalah ekonomi, perdagangan maupun kesehatan.• 2. Dibidang pembinaan liga berhasil mengumpulkan ,mendaftar , menyusun dan mengumumkan perjanjian-perjanjian internasional..• 3. Dibidang kemanusiaan liga berhasil memberi bantuan kepada para korban perang, menggulangi perdagangan wanita dan anak-anak.
  • 13. Lanjutan Kegagalan yang dialami liga antara lain 1. Dibidang pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional. 2. Dalam usaha mengadakan peluncuran senjata.

×